TMCBLOG.com – Bro sekalian, Bulan Maret 2018 adalah Bulan paling positif di 3 bulan pertama tahun 2018 . . tercatat di bulan Maret 2018 sebanyak 16.387 unit Motor tipe sport Naked Bike Liquid Cooled 150 cc terdistribusi dari member AISI . . .kenaikan hampir 68% bila dibandingkan bukan Februari 2018 yang hanya sebanyak 9.739 unit

Januari 2018Februari 2018Maret 2018
Yamaha Vixion3.5872.5087.166
Honda CB150R SF6.3577.1689.114
Suzuki GSX-S1504463107
Total9.9889.73916.387

Di Bulan Maret 2018 Yamaha Vision meroket jumlah distribusi nya sob . . dari sebanyak 2 ribuan dan 3 ribuan di dua bulan pertama 2018 menjadi 7 ribuan unit di Bulan maret 2018 atau sekitar dua kali Lipatnya . . ini sadiz . . . Hodna CB150R SF membukukan jumlah distribusi 9.144 unit di Bulan maret 2018 dan jelas angkanya masih jadi yang paling banyak terdistribusi di kelas ini . .. Suzuki GSX-S150 ada peningkatan, namun memang angkanya tidak terlalu mengancam Vixion dan CB150R . .

Ini artinya, di Bulan Maret 2018 Honda CB150R SF menguasai 55,62% market sport NakedBike 150-an cc Liquid Cooled diikuti Yamaha Vixion 43,73% dan Suzuki GSX-S150 hanya 0,65%.

dan jika data 3 bulan pertama 2018 dikelas Sport nakedBike 150 cc Liquid Cooled maka CB150R SF menguasai 62,69% market sport NakedBike 150-an cc Liquid Cooled diikuti Yamaha Vixion 36,72% dan Suzuki GSX-S150 sebesar 0,59%. Secara umum Motor di kelas nakedBike 150 cc Liquid Cooled ini ada satu lagi yakni Yamaha Xaber, namun mungkin pembagian kelas xabre lebih tinggi lagi . .. Namun begitu dengan 3 produk ini pada 3 bulan pertama 2018, sudah terdistribusi ke pasar secara wholesales sebanyak 36.114 unit motor . . . banyak juga sih . . namun dulu dulu angka segini bisa dilibas sama satu produk doang dalam satu bulan hehehe . .mungkin bener ada switching ke skutik 150-an cc membuat pasar dikelas ini pun lama lama jadi menciut gini ?

Taufik of BuitenZorg

78 COMMENTS

    • Ciahahahahahaha,,,sincan di paksa jualan 7.000 unit dengan akumulasi DP 0 Rupiah,,,

      Ciahahahahahaha,,,
      Ciahahahahahaha,,,

      Guest
    • THE NEW KING OF NAKED SPORT 150CC TETEP CB150R ALL NEW
      NGUWAHAHAHAHAH

      MALAY OKAY πŸ‘Œ CLING

      Guest
  1. Vixion R/ Vixion 150 masalah engine udah bagus. Lebih bagus dari CB150.

    Desainnya kurang menarik menurut saya, orang lebih tertarik desain CB150.

    Guest
    • Vixion R emang mesinnya bagus
      Tp yang biasa?? Ppppffffttt

      Vixion biasa harga sudah setara ncb, tp masih 16 ps sohc
      Yang R harga dah hampir 30 jt

      Guest
    • Gsx s 24-25 jeti mesin sport fairing race oriented??? Dohc abal2 26 lewat, sohc 4 klep jadul non vva jg sama??? Kualitas gsx s menang, velg, suspensi, rem unggul gsx, tpi harga jauh lbh murah??? Say fuck to Ahonda n yamaha LoL

      Guest
    • @Emang

      Blm nyobain gsx 150 naked ya?? Itu mesin dri bawah menengah halusnya minta ampun, keatasnya beringas, mesin cb n pigson gk ad apa2nya πŸ˜‚

      Guest
    • untuk naked sport 150 cc orang2 masih mikir kenyaman,fitur kesekian,irit pasti pertimbangan,bukan salah suzuki gsx-snya gk mocer di indonesia,wong boncengernya nyiksa.tunggu bandit klo bocngan landai,bisa tuh saingan

      Guest
  2. Design adalah utama berbanding terbalik juga kalo yang di komparasi r155 vva vs cbr 150. Jadi faktor yang menentukan adalah logo di tangki bbm. Kalo ada gambar sayapnya pasti lebih laris di banding gambar garpu.

