TMCBLOG.com – Bro sekalian, Honda vario menghadirkan cukup banyak perubahan dan update penting, Namun memang platform standarnya tetap nggak jauh berbeda dari Vario sebelumnya sob . . nah Jika di artikel artikel sebelumnya sobat sekalian bisa melihat seperti apa foto foto dokumentasi yang sempat TMCBlog jepret, maka di artikel kali ini kita akan lihat seperti apa Video kupas tuntas dari Vario 150 yang sempat di shoot dan di review oleh oleh Nugie di lokasi Launching . . . silahkan di simak sob, salam dari Tokyo . .

Body New Vario 150

Perubahan paling nampak sudah pasti ada di bagian body Vario 150 generasi terbaru ini. Dengan menyeimbangkan konsep Elegan, Eksklusif dan Sporty pada New Vario 150 membuat layout atau tarikan garis body menjadi menarik banget nih sob.

Desain headlamp memang tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, mengandalkan model dual keen eyes dengan teknologi LED lalu di New Vario baru ini AHM menempatkan lampunsein depan yang terpisah dengan headlamp cukup jauh. Kini shape Vario 150 lebih halus dengan sedikitnya sudut-sudut tajam di sektor body, bagian spakbor depan yang lebih senada dengan bagian tebeng lalu garis garis lekukan yang lebih harmonis ketimbang versi sebelumnya. Which is good kalau pendapat TMCBlog.

Penambahan Daytime running light arau DRL yang menyerupai alis dan sepintas mirip dengan PCX150, menambah kesan eksklusif pada Vario terbaru ini. Jika sobat perhatikan detilnya, ada kemiripan dengan lampu mobil Honda NSX Hybrid.

Urusan detil, AHM melakukan banyak revisi di produk terbarunya ini, setelah banyak melongo ke bagian-bagian yang kurang terjangkau pandangan mata, kami menemukan kerapihan dalam hal detil produk baru ini.

Beralih ke bagian buritan, AHM benar benar mendesain Vario 150 dengan paduan unsur sportt dan elegan. Dengan warna Silver seperti foto di atas, aura elegan seperti PCX terpancar dengan tidak meninggalkan ciri khas dari varian Vario itu sendiri.

Pemakaian emblem 3D di bagian samping juga membuat aura mewah makin terpancar dari skutik 22,5 juta rupiah On The Road Jakarta ini.

Spakbor/fender belakang kental aura sporty. Mengadopsi model menggantung seperti yang sering kita lihat di varian motor sport. Sein juga dibuat terpisah dengan lampu rem. Kini semua unit penerangan Vario sudah dibekali LED. Jadi gak ada yang namanya bohlam biasa di Vario teranyar.

Satu yang jadi pertanyaan, Vario baru ini spskbor nya bisa dilepas dengan mudah, informasinya sih begitu. Jadi bisa dilepas untuk tampilan sporty. Tapi TMCBlog gak merrkomendasikan tampilan seperti itu karena kami sinyalir kuat akan mematikan kesan eksklusif dari Vario baru ini.

Lampu rem belakang New Vario 150 masih terdiri dari 3 cluster, sebagai ciri khas dari keluarga Vario yang tidak dihilangkan oleh Honda. Namun kini seperti yang sudah ditulis sebelumnya bahwa semua unit/parts penerangan di New Vario 150 ini sudah pakai LED. So pendaran cahayanya lebih cantik dan tetap membuat pengendara di belakang aware ketika berkendara malam.

Lalu dek yang rata masih menjadi bagian dari generasi terbaru Honda Vario. Konsol untuk meletakkan barang-barang kecil dibagian depan juga masih ada.

Footpeg boncenger hadir lebih baik dengan terbuat dari bahan aluminium cast dan desain yang modern pada Vario 150 baru.

Kaki-kaki dan Suspensi

Bagian ini juga ikut direvisi oleh Pt. AHM , dengan ukuran ban yang lebih besar di roda depan pakai ukuran 90/80-14 dan 100/80-14 untuk roda belakang.

