TMCblog.com – Bro sekalian, di seri 1 Gelaran Balap kelas AP250 ARRC 2018 di Sirkuit Chang Buriram Thailand 2018 akhir pekan lalu Andi M Fadly dari Kawasaki Manual Tech hadir dengan Motor yang sama sekali baru bila dibandingkan dengan Motor yang ia gunakan di ARRC Musim lalu . . yap All New Kawasaki Ninja 250 yang memiliki semua serba baru mulai dari Bentukan fisik, Fairing aerodinamika, Main frame, sub main frame, pivot Frame, Sampai Mesin dan semua itu yang dibawa Andi M Fadly di sirkuit Chang akhir pekan kemarin . . dan TMCBlog beruntung bisa mengamati langsung dari dekat seperti apa detail Motor yang dibawa Oleh Kawasaki Manual Tech di Paddock . . Cekidot sob

Walaupun sempat menggunakan fairiang perobaan tanpa lobang di bagian headlampnya, namun akhirnnya saat Race weekend kemarin, Andi M Fadly menggunakan fairing final dimana Lubang RAM Air memanfaatkan tempat/posisi headlamp sebelah kanan dari Ninja 250 . ..

TMCBlog sempat ngepoin lebih dekat lubang ini dan . . emang dari depan itu lobang berwarna Hitam mengarah ke belakang via sebuah tunnel . . kemana tunnel tersebut berlabuh ? cekidot deh . .

Yap Tunnel tersebut mengarah ke belakang dan berbelok ke arah kanan motor masuk ke Box Filter udara yang memang pada New Kawasaki Ninja 250 sudah di pindahkan posisinya menjadi berada lebih condong ke bagian depan yakni di daerah yang di cover oleh cover Fuel tank . .

Dari foto tersebut sobat sekalian juga bisa lihat Motor AP250 juga menggunakan Radiator liquid Cooled yang memiliki bentuk dan dimensi jauh lebih besar dari radiator standarnya alias radiator oversized, dan bentuknya yang melengkung untuk menangkap angin segar dari arah depan.. Perkiraan TMCBlog luas radiator ini bisa sampai 3 kali lipat lebih luas dari radiator standar .. Namun jelas, masih masih dan sesuai dengan regulasi sob . .

Dapat dilihat juga bahwa suspensi depan untuk Tabung bagian luar masih menggunakan standar . . Walau tentu daleman dari suspensi Showa ini seperti spring dan segalanya sudah baru dan Berspesifikasi race dengan Variabel kompresi dan rebound yang bisa di setting . .Dapat sobat lihat juga mengenai dashboard, Manual tech mengguankan kembali sistem dashboard MYCHRON 4 sama seperti tahun yang lalu.

Mengenai suspensi belakang, Ninja baru ini juga menggunakan suspensi showa BFRC dengan spek sama seperti tahun lalu . .

Ada update dibagian handle dimana Tuas rem sudah menggunakan produk Aftermarket racing yang bisa di-setel atau diatur jarak main tuas nya, begitu Juga dengan gas spontan yang dipakai sudah berspesifikasi push pull untuk pemakaian balap. . Jangan lupa pasang brake lever guard supaya safety..

Dapat sobat lihat bagian Frame dan subframe untuk Ninja 250 baru besutan Andi M fadly ini tidak ada perubahan sama sekali, sesuai dengan standar. . Untuk bagian roda, sudah dipastikan sesuai dengan regulasi, Velg sudah ganti dengan bahan super ringan alumunium Forged dari brand JB Power Magtan Wheel asal Jepang seperti halnya kompetitor lain yang pakai forged wheel merk Galespeed. . Lalu terlihat knalpot sudah menggunakan produk Beet dari jepang . .

Bisa sobat sekalian lihat bahwa knalpot dari motor AP250 ini pakai ukuran diameter pipa yang besar sejak dari header sampai muffler plus pemakaian dimensi end Muffler/ silencer yang panjang . . Besar kemungkinan untuk mencari tenaga di putaran atas karena memang ARRC selalu pakai sirkuit permanen besar yang memanjakan putaran mesin atas.. Bak kopling juga ikut diamankan supaya tidak rusak serius jika terjadi crash..

Bagian footpeg menggunakan produk Beet japan juga sob .. dan sepertinya memang buatan mesin CNC

Yap Ram Air tunnel dari Ninja 250 AP250 ARRC Yang mengarah ke Box filter ini hanya menggunakan satu jalur yakni dari sebelah kanan tidak seperti CBR250RR yang menggunakan dua jalur kanan dan Kiri . . Mengenai ECU, dan perangkat elektronik lainnya TMCBlog belum sempat kepoin lebih dalam dari Motor D’Bugis Boy ini . . Berharap kapan kapan kita bisa lihat lebih dalam . . . Namun semoga Info, foto dan Video dalam artikel ini bsia memberikan gambaran dan informasi kepada sobat sekalian mengenai seperti apa Ninja 250 yang baru jika dibawa balap tingkat Asia . . Silahkan disimak Juga VLOGnya monggo dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

46 COMMENTS

  1. funnelnya dibungkus aluminium foil, yup biar udaranya bs lbh dingin dan panas dari mesin gak mempengaruhi jalur funnelnya krn kepantul oileh aluminium foil

    Guest
  2. Subframe masih bawaan mtr itu…
    Blm di potong gnti yg almu..masih ada celah improvement….
    Tngki jg masih bkm kondom almunium…
    Knp ya apa masih baru…
    Sptnya ni tim kawasaki blm mateng persiapn mtrnya…
    Lumayan kan klo bobot berkurng bs jd bhan bece …andai kawasaki mnang.ato ymha yg mnang.

