TMCBlog.com – Bro seklaian, Aprilia Gresini MotoGP telah melakukan Presentasi Launching team kemarin dan sekaligus memperlihatkan Livery yang akan mereka pakai sepanjang Musim MotoGP 2018 ini . . Secara umum livery Grafisnya masih menggunakan tema yang sama dengan musim terdahulu yakni bergaya 3 warna yang juga di desain oleh Aldo Drudi.

Motor Aprilia RS-GP yang diperlihatkan saat prosesi launching team tersebut memakai sasis aluminium terbaru sama seperti yang kita lihat sejak Preseason test di Sepang dan kit ketambahan unit swing arm terbaru berbahan serat karbon. Menurut Albesiano, banyak sekali part baru pada motor 2018 ini seperti knalpot yang dirancang lebih ‘sempit’ dan juga merancang ulang desain air filter box sehingga membuat RS GP 2018 lebih ramping ketimbang versi sebelumnya.

Mesin memang belum benar-benar baru karena pihak Aprilia-Gresini mengkonfirmasi kepada media bahwa mesin V4 terbaru Aprilia akan baru diperlihatkan saat GP Qatar 16-18 Maret mendatang. Ketika ditanya perihal mesin baru RS-GP, Romano Albesiano berkata bahwa mesin baru Aprilia tidak banyak berbeda dari mesin sebelumnya, dan sudah banyak parts baru yang telah diuji coba selama 3 winter test. Jadi tidak akan terlalu beresiko ketika baru membawanya sat seri perdana nanti, pun begitu hasil pengetesan kemarin membawa angin segar kepada kubu Aprilia.

“Berbicara soal sasis, posisi berat massa motor sedikit banyak sama dengan versi thun lalu, namun kami bahagia melihat beberapa rival kami menerapkan [endekatan yang sama. Kami mencoba memusatkan titik berat motor (Center of Gravity) lebih baik lagi. Kami membuat air box yang benar-benar baru dan juga merancang ulang knalpot. Juga, akhir bulan kemarin kami mengetest swing arm terbaru dari bahan carbon yang diuji oleh test rider Aprilia.” Ungkap Albesiano. Mengenai fairing aerodinamika terbaru ini; “Kami sudah mengujinya beberapa hari yang lalu di wind tunnel. Dan versi terbaru nanti akan punya desain ‘triplane’ sehingga kita kemudian dapat melepas/pasang bagian-bagian dari yang sudah diizinkan pada regulasi. Kami akan mendaftarkan homologasi-nya di Qatar nanti.” Tutup Albesiano.

Impresi dari kedua rider terhadap motor baru mereka sangat baik selama sesi test, dan hasil yang ditorehkan oleh mereka pun menggembirakan seluruh team dengan banyaknya peningkatan di beberapa sektor. Setelah merevisi sasis dan mendapatkan parts mesin terbaru, RS-GP dinilai lebih mudah dikendarai dan lebih ‘nurut’ ketimbang RS-GP 2017. Bagian pengereman dan perilaku motor saat memasuki tikungan tidak seliar versi sebelumnya, sehingga untuk versi terbaru ini lebih mudah digeber secara halus dan tidak menguras fisik rider. Apakah Aleix Espargaro mampu membawa Aprilia Gresini masuk ke peringkat 10 besar selama musim kompetisi ini, lalu kita juga mesti menunggu kiprah Scott Redding dalam masa adaptasi dari mesin Borgo Panigale [Ducati] ke mesin Noale [Aprilia] tersebut.

TMCBlog

13 COMMENTS

  1. Aprilia kapan lepas dr Gresini,biar lebih berwibawa kayak factory lainnya
    Apa mungkin Gresini bakal jadi tim satelitnya di 2021?buat balas Budi(emang si Budi ngapain😂😂)

    Guest
  2. Bayangin deh itu lobang mulutnya bentuk M, jadi mirip Yamaha. Tapi overall lebih mirip Desmosedici era Preziosi akhir dengan mulut oval gitu

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.