TMCBlog.com – Artikel malem ini yang ringan ringan aja ya sob, jadi begini, pada awalnya ada kawan yang mengirimkan pesan via whatsapp yang pesan tersebut berisi foto yang menampakkan beberapa unit Yamaha Aerox 155, Jupiter MX King dan Fino. Yang membuat saya mengerutkan dahi adalah kondisi belasan motor-motor tersebut terjejer rapih tapi dengan kondisi body yang meleleh dan dijual pula. Walah…Dari foto diatas terlihat belasan atau bahkan mungkin puluhan motor ini terparkir di sebuah gudang dengan kondisi cukup parah pada bagian body nya yang terlihat meleleh.

Dalam postingan tersebut dikatakan bahwa motor-motor ini milik sebuah perusahaan yang mungkin pada awalnya direncanakan sebagai motor operasional pegawainya, dan dijual seharga 15 juta per unit dengan kondisi apa adanya seperti di foto. Kesampingkan soal jualannya, karena saya tertarik dengan kondisi body motornya itu loh dan sukses bikin saya bertanya-tanya apa penyebabnya, pasalnya bukan rusak pecah atau patah melainkan seperti plastik meleleh.

Bila yang memposting menerangkan bahwa kondisi mesin masih normal dan bisa nyala seperti motor baru, kilometer masih nol pajak hidup dan menurut penuturannya kondisi seperti itu diakibatkan adanya suatu masalah saat pendistribusian nya. Kondisi body seperti lilin yang sudah dipakai lalu kembali mengeras sedangkan bagian jok si Aerox sobek-sobek pada bagian jahitan. Sementara bagian bawah seperti karet ban dan velg, cover CVT serta knalpot nya masih utuh aman jaya.

Asli sob penasaran banget saya, kira-kira apa yang menyebabkan body motor bisa jadi sedemikian rupanya jika benar terjadi suatu masalah ketika pengiriman unit motor tersebut. Nah, masalah yang seperti apa sehingga menimbulkan dampak pada plastik ABS seperti meleleh begitu. Soalnya body yang meleleh itu seperti kena api, awalnya saya mengira motor tersebut terparkir di dekat lokasi kebakaran besar. Sementara saya tidak diinfokan siapa yang memposting motor-motor ini oleh kawan saya.

Biaya restorasinya berapa tuh ya kalaupun benar adanya semua unit tersebut dalam kondisi mesin yang baik dan normal?? Hmmm….

Duh kalau jadi tertarik sama MX King nya nih buat dibangun jadi motor balap road race underbone, pasti gurih tuh buat tambahan armada di team saya. Bhahahaha..

Menurut kalian ini penyebabnya apa ya sob? Dan kira-kira ada gak ya peminat/pembelinya?

Nugi TMCBlog

121 COMMENTS

    • meski tampilan melepuh.. kribo jimoo sadar pasti berminat..

      buat mereka yg penting knalpot.
      ngoekekek

      Guest
    • Susah kalo minta 15jt, beli bodi set, lampu led, speedo, plus kabel2 bisa lebih dan juga kerepotannya. Kecuali mau dipakai apa adanya hehe

      Guest
  1. delivery dalam kontainer yang tidak ada ventilasinya lalu terkena jemur matahari full seharian.
    tapi motor lain juga selalu lewat kontainer ya aman saja.

    mungkin disimpan terlalu dekat dengan boiler room yah?, atau ada boiler yang bocor yang memanaskan kontainernya

    Guest
  2. Kemungkinan terkena cairan kimia

    Biasanya cairan kimia akan bersatu dengan materi terkena setelah beberapa saat

    Menngingat bentuk lelehanya halus
    Dan berbeda beda bentuknya
    Ada yg masih utuh ada yg hampir seluruh bagian depan hilang

    Tp rangka utuh

    Kemungkinan

    Guest
  3. Kok seperti berlumpur dan berdebu ya?? Apakah terkena debu panas dari gunung saat pengiriman? Apakah ini di daerah bali atau medan?

    Guest
  4. Kayaknya bukan kena api… Kayane bener kena cairan kimia Wak… Yang membuat plastiknya lumer…kalo kena api atau panas pasti aluminium rem nya bengkok…

    Guest
  5. mungkin motor tsb awalnya ada masalah yg secra ksat mata tidak terlalu terlihat nmun sudah tidak layak jual lagi sbg unit baru, jdi untuk mencegah hal2 yg tidak f inginkan yg dapat merusak image produsen motor tsb, langsung d hancurkan sekalian deh body atau fisiknya,.
    kan kau ada produk yg bermasalah fatal namun scra kasat mata tidak terlalu terlihat tpi sudah tidak layakny jual lalu d biarkan gitu, pasti akan ada oknum2 nakal yg akan mnjual motor tsb sbg unit baru yg normal, kan klau body atau fisikny d hancurkan kyakny gini, sudab tidak bisa lgi d jual oleh oknum2 nkal sbg unit baru

    Guest
  6. Beuh ngeri..kyak abis dioven..kayak kepapar panas extreme dr atas..bisa jadi antara 100 -150an Β°C..itu kabel,karet ama selang mungkin udah getas biarpun ditest masih nyala

    Guest
  7. Kena radiasi panas kayaknya wak.. si ban utuh mungkin karna karet nya lebih tahan panas dibanding plastik bodi..
    Klo kondisi mesin hidup ya krna komponen mesin kan kebayakan logam..

