TMCBLOG.com – Bro sekalian, dengan kedatangan Si Paula All New Honda PCX 150 Buatan AHM langsung di tmcblog newsroom, Maka hal pertama Yang tmcblog lakukan adalah mencoba menggali sebanyak Mungkin Hal Hal yang perlu diketahui di All New Honda PCX 150 ini. Waktu test ride di kemayoran, tmcblog nggak terlalu dapat feelingnya, selain karena malam dan Nggak banyak Yang bisa di dokumentasikan . . Nahhh pas Si Paula ini hadir .. Langsung saja diajak Main main di hari ahad untuk Muter muter Kota Bersejarah Buitenzorg tercinta . . . Tujuannya adalah mengetahui secara empiris seperti apa Motor ini saat dipakai riding solo untuk berkomuter . .

Ok di Vlog dan artikel yang lalu kita sudah pernah ngejajal duduk di atas All New Honda PCX 150 keadaan statis . . Namun saat dipakai riding, diferensiasi dengan motor motor skutik lainnya lumayan terasa sob . . cobain deh, Kontur dari joknya boleh dibilang menyenangkan dan bener bener mohon maaf ‘ Bokong friendly ‘ . . Yap ada semacam lekukan di daerah belakang dari jok bagian depan All New Honda PCX 150 yang dimensi dan konturnya boleh dibilang pas pake Banget Buat duduk dan membuat semua bagian dari bokong kita itu ngepas plek di Jok . .

wiiihhhh, sepertinya memang karakter ini memang karakter jok motor turing dimana bokong harus relax dan memperoleh perhatian extra . . Joknya sih punya kelenturan yang medium, jika sobat sekalian ingin lebih nyaman lagi, silahkan papas dikit itu jik namun dengan mempertahankan konturnya yang bokong friendly tadi, trus ganti dengan busa jenis Latex .. dijamin bakalan lupa berdiri hehehehe . . .untuk Jok All New Honda PCX 150 tmcblog kasih nilai 8

Handling, setang tinggi dan lebih lebar untuk All New Honda PCX 150 memang butuh pembiasaan untuk sobat sekalian yang sebelum ini belum pernah pakai Motor skutik dengan desain setang seperti ini . . setang lebih tinggi akan membuat penempatan dan posisi Lengan kita lumayan berbeda bila dibandingkan dengan skutik harian seperti beat maupun Vario series . .. Yang sering kelupaan adalah saat U turn, Jika saat menggunakan skutik street harian, maka bisa langsung banting itu setang setir dengan tajam/ sharp, namun kalo dengan All New Honda PCX 150 ini butuh latihan, karena posisi lengan jadi lebih tinggi, .. . hati hati jangan langsung ngerem depan mendadak saat nikung, Gejala Gubrak akan bisa lebih mudah terjadi .. dan ini bukan hanya untuk All New Honda PCX 150, untuk skutik skutik berdesain serupa pun demikian . .

Menurut tmcblog, Handling All New Honda PCX 150 ini lebih stiff , sharp dan agresif untuk menikung bila dibandingkan dengan PCX Yang lama . . Perkiraan tmcblog hal ini dikarenakan model sasis dari All New Honda PCX 150 Baru Yang boleh dibilang sangat berbeda dengan All New Honda PCX 150 sebelumnya . . Kehadiran Sasis Craddle di All New Honda PCX 150 membuat subframe bertemu dengan sasis utama dengan dua titik gabungan yakni via bawah dan Via cradle . .. ini lah yang kayaknya bikin lebih stiff/ kaku . .

Suspensi . . . Ada kisah menarik mengenai suspensi All New Honda PCX 150 ini . . DI jam pertama Si Paula All New Honda PCX 150 Hadir, langsung tmcblog bawa untuk menjemput putri dari sekolah . .. dan di tengah perjalanan, ia langsung mengatakan sesuatu yang tmcblog tidak duga duga . . . dia bilang gini ” Bi, koq jalanan sekarang terasa lebih halus Ya ? ” . . Lah TMCblog yang lagi riding malah bingung .. . ini padahal jalanannya nggak habis diasphal dan merupakan jalanan yang sama ketika ia diantara pagi tadi ke sekolah dan kemarin kemarin . . . sambil berbisik, tmcblog bilang, ini bukan karena jalannya yang berbeda . . ini karena Motornya Yang beda . . .

