TMCblog.com – Bro sakalian, beberapa Jam yang lalu tmcblog baru saja menguji konsumsi bahan bakar Suzuki Satria F150 MY2017 . .. Metoda yang tmcblog gunakan adalah metoda khas tmcblog How far Can You Go with certain Liter Of petrol . . dan untuk kali ini dengan waktu yang terbatas, tmcblog pilih hanya gunakan 250 cc ( 1/4 liter ) bahan bakar Pertama Ron 92 saja .. .

Segala Koridor pengetesan dibuat sama dengan pengetesan metoda yang sama , jalur sama jalan soleh iskandar, pengetest sama Taufik bb 61 kg tinggi 161 cm . .. bahan bakar sama, cara pengendaraan so so . tidak ngebut, tidak pula pelan, pokoke normal sesuai yang bisa sobat lihat di Vlog.

Proses pengetesan dilakukan antara jam 10-11 pagi hari ini 02/02/2018 dan alat ukur jarak menggunakan odometer dan trip meter OEM dari Motor Satria F150 sendiri

Yang pertama tmcblog lakukan adalah mengosongkan bensin di Fuel Tank Satria F150 dengan dua kali selang ( besar dan kecil ) lalu di uji nyala sampai motor Satria F150 mati sendiri karena kehabisan bensin.

Lalu setelah itu ukur 250 ml ( 1/4 liter ) bbm Pertama Ron 92 menggunakan gelas ukur kimia yang akurat . . lalu masukkan ke Fuel tank Satria F150

Foto dari Trip meter Satria F150 yang telah di-reset dan Odometer awal

Satria F150 pun di bawa riding harian yang bisa obat simak di Vlog. Lalu setelah beberapa belas km Motor pun mulai batuk batuk dan pada satu saat benar benar kehilangan tenaga, nggak bisa lagi mengeluarkan power ketika Thortel gas dibejek . .

Artinya tidak ada lagi bensin yang disemprotkan ke ruang bakar . . dan Mesin pun mati plus tidak bisa di starter lagi . . setelah itu dokumentasikan odometer dan trip meter A diperoleh . . .

yap menurut trip meter, tmcblog telah menyusuri jalan sejauh 18,4 km untuk menghabiskan 250 ml bensin / 1/4 liter bensin sehingga jika kita ekstrapolasi, maka akan diperoleh rata rata penggunaan bensin sekitar 73,6 km/liter pertamax . . . ini jelas irit, amazin, Suzuki Satria F150 yang gear 5 red linennya bisa tembus 135 km/jam ini ternyata bisa banget diajak irit sampai angka 73,6 km/liter sob . . . masih nggak percaya euuyyy sadiiizz . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

74 COMMENTS

    • Dan bisa jadi pda waktu pengosongan tengki krn bbrp faktor, tidak benar benar habis, jadi saat diisi 250ml masih ada sisa di dlm tengki

    • klo riding style si kobayogas yaa beda coyyy,,,,ni dipake kalem speed paling 40-50 km/jam, pake gigi 6,,,,klo bener jalur di situ lurus dan lenggang,,,,yoo pasti 73 km per 1 liter pasti cincay lah

      mesin over bore,,,klo buat trek lurus lempeng,,,gak banyak pindah gigi karena macet,,,,di jamin mesin overstruk bertekuk lutut

      ane sdh pernah tes,,,bebek overbore vs overstruk trek 100 km,,,,bebek overstruk mampir SPBU,,padahal baru setengah jalan

    • hehe emang beda riding style, plus bobot rider juga beda mangbro sekalian. Saya 70, mang Haji cuma 61 hehe..
      Jangan lupa, mang Haji TMC udah beberapa kali juara kalau soal lomba irit BBM mah 😀

    • Irit atau tidak nya motor tergantung cara bawanya, semakin lebar bukaan throttle maka bensin akan semakin boros, semakin kecil bukaan throttle gas maka juga semakin irit. Kalo tidak percaya silahkan bawa motor ngebut dan pelan2 terus di isi sama2 satu liter nanti jarak tempuhnya akan lebih jauh yang di bawa pelan2, saya pernah buktikan pakai motor di rumah kalo diajak ngebut 1 liter paling cuma 40 km, tapi kalo pelan2 bisa 55 km.

