TMCBlog.com – Menjelang GP Argentina yang berlangsung pada akhir pekan ini di sirkuit Termas de Rio Hondo, Michelin menyiapkan alokasi special untuk permukaan trek yang baru saja diaspal ulang. Pihak supplier ban MotoGP ini merasa harus menerapkan strategi alokasi tambahan karena sebanyak 75% permukaan aspal sirkuit sepanjang 4,8 Km itu sudah diaspal ulang dan faktor lain karena tidak adanya waktu testing di trek Amerika Latin tersebut untuk ban tipe slick baik untuk ban depan dan juga belakang.

Michelin menyediakan 4 pilihan ban khusus untuk GP Argentina yakni; satu kompon soft, dua tipe kompon medium dan satu kompon hard , baik untuk depan dan belakang. Dua alokasi untuk ban depan medium akan memiliki kompon berbeda, sedangkan dua ban belakang medium akan hadir dengan casing berbeda satu sama lain.

Sebagian besar ban masih akan memiliki desain simetris, hanya alokasi ban belakang Hard memiliki struktur asimetris dengan sisi bagian kanan karet ban lebih keras. Tujuan Michelin memasok alokasi yang berbeda adalah untuk memberikan pilihan bagi pembalap sebanyak mungkin. Namun Michelin menjamin untuk ban depan akan sama sekali berbeda dibandingkan dengan ban Termas Hondo tahun lalu, karena Michelin sudah mengubah konstruksi ban sejak GP Mugello 2017.

“Argentina merupakan sebuah trek yang memberikn sejumlah tantangan pada Michelin selama dua tahun keikutsertaan kami di MotoGP. Ini adalah trek yang terkadang bisa sangat panas dan memiliki tingkat abrasif yang tinggi. Namun ketika cuaca hujan, suhu bisa merosot drastis. Jadi, kami harus bersiap untuk segala kemungkinan.” Michelin Motorsport Two-Wheel Manager, Piero Taramasso menjelaskan.

“Untuk tahun ini, faktor ketidakpastian itu bertambah akibat anyak bagian-bagian trek yang diaspal ulang. Kami tiba di sana dengan sedikit pengetahuan tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan pembalap, meskipun kami telah dapat info lanjutan tentang trek yang sangat membantu, tetapi hal itu tetap berbeda jika kami memiliki data yang didapat dari balapan atau tes langsung di permukaan aspal baru.”

“Kami percaya dengan pengetahuan dan pengalaman yang telah kami kumpulkan sejak kembalinya Michelin ke MotoGP, kami sudah sanggup mendapatkan kompon ban yang tepat untuk trek Termas dan berharap bisa meilhat catatan waktu yang makin tajam akhir pekan nanti.” Lanjut Piero Taramasso.

Oke, Termas de rio Hondo dulu terkenal trek yang cukup licin karena jarangnya ada balapan disana. Kini trek sudah dilapis ulang aspalnya sebanyak 75% dari total keseluruhan trek, dan juga ditambah alokasi ban dari Michelin. Harapannya sih memang kita bisa menyaksikan jalannya balapan yang sangat seru. Tapi ada faktor lain, yaitu cuaca yang sering tidak menentu di Argentina, so gak juga menutup kemungkinan akan terjadi flag-to-flag nih bro.. Apapun itu semoga menarik supaya gak bikin kita yang di Indonesia ngantuk nontonnya [ balapan berlangsung dini hari senin, WIB ]. Jangan suguhkan balapan MotoGP macam orang touring berjamaah…

Nugi TMCBlog

16 COMMENTS

  1. Katanya musim ini semua ban sama dan nggak bakal di utak atik,kok di Rio Hondo ada tambahan lagi,belum lagi Philip island yg biasanya butuh ban asimetris

    Guest
    • Konstruksinya tetap bro.. misal ban hard di qatar akan sama dengan ban hard di valencia.
      Kan ini cuma ditambah alokasinya..
      Biasanya cuma disediain hard,soft,medium..ini ditambah asimetris.

      Guest
    • mudah2an ngga untuk pebalap tertentu aja ya.. dan jangan tau2 ada yang kpleset sendiri secara random..

      Guest
  2. padahal ngomongnya gak ada perubahan kompon di tengah musim…, hmm

    “Michelin menyediakan 4 pilihan ban khusus untuk GP Argentina yakni; satu kompon soft, dua tipe kompon medium dan satu kompon hard , baik untuk depan dan belakang. Dua alokasi untuk ban depan medium akan memiliki kompon berbeda, sedangkan dua ban belakang medium akan hadir dengan casing berbeda satu sama lain”

    mungkin bisa dijelaskan perbedaan kompon…, padahal sama2 medium..,
    trus yang dimaksud dengan ‘casing’ itu apa, juga pernah baca istilah ‘carcas’

    Guest
    • Casing adalah bagian utama dari ban, berfungsi menjaga tekanan angin didalamnya dan menyanggah beban serta menyerap getaran dari jalan. Pada ban bias, ply dari benang yang sudah dikuatkan dipasang dengan arah diagonal, melintang dari bead ke bead, sedang pada ban radial, ply dipasang dengan arah radial dari bead ke bead.

      Editor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here