TMCblog.com – Bro sekalian, Data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menyebut, di awal 2018, tepatnya Januari, sebanyak 482.537 unit sepeda motor berhasil terdistribusi secara wholesales ( dari pabrik ke diler ) Angka ini meningkat 8.658 unit dari bulan yang sama tahun lalu, yakni sebesar 473.879 unit.

Dari data 482.537 unit tersebut Honda masih paling banyak yang berkontribusi yakni 345.957 unit atau sekitar 71,70 persen dari distribusi penjualan motor nasional. Di posisi kedua ditempati Yamaha, yang menyumbang distribusi penjualan 122.989 unit atau memperoleh shate 25,49 persen. Posisi ketiga, keempat dan kelima, ditempati Kawasaki, Suzuki, dan TVS dengan masing-masing penjualan 7.509 unit (1,56 persen), 6.051 unit (1,25 persen), dan 31 unit (0,01 persen).

Pimpinan dari 10 motor paling banyak terdistribusi adalah Honda Beat eSP yang berhasil terdistribusi dipasar domestik sebanyak 133.962 unit. Kedua ditempati Scoopy eSP dengan angka distribusi 69.586 unit. Posisi Ketiga Honda Vario 125 eSP dengan 50.172 unit. Keempat Honda Vario 150 eSP dengan 37.840 unit. Dan Yamaha NMAX menempati posisi kelima dengan angka distribusi penjualan 28.402 unit.

Secara umum di 10 Motor yang paling banyak terdistribusi Bulan Januari 2018 menurut data yang dishare Viva berdasarkan data aisi ada 6 produk Honda dan ada 4 produk Yamaha. Menarik melihat angka Vario series dipecah 3 gini . .. Kalo digabung menajdi nama vario series maka angkanya berada diatas 100 ribuan unit. Dari 10 tersebut tidak ada satupun motor bergenre motor sport. . .. Yap No 10 saja vario 110 Angka distribusinya berada di 7000-an Unit, so ini dia daftar 10 motor yang paling banyak didistribusikan penjualannya sepanjang Januari 2018:

1. BeAT eSP – 133.962 unit
2. Scoopy eSP – 69.586 unit
3. Vario 125 eSP – 50.172 unit
4. Vario 150 eSP – 37.840 unit
5. NMax – 28.402 unit
6. Mio M3 125 CW – 26.580 unit
7. Aerox 155 – 16.587 unit
8. Revo X – 13.315 unit
9. New Fino Premium FI – 11.246 unit
10. Vario 110 FI eSP – 7.639 unit

74 COMMENTS

    • Mantab
      Aerox 155 & NMAX lebih layak dipinang
      yg akhirnya merongrong vario jadul..dijalannya udah banyak Aerox155

      disinyalir Ahm akan sedikit getol pcx tapi YIMM akan mentungkel dengan LEXY nya dll….cerdas.

      Guest
    • ekekekekek…..
      kasih napas dulu buat yahahahaha
      biar gk bosen bikin mongtor
      MuuUUUuuuehehehehe……

      Guest
    • meong S mana meong S? apa perlu raisa yg turun tangan nih buat nemenin isyana? masa sama waria 110 aja kalah???

      Guest
  1. edan juga nih scoopy,..hampir menembus angka 70ribuan, bukan tidak mungkin bulan2 berikutny bisa menembus angka 70ribuan lebih,.. apa ymha gak ngiler melihat penjualan scoopy ini ya?? masih aja menggembar gemborka ban lebar tubeless ny, pdhal scoopy dri masih pke velg 14″ udah ada yg pke tubeles, blum lgi fino versi ban truck masih oke bohlam biasa, pdhal fino grande yg hadir lebih dulu udah pke headlamp led, strategi yg aneh,..mau bikin fino jadi 125cc vva 4v hrga 19jutaan pun gak akan bisa mendekati pnjualan scoopy klau body dan kaki2ny gak revisi mengikuti kompetitor

    Guest
    • penasaran nape cung. tetep aja ceboker ditabokin sama ninja lawas 2017. orang tau mana yg berkualitas mana yg ecek ecek. 😃😃😃

      Guest
    • yupp saya juga penasaran. kalo gak salah terakhir itu ada perbedaan info masalah jumlah yg inden dari pas launching – januari, ada yang bilang 500 unit ada yang bilang 5000 unit. ada yang bilang beda karena typo atau apalah wkwkwk

      Guest
    • cie ada sales kaoskaki diehard kepanasan nih.
      kalo mau bc honda kejauhan ms ente.
      paling deket kan sijuki noh, sama2 sepersen. itu juga kesalip WKWKWKWK

      Guest
  2. Kmren tuh katanya fbh nmax jualan bakal drop gara gara spacy mesin vario pake stang beat stres launching. nyatanya kagak. ppppfftttt kebanyakan mimpi 😂😂😂

    Guest
    • Kmren tuh katanya fby Vario jualan bakal drop gara gara sang pembunuh, the Vario killer launching. nyatanya kagak. ppppfftttt kebanyakan mimpi 😂😂😂

      Guest
  3. Sayang, velg new scoopy made in china kontras sekali dg kompetitor pakai vendor industri anak negeri sendiri. padahal kualitas tdk lebih baik dr produk anak negeri ( produk matic kompetitor made in indonesia mampu tembus eropa)
    Bangganya dimana pakai produk china?