Tidak hanya karet ban yang diubah, model dari palang pun ikut berubah.

Modelnya palang 5 yang dibelah sehingga menyerupai kipas. Kalau diperhatikan, ada kesamaan dengan model PCX150 versi CBU yang dulu yah.

Velg yang dipakai lebih lebar juga ketimbang Vario 150 sebelumnya. Meskipun tidak segambot milik PCX150 lokal.

Satu hal yang membuat sedikit kecewa adalah pada sektor pengereman. Masih mengandalkan single disc brake, yakni di depan saja. Pun demikian bagian rem depan hanya mengubah model piringan cakram menjadi model wave atau bergelombang.

Sedangkan untuk dimensi arau diameter nya masih imut imut nih sob. Kalau dikasih yang gedean dikit akan lebih wew nih pasti.

Meskipun tidak dual shockbreker, New Vario 150 masih pakai rear arm untuk menjaga stabilitas dan meningkatkan handling motor.

Bagian MesinΒ 

Sektor mesin New Vario 150 ini benar benar baru. Tidak sama dengan Vario 150 sebelumnya, pun juga berbeda dengan milik PCX150 lokal.

Yang paling kentara adalah bagian cvt yang kini menanggalkan kick starter.

Hasil survey dan riset AHM, kick starter untuk zaman now sudah sangat jarang digunakan. Dan konsumen tidak perlu khawatir aki tekor karena hanya mengandalkan elektrik starter, karena Vario baru sudah dibekali voltmeter untuk memantau tegangan aki.

Untuk membantu peningkatan performa mesin, New Vario 150 dibekali air box filter yang dirancang ulang. Kini punya dimensi lebih besar. Otomatis volume udara di dalamnya jadi lebih banyak. Efeknya? Asupan udara bersih ke ruang bakar dengan kompresi mesin 1 : 10,6 ini lebih baik sehingga meningkatkan performa mesin.

Knalpot juga baru nih bro. Tak hanya dari segi desain yang mirip dengan milik Honda CB150 dan CBR150, bagian chamber arau arau ruang di dalamnya juga baru. Hal ini bertujuan untuk membuat dimensi knalpot supaya lebih kompak dengan ikut membantu peningkatan tenaga mesin serta tidak mengorbankan kadar emisi gas buang.

Fitur-fitur

Fitur-fitur baru yang disematkan ke New Vario 150 ini terbilang cukup canggih. Seperti pada panelmeter yang kini sudah full LED digital. Jadi gak ada lagi jarum analog pada indikatornya.

Dilengkapi MID atau Multi Information Display di sana, soba sekaliam bisa memantau berapa jarak tempuh untuk trip pertama dan kedua pada mode Trip A dan Trip B.

Lalu hadirnya voltmeter pada panel meter Vario terbaru ini semakin memudahkan sang pemilik untuk merawat aki. Jika tegangan sudah semakin turun, sobat sekalian bisa cepat cepat ke bengkel terdekat untuk mengecek atau mengganti unit akinya.

Fitur Smart Ket System juga ada Answer Back System. Dan kini ada ketambahan fitur Anti Theft Alarm supaya lebih memberikan rasa aman bagi pemilik Vario.

Remote Vario 150 juga simple. Jangan lupa dikantongin ya bro kalau mau riding.

Combi Brake System milik Vario terbaru belum berubah dari model lawas.

Parking brake lock nya makin guede nih sob.

Memantau volume minyak oli kini semakin mudah dengan desain master rem yang lebih kompak.

Adanya Rear hugger untuk menjaga throttle body dan bagian dalam mesin dari kotoran/cipratan air di jalan.

Bagasi Vario 150 tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Untuk New Vario 150 ini bisa memuat helm full face.

Nah bagian jok, sudah ada perbaikan sedikit. Lebih empuk daripada sebelumnya, cuma memang perlu ditingkatkan lagi level keempukkannya nih.

