TMCBlog.com – Bro sekalian, seperti yang sebelumnya tmcblog janjikan di Instagram bahwa tmcblog akan mencoba membuat sedikit Vlog Review fisik singkat mengenai Dua Motor baru Yang tmcblog temui saat berkunjung ke head Office AP Honda Thailand di Bangkok beberapa pekan yang lalu . . . yang pertama Honda C110 Supercub sudah sobat bisa simak di artikel dan Vlog sebelumnya dan kali ini adalah Honda CB300R Neo Sport Cafe . . Kenapa TMCBlog merasa tertarik mendokumentasikan Motor ini? alasannya adalah karena rumor yang mensinyalemenkan bahwa ada kemungkinan AHM mau memboyong versi 250 cc nya ke Indonesia entah kapan nanti . . . so kekepoan itupun malah jadi bertambah .. .

Secara umum TMCBlog melihat finishing atau Built Quality yang dilakukan oleh AP Honda Thailand terhadap Honda CB300R Neo Sport Cafe ini memang Juara banget alias jempolan . . terlebih lagi Honda memilih warna Hitam Matte dicampur silver, membuat aura secara keseluruhan terhadap Honda CB300R Neo Sport Cafe adalah Kekar, Macho, namun elegan . . Headlamp Depan Bulat LED, Lampu rem belakang LED, bahkan Lampu sen pun LED dengan Model Mirip seperti di CBR250RR

Memang sih mesinnya tidak secanggih Mesin Honda CBR250RR yang sudah mengaplikasikan Throttle By wire dan Twin, Namun begitu beberapa teknologi canggih lainnya tetap juga didapatkan di Honda CB300R Neo Sport Cafe seperti misalnya Pengereman ABS yang sudah bukan ABS biasa lagi, namun Sistem pengereman ABS yang dikombinasikan dengan IMU (Inertial Measurement Unit) untuk memberikanangka distribusi tekanan kaliper yang sesuai pada bagian depan dan belakang sesuai dengan karakter dan keadaan riding yang dilakukan . . . wiiihhh, IMU ini biasa kita temukan di Big bike sob

Sasis menarik, Karena Kalo boleh dibilang mirip banget sama Sasis dari Honda CB150R exmotion . . . sasisnya sama sama turbular jika dibandingkan dengan sasis CBR250R, CBR250RR, maupun CBR150R Indonesia .. Namun bentuk jalinan besi baja turbularnya berbeda banget . . Honda mengklaim desain sasis ini memang didesain khusus untuk Genre naked Bike ini untuk memberikan feedback handling Yang lincah dalam bermanuver namun tetap stabil . .

Kaki kaki benar benar serius dan Nggak Mau kalah sama Kelas 150 cc nya . . suspensi depan tetap Upside down 41 mm yang memiliki Travel stroke 130 mm suspensi belakang Monoshock damper, Pro-Link swingarm, dengan jarak Travel stroke 107mm . . . Posisi suspensinya berbeda dengan CBR250R . . agak lateral githu sob . .

Pemilihan bahan dan Finishing di bagian Handle pun lumayan Ciamik .. dengan dashboard full LCD digital ditambah setang tapered rubber-mounted aluminium handlebar . . .dilanjut tangki yang besar dan kekar dengan penyematan model tangki bercover plastik ABS dilanjut jok terpisah dan Buntut/ rear fender menggantung . .benar benar merupakan miniatur dari CB1000R neo Cafe . . . tinggal kita tunggu saja nih, apa benar AHM akan boyong versi 250 cc nya ke Market Indonesia . . silahkan dikunyah kunyah sob . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Honda CB300R Technical Specifications