Namun apakah ini berarti bahwa Suspensi All New Honda PCX 150 empuk ? sepertinya harus ada yang diluruskan . . . Kita biasa mengatakan Suspensi enak itu adalah suspensi empuk, Nah kalo tmcblog bilang empuk itu kayak suspensi CRF150 atau suspensi Xride . . . namun kalo Suspensi All New Honda PCX 150 ini baik depan dan belakangnya jelas tidak se empuk suspensi CRF150L dan atau Xride . . so, Menurut tmcblog, Balance dari setingan Kompresi dan rebound suspensi dari All New Honda PCX 150 itu ” Good ” . ..

Setingan Kompresi adalah kemampuan suspensi All New Honda PCX 150 untuk bisa meredam getaran saat gerakannya kearah lendutan vertikan ke bawah ( menuju permukaan ) . .. sedangkan Yang paling tmcblog rasakan juga adalah feeling dari rebound . . rebound adalah kemampuan suspensi untuk kembalai ke posisi normal awal setelah memperoleh kompresi . .. Rebound dari suspensi All New Honda PCX 150 tidak membuat suspensi mentul mentul nggak keruan dan gejala ini tidak dirasakan di All New Honda PCX 150 . Sobat sepertinya harus membuktikan experience yang tmcblog lakukan ini .. cobain deh ngehajar lobang gede? ya pasti terasa, tapi kalo cuma gelombang gelombang kecil di Jalan dan perubahan ketinggian yang standar, suspensi All New Honda PCX 150 bisa meredam dan melakukan rebound dengan baik.

Konsumsi Bahan bakar? TMCBLOG sudah mengerjakan 3 kali pengetesan pengetesan konsumsi bahan bakar All New Honda PCX 150 ini dengan 3 model penggunaan yang berbeda mulai dari yang teririt dan tembus di atas 50-an km/liter seperti yang sekilas bisa sobat ikuti di VLOG sampai konsumsi bahan bakar cara riding ugal ugalan hehehe . . dan juga soal akselerasi yang akan kita ceritakan di Artikel dan Vlog selanjutnya . . Untuk sementara dengan sudut pandang pemakaian komuter harian di dalam kota, tmcblog sudahi dulu test ride impresi singkat dengan All New Honda PCX 150 ini semoga Bisa bermanfaat .. .

Taufik of BUitenZorg

139 COMMENTS

    • pcx travelnya shockblekangnyanya naik membuat ergonomi ” capek ” dan ternyata masih keras ditambah jok keras

      beda dgn NMAX yg sudah dilengkapi shockbreker tabung atau model Aerox yg shockbreker ” semok ‘

      Guest
    • Mantab Powerfull Tenaga Besar All New PCX 2018 “Tidak hanya unggul di mesin, PCX 2018 juga unggul untuk bermanuver”

      Tmcblog Approoved

      Guest
    • Pcx cukup dilawan pake lexi , lexi lebih unggul bermanuver dan selap selip di space kecil krn bodi & depan lexi ramping.
      Mau performance manuver pilih lexi , mau performance power pilih nmax

      Guest
    • Adu drag pcx vs lexi ane yakin lexi unggul tipis krn PWR lebih unggul, 125 4 klep + vva = kecil cabe rawit

      Guest
  1. dijalan jabodetabek kenapa saya lihat jauh lebih banyak new N MAX 2018 dengan sub tank shock dibanding pcx lokal

    Guest
    • Itu Nmax yg subtank dari bulan desember juga udah bisa dibeli dan gak pake inden2an om. Istilahnya beli hari ini dikirim hari ini juga, lah pcx lokal beli hari ini dikirim 2 bulan kemudian bahahaa

      Guest
    • Pcx dibuat dengan ketelitian tinggi. Ga sembarangan. Sabar aza boss.
      European Quality Passed. Sensasi Cita Rasa Eropa yang Targetkan.

