TMCblog.com – Bro sekalian, kemarin adalah hari terakhir Para pebalap mencoba di sirkuit lebar, panas, Grippy asphalt – Sepang International Circuit . .. Seperti yang tmcblog ceritakan sebelumnya, Malam dan pagi sebelum Latihan, Sepang – selangor tidak hujan dan memberikan kesempatan Pembalap lebih banyak waktu untuk mencoba lebih banyak setingan Motor guna mencoba beberapa opsi part guna memilih part mana yang terbaik untuk digunakan sepanjang Musim berjalan MotoGP 2018 nanti . .. dan Amazing moment pun terjadi. Jorge Lorenzo berhasil torehkan Sejarah menjadi Manusia tercepat di atas Roda dua ( Ducati Desmosedici GP18 ) di sirkuit kebanggaan Malaysia ini dengan Laptime cukup tajam 1:58,830 . . Fakta yang tmcblog catat ini jelas lebih cepat 0,037 detik lebih cepat dan menghempaskan Laptime Un-Official Tercepat Sepang selama ini yang ditorehkan Marc Marquez di atas Honda RC213V 2015 tanggal 6 Februari 2015 di track yang sama sebesar 1:58,867 kala itu. . . namun kita kita sudah membahasnya kemarin selama dua kali . . di artikel ini kita akan membahas jauh lebih dalam apa Yang terjadi di hari ketiga kemarin terutama di sesi Simulasi Race . . .

Yap Simulasi race / race simulation adalah sebuah simulasi seakan akan rider yang melakukan sesi latihan sedang melakukan race dengan cara masuk Tarck dan melakukan Lap sebanyak atau mendekati banyak jumlah lap yang terjadi sat race berlangsung dan tentunya bisa kita bandingkan hasilnya dengan data saat race . . In Fact Di tiga tahun terakhir 2015, 2016, dan 2017 . . . seingat tmcblog hanya 2015 lah race MotoGP sepang dilaksanakan di keadaan Full Dry dimana suhu saat itu Track 37 derajat celcius dan suhu Track 47 derajat Celcius seperti hari kemarin latihan sedangkan di Race 2016 basah, dan Race 2017 basah menuju kering.

Oh Ya bicara simulation Race artinya jumlah Lap yang dilakukan pun harus mendekati Jumlah Lap saat race yang 20 lap jika diadakan di sirkuit sepang . .. dan saat latihan hari ketiga kemarin tmcblog mencatat ada 10 pembalap yang melakukan Long run ( tidak termasuk signing lap ) yakni : Lorenzo ( 8 lap ), Pedrosa ( 15 lap), Crutchlow ( 15 lap ), Dovizioso ( 15 lap ), Miller ( 15 lap ), Rins ( 10 lap ), Marquez ( 15 lap ), Zarco ( 13 lap ), Rabat ( 8 lap ) dan Nakagami (14 lap ). . . . Yap bisa sobat lihat bahwa seluruh rider factory Honda ( Marquez, Pedrosa dan Cruthlow ) melakukan sama sama 15 lap, satu Rider Yang dikontrak langsung ducati yakni Jack Miller melakukan 15 lap . . selain itu di bawah 15 lap . . datanya adalah sebagai berikut :

Marquez Paling Konsisten di antara sesama Honda

Sebenarnya dari data angka angka di atas saja sobat bisa lihat bahwa ada dua Rider yang hanya menorehkan Laptime 2:00 dalam race simulationnya yakni adalah Marc Marquez dan Dovizioso . . Namun jelas Marquez unggul jumlah Lap ( 15 lap) ketimbang Dovizioso ( 11 lap ) . . Sekarang kita lihat dulu laptime 3 Rider factory Honda dalam satu Grafik . .

