TMCBlog.com – Bro sekalian, di antara Lautan Motor motor baru  . . GSX-R150, GSX-S150, Satria F150 ada banyak Juga motor motor lama/ Vintage Hadir di Suzuki Bike Meet 2018 . ..  RGR, Satria RU120, A100 dan salah satu yang menarik perhatian tmcblog adalah entah memang unit Original atau sosok hasil restorasian Suzuki RC80 Bravo . . Cekidot . .

Yap Suzuki RC80  adalah sebuah Motor berjenis bebek/ underbone 2 tak yang pada zamannya Yakni di sekitar tahun 1982 – 1986 berhadapan dengan kompetitor seperti sesama motor dua tak yamaha V80 Robot, dan kompetitor dari 4 tak Honda Astrea 800. Bebek Suzuki RC80 ini terkenal dengan tenaga yang besar, mekanisme perpindahan gigi yang halus, dan stabilitas pengemudian yang baik. Dan tmcblog merasa excite bertemu dengan satu Unit Motor legend ini

BTW tenaga besar RC80  ( pada zamannya ) hadir salah satu merupakan hasil dari Berhasilnya Suzuki menjaga durabilitas mesin dengan sistem pendinginan yang bertipe Engine-forced cooling system atau yang lebih terkenal dengan nama Seleb : Suzuki JetCooled. Jadi mekanisme dari jet Cooled ini adalah pendinginan mesin yang menggunakan kipas pendingin yang memaksa udara menerpa Blok silinder mesin.

Contoh kekiniannya adalah sistem Fan/ Kipas yang ada di skutik air cooled yang sebenarnya lebih pas dikatakan air forced cooled ( contoh Mio M3 dan beat ) . . . pendinginanan ini jugalah yang menjaga durabilitas mesin dua tak 80 cc dari gejala Overheat . .

mengenai Mekanisme perpindahan Gigi yang halus, hal itu disebatkan pada zamannya saat itu Suzuki RC80 sudah mengaplikasikan apa yang dinamakan PECS (Power Engagement Clutch System)  . . Dan Pada Zamannya dulu motor ini merupakan salah satu Motor bebek yang pertama tama menggunakan suspensi depan jenis teleskopik.

Yap Motor ini tidak ikut ikutan melakukan aksi smoking seperti yang dilakukan junior juniornya Suzuki Satria RU120 kemarin . . namun diam berdiri dengan standar dua sudah cukup menunjukan kewibawaan ,seakan ia mau bercerita akan segala macam romansa kompetisi dua tak di era awal 80-an  . . silahkan simak juga Vlognya sob . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Galeri Foto :

 

72 COMMENTS

    • Motor pertama gw TRIUMPH 500 (1992)…sjk SMA gw udah blepotan hidup mewah…yg laennya pada naek motor SAMPAH BOOSSOOOKKKK Honda gw yg paling kereeennn

      Guest
    • Mengapa motor jadul dan sekarang beda kualitasnya.. coba baca analisa saya di bawah ini :
      Fakta 1: tahun 1997 saya domisili Surabaya. UMR 150rb. Saya beli grand impressa warna biru di dealer Calista Al** . Harga 4juta setengah. Jadi gampangnya harga motor bebek baru : 30 kali gaji UMR saat itu.. (gaji saya saat itu 320rb)

      Fakta 2 : sekarang. UMR Surabaya 3 juta lebih dikit. Ok saya bulatkan 3jt. Kalau berdasar keadaan fakta di atas maka harga motor bebek 3jt x 30= 90jt!!! Maka semakin jelas kalau dulu jarang satu rumah punya 2 atau 3 motor karena harga nya mahal. Sekarang 5 kali UMR sudah dapat motor 1. Dulu 30 kali baru dapat
      Bayangkan juga yg saat itu bisa beli nsr atau RGR!! Pasti anak orang tajirr

      Ayah saya aja kerja BUMN . Tuh 2004 sudah pensiun hanya bisa beli 1rumah dan 1 sepeda motor. Sebelah rumah dari saya kecil sampai pensiun jadi camat hanya punya sepeda motor dan 1 rumah.

      Guest
  1. Motorku jaman SMA dulu. RC 80 th 1984. Kalo ga salah cuma punya 3 gigi. Bedanya punyaku dulu blm ada penunjuk gear position.

    Guest
    • Tetanggaku msh ada ni wak rc80. Cmn y itu speedonya ngacau. Kalo bensin habis malah nunjuk keatas alias full. Buat jalan pelan speedo udah naik ke 80-90. Enaknya motor ini empuk suspensi dan jok tebal. Infonya malah blm ganti busa dari beli pertama. Termasuk irit oli samping juga. 1lt pertamax bisa buat pare kediri pp.