      Guest
  2. oh punya sendiri? jadi penasaran motor di garasi ada berapa…
    trus kalau daerah bogor kena progresif tidak? (teman saya di tangerang tidak kena progresif)

    Guest
  3. Pertama sy naik pcx lokal sangat berkesan bero…..
    Begitu keluar rumah langsung tetangga pd bengong
    Dan ada yg nyeletuk “itu moge baru ya dari HONDA”
    Begitu elegan y pcx lokal baik body maupun fiturnya
    Alhamdulillah sekarang jd Pede naik maxi skuter karena yg sebelumnya maxi rasa gerobak udah di ganti dg PCX
    MuuuUUUuuuuuehehehe……

    Guest
    • Berarti tetangga ente plus ente ndeso. Biasa taunya beat vario suara. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • Nih orang mabok tiap hari

      .
      Aslinya mah madesu cuma pake motor supra jadull…..orang jawa timur ini…wkwkwk

      Guest
    • @mystique yah orang malang emang kadang satu kata dibolak balik , tapi nggak bolak balik kalimat sampe nggak tepat banget Pola S.P.O.K nyaπŸ‘‡

      “anigaP March 29, 2018 at 09:53
      Berarti tetangga ente plus ente ndeso. Biasa taunya beat vario suara. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚”

      Kan nggak lucu ☝️

      Guest
  4. Yimm jgn tenang terus, bgtu pnjualan nmax kesalip new pcx, susah nyalipnya lg…
    Inget mio & vixion…
    Mumpung msh baru, hajar sama smax biar ga keburu laris… Bgtu jg new vario, hajar pake force 125, mesin nmax 125 vva.

    Guest
    • desain jangan setengah2 kaya lexi,,,, abisin saja idenya!..curahin semua ke kelas 125-150!

      Guest
  5. Jok nya tipis n keras kog. Suspensinya juga. Bbm malah 11 12 ma nmax. Kalo di blog ini semua motor nampak irit kalo konsumsi bbm tapi real nya tetep punya sendiri. Temen ane juga baru beli ne pcx. Ane ngakak aja diajak adu ma nmax kagak mau. πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
    • Vario cw 108cc karbu (modif ban lebar 140/70-14)
      Ane juga sering test akselerasi & topspeed sama nmax atau aerox 155cc dijalan bsd serpong, daanmogot atau mauk raya …
      Kalo pake main jet 105 vario ane menang.
      Kalo pake main jet 100, vario ane kalah.

      Guest
    • motor injeksi bisa irit BBM kalo yang make tau cara yang benar buat ngirit , nggak frontal narik gas . Paling anda sendiri suka ugal2an kalo narik gas makanya ngomong 11 12 .
      Temen anda baru beli PCX ? . Nggak mau diadu ? . Palingan anda ngajak drag . ya pasti nggak mau lah kalo temen anda user yang ngerti motor dan ngikutin buku panduan motor apalagi motor temen anda masih baru… belum habis inreyen .

      Guest
    • Ya gk bakalan mau lah….
      Masak PCX di adau ama mongtor fitur jadul
      Punya miong ngakunya nmax
      MuuuUUUuuuuuehehehe……

      Pcx elegan rasa moge
      MuuuUUUuuuuuehehehe……

      Guest
    • Joknya keraas beda dgn Nmax lebih halus dan ditambah shocknreker NMAX sudah tabung

      kalau diadu drag lebih enakan NMAX atau long run enakan NMAX..iritnya paling irit nmax juga

      yakin Deh ngepbeha diatas yg sok menolak ngedrag ntar kalau hasil drag keluar seolah menang Pcx pada menjilat rame2…

      Guest
    • yorang motor masih reyen, klo beli pake hasil jerih payah ya jelas gag mau, org motor baru udh mau di betot2.. ya takut lah.. mikir cung

      Guest
    • disaat para agency bc jahannam , ngeBC produk kompetitor sesembahan . nick name anigaP malah ngeBC tentang Warung
      ini . di kolom Komentar warung ini juga πŸ˜‚πŸ˜

      Guest
    • Pcx motor feel eropa. Ga buat ugal-ugalan. Orang eropa itu civilized. High attitude. Behaviornya gooood

      Guest
    • nmax baru turun langsung betot gak pake enreyen lagi gak masalah tuh… emang hampir kebanyakan motor yamaha bisa langsung betot

      Guest
    • ada yg salah, salah satunya, tmc blg minim getaran, anda blg keras, mana yg baku? perlu diluruskan…