    Guest
    • Mas mas otaknya disegel yak, kok tetangga kalah ngomong nya gara2 ada cap sayap
      Ni ya gw kasih tau motor Honda yang seret dan yang di continue
      -megapro
      -supra GTR
      -sh150
      -cs1
      -revo at
      -spacy
      Dll
      Masih ngomong gara2 ada cap sayap, mata kamu tu yang kecolok garpu karat

      Guest
    • Ada gambar sayap sebelah di motor itu bagaikan penyelamat kalo desainnya kurang bagus atau kalah value. Setidaknya,meskipun bukan menjadi yang terlaris,tapi tetap saja ada yang membelinya. Bahkan walaupun itu produk jelas2 overprice,masih ada aja yang beli.

      Guest
    • Ventury

      Kzl aja bro sama tingkah fby/salesnya ngomong gitu yang nggak terbukti kenyataan nya, dan gw heran lo sama fby/salesnya tu pura2 lupa ato emang pikun beneran padahal kan dulu merk h and y 11 12 penjualan nya, kok sekarang ngomong gara2 cap sayap pasti laris, lah merk y ngapain aja TIDUR apa sampe perbedaan penjualannya 11 35

      Kalo ngomong klotok2 rangka kandang pitek tu terserah emang kenyataan nya

      Guest
  3. Vixion menuju senjakala kalo terlambat di facelift, sayang kalo sampe punah gara2 design yg semestinya bisa di perbaiki sedikit

    Guest
    • Itu udah di-facelift bro,cuma salahnya adalah desainnya itu makin kurang mengena di hati calon konsumen. Wagu.

      Guest
    • “Touching Your Heart”

      Belakangan ini Yamaha seperti melupakan slogan ini. Entah kenapa, semoga sih bukan karena mempertahankan kandonya mereka.

      Guest
    • @blahbloh, wkwkwk….mungkin gara2 desainnernya dibajak kali, jadinya begitu dah. Palingan next NMAX juga bakalan sama kyk yang udah2. Desainnya anti mainstream, jadi kurang nyentuh

      Guest
  4. Sijuki kayak pabrikan rumahan ya yang bikin barang seni custom dikit banget jualannya mirisss budeg pabrikan desain motor katrok gak ada yang bagus, kecuali satu satunya burgman buatan luar ekekekekek

    Guest
  5. Cb bakalan paling laris org desain vixion gak jelas arah, btw suzuki masih yakin mau keluarin bandit? nama doang serem desain gak jelas arah juga bakalan ngikutin penjualan gsx s

    Guest
  6. gampang,

    nanti akhir taun nvl grojokin yg banyak,

    jadi titel raja tetep ke pegang

    jadi intinya ,jagoan itu kalah dulu, menang belakangan.

    ngak ada jagoan itu menang dulu baru kalah

    Guest
  7. K15M jadi nongol ga nih semester dua sob?
    udah masuk life cyclenya nih, 3 tahun kan (2015-2018)
    sama CBR150R nih,, upgrade mesin + poles tampilan aja

    Guest
    • Temen ane pernah tanya gan ke om kobay, katanya faceliftnya CBR 150R tahun depan, jadi tahun ini cuma ganti striping aja
      Kalau new CB gatau lagi hehe…

      Guest
    • Maksudnya gan ? Iya tahun ini mungkin giliran CB nya dulu du facelift, baru tahun depan CBR

      Guest
  8. Hallo wak taufik, cuma mau curhat dikit
    Awal bulan kemaren adek saya ditawarin bokap buat beli motor kendaraan dia kuliah nanti sekarang lagi un, berhubung dia ga terlalu update tentang motor jadi saya bantuin n saranin buat beli vixion yg fiturnya terbaik dikelas saat ini, dan dia setuju2 aja
    Besoknya langsung ke dealer pas dia liat ternyata ga sesuai ekspektasi lagi katanya kok vixion jadi gendut gini sama ga ada ciri khas vixion yg tajam2 hahahah ternyata dia ngira bentuk vixion masih seperti yg sebelumnya vixion advance itu, lalu saya jelasin ini udah bagus kok secara keseluruhan dikelasnya tapi dia tetep ga mau lagi heheehe katanya mau yg bentuk kayak punya temennya (vixion advance keknya maksud dia)
    Akhirnya batal meminang vixion n kita menuju ke dialer honda buat liat2 cb150r tanpa mikir lama adek saya tertarik liatnya hehehe akhirnya ya beli itu
    Saya sendiri user r15 vva hehehe

    Guest
  9. sy bilangin ke suzuki buat Bandit 250 4 silinder saja. Bakal laris….hrs sprti kawasaki brani di zona berbeda klo head to head yamaha honda,suzuki bakal babak belur. Honda kuat di merk yg paling tenar,yamaha kuat di fitur yg komplit sehingga 2 pabrikan ini g ush suzuki lawan. main kyk kawasaki aj ya suzuki.