    15 jt? Mnurut wa haji mahal ga?? Klo 10jt aku bawa deh aerox nya.. hehe

    Guest
  8. kalo rangka dan yang lain gak rusak kecuali body dan lampu” yang rusak mah 3jt beres. dengan rincian beli body full set dan lampu depan belakang, jadi sekitar 18jt dapet aerox yak. kalo beli baru kan r version otr jakarta 24 sekian yang abs 26 sekian, selama rangka kabel mesin dan abs gak bermasalah mah boleh tuh yang abs.

    Guest
  9. ehh tp motor sport yang ada atv nya keren” tuh seperti ada bentuk” yamaha tzm yak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  10. Wow, tak kirain deket Gunung Sinabung terus kena awan Panas..
    Tapi ternyata lokasi di Tanggerang?? Itu panasnya pasti dahsyat

    Guest
  11. Kalau ada masalah pada saat pengiriman ya mestinya klaim lah ke asuransi apa gimana. Karena barang rusak sebelum diterima. Eh ini malah diterima terus malah mau dijual lagi.
    Jadi pertanyaan besar ini, ada yg ga wajar.

    Guest
    • nahh udah gitu unit 2017 semua lagi yak yang kena masalah.
      ada apa nih ?? kabur wkwkwk

      Guest
    • kelamaan digudang bro
      karena fby disini cuma gede bacotnya doank, jas jes jos tapi malah beli beat,vario,scoopy πŸ˜€
      jendral fby mbah darmo aja belinya revo
      wkwkwkwkwk

      Guest
  12. Sepertinya itu motor scrap wak…eks tesride dan pameran serta unit uji test…memang nggak bisa dijual jadi di scrap…karena kalau dijual bisa disalah gunakan karena produknya bukan motor masspro….kalo diskusi kan enak nggak usah jitak jitakan…walau saya FBH tulen.

    Guest
    • kilometer O (Nol) Lhoooo,,,,,
      di set ulang kah speedometernya????,
      aneh emg, body plastik meleleh, tp ban aman jaya,
      udah gtu liat deh, utk aerox sobekan jok nya sama bentuknya,
      entahlah, tp bner kl cm body doang yg rusak, restorasi ga sampe 5jt udah kinclong,
      masih untunglah itu djual 15,

      Guest
    • Opini sy ini bukan motor scrap. Simple aja, motor scrap ga akan di posisikan di garda terdepan, yg mana orang luar gampang ambil fhoto, eksplorasi atau mungkin juga sampe eksploitasi. Normalnya motor scrap ada di area terbatas yg bahkan ambil fhoto saja ga bisa walaupun orang dalam.
      Selebihnya hanya Allah dan Yamaha yg tahu.
      Tapi itu tidak penting, sama ga pentingnya case knalpot modif AHM.
      Yg terpenting itu beli motor baru ya dapatnya Baru sesuai spesifikasi pabrikan.
      Jadi ini info menarik tapi Ga Penting. hahaha.

      Guest
  13. keren ini blog, giliran y cepet pake banget, panjang kali lebar, giliran h diem seribu bahasah.. artikel cm brp paragraf. mbudd..

    Guest
    • Fans begok ya gini.. Masih mending tmc ngangkat artikel knalpot, drpd iwb yg ga nulis sama skali, toh juga kesalahannya dari pihak ketiga, bukan murni pabrikan… Nah kalo kasus yg ini bnar2 menarik…apakah faktor alam, faktor kecelakaan kimia, atau faktor cacat produksi..

      Guest
    • Blog webe kemaren dah dibahas ko knpa ga ngangkat.. dan webe fair jg.. sbb berita tentang Y pun ga diangkat.. jadilah pembaca yg cerdas walaupun ente fansboy.

      Guest
    • Otaknya kayak nickname nya cuma seukuran sehelai j*mbud,mbok ya dibaca yg bener,orang kesalahan ada dipihak perusahaan yg beli motornya kok keburu sakit pantat aja

      Guest
  14. Kenapa jual Aerox dan Finonya ya, padahal disana ada rgr juga dan ada nyempil moge 4 silinder lawas bulukan…. hemmm penasaran sama nama perusahaannya dehh

    Guest
  15. itu mah mungkin unit ex. trial / pilot pre production yg dipakai buat test ride, uji ketahanan lingkungan panas/dingin, uji tabrak, dll.
    biasanya unit tesebut akan dibuang tetapi harus dihancurkan 30% dulu. (sesuai dgn ketentuan bea cukai kawasan berikat). cmiww

    Guest
    • Betul, ini mah unit scrap. Mungkin ada oknum nakal, harus nya motor kaya gini ga di jual lagi. Lagian ga di jelasin juga kerusakan nya kenapa.