      Guest
    • @ civil war

      ardian keras tmc minim getaran
      mngkin artinya Shockbreker Pcx emng keras tp minim getaran/goncangan/loncat2
      jokkk nya juga kerasss

      beda dgn nmax sudah shockbreker tabung Nmax dan joknya halusss…

      Guest
    • Ardianto yg ane tau bloger apa adanya bro , dulu dia yg bilang shok supra gtr keras ga nyaman, jok keras, kenyataannya emang demikian toh. Ane recommended ardian testimoni fair bukan bc

      Guest
    • Dulu ane bimbang ambil mx king atau supra gtr , sudah fix pengen ke diler honda th 2016 gtr baru brojol madih fresh looking, cuma waktu itu yg ane penasaran gimana nih suspensi & jok gtr empuk ora , eh baca tulisan ardianto bilang keras , dan true benerΒ² keras , akhirnya ambil mx king , dan ternyata kagak salah pilih , mx king top markotop , thanks bro ardian

      Guest
    • Ya iyalah mana ada suspensi empuk? Itu besi loh, kalo ban (karet) baru empuk..
      😁😁😁

      Guest
  6. Banyak yg pengen compare sama nmax, sebenernya agak susah juga sih ngebandingin keduanya, nmax jatuhnya ke sporty dan pcx lebih ke arah elegan, cara bawa juga beda, yg suka nyantai dan commuter jujur pcx lokal lebih enak, tp buat touring atau buat miring2 nakal sih jauh enak nmax hehehe…. soalnya punya duadua nya jd bgitu toh rasanya pcx lokal , oh ya kurangnya pcx cuman kurang selonjor aja buat yg tinggi 170cm keatas berasa kentang dek nya terus ukuran ban wajib upsize +1

    Guest
    • nyesekkkk dan zlub banget gannn

      Slonjoranya ” Kentang ” emng itu apa adanya …

      ergonomi dirasa pcx lokal juga dituntut sporty

      Guest
  7. lumayan warning juga buat yamaha,,,,, dimana2 ini benda indent, kebetulan kebetulan dpt pr dari bini, nyariin matic buat harian..kmren2 sempet mampir kemotor campuran ( dealer campuran)..obrol2 kecil, katanya permintaan nmax berkurang, kalau pcx bsa 1-2bln, dan kena upping…sue yah. yah kalau gak mau kena upping yah ke dealer resmi tapi yah itu, kebanyakan unit dah diambilin sama tukang kredit…kok bsa, iyah karena dealer campuran dan tukang kredit punya modal gede….baru tau gw…

    semoga yamaha gak terlena, percepat gerak facelit nmax, beneran bagian kaki2 itu krusial…walaupun enak buat kenceng tapi gak enak kena jalan jelek dikit…

    Guest
    • naik matic Yamaha enak2 aja tuh shockbrekernya

      ane bingung sama yg koment shockbreker keras seolah olah kerasnya hyperbola ….

      malah naik vario gak enak blassss …

      mungkin yg perlu dibenahi Yamaha peredamannya…

      Guest
    • Setuju bro ddy , ane dari dulu akrab dgn metic y & h , ngak ada yg benerΒ² keras & yg empuk maknyus , 11-12 ae suspensinya , malahan variotechno 125 pernah punya ..suspensi ngayun motor understeer susah belok , rem kagak pakem , ngak ada yg bc , klo metic y lincah bermanuver lebih stabil itu mungkin krn suspensi rada stif dikit 11-12 lah

      Guest
    • yah bebas2 saja sih selera mah, toh dua teman gw tetap ambil nmax walaupun salah satu bilang keras, gw sih gak punya cuman coba sesaat, dan naik ojol. yah mang rada keras, kan dah diperbaiki dengan shock baru di 2018, gw rasa sah2 saja kalo ada yang bilang keras empuk tinggal selera, tapi gak ada salahnya mengkritisi biar gak terlena kaya yang sudah2, gak baik kalo pabrikan satunya terlalu memonopoli…liat noh harga scoopy yang ngelambung mo 20juta, mentang2 fino kurang laku…

      Guest
    • Memang keras koq nmax shocknya, gak tw yg 2018, ane pke 1 mingguan keluaran awal
      Temen ane cewek sampe kapok d bonceng nmax, sakit bokong ma punggungnya katanya
      Klo bukan kekurangan gak mungkin d betulin lah, skrng nmax shock udh berubah,
      Mungkin setelan reboundnya kmren kurang oke, vario sma beat jga gak empuk2 amat shocknya tpi lbh enak dripada nmax,
      Memang gw akuin rata2 matik yamaha, lbh stabil d kecepatan tinggi, mungkin bukan stabil ya, lbh kerasa aja feedbacknya, honda kurang, jdi gak pede geber kenceng2
      Gak berlaku untuuk pcx gw lom pernah coba

