TMCblog.com – Bro sekalian, seperti kita ketahui ada penyebutan istilah ” Unicorn ” untuk 4 perusahaan rintisan ( start up ) terbaik di Indonesia yakni Bukalapak, Tokopedia, Traveloka dan Gojek . . . Infact Gojek merupakan startup pertama yang menggapai gelar Unicorn atau sebagai Startup yang memiliki Nilai Valuasi sebesar US$ 1 miliar atau setara Rp 13,3 triliun . . . Dan tmcblog tertarik membahas Soal Gojek karena masih ada hubungannya dengan tema blog ini yakni otomotif roda dua . . Yap Gojek didirikan tahun 2010 dengan berawal dari hanya 20 Pengemudi ( ojek ) dan Hanya bermain di 1 kota saja dan di akhir Tahun 2017 jumlah Drivernya sudah mencapai 850 ribu dan berjalan di 50 kota . . . dan oleh masifnya perkembangan Gojek ini membuat banyak perusahaan berani berinvestasi besar besaran termasuk grup besar seperti Astra International tbk . .

Yap akhirnnya PT Astra International (Astra) mengumumkan telah menyuntikkan investasi sebesar US$150 juta atau sekitar Rp. 2 triliun untuk Gojek dan bergabungnya astra disebut sebut oleh Pendiri Gojek Pak Nadiem Makarim, mengatakan investasi yang diterima pihaknya kali ini merupakan salah satu yang terbesar sepanjang sejarah . . .

Namun sebelum ini memang semenjak akhir tahun yang lalu perusahaan perusahaan besar baik dalam dan Luar negeri memang di infokan sudah mulai banyak Yang merapat dan menggelontorkan Investasi yang jumlahnya besar keapda Gojek ini . . . sebut saja Alphabet, induk perusahaan Google; Temasek Holdings asal Singapura; KKR & Co; Warburg Pincus LLC; dan platform online Tiongkok Meituan-Dianping . . . terakhir dikabarkan Djarum Juga merapat dan siap menggelontorkan Investasi yang sedikit lebih tipis dari yang dilakukan Astra . . . aje gileee yaaa

Oke Selain masalah investasi investasian . .. yang berhubungan dengan Sepeda motor adalah penantian kita akan seperti apa bentuk kerja sama antara Astra dan Gojek secara lebih rinci. Apalagi, saat ini muncul beberapa prediksi yang berkembang usai pengumuman kerja sama tersebut . . . Bukan apa apa Gojek itu telah berkembang selain perusahaan yang ada hubungannya dengan otomotif roda dua dengan menghadirkan para driver dan Sepeda motornya, lalu soal perusahaan yang telah berkembang ke perusahaan Financial technology ( Fintech ) dengan mangakuisisi beberapa brand seperti kartuku salah satunya

Soal sepeda motor .. Astra yaaa . . . langsung saja mindsetnya langsung ke Honda . .. TMCblog fikir ujung ujungnya bakalan sama dengan soal Investasi Honda Global yang dikabarkan telah menggerojokan dana segar senilai 750 Juta Dolar amerika yang Menaikkan Nilai kapital GRAB menjadi total 3 miliar dollar AS atau hampir Rp 40 triliun saat ini . .. ujung ujungnya bisnis . ..

Bisa Jadi akan ada klausul dan kemudahan memperoleh sepeda motor Merk Honda khusus buat driver Gojek nantinya . . atau mungkin di sisilain yakni hadirnya kerjasama soal perawatan sepeda motor dan penyediaan sukucadang special khusus driver Gojek karena Astra Juga Punya Astra Otoparts, tau soal Finansial dengan FIF dan lain lain . . . ahhh pokoke bisa macam macam . . . yang pasti angka 850 ribu driver terdaftar itu artinya ada 850 ribu motor . . sebuah bidikan potensial tho ?

