TMCBlog.com – Assalamu’alaikum sobat penggemar MotoGP, kali ini ada berita tentang sebuah sponsor besar yang sangat tertarik dengan seorang rising star MotoGP, Johann Zarco. Produsen minuman energi terbesar [atau salah satu yang terbesar] di dunia, Red Bull telah mengemukakan ketertarikannya terhadap Zarco dan bersedia menjadi sponsor pribadi rider asal Prancis tersebut demi debutnya di team pabrikan musim depan. Kemana kira-kira zarco akan berlabuh?

Mayoritas pembalap MotoGP saat ini kontraknya dengan team habis per Desember 2018, dengan banyak rider utama yang belum memperbaharui kontrak mereka [kecuali 2 rider inti, Marc dan Vale] maka pintu transfer pembalap masih terbuka lebar dan pasar transfer akan semakin panas menjelang seri GP di daratan Eropa yang dimulai sejak Jerez bulan Mei mendatang. Zarco yang belum juga memutuskan masa depan karirnya di team manapun sampai saat ini menjadi incaran 3 pabrikan yakni Honda, Suzuki dan KTM.

Pihak Zarco Sudah Bernegosiasi Dengan 3 Pabrikan

Bukan isapan jempol semata nih sob, manajer Zarco, Laurent Fellon sudah bicara ke publik terkait negosiasi yang pihaknya lakukan dengan 3 pabrikan tersebut.Β “Negosiasi yang kami lakukan berjalan baik, tapi terlalu dini untuk berbicara tentang pengumuman kemana Zarco akan menetap, setidaknya kami akan menunggu hingga GP Jerez. Kami tidak ingin membuat pengumuman cepat seperti yang lain. Ada Honda, ada KTM, ada Suzuki kita harus menunggu sesuatu. Kupikir kita harus berhenti [berspekulasi dalam] menempatkan pembalap-pembalap sebelum kejuaraan dimulai. Sebelum balapan pertama dimulai, semua orang sudah ingin tahu ke mana para rider akan pergi. Kita harus menunggu sedikit, untuk menghormati sponsor kita dan mitra-mitra kami.”

Dengan kondisi yang demikian, pihak Red Bull bersemangat untuk menggaet Zarco supaya bisa bertanding mewakili brand minuman energi yang sangat menggilai olah raga ini dengan persenjataan mesin pabrikan dan di team pabrikan. Dilihat dari segi bisnis, Hal tersebut akan menguntungkan dengan banyaknya pembalap juara yang mewakili sebuah brand maka akan semakin ‘menjual’ si produk pula di pasar. Nah ,prediksinya bakalan kemana si Zarco?

Meskipun korelasi antara Red Bull – Zarco – Tech 3 [team Zarco saat ini] terlalu dekat kepada KTM, namun penempatan Zarco justru lebih dekat kepada Repsol Honda.

Zarco ke Repsol Honda? Bukan KTM??

Red Bull saat ini memang bertarung bersama KTM melawan Repsol Honda [dan team lainnya], lalu visi dan misi KTM secara global adalah mengalahkan Honda di setiap lini balap yang mereka ikuti. Tapi, semua keputusan kembali ada di tangan Zarco, jika kesempatannya yang terdekat adalah 2019 maka mesin Honda lebih masuk akal untuk mengantarkan Zarco kepada kemenangan ketimbang KTM yang masih struggling dalam riset. Meskipun tidak menutup kemungkinan KTM jika berada di tangan Zarco akan mampu bersaing untuk podium, tapi Honda untuk 2 tahun kedepan lebih realistis. Like it or not! Maka Red Bull lebih tertarik untuk menempatkan Zarco di kubu Repsol Honda. Lagian kan saat ini Marc dan Dani juga disponsori Red Bull di MotoGP dan sebagai representasi produknya di banyak iklan dunia, jadi bukan hal mustahil jika harus me-replacingΒ seseorang disana.

Kondisi KTM saat ini memang lebih terbuka dengan Pit Beirer yang sudah bosan dengan performa Bradley Smith yang terus merosot dan Pol Espargaro yang belum diperpanjang kontraknya, menyisakan 2 slot untuk pembalap baru. Sedangkan Honda Repsol hanya ada 1 slot, menggantikan posisi Pedrosa karena Marc Marquez sudah teken pembaharuan kontrak. Tapi prediksi memang lebih berat ke Repsol Honda untuk seorang Zarco yang haus kemenangan, laluΒ seperti juga halnya KTM, Suzuki disebut Fellon sebagai opsi cadangan setelah Honda. Lagipula semua orang di kubu Repsol Honda termasuk Marc seperti sudah menyambut gembira jika nantinya Zarco akan berlabuh ke team tersebut.