Dari Grafik di atas Bisa tmcblog analisa bahwa Marc Marquez adalah rider yang paling konsisten dalam melakukan race Simulation kemarin dalam lingkupan sesama Rider Factory Honda HRC. Memang sih Pedrosa dan Crutchlow dalam satu dua Lap sempat lebih cepat dari Marquez , namun Lagi lagi bicara konsistensi, Pedrosa masih mengalami fluktuasi, sedangkan Cruthclow mengalami penurunan pace di akhir sesi simulasi . . Marquez terlihat paling siap kemarin sob . . . whuaaaa . . . sadis ini . .

Jika kita bandingkan data diatas dengan data Laptime per lap race terdekat yang paling apple to -apple yakni Race 2015 ( Lihat data diatas ) yang dimenangkan Dani Pedrosa , terlihat memang laptime rider rider yang melakukan Race simulation torehkan lebih cepat . . walaupun ini tidak bisa disandingkan dengan derajat yang sama karena jelas atmosfer latihan dan race jelas berbeda . . namun buat referensi, boleh boleh saja

Miller Mengerikan diatas GP17

Bicara Pabrikan Lain, selain Honda ada 3 rider ducati tercepat yang melakukan Long run ( sementara rabat tidak tmcblog masukan karena laptimenya di angka 2:01-an) .. . Namun tercatat Jack Miller yang paling banyak melakukan yakni sama dengan factory Honda Yakni 15 lap . . Mungkin memang Miller merasa harus melakukannnya di atas Desmosedici GP17 secara ia benar bener baru sama DUcati . . Kita lihat bersama Grafik laptime mereka sob . .

Lorenzo memang sanggup torehkan Fastest lap dengan 1:58,8-an . . Namun Laptime race simulation jack Miller lah yang sebenarnya bikin ngeriii sob . . . Lihat deh . . Secara umum laptime race simulation kemarin ia lakukan lebih cepat dari Jorge Lorenzo dan oleh dibilang ia sudah bisa langsung compete dengan Andrea Dovizioso . .. ahhh kepo nih . . Gimana Kalo Laptime Miller kita sandingkan dengan factory Honda . . . Setuju ?? . . setuju nggak setuju tetep tmcblog tampilkan yaaa . .

Mumet memang kalo 4 data digabung jadi satu, sudah seperti benang kusut . . heheheh namun boleh dibilang Laptime Miller nggak jauh jauh dari kisaran Lapime rider rider factory Honda yakni Marquez, Pedrosa dan Crutchlow . . Pasti kepo sama perbandingan antara Miller VS Marquez . .? Cekidot deh .

Yap secara umum, Laptime Miller mirip sama Crutchlow dimana ada penurunan Pace di akhir lap . . namun pembeda Miller adalah karena catatan di lap lap Dimana Miller menurut tmcblog lebih konsiten dan stabil dari Crutchlow .. . dibandingkan dengan Marquez ? terlihat Miller cukup ngelawan Marquez di 10 lap awal . . Konsistensi dan durabilitas pace Marquez lah yang harus dipelajari Miller selanjutnya nih . . . Tapi tetap saja, Laptime Miller jelas bikin shock . .

Mengenai menurunnya Pace Jack Miller di akhir race simulation, mat Oxley menjelaskan kepada TMCBlog bahwa ada setingan ergonomi yakni di bagian seatnya yang butuh perbaikan sehingga bisa memberikannya feel riding lebih nyaman dan muaranya bisa lebih stabil lagi di lap lap belasan ke atasΒ  . .

Satu lagi . . Bila dibandingkan Laptime Jack Miller dengan sesama rider satelit seperti Crutchlow yang sudah lama jadi pembalap factory Honda, Johann Zarco yang perkemarin akhirnnya menentukan Fix akan pakai Sasis 2016, atau Nakagami yang masih Rookie . . jelas Miller punya Potensi lebih mengejutkan Jika melihat data #SepangTest ini