      Guest
  2. suzuki jmn dl sdh bikin motor JET!!

    mtr jmn dulu penamaan lucu berlebihn.
    tiger 2000
    mega pro 1600

    mksdnya apaan ya??😭😭

    Guest
    • lebih aneh yg sekarang sih mo, skrg mlah ada iklan motor yg powerny hanya kurang 9hp tpi ngomongny bisa ngangkut beras 2 ton, shock ny super keras tpi ngomongny sanggup libas 1000 polisi tidur(yg d iklanny polisi tidurny berjejer berdekatan),..

      Guest
  3. dan mtr mtr jadul itu skr pun masih di pakai d sawah sbg mtr pekerja!!
    mmg material bhn mtr jadul itu gk pelit spt skr…
    arm besi honda astrea yg made in bulid jepng d bnding arm bebek skr d getok d angkt beda jauh kokohnya!!😁

    Guest
    • Mengapa motor jadul dan sekarang beda kualitasnya.. coba baca analisa saya di bawah ini :
      Fakta 1: tahun 1997 saya domisili Surabaya. UMR 150rb. Saya beli grand impressa warna biru di dealer Calista Al** . Harga 4juta setengah. Jadi gampangnya harga motor bebek baru : 30 kali gaji UMR saat itu.. (gaji saya saat itu 320rb)

      Fakta 2 : sekarang. UMR Surabaya 3 juta lebih dikit. Ok saya bulatkan 3jt. Kalau berdasar keadaan fakta di atas maka harga motor bebek 3jt x 30= 90jt!!! Maka semakin jelas kalau dulu jarang satu rumah punya 2 atau 3 motor karena harga nya mahal.
      Bayangkan juga yg saat itu bisa beli nsr atau RGR!! Pasti anak orang tajirr

      Ayah saya aja kerja BUMN . Tuh 2004 sudah pensiun hanya bisa beli 1rumah dan 1 sepeda motor. Sebelah rumah dari saya kecil sampai pensiun jadi camat hanya punya sepeda motor dan 1 rumah.

      Guest
  4. knp mtr skr tdk spt mtr jmn dulu bhnnya??

    ninja jadul lawas thn 1999,, stndr tngh sy gnti baru beli di dealer,, sy timbng beda 200 gram dg stndr tngh thn 2016..😂😂lbh ringn yg baru..dan lbh tipis besinya..

    Guest
    • Ciri ciri orang ga paham material, ringan belum tentu remuk, sekali kali tonton NCAP mobil material lama dengan material baru.

      Guest
    • Betul, setuju sm owner maspion. Zaman smakin maju smkin byk hal yg dipertimbangkan. Dulu mngkin sparepart pk besi 100% tp skrg byk faktor sperti ketersediaan SDA yg smkin menipis, ada lagi pertimbangan efisiensi bbm agar irit maka material dicari yg lbh ringan, safe zone dan crumple zone pada mobil yg mempertimbangkan kselamatan penumpang dan pejalan kaki kalo ketabrak biar tdk seperti ketabrak KRL rasanya, dll. Karena itu skrg ilmuwan dan engineering ts berinovasi mencari material pengganti alternatif yg efisien, tetap kuat, dan memperhatikan unsur lingkungan..

      Guest
    • @maspion dan spy : sy gk bhas mobil..km tau sejrh keselmtn pd mobil ttg konstruksi rangka??
      mobil awalnya d cptkn dg rangka yg sngt kuat kokoh..nmun mlh tdk aman klo crash!! krena momentum tbrkn sngt kuat drasakn driver!! tdk ada peredamn kejut dr rangka!
      lalu d ciptkn rangka mobil yg bs remuk!!lbh lunak!! dan lbh bnyk yg sngja f buat remuk demi peredmn! sjk saat itu pth pnggung n ggl jntung akbt crash berkurng!!

      untuk motr kyknya tdk perlu mniru kontrukksi mobil…mtr butuh bhn yg awet, , klo jtuh tdk gmpng bending,, dkit dkit gnti part!! skr mtr tipis tipis material bhnnya, shock, rangka,,pnghemtn biaya !!

      Guest
    • @jimo lo udh cari belom? Omdo doang, jaman dulu rangka kuat? Makan noh pilar a dari besi gampang mleyot.
      Emang otak udang lo ga bisa dipake

      Guest
    • @maspion : sjk kpn besi jmn dl gmpng mleyot??? Hhhh..
      Yg ada besi skr gmpng pth…bnyk cmpurn pngiritan biaya..km pngn mtr km tbrkn ato jatuh , pngn pth ato mleyot?? Pth dg myeot prh mn!! .😂😂😂

      Guest
    • Dan Pada Zamannya dulu motor ini merupakan salah satu Motor bebek yang pertama tama menggunakan suspensi depan jenis teleskopik.