Taufik of BuitenZorg

115 COMMENTS

    • Desainnya itu pas, tidak kedodoran tidak kekecilan, bergaris tegas yg elegan, sepertinya akan semakin menguatkan posisi vario ya πŸ™‚

      Guest
    • Sebenarnya jika Tanki dipindah di dek depan kayak kawak zx130 maka kapasitas bagasi bisa dimaksimalkan sampai kebelakang (mirip pcx) dan itu akan sangat bermanfaat.

      Guest
    • ekekekeek

      inden 1 truk ahhh …
      nah aku baik hati kan ????

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • selain lampunya yg sudah led, apalagi kelebihan vario 150 d bandingkan aerox 155 ya?..

      Guest
    • Disen belakang /rear stoplamp ga nyambung. Khas honda/ahm? Ngaaaaahhhhh Nyiaaaaaaaaahhhhh

      Guest
    • Seperti nya ini bukan suatu lompatan besar hanya perubahan kecil. Mungkin generasi berikutnya baru ada lompatan besar di sosok Vario ini. Klo seperti ini Yamaha lega coz Aerox aman walaupun ga melampaui sales nya Vario. Mungkin sudah janjian kali ya Honda & Yamaha bagi2 lapak.
      Tinggal nunggu Suzuki nih, berani ga mendesain suatu matic yg melompat dari generasinya seperti yg pernah dilakukan yamaha melalui Aerox 155 da Honda melalui Vario techno 125 ACC. Jangan mendesain matic yg ketinggalan generasinya, itu sm aja bunuh diri, Klo mau laris ya mesti desain melompat dari generasinya biar booming.

      Guest
    • wkwk dimana2 sampe 3 jilid bahas hongda, klo merk lain 1 aja langsung di tenggelemin berita balap

      Guest
    • mantap wak haji,,, tinggal strategi marketing and pembiayaan,,, byk produk byk piliham tergantung duit and selera,,,

      Guest
    • Ho beda footrest sama yang kemaren yak? Ban yang kemaren juga gambot.

      Btw stoplamp ngingetin jupiter z1. Kalau headlamp r25 banget.. Itu tuas handrem bikin motor terlihat murahan..

      Memang murahan kualitasnya..

      Guest
    • atas guwe lucu banget, tanya tanya sendiri dijawab sendiri. kelakuan fanboys garpu sendok lupa ganti username wkwk

      Guest
    • Dr dulu mana pernah material honda bagusan dikit…pasti murahan…ya plastiknya ya metalnya…thumbsdown

      Guest
    • Ente gak perfek ya gak apaΒ² soale yg perfek dg vario ratusan ribu/bulanπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • Klo dual shock itu rata2 pake punuk bro..inget Nouvo, Airblade, Nmax, Skywave PiCeX

      Harus di pahami lah

      Guest
  1. Desain lampu nya terlalu menjleber keatas kaya pcx, velg lebih suka model yg 125, model sein di spakbor belakang aga gimana gitu kurang pas aja dengan model nya yang compact kesannya maksain dengan model aerox. Body nya terlalu banyak sudut tajam dan lekukan sampe ke spakbor belakang.
    Itu opini saya sih πŸ˜€

    Guest
  2. sayang sekali utk motor keluaran terkini gak ada power outlet soalnya ini penting banget mau riding jarak jauh gk perlu bawa power bank..

    Guest
    • Kalo ngomong.in kekinian HP JAMAN NOW BIG CAPACITY bro…. Harga 2jt dah dapet HP dg baterai 5000mAh bisa tahan sehatian buat online an

      Guest
    • @ eiscell kalo mo jln2 gk harus ngeces hp dulu selama berjam2 keless.. kecuali kalo lu gk punya hp.. power outlet gk cuma ces hp doang.. bisa cas gps cas kamera dll..

      Guest
    • Ngga kepake tuh casan di motor aerox, bukan apa2 riskan aja gitu loh palagi kebentur terus jatuh.