Namun begitu Jack Miller sepanjang Debrief dengan jurnalis di sepang dari hari pertama sampai kemarin tetap Low Profile melihat performanya sepanjang 3 hari di sepang . . . mengenai GP17 yang menurut Lorenzo, Dovizioso dan Petruci punya masalah saat menikung, jack memang mengakuinya seraya tetap optimis bahwa kekurangan itu bisa ditutup dengan variasi cara berkendara lain . . Mengenai Laptime dan Pacenya yang Kencang, Miller tidak mau besar kepala . . ia sadar bahwa sepanjang sejarah, Ducati bagus di sepang, so ia tidak mau dulu ambil kesimpulan hanya karena bisa cepat selama 3 hari di sirkuit dimana Ducati memang cepat . . ia akan tunggu hasil Buriram dan Losail nanti . .. Silahkan dikunyah kunyah sob dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

50 COMMENTS

    • Satelit honda 2017 pegang factory ducati 2017 (atau malah 2018?) langsung klik, kalo factory honda pegang factory ducati langsung klik juga ga ya? Secara konfigurasi mesin hampir sama 😁

      Guest
  1. sepertinya karakter dan postur tubuh miller cocok untuk jinakin ducati, apalagi kalau di kasih yg 2018, soal zarco dia pilih sasis 2016 berarti ada kemungkinan memang benar sasis 2017 kurang ok.

    Guest
    • loh miller kan emang dikasih motor satelit spek pabrikan sama kaya cal malah sebelom cal miller duluan yg dpt karena dia dikontrak langsung HRC. tapi HRC rada kecewa karena hasilnya belom sesuai harapan dan 2018 ini cuma cal doank pembalap satelit dpt motor spek pabrikan. makanya mrc vds kecewa setelah miller cabut jatuh motor spek pabrikan buat mrc vds juga dicabut.

      Guest
    • *makanya mrc vds kecewa setelah miller cabut jatah motor spek pabrikan buat mrc vds juga dicabut.

      Guest
    • haha Zarco kualat sama Rossi, pake bilang sasis 2017 lebih enak feelnya. eh kenyataanya tetep pake sasis 2016

      Guest
  2. mungkin motor buatan Borgo emang cocoknya ama keluarga marsupial (kangguru)πŸ˜‚
    mungkin Bob Parkes yg jadi penggantinya Folger di PI 2017 bisa coba Ducati juga,siapa tau cocok

    Guest
  3. Thn 2016 cruchlow jd sorotan!!
    2017 giliran zarco!!
    2018 sptnya miller bkin kejutan!!

    Jd miller gk kompettf kmren gr gr recivi yg KW kesekian????
    Pegang ducati spek pbrikn lngsung ngaciir!!kliiatan talentanya kluar
    Emg nih honda pelit ngasoh spek wah untuk satelitnya..demi mm93 kaah??biar gk ganggu rider utma?? gk kyk ducati jor joran…masa bodo dg pmmblpnya

    Guest
    • kalo honda pelit ngasih motor yg spek wah.
      apa kabarnya yamaha mo ? wkwkwk.
      zarco sudah jelas” bertalenta dikasih motor bekas aja bisa ngasepin 2 pabrikan yamaha. kasih lah motor 2018, masa 2018 masih pake motor 2016 wkwkwk

      Guest
    • La itu sasis recivi sasis 2014 yg drevisi sdikit….wkwk…masih mndinglah 2016πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Zarco yg hebat!??? Artinya folger tdk bertalenta d bawahnya??? Folger yg bkin recivi fktory d jerman keok??hebat donk folger yg krg bertakenta ngsapi recivi fktory!!!?Mtrnya yg hebatt …ato rider nih??

      Guest
    • Udah bro si jimoo nggak usah diladeni, kita kan orang bodoh nggak layak adu argumentasi sama orang smart kayak jimoo

      Guest
    • Halloooo moo heee…. Semangat yah mumpung blm race ayo qta dukung ducati πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ dgn V/L 4 nya oke ketimbang angkot semangat jimooπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  4. Miller bagus padahal dia pakenya cuma GP17 yang nb bekas. Miller sendiri juga bilang kalo Ducati “less physical” dari Honda (bisa dibaca di blognya David Emmet motomatters.com). Artinya Ducati emang motor paling oke saat ini.