      Guest
  8. Honda dari dulu memang tukang bohong soal speed dan BBM , antara Brosur dengan Aktual….jauh lebih kencang dan irit actual di jalan raya nya

    Guest
    • Ini saya sedikit setuju, pengalaman pribadi pake Supra GTR, konsumsi BBM didata teknis tertulis 47 km/l, tapi setelah saya test dengan metode full to full, didapatkan hasil 60 km/l….

      Guest
    • biasaa tuhhh

      katanya cbr bisa 151 kmj ehh disalip vixion yg cuma 125 kpj

      Kayanya irittt ehh dilapangan bourosss bensinnn

      Guest
  9. http: //permanatriaz.com/2018/03/15/owner-yamaha-nmax-ini-kecewa-beli-new-honda-pcx-150-apa-alasannya/

    maaf hanya kasih link…blog laen…sekedar nambah wawasan. Saya bukan FB salah satu merek…hanya ingin menyampaikan informasi

    Guest
    • Betul bro , ane recomended tambahan rujukan review klo mo beli mtr di ardiantoyugo yg suka bilang apa adanya

      Guest
  10. Shock kenyot kenyot gtu yaaa???, ..

    hmm metik yaa harus nyaman, ..kalo gak nyaman patut dipertanyakan ke-metik-an-nya

    Guest
    • Itulah bro , kenapa nmax 2018 makin laku, krn soal nyaman ngak diragukan lagi kombinasi shock tabung dgn jok empuk + slonjoran nyaman tambah puooll.
      Pas nemu jalan lengang betot gas metik spy adrenalin agak terpacu bikin tubuh seger ya cocoknya pake nmax krn tenaganya terus ngisi disetiap rentang speed, juooss

      Guest
  11. Enggak bgt deh wak headlmapnya kayak mau karnaval terlalu rame bodynya kurang ramping…kurang berwibawa

    Slonjorannya Kentang…gak bisa apa2…
    Shockbreker dan jokkk kerass… masih 2 klep …gimana gitu…
    naiknya travel blakang dilihat malah kayak naik Vario …beda dengan gen Thailand…
    lumrah wak haji bilang gampang gubrak..yg pcx banyak kejadian gubrak waktu ngeremmm..

    Guest
    • setuju nih . pengen nyaman emang nggak harus empuk suspensinya . pengalaman saya di vario125 lama dengan honda beat fi non esp . kalo vario 125 suspensi keras tapi reboundnya bagus , buat hajar lubang kecil2 nggak terlalu berasa buat boncenger juga lebih enak . sedangkan beat fi suspensi lebih lembut . tapi reboundnya jelek .buat hajar lubang kecil2 lebih berasa , terutama bagi boncenger .

      kalo vario mau dipake sendirian atau boncengan tetep nyaman . kalo beat lebih enak kalo dibawa boncengan
      karena dari keluhan teman2 sesama pengguna beat suka agak oleng motornya kalo dipake pas sendirian dengan kecepatan >60 dan memang saya alami sendiri ditambah bobot saya waktu itu kurang dari 50Kg

      CMIIW

      Guest
  12. Wak haji..sbg bloger netral..tolong dong ulasannya perihal ahm dituntut oleh produsen akrapovic dr slovenia…bkn agen indonesia loh…tp produsen pusat dr slovenia…rider alam udah bahas…kalo wak haji yg bahas psti seru nih…ayo wak ..jgn takut mengutarakan brita kek gini…smoga ga kn spam

    Guest
  13. Suspensi nyaman empuk mnurut sy di vario 110 (fi/non) , tp mentul2. Kl jok sih harus nyoba lgsg. tp kl kata sebelah yg udah punya dua lebih keras drpd rivale ya ngalamat ga ngambil,pdhl bapak sy naksir abies pcx ini.

