TMCBlog.com – Bro Sekalian, FP1 MotoGP Qatar merupakan 45 menit sesi pertama race weekend MotoGP pekan ini di sirkuit Losail . . dilakukan siang hari jam 14:45 sampai 15:30 waktu Qatar . . . memang agak membingungkan dan membuat banyak pertanyaan sih dimana perbedaan suhu antara Free practice yang diadakan siang hari dan Sesi Kualifikasi dan race diadakan malam hari akan kah membuat sesi Free Practice cukup bisa menjadi tolok ukur Performa sebenarnya  dari Motor  . . Oke Kita tinggalkan hal tersebut dulu . ..  Rekor Official Yang tercatat di Losail Qatar untuk kelas MotoGP saat ini adalah rekor yang sudah berusia 10 tahun yani laptime 1:53,927 atas nama Jorge Lorenzo di atas Yamaha M1 tahun 2008 . . namun begitu di 10 menit tersisa FP1 duo Ducati team seperti yang sudah diprediksi akan punya peluang besar di Losail Qatar memimpin dimana Andrea Dovizioso memimpin dengan 1:55,806 diikuti Lorenzo 0,082 detik lebih lambat . .

Menarik melihat di sesi ini mayoritas pembalap factory termasuk Ducati tidak menggunakan Aero fairing yang berdesain berat . . di dua menit terakhir Valentino Rossi memecah Dovizioso dan Lorenzo dengan naik ke posisi kedua . . dan akhirnnya Seri FP1 MotoGP Qatar 2018 ini menampatkan nama Andrea Dovizioso Sebagai Yang tercepat dengan Laptime  1:55,366 diikuti Valentino Rossi dan Marc marquez . .

Yap 3 pabrikan berbeda berada di Top 3 FP1 ini  . . dan Bahkan Andrea Iannone yang menggunakan Suzuki GSX-RR menggenapkan Top 4 tercepat FP1 menjadi 4 pembalap dari 4 pabrikan berbeda   .. Ducati, Yamaha, Honda dan Suzuki. Lorenzo tercepat ke 5.

Johann Zarco jadi Pembalap Team Independent tercepat dengan berada di posisi ke 6 disusul Crutchlow, Rins, Petrucci dan Rabat di posisi top 10. Top Speed tertinggi sesi ini ditorehkan atas nama Danilo Petrucci dengan angka 350,8 km/jam . . sedangkan Rekor Top Speed Losail ada di angka 351,2 km/jam atas nama Andrea Iannone ketika masih di Ducati tahun 2016 . .

Di sesi pertama ini pembalap Debutan/ Rookie tercepat adalah Pembalaop malaysia Hafizh Syahrin di Posisi 15 sob disusul Nakagami, Luthi dan Morbidelli . . . . Analisa Moto2 dan Moto3 Insya Allah akan ditulis dengan bernas Oleh Nugie dan Malam ini kita masih akan melihat hasil dari FP2 MotoGP . ..  Stay tuned di tmcblog.com  sob  . ..

Taufik of BuitenZorg

49 COMMENTS

  1. lumayan juga hafiq syahrin, jdi rookie tercepat dengan catatan waktu 1,18 detik lebih lambat dari yg tercepat.
    rookie motogp termuda thun ini si hafiq syahrin ya??

    Guest
  2. dovi pake ban medium – medium, rossi medium – soft dan 3 pembalap honda pake settingan kaya tahun lalu hard – medium.

    Guest
  3. Dovi terlihat santai sekali di FP1 tadi. Sepertinya 75% Dovi podium 1. Sisa podium diperebutkan Lorenzo, Rossi, Marquez, Zarco, Clutlow dan Vinales

    Guest
  4. @all, penayangan MotoGP class jam berapa sih? tepatnya jam berapa ya? soalnya di Trans7 mulai jam 9 malam
    mohon jawabannya
    thanks @all

    Guest
    • Mungkin berkisar 22:30 wib
      Bisa juga delay ….
      Karena saat ini di zajirah arab sedang musim pancaroba (dari musim dingin ke musim panas) jadi angin kencang dan hujan abu bisa datang se-waktu2

      Guest
    • yupp sekarang racenya dimajuin bro demi menghindari cuaca buruk kaya tahun kemarin. kalo di trans 7 live jam 21.00, race moto2 21.30 dan race motogp 23.00.

      Guest
  5. Akankah Sharin akan mendapatkan point di seri perdana nya ….
    Jika iya peluang menjadi Rokie of the year akan lebih besar …

    Semoga …

    Guest
  6. Yg lebih bikin penasaran dibanding silly season,gimana performa komentator pengganti Nick Harris,apa bisa bikin makin adrenalin pumping kayak opah Nick yg bikin kita sampe ikutan megangin remote dgn erat

    Guest
    • tadi sempat nonton FP1 sebentar di Fox, komentator nya kok rasanya kurang pas ya?
      atau mungkin karena belum terbiasa saja dengarnya?
      sudah terlanjur terbiasa dengar suara Oom Nick Harris selama bertahun-tahun.

      Guest
    • Karakter Honda kan emang setragel kalo di Qatar apalagi mereka pake rakitan 2017 yg tau sendiri maq tahun kemarin di Qatar kojel2 sampe ga dapet podium,jadi klo disini masih belum keliatan siapa best rookie tahun ini

      Guest
    • Betul boss …
      Memang masih sangat terlalu dini untuk memastikan rokie of the year karena ini baru fp 1 dan seri ke 1dan juga M1 cocok di sirkuit ini ….
      Tapi dengan hasil sementara ini, prestasi Sharin sudah sangat luar biasa
      Karena Sharin pasti tidak di perhitungkan untuk bisa menjadi kandidat rokie of the year karena ada beberapa rider rokie yg lebih hebat (senior) di atas motor bagus
      Ane yakin beban dan target Sharin di musim ini hanya tidak di over lap / juru kunci

      *opini pribadi
      Sorri kepanjangan

      Guest
  7. Tetangga sebelah udah ada perwakilan (Hafizh Syahrin), Indonesia kapan ya.

    Jangan-jangan para FBM dan FBR malah lebih mendukung jagoannya untuk jadi juara dunia, daripada wakil indonesia masuk MotoGp, walaupun ada wakil indonesia yang masuk MotoGp pasti dikomen jelek kalau kaga juara dunia.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here