      Guest
  5. Tentang gear position di dashboard, RC80 menampilkan N-1-2-3 sedangkan yang RC100 N-1-2-3-ER (engga mau nampilin angka empat kayanya hahaha).

    Guest
  6. Wak, kok saya liat lebih suka koleksi bebek ya, apa wak ndak restorasi suzuki A-100, kan legend tuh… Mesin badak, body jadul, jaman segitu dipakai jadi mobil dinas Pak Pos…

    Guest
    • A100 kurang collectable. Kalo yang koleksi TRS, GP series dan GT banyak karena unitnya yang langka

      Guest
  7. Motor ini harga barrel (blok silinder) ori NOS nya 1,2jt. Gila! F1ZR aja cuma 700ribuan. Tapi kalau restorasi gak ganti blok ori susah balikin performa standarnya, karena tangan mekanik gak bisa niru “ukiran” blok standarnya 100%. Kalau naikin performa justru bisa tapi nyamain standarnya yang susah. Mau gak mau kalau kejar restorasi 100% ori ya harus pakai blok yang harganya seenak yang jual. Tapi itulah seninya restorasi motor 2 tak, apalagi yang kalah jumlah. Kabar baik buat pemilik motor “produk gagal” era sekarang macam CS1, Supra V, Supra SS, Kirana, CBR250, Arashi, Youngstar dll yang bisa dipastikan 30 tahun dari sekarang jadi barang yang susah dicari (apalagi kalau udah masuk era motor listrik). Bahkan mungkin 5 tahun lagi mulai dicari buat koleksi karena Mio 2003, Jupiter 100cc dan Force1 hitam striping biru aja udah mulai dicari kolektor. Kalau jeli motor bisa dijadiin investasi jangka panjang, dengan catatan punya prinsip kerja seolah hidup selamanya dan beribadah seolah mati besok. Karena kebanyakan orang mau simpen motor punya pemikiran “gue aja belum tentu masih hidup selama itu”.

    Guest
  8. Jaman aku kuliah ki pakdee..
    Jaman segitu punya motor ini sudah ngguanteng..dijamin cari cewek cantik mudah (cewek pada masa itu…sekarang pasti sdh tuwir bin kempot)
    Secara motor masih barang agak mewah waktu itu..
    Sekarang mobil saja kayak kacang goreng..

    Guest
    • Iya kayak simbah yg lagi gejekan. Ditanyain mbah ti, enak jaman p. Karno, p. Harto, opo jamane p. Joko skrg. Jawabane enakan jaman p. Karno. Soale uti jek nom tur ayu 😂😂😂

      Guest
    • Iya om sama, tp bokap dulu punya yg rc100 bravo, hadeuhhh mengulang memori nih jdnya, sering pergi sekeluarga naek si bravo, mesin nya juara bgt bandel nya, bongkar pasang blok nya gampang bner tiap weekend bersihin sendiri si bokap

      Guest
  9. d daerah saya jet cooled itu d sebut jdi jet kolet, dan satria 120RU itu d sebut sbg “satria jet kolet” biasany begitu dengan nma “satria jet koled” hanya biker rx king yg berani melawanny

    Guest
  10. Pernah bawa motor ini Cepu-Surabaya di tahun 2005an. Larinya masih jos. Masih bejaban sama juniornya Smash lansiran 2003.

    Guest
  11. Tarikan bebek yg satu ini benar2 njambak kang. Teman sma pernah pertama kali nyoba langsung kaget dan gacir sampai nabrak pagar kr biasa pake honda astrea.

    Guest
  12. Tarikan bebek yg satu ini benar2 njambak kang. Teman sma pernah pertama kali nyoba langsung kaget dan gacir sampai nabrak pagar kr biasa pake honda astrea. Dan konsumsi BBMnya kisaran 50km/ ltr.

    Guest
  13. Rc80 era thn 83, 2tak pertama (di indonesia) yg mggunakan suspensi teleskopik, sistem pendingan kipas (vespa sdh pakai dari tahun jebot), teknologi pecs di transmisi, dan tampilan panel indikator yg lengkap khas suzuki (gear position dari kelas bebek sampai batangan), klu kawasaki jg mndahului eranya, contoh kawasaki yg namanya jd binter joy, pengapian cdi, 4gigi, 4 tak, binter merzy yg all new tank th 83 ke atas,200 cc 4 tak, cdi, cakram depan, kawasaki ke125 trail, 6 gigi, 2 tak, tp yg paling fenomenal (bg sy pribadi) adalah binter ar 125, 2tak, 6 gigi, radiator, monosok unitrak, th 84 sd th 87, sgt jauh lbh canggih dr motor yg lain..cmiiw

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here