    Guest
  5. terjawab kan kenapa marquez gak ngotot jadi yang tercepat.

    btw itu gak salah zarco pake sasis 2016 ?? 2 tahun lebih tua usianya. terus mesinnya gimana wak ? apa pake 2016, 2017 atau 2018 ?

    Guest
    • husss gak boleh gitu. M1 itu murni racikan rossi, lorenzo mah gak bisa apa apa. diducati dia aja gak bisa apa”, ducati itu sekarang berkat dovi.
      udahh ahh nanti dikejar sama partai kuning lagi, kaburrrr wkwkwkwk

      Guest
  6. apakah yamaha masih ada spin atau degradasi yang di sembunyikan, soalnya kemarin suhu sepang lumayan panas yang jadi kesulitan tahun kemarin, sedangkan 1 hari sebelumnya bisa jadi yang tercepat apakah pengaruh dari kondisi aspal yang tidak terlalu panas..?

    Guest
  7. Nug ada tantangan dari gw ni, lu foto sama dp26 yg fotoin mm93, atau lu foto ama mv25 tapi yg fotoin vr46? Kalo yg ducati g usah karena jl99 mewekan nug 😊

    Guest
  8. jadi mbah rossi masih keluhin maslah ban ya wak? saya sudah sama mabah rossi agar tidak pakai anting2 cuma sebelah, lebih bagus dicopot. tapi gak tau dah baca tah belum. kira2 bisa disampaikan kerossi gak ya wak?

    Guest
  9. miller punya peluang besar nih untuk mnciptakan rekor baru d ajang motogp ykni “pemblap jebolan moto3 pertma yg bisa juara seri motogp d dua motor tim satelit berbeda”(klau dia mampu juara seri musim ini),… dan miller juga punya kans besar untuk mempermalukan jl99 musim ini(klau dia bisa naik podium lebih dri 3x atau juara seri min 1x dan poin klasemen akhir miller musim ini lebih tinggi dari jl99 musim lalu),…. kyakny thun ini akan banyak yg membandingkan performa debut miller d ducati musim ini vs debut jl99 musim d ducati musim lalu,…

    Guest
  10. Nah kan, begimana nih hahrese. Lihat si jackass tampil mengesankan diatas ducati

    Moga seri gp yg akan datang, ducati sapu bersih juara. Hasil dari invest audi

    Guest
  11. Masih kurang nih artikelnya, padahal dari analisis hasil sepang test dari situs motogp.com udah ditambahin kolom jam, miller saat melakukan race simulation masih dikisaran sirkuit gak terlalu panas, sementara marc mulai simulasi jam 14.45 dalam keadaan sirkuit lagi panas panasnya,, monggo ditambahin wak, bisa buat ngitung keausan ban sama endurance ridernya.

    Guest
  12. sy sudah dari dulu semenjak 2016 bahwa jack miller bakal jadi bintang.
    next nya joan mir, jorge martin dan brad binder (3 tahun lagi bersinar)
    ducati mesti invest ke pembalap tersebut. Jangan nunggu jadi bintang baru direkrut, Mahaal dan pastimya selalu ketinggalan dengan HRC yang selalu berani invest bibit2 rider berbakat.
    Ayo dong Ducati rekrut Joan Mir dan Jorge Martin 2 tahun lagi. Kasih proposal dan penawarannya sekarang sebelum kecolongan HRC.
    klo Brad Binder kemungkinan besar 2 tahun lagi ke KTM GP.

    Guest
  13. Terjawab sudah knp mm stay diposisi 7, pdhal klo itu race sesuai pace mka marc sdh diposisi 1…dan track sepang mmg ducati bgt jadi wajar klo gerombolan ducati bisa 10 besar…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.