    Guest
    • sudah ada kasus kah sama velg scoopy ? velg matic honda mau yg enkei, zcw ataupun pako sangat jarang ada kasus geol speleng atau apalah dibanding sebelah.

      Guest
    • Bro ini bukan masalah Geol atau tidak geol, enkei atau pako.
      FAKTA NYA VELG NEW SCOOPY PAKAI VENDOR CHINA KR TERKAIT KEPENTINGAN COST.
      Bayangkan kalau pabrikan SEBESAR AHM velg scoopy pakai vendor industri anak negeri yg untung siapa? Kan industri anak negeri ( tenaga kerja) yng untung. Lu LIHATNYA DARI SUDUT SALESNYA DOANG, YANG PENTING LAKU.GITU KAN BRO?

      Guest
    • Lah emang kenapa ada masalah???
      Perusahaan asing wajar pake produk luar

      Terus apa yang dibanggain
      HELLOOOO!!!!!!

      Guest
    • geol,speleng tinggal gnti bering bray repot amat…bering gk lbih mhal dri sebungkus rokok..gntiny jg 5,9 buln 1x..miris bgt otak lu bray

      Guest
    • ini lagi wkwkwkwk.
      sejak kapan velg belakang matic ada bearingnya bray ? wkwkwkwk
      kalo velg belakang matic rusak yak gak bisa ganti bearing lah, dikira motor biasa velg belakangnya ada bearing wkwkwk.

      Guest
    • Apa yg salah dengan vendor China? Open mind, pelase.. Jgn d dalam tempurung terus bro.. nggak semua vendor Tiongkok itu jelek

      Guest
    • bubu# percuma dibilangin bro, gak bkalan ngerti orang2 sprti itu,..
      perancis, belanda dan jepang yg menjajah kita, tapi mlah china yg kena getah nya, mungkin efek G30S-pki kali ya mrka mindset orang indo terhdapa china itu jelek mulu(mayoritas),… mungkin orang2 kyak nickname#independent itu gak tau klau china itu raksasa ekomomi dunia ataupun slahsatu pusat ekonomi dunia… mau sektor pendidikan, teknologi, sara dan prasarana, dunia otomotif, olahraga dll indonesia ini gak ada apa2 ny d banding china

      Guest
    • Konsumen ya melihat dari sudut pandang konsumen. Mau cina atau bukan yang penting kan kualitas. Ahm untung sedikit/banyak juga bukan urusan konsumen. Selama ini velg matic Ahm aman2 saja jadi no problem lah. Jadi siapa yang melihat dari sudut pandang sales sekarang??

      Guest
    • Sptnya sulit bro. Produk sebelah usernya banyak yg masuk kategori masteng (mas2 tengil). Mayoritas cewe2 n ibu2 muda tidak suka masteng. Intinya bukan salah produknya, tapi salah masteng.

      Guest
  4. angsa bertelur emas itu sekarang bernama beat (dulu mungkin namanya mio). kalo liat penjualan beat yang kadang 130 ribu unit, kadang 180 ribu unit perbulan, gua yakin, petinggi yimm/desainer yimm pasti geregetan, who knows, bisa saja mio yang sekarang menjadi raja, kalau saja mereka dulu mampu mempertahankan singgasana mio, selalu melakukan improvement dan memenuhi keinginan calon konsumen dengan cara: menjaga nama baik mio, irit, praktis, nyaman, perawatan mudah dan murah, desain cakep sehingga menjadi favorit konsumen indonesia. who knows?

    Guest
    • mungkin yamaha mikirnyaa orang indonesia seneng di kasih shock batu yang kerasnya gak ketulungannn….
      pdahall itu yg bkin orang males beli produk skutik yamaha…
      beda banget dengan honda shock empuk.mesin aluss….jdi yaa paling lariss yaa beat.

      Guest
  5. Mungkin Ymh terlalu banyak diferensiasi untuk produk sikutiknya dan tidak ada strata yg jelas (berapa banyak jenis Mio yg udah dikeluarin dan Mio n Xeon pun beda tipis levelnya). Klo Hnd gak ngasih banyak diferensiasi, entry level ya BeAT, mid end Vario, retro Scoopy (perihal Vario ada 3 varian mungkin karena demand konsumennya masih kuat).
    Intinya, Hnd produknya fokus, fiturnya jelas, konsumer bisa bedain pilihan. Ymh produknya vary, fiturnya mirip-mirip. Entahlah, bagus Ymh pertahain n improve di Nmax n Aerox yg jelas diminati konsumen.

    Guest
  6. Di sumatera dan sebagian wilayah Indonesia kalau parkiran motor di tulis PARKIRAN HONDA..!!

    Nah…!!!😂😂😂😂 kebayang kan betapa superior nya merk 1 ini…
    Coba lihat iklan jadoel..isinya honda semua…klo roda 4 ya KIJANG !

    UnBEATable..!!

    Guest
  7. Dulu di blogger zuragan: komparasi head to head Mio S vs Beat.

    Mio S unggul ukuran ban, ukuran velg, tutup pentil, bentuk spion, etc.
    Fix Mio S unggul segalanya dari Beat.

    Sekarang: Mio S kagak masuk 10 besar pffft

    Guest
  8. Tmc blog skrg dipegang 3 org ya, pertama wak haji, om nugie dan skrg om gilkunn yg pake cbr600rr
    Salam om gilkun👋
    Dr user @redwhitebluecerby

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here