ENGINE
TypeLiquid-cooled single cylinder
Engine Displacement (cm³)286cc
Bore and Stroke (mm)76mm x 63mm
Compression Ratio10.7:1
Max. Power Output23.1kw/8500rpm
Max. Torque27.5Nm/7,500rpm
Oil Capacity1.8L/1.5L
FUEL SYSTEM
CarburationPGM-FI
Fuel Tank Capacity10.0L
Fuel consumption30.2km/litre
ELECTRICAL SYSTEM
StarterElectric
Battery Capacity12V-7AH
ACG Output318W
DRIVETRAIN
Clutch TypeWet, multiplate hydraulic clutch
Transmission Type6-speed
Final DriveChain
FRAME
TypeSteel diamond frame
CHASSIS
Dimensions (LxWxH)2012mm x 802mm x 1052mm
Wheelbase1352mm
Caster Angle24º
Seat Height799mm
Ground Clearance151mm
Kerb Weight143kg
Turning radius2.3m
SUSPENSION
Type Front41mm telescopic fork, 130mm stroke
Type RearMonoshock damper, Pro-Link swingarm, 107mm travel
WHEELS
Rim Size Front17inch
Rim Size Rear17inch
Tyres Front110/70R17M/C 54H
Tyres Rear150/60R17M/C 65H
BRAKES
ABS System Type2 channel with IMU
Front296mm hubless floating disc with radial-mount Nissin 4-piston caliper
Rear220mm disc with single piston caliper

82 COMMENTS

  1. ahm masih mikir gimana masukin motor naked tapi harga beda dikit sama full fairing. wkwkwk.
    kalau yang 250 harganya beda dikit, nanti yang 150 kena juga.

  2. “Secara umum TMCBlog melihat finishing atau Built Quality yang dilakukan oleh AP Honda Thailand terhadap Honda CB300R Neo Sport Cafe ini memang Juara banget alias jempolan . . ”

    Secara umum memang buatan sono lebih bagus, tapi kalo buatan sini, hadeuhhhh…. Payah bangeud

  3. Liat las-lasan sasisnya juara banget..bener2 build quality nya jempolan….barusan liat sasis dari cb150sf warna merah di parkiran, beda buangeeettt….

    • Bukan begitu mas @udinsastro maksudnya.. lihat deh yg harganya sama antara honda, yamaha, suzuki, kawasaki. Selain honda itu pasti build qualitynya lbh bagus, yamaha misalnya finishingnya rapat dan kinclong catnya, yg doff pun lbh bagus dari doff nya honda. Begitu jg suzuki dan kawasaki plastiknya tebel2 dan kinclong2.. keliatan deh apalagi bagian plastik dalam yg hitam2 area stang dan dek (kalo matic). Compare aja beat vs mio. Plastiknya kaya cheap gt kalo honda.. padahal harganya beda2 tipis saja.. saya jgd inget dulu main mobil tamiya vs auldey. Beda bgt rasa di mata dan tekstur bodi dan sasisnya.. tp itu wajar karena harga tamiya 2-3 x lipat lbh mahal. kita anggap saja motor2 td semua biaya produksinya hampir sama, mahalnya sama, tapi kok hasil yg disajikan beda2 kualitasnya

    • Oo begitu ya, saya pikir kualitas matic dan sport di Indonesia rata-rata sama, jika dijual lebih mahal krn laku di pasaran itu krn hukum pasar, dimana makin banyak demand maka harga bisa naik.

  4. omg, desain headlamp, shock depan, shroud dan bahu tangki bbm yang menggantung ke atas/depan, bener bener menyatu (almost) sempurna. ganteng kekar badai, cuma sektor buritan agak kurang ngena/agresif, overall sum up, couldn’t ask for more.

    • bener beut!!!….tapi overal oke….
      itu kenapa ninja bisa padet banget, cb-cbr tahiland bisa padet,,,mereka meikirkan banget celah kosong, setiap lekukan..gak ada yang terlihat tipis…setiap ujung dibikin rounded atau ada tekukan ketebalan….

    • Bro adi16, itu Adi atas ente yg compare FBY bro.. gbs bedain mana sport mana metik..
      Sekalian aja dicompare byson 25jt an msh bohlam padahal mio S motor murah meriah hampir 1/2 harga udah LED.. hellow

  5. minggu yg lalu sudah d mulai oleh cb150-verza, pertengahan-akhir thun ini d susul oleh cb250-NeoSportCafe dan thun depan giliran cb150-NeoSportCafe.