Lalu bagaimana dengan Dani Pedrosa?

Soal kang Dani, pertama-tama masih ada relasi nya dengan yang kita bahas sejak awal, Red Bull. Dani sudah disponsori Red Bull sejak 2006 di musim perdananya masuk ke kategori utama sampai detik ini dan sudah banyak mengumpulkan poin kemenangan dan podium bersama. Kedua, manajer tim Red Bull KTM sekarang, Mike Leitner adalah mantan chief mechanic Pedrosa di Repsol Honda dulu dan sudah menghabiskan sebelas tahun dengan Pedrosa hingga akhir 2014. Terlebih lagi hubungan antar keduanya masih bersahabat sejak berpisah.

“Ketika Anda mengutarakan keinginan untuk memiliki seseorang seperti Pedrosa sebagai pembalap team, tidak ada yang bisa tersinggung. Itu akan menjadi solusi sempurna. Kami sedang mendiskusikan dengannya. Kita harus melihat bagaimana bursa pembalap akan berkembang. Begitu beberapa rider sudah menandatangani kontrak baru mereka, situasinya akan menjadi lebih jelas pada saatnya nanti. Sekarang, kamu harus berpikir ke segala arah. Saya pikir Dani masih memiliki masa depan di Repsol Honda. Dia harus mengklarifikasi sendiri apa yang terjadi di Repsol Honda.” Ungkap Leitner.

Red Bull – Dani Pedrosa

Jadi menurut penuturan banyak pihak, keputusan bursa transfer rider masih harus menunggu setidaknya sampai GP Jerez berlangsung, karena di daratan Eropa lah kekuatan motor mesin dan rider akan terlihat yang sebenarnya. Tren yang sering terjadi juga demikian bro, di tahun tahun sebelumnya sering pengumuman perpindahan ataupun contract renewal berlangsung pada pra dan pasca balapan di sirkuit Jerez. So, apakah situasi dimana Johann Zarco bertandem dengan marc Marquez akan menjadi sebuah realita?

Nugi TMCBlog

60 COMMENTS

    • ekekekek

      tantangan berat buat zarco5
      naik RCV … motor paling menyusahkan
      pembalap

      MM93 saja sampai keluar tenaga 200%
      untuk mengendarainya

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  1. honda muali mencari calon kuat jurdun rider laen .itulah honda kemungkinan kontrak mm93 habis..mm93 akan hijrah ke pabrikan laen… winwin lotion kayak handbody

    Guest
  2. Tetep saja kalo jarwo ke honda ya harus nerima syarat gak boleh mendahului marqes untuk menjadi juara dunia kcuali marqes pas apes sering ndlosor baru deh boleh juara dunia

    Guest
  3. Biasanya yg pake nomor 1 digit di Repsol Honda di era milenium biasanya apes/kurang berkembang
    Contoh:Barros 4,biaggi 3,Dani 2&3,Dovi 4 doang belum pake 0,Casey 1 sebelum pensi 😰

    Guest
  4. Bagusnya zarko Ke Honda saza biar FBH senang dapet rider bagus darl impahan yamaha…daped Ke KTM saja Sama2 sponsor redbul Sama2 mwbggunakan mesin V…Jorge Ke Suzuki saza karna zorge cocok Nya mesin inline…ianone pindah Ke Aprilia Sama mesin V Dan dari itali juga…cocok sudah

    Guest
  5. Daped doang ini yg msh abu2, klo daped dh memberi klarifikasi dia mw pindah tim, ya hasil bursa pembalap kemana ketahuan terbongkar, bakal makin banyak fakta/suatu kemungkinan yg akan terjadi selanjutnya klo daped beneran pindah tim 😁

    Guest
  6. 26 gak akan ke mana-mana. msh akan tetap di repsol. cita-citanya kan pengen pensiun di repsol bukan movistar atau yg laen.

    Guest
  7. ZARWO pindah ke KTM saza. …. memang di Honda gak ada pride .. sekalipun juara dunia 4x….
    pppfffftttttt

    jimoo boker mode off

    Guest
    • ekekekekek

      percuma juara 4x gak ada fans
      lebih nyesek DP26
      gak bisa juara dunia naik RCV asli

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      πŸ˜‚

      Guest
  8. ga takut keblinger kalo pindah ke honda?
    sapa tau susah menyesuaikan diri dari inlive ke V..
    terus bukan nya zarco mo dikasih motor sama persis sm pabrikan?
    kalo mo cari aman c harusnya tetep sama yamaha,,
    motor dah cocok terus dapet spec pabrikan taon depan.. hehe,,

