Tmcblog.com – Assalamulaikum Bro sekalian, YIMM Telah mengahdirkan skutik Flagship mereka, Impor langsungd ari jepang Yamaka TMAX DX . . .sebenarnya di Eropa sana, selain TMAX-DX hadir juga TMAx standar dengan perbedaan dimana TMAX standar hadir tanpa D-Mode, heated Seat/grip, windshield yang bisa di ubah tekukan dan ketinggiannya, serta Juga Cruise Control. tanpa Namun sepertinya yamaha Indonesia nggak mau tanggung tanggung. Ini sebenarnya strategy Logis dimana tmcblog . . bukan apa apa baik TMAX standar maupun Tmax DX secara umum harus kena pajak Barang mewah 125% karena kubikasinya telah melebihi 500 cc . .  Pajak / PPNBm ini adalah Variable terpenting penentuan harga ( Harga Yamaha TMAX DX 299,9 Juta rupiah ) sehingga perbedaan harga fitur dan teknilogi sepertinya tidak terlalu berperan penting ..  Nahhh di artikel ini yang tmcblog mau bahas adalah kehadiran D-Mode yang berhubungan dengan YCC-T pada Yamaha TMAX -DX ini  . .

jadi di Yamaha TMAX DX Konsumen Yang memberlinya memperoleh fitur D-Mode dimana respon bejekan throttle akan memiliki dua pilihan . . . Mau lembut/ Mudah atau Mau spontan/ Sporty . . . tinggal pilih di tombol seleksi mau “T” atau “S” . . Namun jelas yang menarik adalah . . bagaimana respon Throtel bisa diubah ubah begini  . .. di dunia Otomotif Kita meengenal banyak model variasi dari sistem bukaan intake di ruang bakar yang akan memvariasikan berapa jumlah udara yang masuk dan berapa Jumlah bahan bakar yang amsuk

Ada yang namanya Throttle by wire dimana klep kupu kupu intake bisa divariasikan bukaannya mau lebar atau mau sempit, Lalu ada yang namanya Variable Valve Actuation ( VVA ) dimana ada perubahan ketinggian bukaan klep karena pergerakan klep yang menggunakan dua kontur Lobe dari Kem ( Camshaft ) lalu ada lagi VVT dimana yang diVariasikan adalah Timing bukaannya . .. Nahhh GImana kalau Yamaha Chip Controlled – Throttle ini ?

ECU dari TMAX-DX memperoleh data data dari berbagai sensor, seperti sensor suhu udara, tekanan udara intake, tekanan atmosfer, posisi crankshaft, suhu mesin, kecepatan mesin, posisi throttle dan oksigen. dan Dari data data tersebut ECU dapat mengontrol bukaan klep kupu kupu throttle tersebut secara tepat pula. Pasalnya engine control unit (ECU) sesuai dengan kondisi operasi mesin yang ada . ..

Jadi Bukaan klep kupu kupu yang kecil untuk Respon throtel yang lembut dan mudah, sedangkan Bukaan Klep Kupu kupu luas bisa memberikan respon throtel yang cepat . .. Jadi Yang sebenarnya menurut hemat YCC-T ini adalah nama Yang dibuat oleh Yamaha untuk sistem fly-by-wire technology mereka  . . .

Penjelasan di atas tentu tidak sesederhana itu, namun tmcblog memang mencoba mensimplifikasi bahasa dan kalimat, agar sobat sekalin yang ber-background non  teknis pun bisa mengerti . . . nahhhh . . . jadi jangan heran Kalo yamaha TMAX -DX bisa dijejali teknologi 2 pilihan D-Mode tersebut . . Jika ada yang mau ditambahkan , silahkan Juga disimak Galeri fotonya sob ..  Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

42 COMMENTS

    • Harga jg bedain aja pak, 145 jeti kosong fitur, build quality so so,desain boredstream, kastanya bagai bumi dan langit,ya masa mw disamain?? Klo power sih boleh lah, tpi di segmen 500 cc yg mw dicari kok power??? Mending 4 cyl supersport skalian Lol

      Guest
    • Yamaha TMAX ini sistem penggeraknya menyerupai bebek Yamaha Lexam atau Honda Revo AT yg dulu sempat beredar tapi ngga lama disuntik mati lantaran kurang laku.

      Guest
  1. Belt Driven, agak susah buat ngelepasnya. Kudu lepas roda juga. Btw itu final drive, bukan cvt nya. Transmisi cvt nya ada di dalem blok mesin macem lexam.

    Guest
  2. Sbg biker,yamaha katanya sudah buat bbrp mesin moge diindo,coba sekalian buat moge lokalnya biar banyak moge diindo gtu. Liat kawasaki yg buat di thailand aj bisa jual Z900 diharga 240jtaan. Salut buat kawasaki,,yamaha punya model moge yg bagus” sebenarnya. Dan termasuk juga Suzuki.

    Guest
  3. YCC -T boleh dibilang ada kemiripan dengan sistem Ymjet – fi yg udah ditinggalin produk2 yimm

    intinya sih variable intake tuning, dimana saat iddle dan putara rendah cukup 1 valve yg kebuka krn asupan udara gak butuh trlalu bnyak

    baru klo buat akselerasi n topspeed 2 valve throttle open semua

    menarik2

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here