    Guest
  10. shifting demand memang ada Wak … dan berlaku juga ke produk sendiri (baca : kanibal)

    saat NMax MS nya naik luar biasaaa .. Byson terkapar tak berdaya, Vixion pun mulai ngos-ngosan napasnya

    red alert buat YIMM juga sih, secara pasar sport kan merupakan soul nya Yamaha … jangan sampe rontok kayak matic entry level lagi

    Guest
    • yimm perlu brainstorming ke komunitas, bloger and lebih peka thd masukan pelanggan,,,,
      jangan andalkan survey internal and ego manajemen aja
      oot

      Guest
  11. fakta desain adalah pilihan utama dalam menjatuhkan pilihan untuk membeli sepeda motor,
    kemana jati diri yamaha yang dulu jago dalam mendesain sepeda motor?…
    kenapa sekarang sepeda motor produk yamaha menjadi bahan bully?…
    semoga yamaha bisa bangkit dan berubah..
    agar tidak semakin terdepak

    Guest
    • Kalo memang design adalah utama, coba tengok cbr 150 vs r155 vva. Design jauh lebih hebat 155 vva, moge look. Fitur bejibun (usd, vva,sliper cluth dll) tapi jumlah penyerapan pasar???

      Guest
    • Imho cbr terlihat lebih menarik krn permainan lampu drl putih spt alis kakekΒ²
      Ternyata terangnya lampu drl bikin konsumen kepincut sehingga melupakan mesin cbr yg inferior, padahal harga mesin lebih mahal daripada lampu alis DRL

      Guest
    • Sama bro, tpi ad prestige2nya gitu, sampe skrg msh ad aj yg lirik2, tdi barusan ganti bohlam belakang dh mati, ke bengkel dkt rumah, mekaniknya lirik2 nakal aja wkwk, btw sunmori panahan boleh nih, kopdar lahh disanaa ane gsx S150 doff black msh standaran semua kok wkwk

      Guest
  12. Harga sama mirip cb sama vixi standar, mesin jos cb, design jos cb daripada si kadal buntung atawa design spbu. Terus menangx vixi dmn? Sebagai pemakai vixi gw kecewa kok yamhi designx sekarang ora karuan blas! Ayo di facelift vixinya.

    Guest
  13. Emg desain keren new cb dibanding vixion ntah knpa sekarang malah kurang bagus si vixion.ane mah masih setia pakai supra 125 tahun 2008 hehe mau beli maxi scooter uangnya blm ada

    Guest
  14. Yamaha selalu mencari jalan sulit, disaat kompetitor (Honda) memperbaiki semua lini (desain, SDM, purna jual dan strategi marketing yg bagus), yamaha malah melakukan cara berbeda dari yg dilakukan oleh Honda diatas, yaitu dengan menyewa agency untuk BC tiap hari diblogger2 kondang…

    Guest
    • πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚βœŒπŸ½οΈβœŒπŸ½βœŒπŸ½

      Aya aya wae

      Guest
    • Ahonda “kualitas” jg gk ikut dirubah/dirombak bro, wah wahh semua diimprove tpi ku?? Yahh ente bikin baper FB saja πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • Ahonda “kualitas” jg gk ikut dirubah/dirombak bro, wah wahh semua diimprove tpi kualitas kgk πŸ˜‚πŸ˜‚?? Yahh ente bikin baper FB saja πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • “yaitu dengan menyewa agency untuk BC tiap hari diblogger2 kondang…”

      wuuuiiiihhhh…..ini bisa dipertanggung jawabkan ngga ya? Ada buktinya bro?

      Guest
  15. Hanya berbicara berdasarkan data di atas, bisa dikatakan kalau V-ixion dan V-ixion R nya gagal mempertahankan gelarnya sebagai raja naked sport 150 cc karena kombinasi dua faktor: harga mepet 30 juta (seri R) dan yang seri biasa harga selisih sangat tipis dengan NCB 150 R tetapi dari segi desain kurang diterima sama pasar. Untuk urusan performa yang hanya selisih 1-2 ps (bukan horse power alias hp) sepertinya tidak menjadi penghalang bila DIBANDINGKAN desain. Soal desain ini bukan masalah baru lagi buat pasar Indonesia. nggak motor nggak mobil, pasar Indonesia pasti melihat ini dulu. Kecuali bisa selisih 5-7 ps tapi harga 11-12, baru deh bisa melonjak penjualan dari pesaing. Tapi kalau selisih 1-2 ps tapi desain dan harga tidak ketemu, tinggal para loyalis saja yang beli motor itu, bukan masyarakat awam lagi. Padahal, pasar motor itu kebanyakannya adalah masyarakat awam, bukan loyalis merk saja.

    Kira-kira demikian.

    Guest
  16. Vixion terlalu ambisi karna 2017 penjualan hampir kesusul cb150r, lebih 9rb itu juga karna menjual vixion yg lama. Saat di perbaharui lampu di mirip miripin cb sedangkan kebelakang memakai spakbor seperti mx tapi bagian lampu blakang kecil jdi gak seimbang, membuat bentuk vixion jadi aneh. Honda selalu paling banyak karna pamor motor bekasnya gak anjlok

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.