    Guest
    • kalo cocok ya nyantol disitu, spti diartikel sebelumnya. semua motor yg turun di motogp itu bagus, tp yg terbaik yg sdh ngeklop sm pembalap
      kita liat nanti kalo prediksi konstelasi pembalap seperti diatas, apa bisa beradaptasi diatas motor masing2, motor yg beradaptasi apa pembalap yg beradaptasi dgn motornya

      Guest
  9. Saya pegang DP26 tetep di Repsol Honda, karena semua ini strategi yg dilakukan HRC dengan tujuan mengacaukan konsentrasi pembalap lain yg saat ini sedamg onfire (JZ05 & AD04) dengan memberikan pujian setinggi langit dan mengatakan tertarik ingin merekrutnya. Untuk saat ini Repsol HRC masih menjadi incaran para pebalap motogp untuk bergabung..

    Guest
  10. Klo dp26 ke ktm apa hrc rela klo nantinya banyak data yg bocor? Kok kepikiran klo dp26 digeser ke wsbk ya? Tp dg catatan dp26 berhasil ngerayu hrc buat turun langsung, bisa jadi win2 solutions tuh, hrc gak khawatir data bocor sekaligus bisa ngembngin motor yg bisa kompetitif buat jurdun wsbk, dp26 juga bisa bersaing buat jurdun dan sponsor masih sama redbull…
    Dan repsol dpt zarco…

    Guest
    • bisa bocor kalo dani bedol desa, 1 pitbox crew dibawa pindahke tim yg dituju (sentil pembalap yg dulu bgt pindah dri hrc)
      pembalap ttp aja pembalap, yg ngerti “data2” ya ttp engineer dan mekanik yg dulunya kerjasama dgn pembalap tsb

      Guest
  11. sy jd curiga dg ucapan leitner, jgnΒ² KTM memang sudah menawari kontrak sm dani, tp dia msh nunggu keputusan final dr hrc, spt yg leitner bilang dani hrs mengklarifikasi sendiri.. mngkin maksudnya dani hrs berani ambil keputusan drpd menunggu yg blom tentu..

    Guest
  12. Bener ini bisa jadi strategi dari repsol honda yang tertarik dengan zarco dan juga dovi, tapi kembali lagi ke masing-masing team dan pembalap karena hanya mereka yang tahu. Yang seru itu kalau bisa lihat zarco fight dengan marquez jadi lebih menarik kalau zarco ke KTM walaupun ktm belum kompetitif tapi memang benar fakta kalau saat ini banyak rider yang ingin masuk team repsol honda

    Guest
  13. kalau jadi ke honda, kayaknya cepat atau lambat bakal ada perang dingin di kubu marc dan zarc.

    enak juga dilihat nanti… apakah marc masih bisa kepala dingin????

    Guest
    • kalo marc baperan,,,y bs trjd,,,tp klw marc tau diri,,,g bakalan trjd

      tujuan balapan emg cem macem,,,ada yg cri sensasi,,,ada yg cri skdr investasi,,,ada yg cri prestasi

      Guest
  14. Hihi..ini Dani & Bradley baca berita gini pasti dlm hati blng “WTF..”?!

    Btw, ngomongin sponsor minuman energy drink, klo pas di Parc Ferme kan biasanya sambil minum tuh, apakah mmg diperbolehkan? Ga dianggap doping kah energy drink?

    Guest
  15. bisa jdi red bull akan lebih dulu mendatangkan dani pedrosa ke ktm musim 2019-2020 untuk mengembangkan motor ktm rc-gp agar bisa komoetitif, setelah motor ktm rc-gp sudah kompetitif dan mampu bersaing d top3, lalu red bull akan menggaet marc marquez tahun 2021-2022 untuk mengantarkan ktm rc-gp meraih gelar jurdun.
    begitu pikiran ngawurr saya

    Guest
  16. #99 n #26 ke Suzuki aja gmana ya ?

    smooth riding kayanya cocok, Yamaha ma Suzuki konfigurasi mesinnya samakan Inline V4 ?

    #99 n #26 juga akrab , ademkan suasana garage πŸ™‚ .. .

    sepertinya sih orang pada lupa, #99 di 9 tahun belakangan and new era 1000cc MotoGP cuma dia yang bisa kasih Yamaha gelar, plus paling konsisten CMIIW..

    #26 dilepas HRC, wew big news kalo terjadi, susah cari pengganti, walaupun gak juara dunia, dia developer RCV udah berapa tahun coba, plus minimal sekali podium 1 di setiap musim, pastinya membantu point team .. ada yang bisa ? #5 ? I doubt . . big doubt . .

    #sillyseasoncontinued

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here