      Guest
    • klo opini sy nih bukan scrap eks trial dll. Alasannya simple, ga akan motor tsb diposisikan di garda depan yg notabene nya orang luar gampang banget ambil fhoto, melihat, bahkan mungkin bisa mengeksplorasi atau mungkin jg mengekploitasi nya. hahaha. Scrap akan diposisikan di area terbatas dan bahkan ambil fhoto pun ga bisa.
      Selebihnya hanya Allah dan Yamaha yg tahu.
      Tapi itu tidak penting, sama ga pentingnya case nya knalpot modifikasi AHM. Yg terpenting klo beli motor baru dapat spesifikasi sesuai yg pabrikan. Itu

      Guest
    • Masalah nya memang cuma body saja yg hamcur(berdasarkan info di artikel) sedangkan mesin dan kelistrikan nya jalan. Jadi ada kemungkinan keruskan nya seperti di sengaja. Karena ada kebijakan kalau mau scrap harus di hancurkan 30% dulu. Kalo memang terkena benda kimia atau semcam nya sih, kerusakan nya ga akan “sehalus” ini. Bisa ancur itu mootor ga berbentuk, kelistrikan dan lain lain pasti rusak dan ga bisa nyala.

      Guest
  16. Abis dinaikin ghost rider kali,VMAX aja bisa leleh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    15 kemahalan lah,klo Pino itu brapa?klo 15 juga pengen digetok palanya

    Guest
  17. Sepertinya kesalahan ada di fihak perusahaan pembeli motor tersebut yg mengambil Unit motor sendiri dgn kendaraan angkut yg tidak benwr.

    Guest
  18. Kalo 15jt kagak akan ada yang mau karena kemahalan.
    Untuk biaya restorasinya lebih dr 10jt karena kabelΒ²/wiring nya pasti juga ikut melepuh dan bannya pasti akan ada BAKPAOnya bila digunakan

    Guest
  19. Mungkin karena kelamaan numpuk digudang jadinya berdebu, sama pegawainya dilap supaya bersih. Eh..ngelapnya keliru pake semprotan cairan setan jadinya begini dech.

    Guest
  20. mungkin krn ngejar market share thn lalu jadi ditumpuk di gudang. tapi penjaga gudang lup kalo pernah nyimpan dan sekarang baru di buka, hasilnya spt itu ….

    Guest
  21. abis mendarat dari planet bekasi kayaknya terpapar radiasi disana makanya bisa meleleh gt.. 15jt hmm kmhalan, mending dikilo aja ke tukang besi bekas laku tuh wkwkwkwk

    Guest
  22. Itu abis kena semburan mesin jet kyknya. Ngga yakin cuma body yg meleleh, kabel2 dan soket kelistrikan nya pasti kena juga. Pantesnya cuma 5jt aja dijual.

    Guest
  23. Setuju dg komen diatas gw, benda yg bisa menyemburkan panas drastis ya salah satu nya mesin jet. Mungkin pas naroh cargo dibawah mesin pesawat jet.

    Guest
  24. Artikel kayak gini, ketemu sama pasukan nasi bungkus.. waduhh bisa kemana-mana πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚..

    Guest
  25. Mungkin habis uji coba di planet Mars atau MX Kingnya terlalu kencang seperti roket jadi plastiknya meleleh.

    Guest
  26. kalau memang benar cuma ABS yg meleleh, tapi plastik yg bahan lain tidak PP di vinyl dan spatbor, kayanya kena uap bahan kimia, FYI saya biasa pake uap aseton untuk bikin permukaan ABS hasil 3d printer supaya halus, tapi kalau kelamaan kena uapnya yg meleleh kaya melepuh

    Guest
  27. buset dah gag kira2 kondisi kayak gtu msh brani jual 15jt.. 10 jt ada yg mau aja udah puji syukur alhamdulilah dah.. -_-
    emg dikira yg di restorasi cm body2 apa.. belum semua lampu2, kabel2, aki, jok, dan semua2 yg masih ga kliatan…

    Guest
  28. PERHATIAN!

    Di artikel seperti ini gak usah ada yang sampe kebawa perasaan lah yah..
    Motor pada foto di artikel bukan akibat cacat produksi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Tuh saya sebut perusahaannya dan saya sudah sampein ke orang YIMM nya via chat pribadi.