  6. Saran aja wak, klo bisa setiap penjelasan detail usahakn kamera diposisikan pada bagian yg di jelasakn
    Krn dr beberapa review wak haji saya perhatikan kurang pas antara pengambilan bagian dgn penjelasan

    Semoga bisa diterima masukannya

  7. suspensi belakang pake prolink wak?
    soalnya kalau dilihat sepintas itu suspensi yg langsung ke swing arm gitu
    padahal kalau CB Verza update saja lampu pake model gini udah dapet banyak tuh

  8. Output powernya lumayan juga ya. 23,1 Kw (31ps). Kek si ktm punya engine single cyl tapi cukup powerfull. Syang swing arm masih kotak. Bawa masuk sini lah AHM.

    • swim arm ny masih kotak?? hehehe .
      itu krna d gambar yg terlihat hanya swim arm sebelah kiri doang, klau swim arm seblh knalpotny terlihat(sebelah kanan), bisa saya jamin 1000% anda tidak berani lgi bilang “swim arm ny kotak).

      swim arm motor d atas itu mirip banget ma punya r25, asimetris jdi bagian kiri ma kanan beda

    • Wkwkwk
      Sama2 jelata ya mending ayla agya datsun kemana2 kalo 100jt up hehehe
      Tp buat hobi ist sih no comment lah ya, harga berapa pun bakal diusahain meski ngakunya rakyat jelata..

  9. feeling ane konsep chassis / rangkanya bakal diterapin di K15M nanti deh wak, untuk All New CB150R Streetfire dan New CBR150R K45M selanjutnya. kan issuenya disini banyak kasus patah rangka karena stress bertumpu di X point, dsb..

  10. apakah maksudnya karena masih pake Roller Rocker Arm ???
    Klo bener, kan ga ada masalah buat motor model beginian
    balance antara mileage dan “performa touring” yg di diutamakan motor model ini (imho)

  11. swim arm sprti d atas sering d sebut sbg “semi banana swim arm”,… swim arm cb300nsc(dan cb125/150 nsc) ini mirip2 dengan punya r25/r3, sama2 semi banana dan masih terbuat dari besi

  12. saran aja untuk ahm, kualiatas dan built quality produk anda tolong d buat minimal sedikit d bawah kualitas dan built quality produk honda thai(klau gak mau untuk membuat setara produk honda thai)

  13. Makanya gw bingung, patokan real apa fake dohc apaan, borexstroke?? Rra??? Apa kata s1krr sama r1m yg masi rocker arm blm roler roker arm

  14. Klingon 220cc shock belakang ambles,, produk tanpa cacat bagi FBY buta merk,,
    Mio old sampai Mio Now’ pelk geal-geol produk kualitas terbaik bagi FBY,, .

    ?

  15. Kalau range harganya ntar di Indonesia 80 -100 jt, saya prefer motor India rasa Austria Duke 390 2017,
    Karena masih levelling untuk torsi rpm putaran bawah ala mesin single cyllinder.
    Kalau dilihat dari spek di sini transmisi koplingnya belum pake clutch/assist slipper, part connecting rod alias setang piston akan jadi korban dan oblak ketika sering engine-brake. Sedangkan con-rod di motor honda gabung dengan crankshaft alias kruk-as nya, masa’ kita harus beli kruk as gegara setang piston oblak??
    Si tetangga garpu tala jepang aja udah make tuh teknologi untuk segmen mesin 155cc di pasar lokal.

    • Motor honda yg mana mas? Tolong disebutkan yg as kruk paten sama conrod? Hebat nih insinyur honda bisa bikin ginian.. ckckck
      Bongkar askruk sendiri/liat lgsg dulu baru komen mas

  16. CB150 VERZA cuma test the water pemakaian lampu bulet, klo peminat membludak, ntar new product AHM bkal ada yg pake headlamp bulet …..next Tiger ? hehehehe

  17. Inilah yang membedakan Honda Thailand dan Indonesia.
    Prodak Thailand diperuntukan untuk pasar Global sedangkan Indonesia untuk prodak Lokal, Honda Indonesia hanya bisa Export dalam bentuk CKD, kenapa CKD : Alasannya cukup sederhana, AHM belum bisa dipercaya untuk merakit kendaraan dengan kualitas Export, banyal prodak AHM yang harusnya dirijek tetep dilempar kepasaran, lagian menurut Honda pusat, konsumen indonesia cukup dikasih merek honda pasti laku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here