TMCBLOG.com – Bro sekalian, sebelum ini Top Sykes cukup Vokal menyuarakan mengenai efek dari perubahan regulasi kelas WSBK 2018 yang efeknya seperti seperti ‘ membatasi ‘ performa dari Kawasaki ZX-10RR dan Motor motordari top Rider lainnya . . Setelah 6 race awal di 3 seri Phillip Island, Buriram dan Aragon, terlihat memang Tom Sykes benar benar tertekan . . . namun Tidak buat Pembalap pembalap Kuat musim sebelumnya seperti Jonathan Rea, Chaz Davies, Marco melandri dan lain lain . . .

Entahlah, sepertinya efek pembatasan paling signifikan memang terjadi pada Tom .. . Rea, Davies, melandri sepertinya regulasi tidak terlalu banyak berefek, atau karena memang mereka yang jago jago yaa hehehe . . . Race 2 WSBK aragon walaupun diawali dengan starting grid yang dirolling tetap saja dimenangkan oleh Pembalap Ducati Chaz Davies dikuti Jonathan Rea dan Marco Melandri . . tetap itu itu saja 😀

In Fact Jonathan Rea mulai memegang tampuk pimpinan koleksi Point championship tertinggi pasca race 2 Di Buriram ketika ia finish dengan point 13 saat itu. Secara umum jaraknya dengan Chaz Davies adalah 12 point . . . Davies sendiri memiliki catatan awal musim yang bagus .. . kecuali DNF race 2 Di Phillip Island, Davies selalu finish Podium . .

Yap dengan konsistensi Davies ini, walaupun Rea pimpin pengumpulan point pembalap, namun secara manufaktur dan team, Ducatilah yang terkuat sob . . dan Bahkan Di etam Independent hadir nama Xavi Fores yang juga menggunakan Ducati Panigale R . . . So apakah tujuan WSBK mengoreksi regulasi sudah menemui hasil dimana ada pemerataan performa yang ujungnya membuat persaingan makin ketat dan menyenangkan untuk dilihat seperti apa yang dilakukan dorna di MotoGP? Silahkan share opinimu sob

Taufik of BuitenZorg

35 COMMENTS

  1. Belagu Nih sykes…
    Macam kawasaki tuh motor kencang ajaaa..
    kl HRC mau totalitas penuh garap WSBK jg, bisa2 jd ampas tuh tunggangannya..

    Guest
    • Hrc banyak pr mungkin sampe sampe gak ikut support wsbk. Tapi kemungkinan besar hrc turun tangan di balap ketahan sazuka 8 hour. Mungkin dari sazuka 8 hour baru hrc ke superbike musim depan.

      Guest
  2. WSBK akan meningkat atmosfer balap

    Sdangkan Moto gp sedikit menurun stelah adanya ” perusak balap moto gp ”

    terbukti moto gp mulai jual saham..

    Guest
    • Yang merusak motogp adalah ambisi rossi untuk gelar ke 10. Tengok urutan kejadian dari awal musim 2015. karena rossi lebih menjual dari pada marq, ya udah yang di cap jelek ya marq. Kalo kejadian termas de hondo 2018 adalah murni kesalahan marq.

      Guest
  3. masih ada gap wak di barisan tengah sampai Bawah…tp tidak mengurangi atmosfer balap dr group barisan depan sampai group belakang

    bgitu juga dgn kelas wssp300 yg cenderung ” melimit ” Yamaha R3 yg musim kemaren begitu superior untuk maju kebarisan depan..tak hayal Galang akan lebih berjuang keras dr pd apa yg dilakukan musim kemaren ..

    Guest
    • Bukan r3 dilimiter bro, tapi kawak naikin kapasitas jadi 400, trus ktm baru ikutan. Yang sedih tuh cbr 500, bodi gede power di cekek. Kalo gak pake regulasi ini itu ya pasti yang ber cc paling besar kans untuk menang. Berhubung beda kapasitas slinder maka di buatlah aturan aturan yang pada dasarnya ingin menyeragamkan pwr masing masing motor. Begitu ceritanya.

      Guest
    • Ga ada limitasi signifikan buat r3, limitnya cuma potong redline jadi 12.850 alias turun 150 rpm doang. Yg pure ga di limit ninja 300 karena murni ccnya dibawah 300. Yg banyak limitnya jelas cbr 500r, yg mengejutkan rc 390 bisa lebih kenceng dari ninja 400 itu baru hebat. Kalo pernah bawa rc 250 ama ninja 250 terbaru mesti tau feelnya. Rc 250 diatas mulai kecekik lah ini rc 390 bisa ngimbangin ninja 400 udah hebat banget

      Guest
    • dijelasin kaya apa ga bakal mudeng dia bro, pokoknya klo Y mlempem yang slah regulasiya… titik

      Guest
  4. Ini ente nyinyir supaya motor bagus dan kencang plus pembalap oke supaya jadi lemot kayak tim papan bawah yg lain krna mereka ketinggalan? Mereka bagus dan kencang itu salah mereka? Gitu? Lawak lawak aja ente.😂😂😂

    Guest
    • Bukan begitu, tengok regulasi wss 300. Disitu diterangkan aturan aturan tentang pwr sih intinya. Yang cc gede di batasi limiter rpm tertentu, jadi maksudnya biar pwr gak jomplang amat antara motor.

