TMCBlog.com – Sobat sekalian, MotoGP 2018 seri perdana di Qatar belum bergulir namun semangat persaingan antar team terus membara. Kali ini berita datang dari team principal Marc VDS Racing, Michael Bartholemy yang disela-sela prosesi peluncuran team Marc VDS semua kelas di Madrid kemarin menuturkan kekecewaannya terhadap Herve Poncharal. Loh kok? Ada apa yah?

Ceritanya tuh begini, sejatinya Marc VDS yang sudah jengah dengan perlakuan Honda Racing Corporation atas team mereka di MotoGP memang sudah lama mengincar posisi team satelit pabrikan lain dan salah satu incaran utama MVDS adalah tim orange KTM. Lantas saat konfirmasi kerja sama KTM dengan Tech 3 kemarin, makin hancur sudah hati team Marc VDS karena sudah kehilangan kesempatan menjadi team satelit dari KTM setidaknya di musim 2019. Bartholemy langsung curhat deh bro soal MVDS yang merasa sangat kecolongan dari Tech 3. Yah namanya juga persaingan terbuka, siapa yang gercep ya dia dapat dong om Bartho..

Kata Michael Bartholemy ; Herve melakukan langkah yang sangat cepat dan dia sudah mengalahkan kami! Biasanya Saya selalu bertindak cepat ketika memutuskan sesuatu hal untuk team, dan itu bagus. Hal ini membuat persaingan untuk Team Independen menjadi sangat menarik.”

Team Estrella Garcia 0,0 Marc VDS telah menggunakan mesin Honda sejak debut mereka di premier class pada tahun 2015, lalu masih segar di ingatan kita ketika Jack Miller membawa RC213V kepada kemenangan pertamanya di MotoGP seri Assen Belanda yang berlangsung ditengah hujan deras. Perpaduan antara strategi dan keberuntungan yang tepat dan sempurna tuh sob. Tapi ya memang begitulah, menang ya tetap menang. Namun setelah sekitar empat tahun bersama Honda, muncul pertanyaan apakah team MVDS bakalan memperpanjang kontrak mereka yang habis akhir tahun 2018 ini dengan Honda?

“Mungkin dalam beberapa berita, YA. Hal-hal telah berubah dengan Honda atas kami sejak November silam dan saya pikir kami perlu meninjau kembali semua pilihan yang ada. Saya pikir kami harus melihat semua kemungkinan yang bisa kami miliki. Saya tidak ingin terlambat memutuskan hal ini, saya berharap semua elemen [kontrak] sudah dalam kepastian di bulan Maret, dan kemudian ‘menutup’ sesuatu pada bulan April atau Mei mendatang. Itulah target yang kami pasang untuk saat ini.” Curhat Bartholemy.

Prediksi konstelasinya sudah TMCBlog sharing pada artikel sebelumnya. Jika Marc VDS memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan Honda, maka pabrikan Suzuki bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena Suzuki via ucapan Davide Brivio telah menyatakan rencana mereka untuk segera memiliki team Independen, dan team asal Belgia tersebut bisa sangat sesuai melengkapi target Suzuki itu. Apalagi Bartholemy mengungkapkan kedua belah pihak [MVDS dan Suzuki] pernah melakukan pembicaraan akan rencana ini.

“Suzuki adalah salah satu pabrikan yang kami sudah lakukan pembicaraan mengenai hal ini. Saya pikir diawal tahun lalu ketika Honda menawarkan kami motor spek 2017, pada saat itu mereka hanya ingin menandatangani kontrak satu tahun,” Kata Bartholemy. “Mungkin kami sedikit kecewa karena hanya deal untuk satu tahun, karena kami ingin mendapat dukungan yang lebih lagi dari pihak pabrikan. Sekarang, segala sesuatunya berubah untuk kami dan juga untuk mereka [Honda].”

Franco Morbidelli

“Saya pikir kami merupakan salah satu Team Independen/Satelit terbaik yang akan ‘bebas’ dari tahun 2019 sampai 2021, jadi mari kita lihat. Sasarannya adalah memiliki partenr pabrikan baru selama tiga tahun ke depan dan tidak hanya mendaftar selama satu tahun per tahun. Mari kita lihat siapa [pabrikan] yang bisa meyakinkan kami untuk masa depan Marc VDS.”

