Swing Arm Carbon RC213V

TMCBlog.com – Sobat sekalian, hari terakhir sesi test Buriram Ahad 18 Februari 2018 ini HRC tiba-tiba memasang unit swing arm berbahan carbon fiber pada tunggangan Marc Marquez setelah selama ini Honda selalu menggunakan swing arm berbahan aluminium. Jelas ini merupakan upaya HRC menyempurnakan handling RC213V guna bersaing di musim 2018 nanti.

Sebetulnya swing arm carbon ini sudah muncul di Sepang Test akhir Januari kemarin, namun entah dasar apa pihak HRC tidak mencoba lebih lanjut swing arm carbon tersebut di Sepang.

RC213V MM93 Sepang Test 2018

Bisa kalian lihat bahwa pada paddock Repsol Honda di sirkuit Sepang lalu hadir dua unit motor dengan bahan material part swing arm yang berbeda.

Swing Arm Carbon Fiber

Seperti yang kita ketahui bahwa bahan carbon berbeda sensasinya dengan material logam aluminium, dengan tingkat kekakuan yang lebih rigid dari aluminium, swing arm berbahan carbon ini disinyalir untuk mengejar handling motor yang lebih kaku.

Kita bisa melihat bahwa Ducati selalu menggunakan swing arm carbon sejak jamannya Casey Stoner, dan bukan rahasia lagi bahwa Ducati Desmosedici selalu mengejar keunggulan di sektor handling yang sampai tahun 2017 kemarin mulai ketemu formulanya. Akankah HRC melakukan pendekatan yang sama dengan Ducati ini karena menargetkan hal yang sama?

Ketimbang spekulasi malah sok tau, baiknya nunggu komentar dari Marc Marquez aja deh di media debrief sore nanti ya sob. Sementara dilihat aja dulu foto-fotonya

Nugi TMCBlog

40 COMMENTS

    • biker gsx : carbon apa dulu nih ? kalo carbon kevlar biasanya berbentuk serat lembaran kaya anyaman tiker. kalo resin bentuknya cairan yang berfungsi sebagai lem dan penguat karbon itu sendiri.
      maaf bila salah.

      Guest
    • Ini carbon asli atau tempelan skotlite mamang2 di pinggir jalan??? perlu konfirmasi nih dari petinggi HRC soalnya repot klo kejadian Akralingga atau Yoshimurah terulang…😂😂😂 MAU TERSOHOR MALAH NGELOYOR😫

      Guest
    • si semir kebakaran jenggot,takut jualan knalpot brong pinggir jalannya jadi sepi

      makanya tempelin merk Pirelli!!😂😂

      Guest
  1. nih hari terakhir test thailand nih waktunya ngebut sebelom terbang ke indonesia besok.
    apa hari ini marquez bisa tembus 1.28.xxx ?
    hhhmmmm

    Guest
  2. Kayaknya mm mau memaksimalkan rear wheel steering, karena pemasangan swing arm carbon dibutuhkan buat rigiditas ketika sliding.

    Maybe mm gak cocok pake winglet karena gak cocok sama riding stylenya yg cenderung agresif ketika keluar masuk tikungan dan ngurangin top speed di trek lurus

    Guest
  3. Rcv sekarang rendah banget ya cog nya,,
    Peletakan mesinnya rendah banget kayak cbr250rr

    Cog rendah biasanya lincah, tapi gak stabil di high speed long corner

    Mungkin swing arm carbon arahnya kesana, agar lebih stabil dan ringan

    Guest
    • Sayang stangnya masih dangak kyk cibier 1000 dan cibier 250..

      Cog nya masih stngh stngh..lbh nunduk cog mkin dket ke tanah..

      Guest
  4. Semir, wak haji tuh lagi di Thailand, ngeliput test moto gp, ngak usah takut jualan nmax turun kalu part nmax asli semuanya . ngak ngerti org lagi sibuk urusin berita tingkat dunia. Lagian Blogger juga dah banyak yg bahas stiker palsu.

    Guest
  5. Itu bukan arm karbon, tapi cuma arm almu yang dilapis karbon. Di WSBK udah jamak, gak cuma arm bahkan ZX10RR sampai rangkanya. Fungsinya buat nambah kaku part aluminium. Beda sama Ducati yang emang 100% bahannya karbon. Tapi orientasinya tetep sama, cari rigid. Bedanya Honda cuma pake cara tradisional lapisin arm almu pake karbon, kalo Ducati bener2 bikin arm dari bahan karbon.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.