TMCblog.com – Bro sekalian, hari senin 29 januari 2018 adalah saat pertama kalinya Pembalap factory HRC yakni Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow mencoba secara resmi Aero-Fairing baru setelah pekan lalu sempat dicoba oleh test rider mereka seperti Hiroshi aoyama, nah dalam Media Debrief pasca test hari kedua tmcblog team berpencar untuk memperoleh informasi first hand dari rider . . Nugie Tugas ke Yamaha Movistar dan Taufik tugas ke Repsol honda dan LCR Honda . . . Reportase Nugie bisa sobat sekalian baca di artikel sebelum ini dan Untuk Fihak Honda bisa sobat simak disini . ..

Media Debrief pertama Repsol Honda adalah dengan Marc Marquez. Marc Marquez sebenarnya di akhir sesi mengalami Crash di T2 Sepang yang dikarenakan Ban Michelin baru yang ia pakai belum mencapai suhu pemakaian optimal, namun begitu di sore hari Marc Marquez sudah tidak menggunakan Aero-fairing baru.Setelah menjelaskan soal Crashnya Marc Pun menyambung ke Impresinya menggunakan Aero fairing . .

Marquez Bilang bahwa penggunaan Wing membuat Akselerasi lebih baik dan Juga pengereman lebih baik, Namun ada sisi negatifnya juga yakni feel agak berat saat menikung di spot Long corner dan sinyalemen bahwa jika terlalu banyak pressure ke ban depan akibat downforce yang dihasilkan oleh Aero-Kit maka ban depan akan mengalami stress terlalu banyak dan hasilnya akan membuat ban sangat cepat menjadi terlalu panas ( Overheat ). Namun begitu Marc Sadar bahwa Dengan Aero-kit mereka harus kembali menyeting motor agar memiliki kembali keseimbangan yang akan mengeliminasi kemungkinan negatif yang bisa hadir . .

Cal Crutchlow ada Pembalap kedua yang tmcblog temui di depan LCR Honda Hospitaliy . . Tetap dengan gayanya yang sangat nyantai dan penuh dengan humor Cal membuka jawaban mengenai Impresi penggunaan Aero-Kit dengan kata kata ” Saya pikir saya lebih baik CoPas pernyataan marc ( Marquez ) saja ” hehehe . .

namun setelah itu ia menjelaskan lebih dalam bahwa Saat menggunakan Fairing dengan aero-kit ini ia merasakan sesuatu yang berbeda dibanding saat ia tidak memakainya . .. Cal mengatakan bahwa dengan Aero kit ini mereka seharusnya menggunakan setingan berbeda agar ketemu keseimbangannya, Namun hal tersebut tidak dilakukan oleh Tim . .

Dani Pedrosa adalah Rider HRC ketiga yang tmcblog kejar pernyataan resmi mengenai impresinya terhadap penggunan New Aero Kit dan penjelasan lebih dalam karena dimasa masa lalu, Pedrosa adalah salah satu pembalap HRC yang lebih prever menggunakan Wing dalam bentuk kecil dibanding wing yang mereka pakai di hari kedua winter test sepang 2018 ini . .

Dan Mengenai pertanyaan ini Pedrosa menyatakan bahwa Ia tidak memiliki opsi untuk memilih aero kit dengan ukuran yang lebih kecil yang ia bisa kombinasikan dengan mesin.2018 yabg mayoritas ia pakai karin senin ” Kami hanya memiliki wing dengan spek seperti ini “ Namun secara umum memang menurut Pedrosa kehadiran aero-kit ini memang membuat variabel Wheelie menjadi berkurang. Soal Opsi ukuran dan bentuknya pedrosa mengembalikan ke HRC untuk memutuskan bahwa dengan data yang mereka pakai apakah wing tersebut mau di perbaiki, dimodifikasi, atau dipertahankan dengan ukuran yang sama seperti saat ini . ..

Taufik of BuitenZorg

31 COMMENTS

  1. penasaran liat perubahan winglet honda berikutnya, pasti bakal ada perubahan nih. entah diperkecil atau ditambahkan sayap kecil didalemnya.