    Kalau pikiran kita bersih, hati kita lapang, gak masalah kok kalaui si penulis mau nulis apa selama tidak menyudutkan atau menjelekkan satu pihak. So, gak usah caper di kolom komentar sampai menyudutkan si penulis atau si empunya blog [manapun/siapapun].

    Bagi Saya [NUGI] seorang yang disebut Fansboy itu ibarat ikan laut hias di dalam aquarium majikannya, dengan berbagai tumbuhan indah aquascape atau tanaman artificial warna warni dan makanan kemasan merk kenamaan Jepang.
    Coba dong kalian keluar dari aquarium itu dan berenang ke laut supaya kalian melihat indahnya dunia dari berbagai sisi, bukan fanatik di air aquarium majikan mu.

    Salam Baper.
    Pff……. πŸ˜€

    Editor
    • Yang nulis artikel baper. Komentator netral sudah melihat dari berbagai sisi beberapa artikel di warung, dan kesimpulannya bisa dilihat kok. Klo pemberitaan negatif produk pabrikan ini seperti ga ada kontrol. Beda dengan pemberitaan negatif pabrikan rivalnya, seolah-olah menunggu aproval dulu boleh publish kaga. Boleh pun pasti artikel minimalis.

      Komentar saya sebelumnya kena moderasi kenapa nih?

      Guest
    • Terserah yang nulis mau nulis apaan kek, emang kenyataannya kan begitu.
      Fansboy yang diliat ruang lingkup nya minim, cuma itu itu itu aja dan dimanapun selalu begitu, padahal dunia di luar sana indah dan menyenangkan tapi mereka memilih jadi katak dalam tempurung.

      Soal moderasi itu hak Author, sama seperti kalian berhak komentar apapun.
      Toh, author cuma manusia yang punya dua tangan. Ketimbang bungkam cangkem orang satu2 mendingan tutup kuping sendiri aja. Hahaiy..

      Salam cerdas
      Pfff… πŸ˜€

      Editor
  29. Sepertinya memang ban motor lebih tahan panas dibanding bahan plastiknya. Kalau ada yang pernah lihat musium letusan merapi, di sana ada bukti otentik. Ada motor yang casingya meleleh, tapi kondisi ban utuh. Begitu juga karet pada jok kursi juga utuh. Saya heran, dan gak tahu penjelasan ilmiahnya. Saya hanya sempat bertanya pada penjaganya, apakah ban motornya diganti? Jawabnya, “Asli”.

    Guest
  30. Berita belum jelas,belum ada klarifikasi dari pabrik langsung aja dibikin artikel
    Beda kalo merk sebelah yg bosok,ga pernah ada artikelnya πŸ˜‚

    Guest
  31. Beberapa th lalu pernah ada body ferari meleleh karna terpapar pantulan sinar matahari dari sebuah gedung kaca, jadi kl cuma body plastik nggak heran

    Guest
  32. KAlo Bodi Honda bukan meleleh lagi mas tmc, sudah ilang bodi nya. Semua org Tau lah kualitas nya, kecuali pbh kambing conge

    Guest
  33. satu sisi isi comment fansboy saling hujat
    sisi lain comment nya pada ngawur
    di sisi lain saya malah terhibur πŸ™‚
    dan di sisi penulis, saran saya sabar.. dengan adanya comment mereka jadi bukti bahwa artikel anda banyak dibaca.

    Guest
  34. sepertinya bekas tes dayatahan temperaur, dimasukin ruangan dan pelan pelan dinaikin temperaturnya, tar ketahuan di berapa drajat mulai meleleh.

    seperti cras tes gitu prinsipnya.

    Guest
  35. yamamaaa motorrr meleleh kaya kerupukkk di siramm kuah sayurrrrr buahahahaaaa motorrr bosokk kualitasss pasar senggol gkgkgggk

    Guest
  36. analisis saya tuh motor gx laku di bumi dan terpaksa didistribusi ke pelanet lain buat balapan death race sama pesawat UFO, lalu pas ngelewatin matahari si sopirnya berhenti untuk makan siang, lupa ngidupin mesin truknya, ahirnya mati AC kontainernya. ya meleleh gitu lah kena panas matahari..wkwkwkwkwkw JK

    Guest
    • duh gan jangan makin ngawur komennya, perut ane ampe sakit baca semua komennya πŸ™‚

      Guest
  37. Api / cairan kimia minimal pasti merusak cat, itu cat msh bagus. Kemungkinan kena uap yg sangat panas. Tp anehnya busa jok ga sampai terbakar..

    Guest
  38. 15jt kayakny kemahalan dah itu, iya klo rusak bodi doang, klo ada kabel2 ato bagian mesin yg rusaj gara2 kepanasan piye?
    8jt dah pantes itu… lagian klo direstorasi mau kayak apa ga bakal sesempurna yg belom pernah kepanasan….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.