TMCBlog.com – Assalamu’alaikum para sobat pembaca setia [mudah mudahan setia yah] TMCBlog , masih dari event FDR Tire yang kali ini acara dari Jalan RE Martadinata/Jl. Riau tepatnya di Social Garage Bandung Sabtu 7 April dimana FDR menelurkan 2 varian anyar ban khusus matik. Melihat populasi motor matik yang makin mendominasi pasar dan juga kini semalin beragamnya tipe matik yang dijual pabrikan, dengan alasan itu pula FDR melihat adanya kebutuhan akan ban yang baik performanya sekaligus bagus harganya.

FDR City GO

Varian pertama yaitu FDR City GO yang diproduksi untuk menyasar segmen retro modern. Melihat dari bentuk pattern atau kembangan ban nya memang cocok banget kalau dipasang di motor Honda Scoopy mu sob, jadi klop satu kesatuan dari desain body dan kembangan ban nya.

City GO sendiri merupakan sebuah yang diharap menjadi pilihan lain untuk konsumen reguler pemilik Honda Scoopy. Karena FDR membuat City GO [setidaknya] untuk saat ini dengan size yang sama dengan standar pabriknya. Hanya berbeda di kompon dan juga pattern yang dinilai lebih baik ketimbang ban OEM nya Scoopy.

Sudah pasti untuk roda berukuran ring 12 inchi, lalu size yang ditawarkan adalah 100/90-12 dan 110/90-12. Lalu berapa harganya? Estimasinya nih ya sob, nanti City GO ini akan dijual dengan harga 190 – 230 ribuan rupiah. Estimasi karena pihak FDR masih akan menghitung lebih lanjut lagi nilainya untuk bisa lebih ekonomis lagi, namun memang tidak akan jauh-jauh dari harga yang disebutkan itu.

FDR Sport Zevo

Sport Zevo dibuat oleh FDR untuk memenuhi kebutuhan bikers pecinta modifikasi, ataupun konsumen yang menginginkan ban yang memiliki performa jauh lebih baik lagi ketimbang ban bawaan pabrik. Masih untuk motor matik, Sport Zevo akan hadir untuk roda berdiameter 12, 13 dan 14 inchi. Artinya akan memenuhi kebutuhan owner Honda Scoopy dan Yamaha NMax nih, dan juga matik lentery level pada umumnya yang pakai ban 14 inchi.

Ukuran Sport Zevo yang tersedia adalah 120/70-12; 130/70-12; 120/70-13; 140/60-13; 80/80-14; dan 90/80-14. Dengan estimasi rentang harga untuk Scoopy ring 12 inchi 275 – 340 ribuan rupiah. Diameter 13 inchi untuk NMax 325 – 390 ribuan dan ring 14 inchi nya di harga 185 – 225 ribuan rupiah. Sekali lagi harga tersebut adalah harga estimasi ya sob.

Saat ini varian 14 inchi sudah banyak tersedia di toko-toko ban motor ataupun toko aksesoris motor kota besar, sedangkan ukuran 12 dan 13 inchi akan menyusul secepatnya. Yang pasti FDR akan memenuhi kebutuhan seluruh Indonesia.

Sport Zevo ini menarik loh bro, tadi pagi sempat saya cek secara fisik sebelum dipasang ke motor biker komunitas. Bobot nya itu sedikit lebih ringan ketimbang FDR Sport XR Evo untuk ukuran yang sama persis, memang saya tidak bisa mengukur dengan angka namun saya paham dan terasa perbedaannya di tangan. Hal ini berlanjut ke sore harinya ketika kami punya kesempatan bertanya langsung ke pak Dikkie Darwanto.

Jawaban dari beliau adalah memang benar Sport Zevo memiliki bobot lebih ringan, hal tersebut merupakan hasil riset tim RnD FDR bekerja sama dengan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang mengikuti perlombaan kendaraan irit BBM Shell Eco Marathon. FDR selaku sponsor yang mensupport tim-tim universitas dsri Indonesia yang sering juara lomba irit-iritan BBM dan sempat menyapu bersih podium di Singapore beberapa waktu silam. Maka dari itu tidak heran jika bobot ban terbaru FDR ringan ringan untuk beberapa varian karena pada akhirnya akan berpengaruh kepada konsumsi BBM motor kalian sob.

Untuk kedua ban baru ini melalui riset yang cukup panjang, sampai hitungan 2 tahun loh karena memang FDR melalui riset dan survey panjang agar produk yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bikers se-nusantara. Satu bocoran aja nih dari pak Riza selaku Head and Sales Marketing PT SRI, Sport Zevo untuk NMax melalui riset lewat FDR XR balap. Karena ban tersebut nantinya akan mengakomodir tenaga dan torsi mesin 155 cc milik NMax yang lebih besar ketimbang ban matik di kapasitas mesin dibawah 150 cc.

So, ban baru dari FDR bisa jadi pilihan lain untuk sobat semua yang mencari ban pengganti ban OEM motor kalian dengan harga lebih terjangkau. Semoga bermanfaat ya sob, dan selamat berakhir pekan….