Taufik of BuitenZorg

82 COMMENTS

    • Soalnya ngandalin marketing, penjualan ga terlalu bagus. Tahun lalu cm naik 5000 unit, padahal dah masuk ke semua jenis mongtor, dan kburu bikin banyak pabrik. Salesnya kan cm nyampah di blogger

      Guest
    • penjualan ahm pda thun lalu mengalami kenaikan(unit) d bandingkan dengan thun 2016, pdhal market sepedemotor thun 2017 d indo ini secra keseluran mengalami penurunan, jelas itu adlh pencapaian yg baik,… jangan cuma lihat data penjualan atau unit ny saja, tpi lihat lh hal2 lainya

      Guest
    • Yg invest Astra atau AHM?
      Apakah Astra hanya motor? Bagaimaa dengan astra toyota, daihatsu, isuzu…dll

      Apakah Gojek hanya di motor?
      Bagaimaa dengan Go-Car atau Go-ride?

      Tambahin ya…

      Guest
    • Kenaikan itu maksudnya dari pennjualan sebelumnya atau dari target penjualan sebelumnya?
      Jadi walau pabrikan tau kalau pasar lesu , mereka berniat menurunkan target penjualan, namun presentasenya melebihi target penjualan dan presentase target penjualan sebelumnya. Apa itu juga dimaksud kenaikan? Mohon pencerahannya

      Guest
  1. gak heran gojek kaya sekarang, siapa dulu bapaknya pak nadien makarim. law firm kelas atas bapak nono anwar makarim yang bawahannya sekelas hotam paris hutapea.

    btw dari dulu sudah ada kerja sama bareng honda wak.
    jadi ada kemudahan kredit sepeda motor honda. misalnya beat atau vario, mereka membayar cicilan dengan cara memotong pendapatan driver perhari ada yang 20rb-50rb tergantung lama tenor dan jenis sepeda motor.

    Guest
    • ane udh menduga astra bakal meninvest ke gojek, hembusannya udh lama jg, ya jelas peluangnya gila2an, moda transportasi ojol gojek simpelnya astra yg ngatur kebijakannya, nah gojek tinggal terima hidangannya πŸ‘Œ

      Guest
    • yupp setelah anaknya (AHM) emang waktu itu tinggal bapaknya aja (astra) yg meresmikan bekerja sama bareng gojek.
      memang mantep strateginya astra nih, dengan kredit dp 500rb/0% membuat mainset orang yg mau kredit motor jadi kelihatan murah. terus sekarang ada kredit khusus buat driver dengan cicilan perhari 20-50rb yg dinilai tidak terlalu memberatkan keuangan driver. padahal mah sama saja kalo dihitung tp itulah hebatnya tim marketing mereka.

      Guest
    • suatu kemunduran Gojek apabila mengsyaratkan kendaraan harus motor Honda atau maintance hanya pengguna honda….

      Guest
    • Betul.. Bahaya nih kalau driver ataupun calon driver diharuskan motornya honda.. Itukah cara menyingkirkan kompetitor, terutama yamaha?

      Guest
    • yang bilang bahaya apalagi kemundura karena elu fanboy akutnya jadi bahaya buat elu elu semua, kalo driver ama customer sih ga masalah dan ga bahaya malah nyaman ada kemudahan
      emang fby pada lebay lebay sok dramatis wkwk

      Guest
    • inilah namanya bisnis, lihat ada kesempatan sikat

      dibalik aja, kalo yimm kerjasama ama grab, apa fby juga brani ngomong kayak diatas, emang suka sinetronan nih fby

      kalo ane mah asik asik aja kalo nantinya yimm kerjasama ama grab

      dengerin tuh petinggi yimm, tuh astra dah kerjasama ama gojek, grab masih lowong, gak usah lama lama, sikat aja

      Guest
  2. kerja sama yimm vs alfamart udah gimna ya??
    lgian doyan amat ya yimyim ngincarrrr emak-emak(mayoritas pengunjung alfam*rt adlah emak-emak)

    Guest
    • Berarti entar juga ngegandeng Mpok alpa jadi brand ambassador “alis dilempeng2in bibir di Merahin,ban Mio di kecilin,ajak ke emol deh bang,nggak usah ke emol ke alpa juga udah seneng banget ini”πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • perasaan d alfamart itu yang pling sering atau pling banyak d temui emak2 didalam dan tukang parkir nongkrong d luar

      Guest
  3. Horang kaya… Modalin org smpe 2 triliun…
    Harus EXTRA KERJA nih.. huehehehe…

    Mantapss juga, nanti PCX bisa jadi kendaraan wajib GO JEK… Keren….