    Guest
    • Lha ini ninja baru…bukannya ninja lama toh….jadi tidak menikmati oprek regulasi turun bobot…jadi skrg yg nikmati oprek regulasi cuma r25 toh?

      Guest
    • Gini loh bro, regulasi yg diajukan jimoo itu masih di belum di acc twmr,masih dipertimbangkan,karna jimoo tidak pernah salah!!!!! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      Jadi tolong camkan itu

      Guest
    • Yang baca relatif sama jumlahnya bro
      Kalo soal jumlah komentar, memang saya sortir semampunya.
      Hahaha

      Memang punya ide soal ‘MENU’ apa nih bro?

      Editor
    • bahas silsilah keyteeem bang nug @ nugie TMC ,,,kok bisa se sultan itu…tanjir melintir..dana dari apa,,perusahaan apa..group apa…kan kalau buat bahan diskusi asik juga…drpada baca diwiki dewekan..

      Guest
  3. aku ingat persis IWB wawancara dgn m.fadly di sentul: ninja kekurangan top speed & udh mentok pengembangan.
    udh motor baru new ninja 250 masih KO juga. masih jg finish di posisi tengah. salahnya dmn yaa????

    Guest
    • salahnya adlah cbr250rr dan r25 terlalu kuat bgi ninja250. baik cbr250rr maupun ninja250 masih banyak potensi2 yg bisa d keluarkan.
      lihat aja tuh kaki2 dan sasis ninja250 2018, lalu bandingkan dengan kompetitor, klah telak bukan??pdhal itu new ninja250 produk “kemarin sore” lho

      Guest
    • Kesalahan adalah masukin ninja 250 yg pdhl clan sport tourer ke kejuaraan race, itu salah, motor sport tourer kok maksa bgt masuk race championship, jelas salahhhh, ya kmi nya aja tolol maksa bgt ngebuat image ninja sama spt cbr250rr pdhl mereka berbeda genre keduanya, jelas jg sama r25 jg bkal ttp kalah lahhh….

      Guest
    • motor ahrt klah top speed dengan motor ap thai, ymha thai dan yri, jdi mungkin akan ada beberpa perubhan terhdap motor ahrt d seri kedua nanti,…
      yg bikin gregetan nih, rumornya langsung ada tim moto3 yg melirik mario sa

      Guest
    • bro paton: entah ada kaitannya dengan gosip mario atau tidak. pada saat race ARRC dithailand kemarin saya nemu postingan di instagram ada orang eropa gitu wartawan sebuah media olahraga. tadinya saya pikir org undangan ahrt kru asia talent gataunya pas saya liat postingan yang lain ada salah 1 postingan pake bahasa spanyol gitu saya iseng translate kurang lebih artinya : memantau jalannya balap pembalap super mario.
      saya lupa nama wartawannya, emang bikin penasaran sih tumben”an ada wartawan eropa ngeliput ARRC postingannya digarasi AHRT dan mario sa terus.

      Guest
    • dia itu orang spanyol dan sangat dekat dengan slh satu owner tim di moto3, yg bikin klop adlh tim tsb membela hnda d moto3

      Guest
    • d sisi lain tim gresini moto3/moto2 mengatakan bhwa mereka sedang melihat-lihat pblap muda potensial indonesia untuk d jadikan sbg pmblap mereka d ajang grand prix dan pernytaan tim gresini tsb juga d iyakan oleh pihak federal oil selaku slah satu sponsor gresini moto2 & moto3. apkah rumor2 ini ada benang merahnya??? itu dia yg bikin sya penasaran

      Guest
    • @Paton Jr. Boleh bagi link postingan ig nya si wartawan, mas? jadi ikut penasaran soalnya πŸ˜€

      Guest
    • minta ma bro kucing aja gan, saya dapat dari telinga bukan mata bro, jdi gak ada link-nya.
      judule nguping cak,..:-)

      Guest
    • bro paton : kalo gresini ngambil pembalap ahrt kemarin itu terbentur sponsor. soalnya ahrt punya kontrak sama idemitsu sedangkan gresini kan federal oil, selain itu ahrt seperti rela gak rela sih kemarin kalo harus balap sama tim lain kecuali hanya wildcard kemarin kaya dimas. nah tapi tahun kayanya peluangnya terbuka lebar karena gerry disetujui sama ahrt ikut red rookies cup naik motor ktm rc250gp.

      bro visitor: duh saya lupa nama IG nya soalnya gak sama follow, tadi udah ngacak” history ttp gak nemu. mungkin wak haji kenal atau tau orangnya, soalnya saya sempet liat postingan foto dia bareng wartawan di ARRC thailand ada wak haji juga.

      Guest
    • kenpa gak mungkin bro @kucing?? ahm juga punya kontrak/kerjasama sama federal karytama, penyuplai oli ahm spx series kan pt federal karyatama

      Guest
  4. Manual tech team dr indonesia kan wak?yg digawangi ibnu sambodo.
    Kog di board paddock tertulis kawasaki thailand racing team

    Guest
    • betul manual tech digawangi sama pakde ibnu. kenapa ada tulisan kawasaki thailand ? karena pas ARRC kemarin tim kawasaki thailand turun sebagai wildcard dan 1 garasi paddock bareng manual tech bro.

      Guest
  5. Segera dirilis postingan artikel dam vlog yamaha R25 yamaha thailand team. Asli development nya lebih sip dibanding yamaha indonesia

    Guest
  6. saya paling kepo ama r25 thai..ayo wak turunin haha klo secara part apa Yri ama Tjm sama yak?..semoga kawak segera punya tandem buat fadly

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.