    • Wak haji testnya di jalanan lengang, ketemu polisi tidur pun gas nya tidak di kendurkan mungkin untuk menghindari stop n go karena otomatis akan akselerasi yg membuat bensin semakin boros. Padahal real nya kalo seorang pakai motor pasti ketemu yang namanya jalan macet, naik turun, stop n go, dll. Tapi wak haji sudah benar lha wong topik nya emang irit2 an, sesuai filosofinya, bagaimana cara bawa motor agar seirit dan sejauh mungkin (How far Can You Go with certain Liter Of petrol).

  1. Maaf nih, Wak…
    Agar apple-to-apple dgn produk lainnya yg Wak Haji tes sehingga bisa saling compare, alangkah baiknya jika “How far can it go”nya menggunakan sama2 1 liter..

    #dulu test H**** Verz*, sampai pernah dites resmi lomba irit, bisa sampai 162 km/l. Padahal cuma dilakukan sejauh 19,2 liter. Kita sama2 tau, konsumsi real harian gak mungkin segitu.

    Thank you..

  2. mantap wak, ane cimanggis tapos – gatsu pp 60 km, pagi berangkat pkl 8 pulang pkl19, harian dapet 1: 46 – 50, pakai pertamax,. pernah solo riding depok – bogor – rangkasbitung jalur tengah jasinga, pp 260 an km dapet 1:55, saran wak, mungkin supaya lebih valid jarak tempuhnya ditambah, “minimal” 50 km metode full to full atau apa lah,.
    1 kekurangan mendasar buat ane pribadi selain model maaf bokongnya, yg ke 2 kapasitias tangki yg cm 4 liter, kecil bgt untuk ukuran motor sekarang

  3. kalo ambil sampel 1/4 gt kayaknya kurang pas. harusnya pake 1 liter. kan kondisi jalan juga pasti beda yg seliter sama seperempat. IMHO.

    • setuju dengan bro reeve, meskipun pengetesan wak haji sudah kita sama2 tidak ragukan lagi keabsahannya, namun itu kan hanya pada bbm 250 ml pertama, siapa tahu ada perubahan ‘behaviour’ mesin dalam mengkonsumsi bbm pada volume bbm berikutnya dan diberbagai kondisi yg berbeda, misal saat suhu mesin dingin dan panas atau perbedaan kondisi jalan/lalin bisa saja to ada perubahan mileage-nya, jika dirasa kejauhan ya sudah resiko untuk mendapatkan kesimpulan yg lebih valid harus dengan memperbanyak data dan tentunya ikhtiyar yg lebih
      menurut saya metode “1 liter how far can you go” cukup lah dan nggak kejauhan, sbg biker masih tergolong riding jarak dekat itu mah..

  4. impossible alias gak mungkin wak…DOHC 150cc lho…masak lebih irit dr SOHC 150cc…
    kemungkinan masih ada sisa bbm di tangki atau TB.

    kalo mau…dikuras lagi tangkinya trus nyalain motornya sampai mati…baru diisi lg 250ml…selanjutnya dipakai harian dan kita lihat bedanya….

  5. Ga gitu juga atuh kang hitung nya.. Kan banyak variabel2 lain..
    Saya aja 1lt pake pertamax turbo paling banter 42km. Kalo pertamax biasa 37an km. Hehehe

  6. Coba dikomparasi dengan beda motor wak…misal ada teman wak haji yg punya FU juga dan sama2 msh bisa dikatakan baru… Penasaran neh seberapa besar bedanya… Sepertinya g mungkin mesin DOHC 150cc yg ditangan konsumen dapet segitu iritnya.. ?