Nah jelas kan apa yang Bartholemy ungkapkan, tapi #SillySeason nya adalah pabrikan mana yang akan men-supply kebutuhan dan sekaligus juga bisa memenuhi keinginan Marc VDS yakni factory support di garasi mereka. Suzuki boleh juga nih kan klop banget kedua rencana mereka, lagipula gak jauh beda warna motor dan garasinya nanti kan. Hehehe…

Nugi TMCBlog

42 COMMENTS

    • Gkgk merger merger , ya kaga bakalan bisa lahh
      Marc vds juga tau dia pengen nyari pabrikan yg suport penuh kaga setengah2 trus buat jangka panjang .. Ngapain ke yamaha kalo perlakuan bakalan sama kaya tech 3 rasain , gabakalan beda jauh ama pas di honda .. Lagian yamaha emng targetnya tim besutan rosi sih .
      Emang di marc vds ada morbideli yg murid rosi , eits tp tunggu dulu di suzuki jg ada davide brivio tau kan brivio dari dulu pngn boyong rosi ke suzuki , ya gurunya ga dapet muridnya bisa kali .

      Lagian nih yaa kalo pun yamaha ngebet banget ke morbideli pasti dibajak kok dari suzuki dg diiming imingi jurdun kaya vinales kemaren.. Marc vds juga kaga bloon amat masa iya lepas dri honda yg ga suport penuh pindah ke yamaha yg sama bae wkwk

    • @darmo
      haha si darmo suruh ke yamaha, ga salah tuh? sementara yang kompetitif itu mesinnya satelit..
      semsntara tim factory.. bisa berbuat apa?????
      VDS juga pikir ulang kali, semebtara yang factory aja ga kompetitif..

      ekekekekekke

    • ya kali ktm ambil tech3 krn ada zarco juga, krn tech3 pindah kemungkinan sekaligus syaratnya bawa ZArco sebagai daya tawar. sedangkan marc vds meski punya morbidelli, tapi baru menapakkan kaki musim ini, blm mempertontonkan aksinya.

  1. lagian si om kebanyakan bicara kecewa sama honda mulu sih, sampe gatau kalo ktm sangat ingin menurunkan tim satelit musim depan. wkwkwkwk

    btw alex marquez nanti ikut kagak kalo marc vds ke suzuki ? nanti kalo dia gak ikut motornya gambar kepala singa doank kaya lambang arema wkwkwk

  2. Keyamaha juga sama bae bloon
    Emang yamaha ngasih motor spek pabrikan ke zarco??? Ya kagaaa wkwkwk
    Coba bandingin tech3 di kasih 2 motor spek pabrikan buat 3 taun kedepan ama ktm sapa yg mau nolak??? Trus marc vds mau ke yamaha gitu??? Cuma dikasih motor bekass?? Zarco yg jelas2 selalu ngacak2 ampe podium aja kaga tuh dikasih motor ke 3 ngopi dulu dul

  3. Walaupun Estrella Galicia entar masih ikut Marc VDS dan pisah dr Honda,kayaknya masih ada backup an sponsor baru buat keluarga Marquez yaitu truck rasa Limousine,Scania
    Pan lagi gencar2 nya tuh sponsor bersambung yg bintangnya kakak beradik itu,jadi mungkin LCR atau siapa entar yg menaungi Alex di MotoGP kedepan ketambahan sponsor Motorhome nya(atau langsung naik ke repsol)

    • yang bawa estrella galicia ke marc vds itu si alex marquez karena marquez brother itu brand ambassador estrella galicia. dia itu layaknya repsol sama si marc, estrella galicia sponsorin tim balap itu turun pertama kali 2012. mulai dari alex marquez turun dimoto3 pake ftr honda, ktm, honda lalu ke moto2 sama mrc vds. estrella galicia selalu ngikutin alex marquez.