      Guest
    • Motor bagus tapi team dan pembalapnya ampaz yah percuma…spt pledatol racing teamnya si juragan kardus yg ampazzz abis

      Guest
  5. Balap mass pro ?? paling seru nonton AP250.. karena kubikasi CC seragam, dan sejak start sampe finnish cuk cuk kan bahkan sikut sikut an… bisa 6 sampai 10 motor. 😂

    Yang juara Ap250 adalah yang terbaik, baik skill pembalap dan Team.. Ini fact …!!!!

    Guest
  6. Kawasaki bukan terlalu superior dominasi..

    Hanya *Kawasaki racing team” yang superior dengan pembalap nya.. Ibarat paket lengkap.. yaa mirip rcv dengan Marquez.. .. seakan superb ..padahal rcv yang lain struggle. . .

    Guest
  7. yap,, paling seru emang ap250 seluruh emosi tumpah ruah,,, ini bagi yg berjiwa fighter, petarung, bagi yg baperan ya bukan kolamnya,

    Guest
  8. apapun regulasi itu tdk berhsl untuk cbr1000rrrrr …itu mtr sdh tdk tertolong lg lemotnya walau mtr kawasakk dan dcuati di kebiri rpmnya…jg pcma…

    untuk ymha dan aprilia tim satelit ducati ..mmg sdh dr lhir mtr knceng..

    saran sj yg lain pke teleskopik biar cibier usd mnguasai..kesetraan itu tdk perlu dlm blp.imho

    Guest
  9. Susah juga Wak mau dibatasi, masalahnya pabrikan lain ga di support pabrikan. Harusnya Yamaha yg di support full pabrikan bisa bersaing dengan kawasaki

    Guest
  10. sepertinya kawasaki turunin DNA H2 ke ninja zx10 R emang terkenal Moge ninja am yamaha kencang dgn mesin inline 4,zx6 dan R6 terkenal yahudd.sedangkan ducati krn kencang pke v4 tp ducati sdh buat motor lbh ramping biar lbh mudah dikendarai,meski sering geal geol saat balapan tidak sehalus K&Y. Buat Honda mgkn pembalapnya skillnya kurang,atau perubahan mesin yg lbh garang bikin mirip karakter ducati.tapi tetep,bagi bikers ducati membutuhkan extra power utk dikendarai.

    Guest
    • Ducati belom nurunin V4nya nunggu versi 1000ccnya dan dijual sampe menuhin homologasi. Versi V4 baru turun di sbk regional aja sebagai riset versi 1000ccnya. Kalo masalah cbr masalahnya itu mesin ga berubah banyak dari versi sebelumnya yg masih pake mesin berumur 1 dekade. Coba deh kendarain dua cbr itu dijamin ga terlalu kerasa bedanya. Kalo masalah R1 beda feel sama R1 pre facelift 2015, tapi harusnya motor rilisan 2015 apalagi tahun ini udah di update elektroniknya bisa naik performanya

      Guest
  11. lebih seru kemarin nonton WSBK, soalnya lebih rapih mainnya walaupun ada beberapa kali over take yang bikin seru nontonnya, ga seperti moto gp seri argentina kemarin.

    Guest
  12. Riding style nya mungkin. Sykes kan lbh rapi mainnya, jd lbh bnyk mengandalkan kemampuan motor. Melandri yg justru ok, apa krn postur?
    Mengenai aturan di WSBK, agak susah sih meski tujuannya baik, cuman rsnya agak canggung, terkesan dipaksakan..

    Guest
  13. terlalu mendominasi itu tdk baik seperti kawasaki & ducati skrg. dulu jg terjadi begini pas jaman om fogarty ducati factory mendominasi total (era 858 916 996 998 999). tapi utk memutus dominasi itu langkah dorna tdk tepat (membatasi motor kencang agar jd lambat//me-motogpkan WSBK).
    mestinya regulasi intake restrictor utk 1200cc tetap diterapkan sm kayak dulu 1000cc twin kena intake restrictor sedangkan 750cc tdk. cukup itu aja pembt selanjutnya ya ajak bicara empat mata tuh HRC, YRT dan aprilia supaya mau turun serius tim factorynya. klo tdk mau ya mampus resiko sendiri timnya KO.

    Guest
  14. terlalu mendominasi itu tdk baik seperti kawasaki & ducati skrg. dulu jg terjadi begini pas jaman om fogarty ducati mendominasi total (era 858 916 996 998 999)..
    tapi utk memutus dominasi itu cara dorna tdk tepat (membatasi motor kencang agar jd lambat//me-motogpkan WSBK). mestinya regulasi intake restrictor utk 1200cc tetap diterapkan sm kayak dulu 1000cc twin kena intake restrictor sedangkan 750cc tdk. cukup itu aja pembatas tenaga. selanjutnya ya ajak bicara empat mata tuh HRC, YRT dan aprilia supaya mau turun serius tim factorynya. klo tdk mau ya mampuss resiko sendiri timnya KO.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.