Nugi TMCBlog

Rolling thunder kota Bandung Komunitas Bikers

32 COMMENTS

  1. sport zevo kok mirip banget ya sma ban federal bawaan metik honda?

    fdr sama federal ini sama atau gimna wak??

    Guest
    • Federal FT-235 tepatnya.
      Dibilang sama sie tidak, tapi kalau mirip memang mirip.
      Mungkin seperti FEDERAL & FDR itu sendiri. Mirip tapi tidak sama.
      Sama dibawah naungan Astra.

      Guest
    • saya waktu itu pernah baca sama aja bro fdr sama federal cuma untuk pembaharuan brand aja bro untuk membedakan pasar. karena selama ini kan federal itu identik dengan ban bawaan pabrikan motor, sedangkan untuk ban umum. seperti ban balap yang mempunyai kompon lebih lunak yang lebih baik dari ban bawaan motor. mereka memakai merk fdr, selain itu juga untuk harga berbeda. dengan kompon yg lebih baik fdr biasanya lebih mahal dari federal.

      Guest
    • btw, kenpa honda dan pabrikan lain gak pkai ban fdr sja sbg bab oem motor sportnya. irc road winner, irc bawaan vixion atau dunlop bawaan vixion vs fdr sport evo harganya gak terlalu jauh tapi ban fdr jauh lebih enak d pkai khususnya ketika hujan/aspal basah atau campuran(aspalnya setengah basah setengah kering)

      Guest
    • Federal n FDR mmng masih 1 perusahaan 1 pabrik, bedanya Federal hanya khusus d jual ke honda (oem) sedangkan FDR d jual k pasar secara bebas. Makanya, kadang ban fdr rasanya seperti versi upgrade dr ban federal. Dan kenapa FDR gk d pake aja jd oem merek motor lain sdh jelas krn perusahaan yg buat ban fdr msh anak perusahaan ahm….cmiiw

      Guest
    • merk michelin, pirelli, corsa banyak tuh untuk ukuran ban aerox155 dan pcx150lokal

      Guest
    • saya juga lagi nunggu bro ban alternatif buat aerox. karena pilihan terbatas apalagi yang kembangannya cakep model rada slick, ban bawaannya sudah bagus cuma rada licin dan keras komponnya. sekalian dah ukuran120/60 – 150/70 buat ban lokal ada mentok fdr xr evo 140 tp kembangannya jelek, zeneos zn62 ada 150/60 ceper. ada pirelli diablo scooter, angel city, rosso scooter tp kurang suka sama yg depan kembangannya dibalik. hehehe

      Guest
    • Ban bawaan bagus tapi kalo kena jalan yang bumpy goyang banget.
      Saya sih cari yang ukuran sama kaya bawaan yang ga gede bro, pilihan cuma angel scooter. Saya pernah pake di nmax kurang enak kalo udah keras komponnya

      Guest
  2. keren tuh riset ban sampai 2 tahun, patut diapresiasi usaha produsen dalam merancang ban yg handal dan durable buat para konsumen setianya. ketika (calon) ban baru dites pasti ada penggunaan prototype ban di jalan umum dong, tambah keren nih semisal ada spyshot nya juga hehehe…

    Guest
    • bisa jadi ban d scoopy d atas diriset bsrengan dengan scoopy 12″, misalny waktu ngetestnya pkai ban fdr d atas gitu, sama2 d bawah naungan group yg sama sih logisnya bisa lah ya

      Guest
    • soal riset 2 tahun saya cuma ngutip dari artikel kok, lagian ban baru ini kan gak cuman 12″, ada juga yg 13″ dan 14″

      Guest
  3. maaf numpang nanyak, ada gak komentator dsini yg udah pernah nyobain ban swalow urban grip90/90-14? gimna ya feeling pemakaiannya. sekilas dilihat kyaknya cocok untuk aspal basah atau hujan. ban depan pcx saya gak enak banget

    Guest
  4. Pilihan ban nya bagus bagus,yang saya tau FDR ama federal itu sama aja
    Cuman federal untuk varian standar kalo FDR untuk yang sedikit up grade baik di qualitas dan tampilan
    Kalo saya pribadi cukup pake IRC zeneos….cmiiww

    Guest
  5. Cukup puas dengan FDR sport xr evo 140/70-14 kalo bisa ada tipe lain seukuran ini. FDR genzi juga lumayan bagus.

    Guest
    • nah setuju ini, alhasil mp cuma bisa dipakai buat ban depan ( sport 150 cc ) mudah2an fdr mau keluarin mp dengan ukuran 110 atau 120 ring 17
      saya akui untuk kualitas mp nya sangat bagus dan gripnya pas buat aspal kering atau basah dan harganya terjangkau

      Guest
    • setuju juga, nasib 150cc cuma bisa make depan doang. kembangan MP bagus ditambah harganya cocok

      Guest
  6. Battlax s21 n aja ane buat 250rr n angel city medium compound buat gsxs ane, fdr ane percaya klo ban slick buat race doang hehe, maklum soal ban, ane msh percaya pirelli, bridgestone n michelin(so so lah)😁😁

    Guest
  7. Berarti nmax fix cuma di 140 ukuran nya wak haji gaja ada ukuran 130? Apa gak mentok n tambah boros bbm pake ukuran 140?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.