    • Dari penjelasan Bero Kucing,,
      Sepertinya ada yg “Kecolongan” lagi nieh,,
      Kecolongan informasi,,

      eeeekkkkeeeekkkk

  4. Estrella galicia itu pabrik minuman bir dari Spanyol Mas_Bero,,
    Banyak sebenernya pabrikan minuman fermentasi anggur yg jadi sponsor di dunia olahraga,,
    Karena Eropa sana memang dilegalkan,,
    Kalo disini dilegalkan bahaya,,
    Iklim tropis gag cocok minum minuman kayak gitu,,

    ??‍♀️

  5. sebenernya ini campuran antara kecolongan sama ketidaktahuan Michael Bartholemy bahwa ktm bakal ngasih dukungan penuh ke tim satelitnya. lagian marc vds nya sendiri gak tegas sama honda, setiap ada media selalu berbicara kecewa sama honda karena gak perpanjang kontrak miller lalu karena mereka gak dapet motor spek pabrikan. tapi disatu sisi Michael Bartholemy gak tegas kalo mereka tahun depan bakalan putus kontrak dengan honda bikin pengumuman resmi kaya tech3 ke yamaha, jadi semua orang tau. ini mah kecewa” tp gak bikin pengumuman resmi kalo mereka telah putus kontrak sama honda, ktm juga mau nawarin marc vds ragu” kali.
    sekarang nyesel dah kalah cepet sama tech3 wkekwk

  6. mario furusawa wkwkwkwk mario teguh kali mo. masao furusawa mo yang bener yang orangnya ubanan.

    ahhh situ kemana aja mo nyuruh ktm pake delta box ? wkwkwk. sudah pernah dibahas sama wak haji lalu matteo guerinoni juga pernah bahas pas dia jadi komentator di t7 maupun di fox sport.
    ktm itu campuran antara keras kepala dan sombong. waktu pertama kali ktm turun ke motogp mengandalkan sasis tralis media sudah banyak yang menanyakan kenapa gak pake delta box ? karena dahulu ducati saja pernah gagal pake tralis.
    ktm bilang itu : sasis tralis kita (ktm) itu berbeda dengan pabrikan lain, kami (ktm) punya banyak pengalaman dengan sasis tralis. jadi kami akan menggunakan pengalaman kami untuk membuat sasis tralis yang bisa digunakan untuk balap dikelas motogp.

  7. Y merupakan “salah satu dr 3 pabrikan terbesar paling berprestasi di Motogp” tp tahun depan ternyata besar kemungkinan tidak memiliki tim satelit.
    Walau telah lama menggunakan mesin milik “salah satu dr 3 pabrikan terbesar paling berprestasi di Motogp” namun Tech3 lebih memilih untuk pindah ke KTM dengan alasan yg sudah disebutkan pada artikel sebelumnya.
    Walau merupakan “salah satu dr 3 pabrikan terbesar paling berprestasi di Motogp” namun Marc VDS ternyata belum tertarik jadi tim satelit Y dan malah cenderung lebih memilih Suzuki.
    Tanda2 apakah ini ? ^^

    Marc VDS pindah dr Honda….no problem, malah bagus (imho), setidaknya biar jadi lebih “adil”, klo bisa sih masing2 pabrikan cukup punya 1 tim satelit saja agar development lebih merata dan klo bisa sih masing2 rider juga dapet mesin terbaru dr masing2 pabrikan (walau berada di tim satelit) biar race makin seru.

    Cuma pingin tau sih apa perbedaan deal2-an masing2 antara LCR dengan HRC dibanding antara MVDS dengan HRC, yg membuat HRC cuma mau lebih mengutamakan LCR. Apakah cuma murni karena faktor Crutclow sebagai pembeda ?

    • Setahu saya itu krn Cal. HRC deal langsung dng Cal, dan berhubung Cal ada di LCR, maka ya LCR “ngikut” disini.
      Saya pikir inilah yg memicu bnyk drama sampe skrng..#sillyseason

    • menurut gw, ada di jack miller. tp knp hrc tdk bisa mempertahankan dia
      aneh aja dulu dia langsung loncat ke motogp

    • yang paling berpengaruh adalah 1 bro histori.
      yupp lcr dan honda itu sudah kerjasama bareng honda sejak 2006. lcr diboyong honda dari kelas gp250 1 paket bersama casey stoner dan 2018 ini tepat 12 tahun kerjasama antara lcr dan honda. saya rasa ini adalah faktor yang mempengaruhi kenapa honda lebih memilih lcr daripada marc vds yang mana baru bergabung dengan honda dimotogp tahun 2015.

  8. gak akan berubah itu frame trallis jd twinspar, buat apa cape2 bikin, dari kelas capung sampe kelas kakap pake ky gitu
    kecuali vale pindah ktm, bikin reformasi seperti waktu di ducati

  9. dunia otomotif asia tambah lemas kayaknya dibandingkan dulu
    dulu toyota, yamaha masih ikut f1, kawasaki motogp
    sekarang menurun
    gelap……..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here