    Guest
    • Dari review blog walking yg bisa ane simpulkan : pcx jok lebih keras dari nmax, suspebsi jg keras kata ardianto. klo ane prefer nmax 2018 krn jok lebih empuk + shok tabung , bodi lebih ramping lebih lihay selap selip di celah sempit, dan mesin superior di tiap rentang kecepatan, apalagi klo vva udah aktif ..ngaciiirr

      Guest
  14. Gk minat ah matic matican wkwk,sport still the best for laki2 muda 😁, btw udh ngeliat di sekitaran Bekasi, ane tinggal di grandwis udh byk seliweran cepet bgt yak, cma ane gk suka ngeliat headlampnya itu loh kek gmn kegedean bgtt busett πŸ˜‚πŸ˜‚, pas malem sih cakep lampu nya kek aliss, cma pas sunmori blm liat sama sekali sih, msh reyen dlu sptnya….tpi ngeliat ni matic klo diajak sunmori or mereng2 nakal keknya gk pantes deh… Lbh enak buat nyantuy di keliling komplek ato ke mall2

    Guest
    • Wah aerox sih rame bgt gan, apalagi sunmori galaxy>menteng>panahan banyak barengannya, bisa dibilang cma pas sunmori doang populasi aerox lbh banyak dibanding vario 150, emg prestigenya sih dpt krn aerox tergolong yah bisa dibilang segmented lah, pdhl cma matic 20 jetian wkwk, ngarep yamaha mw buat aerox 250 bru deh gue bs lirik2 sedikit matic wakaka

      Guest
    • Klo nmax buat resmi bisa santai bisa , ngacir, stop n go selap selip bisa , merengΒ² lha bisa , wong bannya lebih gambot & bulat , lebih enak n safety buat high cornering dari pcx.
      Klo motor sport ane pake scorpio z

      Guest
  15. Kalau saya lihat skutik adalah kenyamanan dan N Max mempunyai kemenangan yang tidak dmiliki oleh kompetitornya walau udah full fitur yaitu ergonomi riding position dimana kaki bisa sepenuhnya selonjoran. lihat saja dijalan betapa nikamatnya pengemudi menaruh kaki walau ada boncengan kalau pcx lokal miriplah sama yang cbu posisi naruh kaki masih terbatas.
    Ditambah jok N MAX yang terbukti empuk enak dipake touring jarak jauhh kalau jok pcx lokal menurut om kobay keras buat perkotaan ok la

    Guest
  16. wah,, jadi ladang pernyinyiran juga ini,,selera orang beda2,,, yg penting niat dan punya duit mau beli merk apapun, it’s ok

    Guest
    • Nahh klo punya duit mah gk bakal nyinyir2 panjang bruhh, dibilang enak ya enak, gaenak ya gaenak, bknnya kek org tolol kere yg bilang enak malah gaenak bgitupun sebaliknya, well yg namanya fanboy/sales pabrikan gk ad
      ceritanya yg tajirrr πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  17. kalo malem2 jelek banget lampunya…sumpah
    kek waria menor pinggir jalan
    hahahaaha…….masih cocok lah buat wanita feminis, kalo cowok yang pake bukan elegan sih tp jadi kemayu
    untung kagak jadi beli

    Guest
  18. ‘silahkan papas dikit itu jik namun dengan mempertahankan konturnya yang bokong friendly tadi, trus ganti dengan busa jenis Latex’

    konturnya memang sudah pas tapi apa berarti joknya masih termasuk keras wak?

    Guest
    • feel dari duduk itu secara total ada beberapa variabel,
      Bahan Jok, ketebalan bahan jok, dan suspensi tentunya
      kalo menurut saya feel total duduk PCX nggak bisa dikatakan empuk
      namun tidak juga keras kayak duduk di Motor nggak pake suspensi
      namun cukup membuat feel riding ckup nyaman untuk riding 1-jam-an
      lebih dari itu, saya belum coba turing

      Administrator
    • Keras wak kata bloger lain, mungkin krn bobot mrk lebih berat jadi tekanan ke bokong lebih kerasa bhw jok pcx keras (metik H as usual)

      Guest
  19. saya tidak mengerti dengan teman teman… kita ini sama sama orang indonesia. kenapa komen nya sangat tidak berbudaya…. semua harus saling menghargai… selera kita tidak sama… tidak harus saling menjelekan… ayo budayakan hidup lebih baik untuk kemajuan negara Indonesia…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.