TMCBlog.com – Halo, assalamu’alaikum bro sekalian… Judul artikel di atas bukan judul judulan, karena Triumph yang merupakan salah satu pabrikan motor Inggris sudah bersiap menantang Ducati untuk ‘bermain pasir’ pada tahun depan. Spyshot yang sudah banyak beredar menunjukkan satu sosok motor jangkung dengan gaya retro modern. Disinyalir kuat motor tersebut adalah Triumph Scrambler 1200 karena memang dari bentuknya penuh dengan ‘persyaratan’ sebuah motor scrambler.

Foto-foto di artikel ini TMCBlog ambil dari beberapa media Eropa ya bro.. Nah, kita bahas soal sosok motor yang sangat kuat memiliki mesin berkapasitas 1200 cc, karena dibekali sepasang disc brake di roda depan yang memang selalu dipasang pada varian Triumph bermesin 1,200 cc. Dan sudah tidak asing lagi kalau Triumph sering menggunakan common engine pada produk-produk nya.

Pada foto terciduk 2 buah motor yang identik namun terlihat perbedaan pada keduanya dengan cukup jelas. Satu motor dengan ban yang lebih kasar seperti ban motorcross, sedangkan satunya lagi memakai ban lebih soft namun masih tipe dual purpose seperti motor-motor ADV (Adventure bike).

Sedikit banyak saya paham soal Triumph modern classic ini, dimana pabrikan sering menggandengkan varian jenis Scrambler dengan varian Street di rentang kapasitas mesinnya, ada yang 900 cc air cooled dan oil cooled, juga ada yang bermesin lebih gambot 1,200 cc dengan pendingin air atau water cooled. Bedanya untuk versi Street memiliki ground clearance lebih rendah dengan pemakaian ban yang 80% on-road purpose, sedangkan versi Scrambler nya lebih siap untuk ber-off road ria.

Kalau di foto yang beredar ini sudah hampir bisa dipastikan bermesin 1,200 cc dengan berbagai teknologi canggih dibalik sosoknya yang retro. Kuat dugaan sudah memakai Riding Mode karena Triumph Bonneville T120 yang sudah beredar di pasaran saat ini sudah Ride by Wire, jadi untuk varian motor ber-cc besar plus untuk penggunaan off road ringan pasti lebih dari sekedar butuh fitur mode berkendara untuk mengubah mapping mesin di kondisi jalan yang berpasir.

Lalu seperti yang disebutkan pada judul bahwa ini sebagai bentuk reaksi atas gurihnya penjualan yang Ducati hasilkan dari varian Ducati Scrambler Desert Sled, dimana varian scrambler milik Ducati menjadi penyumbang laba terbesar untuk pabrikan Borgo Panigale tersebut. Jika Desert Sled memakai mesin V Twin, Triumph pede dengan common engine paralel twin yang sangat legendaris.

Fitur yang nampak pada unit test yang terciduk ini mewah banget, saya pribadi punya feeling kalau nantinya akan ada setidaknya 3 tipe Scrambler 1200 ini, yakni versi Street, Scrambler biasa dan yang spesial. Karena apa? Coba sobat bisa lihat suspensi upside down ber-travel panjang merk Ohlins di depan dan dual shock di belakang, yang mirip dengan Ohlins Blackline. Hmm… Di Ohlins Indonesia sih varian Blackline untuk Triumph harganya bisa sampai 20 jutaan bro. Maknyoss.. Lalu untuk bagian sebelah kanan motor yang tidak terekspos meninggalkan sebuah misteri perihal bentuk dari knalpot yang bertengger di atas dekat kaki rider dan boncenger sebagai ciri khas dari motor Scrambler. Knalpot pastinya akan memiliki dimensi yang besar dan cukup panjang karena kapasitas mesin yang besar, namun soal bentuk atau modelnya masih belum jelas nih Borr…

Bagian Headlamp disinyalir sudah pakai LED, lalu di sektor buritan sudah lengkap braket plat nomor dan stop lamp yang ini sudah seperti versi final yang siap kita lihat di showroom Triumph. Eits, gak lupa swing arm sudah dibekali bentuk kekar berbahan alumunium. Untuk versi final akan kita lihat paling cepat di EICMA atau Intermot show di semester kedua tahun 2018 ini, karena memang Triumph akan segera terjun ke pasar untuk menjegal Ducati yang saat ini melenggang sendirian di kelas retro modern adventure bike.

Kalau dilihat begini, ini sih gak hanya untuk nantangin Ducati Desert Sled, tapi BMW R NineT Scrambler pun juga bisa banget disaingi. Nah, owner TMCBlog kan juga punya Kawak W175 tuh, bisa banget ini motor jadi rujukan custom sang tunggangan supaya makin keren dan gagah. Peace yah mas Taufik.. Hehehehee….

Nugi TMCBlog

22 COMMENTS

  1. Mw nyaingin ducati scrambler 1100 yg mke mesin monster testaretta 75Β° aircooled?? “Triumph pede dengan common engine paralel twin yang sangat legendaris” , engine boreup dri scrambler 900 nih πŸ˜‚πŸ˜‚, klo gni sih dikelas CC nya msh powerful xsr900 849cc 115hp @😏

    Guest
  2. Maaf oot Wak Haji….
    artikel ulasan per sektor pasca race MotoGP skarang kok gak ada…
    banyak yg demen loh Wak…
    semoga Wak Haji baca komen ane..

    Guest
  3. maaf OOT juga wak Haji, berita mengenai marc vds yang merapat ke yamaha sudah beredar nih, saya tunggu beritanya dari TMCblog
    thanks.

    Guest
  4. dah verza saja itu,,,, ganti lampu, upsidedown, ganti ban paling 7,5jt…ban nya yang bagus, masih 27jutaan…

    kalo ada duid yah ini, kalau masih mikir mending yah verza lah

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.