    Guest
    • pola pikir yang aneh, justru Astra ini lagi ngasih umpan untuk dimaksimalkan oleh anak perusahaannya AHM, justru karena AHM sudah sangat besar, butuh perlakuan khusus agar semakin besar, agar MSnya ga mengkeret, beda sama sebelah, baru sekali seumur hidup aja hampir unggul MS di indonesia, lsg dieksploitasi sama induk usaha, dijadiin sapi perahan buat ngidupin afiliasi, ga heran lsg terjerembab lagi ga pake lama

      Guest
    • @rdy, Situ kalo jadi fansboy coba yg smart dikit jangan pekok2 banget, bego koq dipelihara kambin noh pelihara, kalo ga laku masa iya MS diatas 70%, apa mau dikata yg MS nya cuma 20%?

      Guest
  4. Natinya driver gojek harus pake motor merek honda…tambah ngungsep MS yamaha…sudah 19%. Honda bidik MS yamaha 5% aja. Biar ga terlalu jauh ma suzuki , kawasaki, viar

    Guest
  5. sepertinya ada beberapa hal wak yg mau disasar Astra.
    1. Ojol itu sendiri karena Astra punya AHM
    2. Pembiayaan pembelian motor, Astra juga punya
    3. orang awam taunya Astra cuma AHM, padahal ada daihatsu yg uda lama juga maen Taksi Onlen di penjualan produknya
    4. balik ke no 2 untuk pembelian mobil
    5. Asuranasi ituk item2 diatas pake produk Astra
    6. Mesenger yg ada saat ini menggunakan jasa pihak 3 bisa dialihkan ke Go jek.
    7. Opsi bengkel onlen baik motor maupun mobil
    8. Kesamaan misi Astra dan Go jek… Be the pride of the Nation.

    secuil analisa sotoy dari gw wak…hihihi

    Guest
    • buang jauh2 mindset anda klau kredit itu=kalangan bawah atau (maaf) orang miskin,…
      seseorang yg berjiwa bisnis mayoritas punya prinsip ” kendaraan inilah yg akan membayar diriny sendiri”,..
      misal hrga suatu kendraan itu 500juta klau cash dan dia punya duit segitu, tpi dia akan membeliny via kredit dengan dp100juta, lalu yg 400 sisany d modal-kan, .

      Guest
  6. Motor honda khusus gojek ada platform OS android yg terintergrasi di bagian spedometer layar sentuh 7”…WOW banget kalo seperti itu…semua bahagia

    Guest
  7. Bkn dri honda aja, daihatsu n toyota, armada go car kan dari situ semua, avantat xenia, dll, klo motor banyak dri honda krn ad kontraknya jg, misal utk driver gojek/gocar kemudahan dlm membeli motor/mobil, n kredit cicilan rendah, or leasing mobil astra finance invest 2 triliun ane yakin arahnya kesana semua, krn ini bersangkutan dgn moda transportasi, “Nadiem further explained that the partnership between Astra and Go-Jek will involve vehicle supply and financing.” nah..

    Guest
  8. Efek jualan tambah seret harus berani “berinvestasi 2T”?
    salah satunya menyediakan armada gojek buatan honda senilai 2T dgn skema kredit seumur hidup… xixixi

    Guest
    • Pengamat mulai error nih. Dah gak mutu..haha
      Btw fikir logika aja. Kalau penjualan seret ngapain investasi? Tau kan maksdnya investasi? 2T bukan segepok dua gepok loh? Bnyak tu. Mau balik modal bukan sebulan dua bulan. Semoga faham

      Guest
  9. Wah seru nih makin banyak pilihan gojek nantinya….
    pake CBR250RR biar ngerasain sport fairing rasa sport naked
    Atau pake CRF150L buat ngangkut hasil panen palwija, menjangkau pedalaman
    Atau pake all new PCX150 buat nganter ke pasar, bawa belanjaan.
    Mantap…

    Guest
    • Tukang ojek butuh motor tahan banting,dan irit,.. Motor honda memenuhi syarat untuk jd motor ojek.. Berangkaaaaaaat…

      Guest
  10. Gw agak gak ngarti gimana caranya itu duit investasi bisa menghasilkan at least 10tahun mendatang ke untungan,
    Gw juga heran kenapa mereka banyak invest gila gilaan sama gojek ini,
    Apa cuma buang uang,