    Guest
    • Kalo ditambah sayap kecil malah tambah berat dong nikungnya, yang paling logis sih diperkecil ukurannya

      Guest
  2. cal crutclow mah gokil orang nya,… kyakny tim ny susah untuk ngajak ngomong serius nih ma cal,..

    btw, pblap pabrikan lain ngomong dengan winglet nya yg baru gejla ban ngankat jdi berkurang, ehk pmblap honda ngomong dengam wingletny ban depan jdi stress,. ap rcv udah cukup dengan “sanyap sengkleh ny ya(logo honda)”?

    Guest
    • tiap pabrikan karakter motornya beda” bro, gausah mencela lah yang merasakan dan tau ya yang profesional bukan yang sok tau kaya kamu

      Guest
    • Karakter rcv udh balance dgn CoG nya V engine, gaperlu tambahan downforc dibagian depan. Kecuali pedrosa krna postur dia yg kecil

      Guest
  3. Kembalikan ke aturankebebasan ecu aja.biar bentuk motor kembali ke bentuk normal.nggak amburadul kyk ikan lele๐Ÿ˜’

    Guest
    • hahahaha pengen sih gitu, selama ecu single pengembangan pabrikan seperti berjalan ditempat. mereka malah fokus dan berlomba” mendesain winglet. cuma jgn dah bro nanti ada yg protes motornya gak bisa belok atau ada 1 pabrikan yang sangat dominan dalam race lagi.
      apa mungkin nunggu ducati jurdun dulu kali yak, ehhh

      Guest
    • Ecu di bebasin honda keok lg ntr kyk dulu…lbh baik jngn.
      Itung sndri sejak 2002-2015..era ecu bebas imbnglah dg ymha !
      Justru ecu d smkn ini keuntungn honda..
      Mau gk mau kompettor yg dana minim ssh meriset dr awal..dg sumberdaya apa adanya..
      Yg dana tk terbtas bisa gaet ( baca: bajak ) enginer ecu ducati…wkwk

      Guest
    • Ah beneran lu mo ?
      Manggut” aee lah,,, ekekeke

      Kompetitor dana minim jangan salahin H dong, katanya kipas” dolar,,,
      Ekeke ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

      Guest
    • Bokiss luu mo, stau ane malahan HRC lah yg paling jago urusan ecu
      Ini jga yg sempet bikin honda pngn tarik diri dari motogp
      Klo ga salah yaa

      Guest
  4. Saya yakin Aero Kit tidak akan dipakai seperti tahun lalu, lebih baik menjaga keseimbangan kontribusi bobot dari tiap gaya pebalap terhadap wheelbase dengan setting sasis pada poros roda.

    Guest
  5. benar yang dikatakan marquez… dengan aero kit/winglet yang terbaru maka downforce bertambah, sehingga pressure terhadap ban depan juga bertambah yang akan membuat ban depan cepat habis…

    Guest
    • Untuk honda yg kalah axel, mungkin digunain buat trek lurus kyk Sepang, Austria sama Buriram, yg jadi makanan empuk ducati. Makanya test Sepang ini dipakai. Klo sirkuit lain paling gak dipakai. Tapi pas race juga masih tergantung hasil dr pembalap, rider honda sih jarang mau pakai tahun2 lalu.

      Guest
  6. Winglet untuk honda di atas terlalu lebar!!
    Ingat mesin V honda tdk sepowerfull ducati..
    Lbh baik honda fokus di mesin nmbh horsepower, ingt 2017 ,, recivi dua kli d pecundngi ducati d finish line!!!
    tdk perlu ngikut ducati winglet winglet…
    Di ducati power gede,, gas dikit ngangkat..
    Untuk mesin V yg halus (baca:lemot) tdk perlu..justru drag akn mmperlmbat akselerasi!!
    Justru bgus wing honda thn lalu.lbh safety…minimalis dan spt tdk ada fungsi.

    Guest
  7. Honda mau aja di akslin sama ducati
    Kalo honda gak perlu pake wing let
    Ducati tuh yang gak punya kekuatan di tikungan..
    Ma ….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.