  7. Wak, berat badan berapa kg?,
    tidak diragukan lg wak haji pinter mainin buka tutup gas.

    kunci irit ya mainin putaran gas, kalo udah ketemu caranya dijamin akan irit pake kendaraan apapun.

  8. duh kog bisa irit begitu sih wak..?
    aq jadi bingung wak.. kenapa bisa irit segitu sih..
    wak haji.. minta dijelasin donk biar bisa irit banget

  9. Bebek terbaik yang terlalu underrated karena kalah sales sama Honda dan Yamaha, di balapan pun aslinya speknya ngeri cuma karena gak ada tim yg disponsori Suzuki jadi terkesan FU ini gak laku di jalanan dan di balapan

    • Nah sampean dapet 54/L, kalo k45a saya rata2 cuma dapat 30km/L(pertamax)..soalnya jalan yg saya lalui rata2 bayak lurusan dan dapat di ajak gasspoll terus motornya..jarak 40km ditempuh cuma 25menit doank..

    • Bawanya ya di gasspoll terus mas, lawong jalannya banyak lurusnya(60% lewatin jalan bypas), paling pelan 60km/jam, seringnya high rmp terus 130km/jam an terus selama hampir 15menit..gmn g boros, hehehe, kalo nyantai sih bisa sekitar 50km/L memang…

  10. Kalo yg ngetes abah sih percaya aja deh, kelasnya berbeda sama kebanyakan orang, istilahnya abah haji ni alien banget kalo urusan irit2an bahan bakar, bener g sob..??mau pakek motor paling boros pun kalo di bandingin sesama tester bloger bakalan paling irit sendiri..

  11. mesin z1 ane satu liter dapat 366 km. bahan bakar pakai ethanol 98. kalau pakai pertamax 92 bisa 440 an km per liter. dgn AFR 1:17. hahahaha, tapi sulit diterapkan di kendaraan masal.
    khusus buat KMHE

  12. Yg,gmg suruh wak haji ngetes 1 liter,itu pade bacany gak kelar yaa,..kan dah di jelasin,klo die gwaktu ny mepet,..jadi cuman bisa ngetes 250 cc,kloo1 liter klamaan cooi,..

  13. dalam statistika, semakin banyak jumlah sample yang diuji, maka karakteristik sample yang diuji tersebut semakin mendekati karakteristik semesta sample.

    saya punya aksioma, semakin kecil jumlah volume bensin yang diuji, maka semakin besar deviasi yang diperoleh dibanding karakteristik semesta sample yang diuji.

    kalo ada pertanyaan, mengapa? jawabannya ada dalam penetapan metodologi. mengapa harus 250cc? mengapa harus 1000cc? keterbatasan waktu tidak bisa dikaitkan dengan penetapan metodologi, karena kalau memang berhubungan, mengapa enggak cukup hanya (misalnya) 50cc sahaja? simpler and less time consuming.

    sorry to say wak haji, pada konteks ini, penetapan metodologi jauh lebih penting daripada hasil pengujian itu sendiri.

  14. Bawa kenceng atau pelan main RPM rendah atau tinggi ga ada hubungannya sama konsumsi BBM, mau dibejek rpm tinggi pun kalau gas konstan tetep bakalan irit.. saya udah buktikan sendiri riding luar kota 250 km full bejek gas BBM selalu di rentang 1:55

  15. Nice review. Btw kons bbm Satria FuFi sya ada di tengah2 ny, 1.84 pertamax untuk 91.4 km, itu sekitar 49 km/liter. Bobot sya 70 kg dgn cara bawa yg non eco.
    Fyi guys, diantara 3 motor berbeda yg sya tes, trnyata tripmeter satria yg paling nyaris sama dgn tripmeter di aplikasi android ulysse

  16. Iya gan, saya juga ngetes fufi saya pake metode full to full juga hasilnya cuma 35km/liter padahal berat saya cuma 45kg, motor juga masih standaran.

  17. Menurut saya test dengan mengosongkan tengki ini lebih valid dr pd full to full, karena ngisi tengki penuh itu belum tentu bisa bener2 penuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here