    Keknya gw harus banyak belajar cem gojek ini begimana bisa prospek di depan calon inpestor

    Guest
    • Di sini yang sedang di bicarakan itu gojek,jd wajar kl larinya ke motor/honda,..bda cerita kl yg di bahas itu go car,go box…

      Guest
  11. Astra banyaklah, klo soal kendaraan dan financial seh sasarannya banyak, jelas ini profit, kendaraan ad spm punya ahm, mobil daihatsu, toyota, isuzu, sparepart otopart dan bukan diwajibkan tp klo dimudahkan mereka akan beralih dengan sendirinya ke produk astra, financial jg udah semua dicakup gak cmn kendaraan, pembiayaan dan elektronik jg udah masuk, klo gojek dimekarin lagi mpe kota” kecil po ra profit kabeh kuwi, invest 2T mah eces, sing ngelu HPM

    Guest
  12. yuh orang2 ini, 2T itu belum tentu bentuk duit cash , itu bertahap , tergantung raportnya, dan juga sesuai kontrak yg sudah disetujui kedua belah pihak, tp total value nya 2T,

    Guest
    • beda kelas lha ..yimm itu kelas desa …lihat aja gaji karyawannya rendah..ada rupa ada harga ….masuk yimm itu terlalu gampang krn ga perlu spek tinggi2 lagian mana mampu bayar juga toh

      Guest
    • Anak cabang RPL tangeran … Ntah namanaya apa yang bikin blok mesin yamaha dan honda bilang …. Orang yamaha paling bawel banyak komplain ga kaya honda, orang yamaha gerindaan kurang alus dikit aja return

      Guest
  13. masalahnya attitude pengemudi gojek gak semuanya bagus..

    beberapakali terjadi ‘srempet lari’ ala biker gojek..karena terlalu fokus pada hape di stang motor,entah nyrempet mobil,nyenggol motor orang,terakhir temen saya naik NMax di sliding gojek,trus kabur gojeknya..temen njungkir njempalik..kan asuuu

    Guest
  14. Maaf meluruskan saza…

    Kucuran investasi 2T itu bukan Uang semua saudara-saudara .. hadeeuuh ..πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†, Luasss cakupan nya..bisa nilainya 2T saza…

    Dan yang di Incar Astra buka notabene Gojek motor saza, tapi Go-car juga Astra mobil apa aja ?? Hayuuk ngacung.. .. .. .. ..

    Guest
  15. Dan kenyataan di Jabodetabek UBER motor lebih banyak pengguna nya, Dan Yamaha adalah motor official yg bisa di kredit di Uber oleh kang Ojek nya dengan 23ribu sehari .. .. ..

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
    • Lu tau jumlah biker gojek sama uber beda nya brp? Jauuuh.. Lu 20kali ketemu gojek blm tentu 1x ketemu uber tong…

      Guest
    • Lu tau gk yg lebih menguntungkan mana buat konsumen??? Di jabodetabek lbh banyak grab pula, gojek cuma pojok2, driver uber sama grab udh punya ikatan keduanya, banyak driver grabbike ikut ubermotor jg, lu gk tau gojek dibekasi gmn?? Suramm

      Guest
  16. Yamaha udah duluan join dengan Uber motor soal pengadaan kendaraan roda dua bagi mitra driver UBER… 23RIBU sehari…

    Guest
  17. tinggal di tunggu untuk berani kasih sponsor buat balap kali aja logo gojek dan astra menempel di pembalap Indonesia pada ajang Internasional ( Moto GP )

    Guest
  18. ini soal gojek, ini soal roda 2, tapi dari 850.000 ga ketahuan brp % Honda, brp % Yamaha dll. ga akurat nih artikel. akurat duitnya doang… wkwkwk

    Guest
  19. Menanti Agenda kerjasama dibalik Kucuran Investasi 2 triliun Rupiah Astra untuk Gojek

    ga usah dinanti2,wak
    PT Gojek Indonesia itu ternyata beneran MALING, driver disuspen, dinyatakan putus mitra sepihak (seenak jidatnya aja) ga ada tertulis pula hitam diatas putih ditandatangani/pake materai. yg paling ngenes, saldo nya diambil pula. emang dasar PT. Gojek Indonesia itu maling . PT maling
    PT Gojek Indonesia adalah PT maling

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here