      Guest
    • pasang sendiri byk dijual di toko online
      vario 2006 ane malah udh ane jejalin jam voltmeter kalender maupun suhu di speedometer

      ga naksir sm skali

      Guest
  3. sepertinya LEXI masih bisa bersaing secara punya model yang beda dengan stang N MAX dan dex rata Lexi jauh lebih baik dibanding vario selain lekukan dek rata lexi yang bisa mudah bawa galon juga diberi selonjoran buat tapak kaki walau ngak seekstreem N MAX

    Guest
    • Gk semua orang suka desain lexi, fitur dan kpraktisan nya boleh lah. Tp desain nya memang gk masuk selera semua orang, termasuk gua.

      Guest
    • Ya sama dong gw juga ngak suka design vario yang sekarang seperti aerox wannabe ngak masuk selera gw

      Guest
  4. sepertinya vario terkena ikut permainan yamaha dengan AEROX yang genre matic sporty habis sayangnya masih nanggung karena belum double shock apalagi belum sub tank shock juga juga bodi dan ban masih kalah gambot padahal headlamp ngumpet dan stoplamp sudah dimiripin sama aerox tapi kesan sporty masih kalah 2 tingkat sama aerox yang sudah dibekali mesin mumpuni sohc 4 klep VVA.

    Guest
    • kalo d lihat dari belakang antara body sama ban g nyambung banget. banya kelihatan kecil banget.

      Guest
    • loh kenyataanya memang Lexi dek rata terlega saat ini terima saja tong kalau soal laris tidaknya tergantung awarness konsumen dan tim marketing pabrikannya.
      kaum BH sensi banget ya kaya tante tante udah lama ngak dapat permen.
      Motor Value for money belum tentu lariss banyak contohnya

      Guest
  5. perbedaan pling besar dr sepang clash dan argentina clash

    sepang clash posisi vr46 calon kuat jurdun dan mm93 sngaja sering mtg racing line….jd artinya 46 sngja nendang 93 dan mm93 sengja mmg mngganggu….sm sm sngja! …itu gk cm skli.., mm93 ini pmblp picix..gk d sukai fans motogp….

    oklah respect dg skill..tp klo cr kotor d pake mnghalakn sglnya..yg ada ya kgk bkl dia setenar 46! yg ada dia objek bully…

    wajar vr46 gk perlu mnta mf! di sepang krna mmg plot mm93 sngja ngrecokin dia jurdun..terma clash itu.beda..rossi dlm posisi blp…wajar d hntam dr blkng.!

    beda mm93 dan vr46….vr 46 seorngg genteman. nyebabin stoner crash di 2012..lngsung mnta mf tnpa babibu. atas nm dia sndri bkn tim….dan tdk kyk anak kcl di temani mekanik kyk mm93 d argentina! ngkak..mental nya msh cemen.

    argentina clash 100 persen murni krna emosi dr mm93 yg labil….msih bocah ingusan…
    dan ini tdk ada sangkut paut dg dendam sepang clash ini murni dr blm dewasanya mm93 yg krg bs ngontrol emosi..stlh kena apes mogok….
    sy mlht spt bocah yg lagi ngamuk…..

    mm93 bocah aib mtgp..
    spt wwncra rossi ke media stlh argentina “” dia merusak sportifitas olh raga ini , dan harusnya dia tdk dtemani kru hrc….””….

    Guest
    • Marc bikin rusuh karena gaya balapnya ngerugiin orang lain

      Rossi bikin rusuh karena statementnya memperkeruh suasana

      Jimo bikin rusuh karena org lagi ngebahas vario dia ngebahas motogp

      Guest
    • Baiklah mo..
      Ada hal penting yg tertutupi oleh kalapnya rossi pada marquez kemarin, yaitu fakta bahwa 2 pembalap yamaha movistar kalah lagi dari pembalap yamaha tech 3, padahal tahun ini developnya ke mbah rossi.
      #rossifrustrasi

      Guest
  6. Spedometer Mirip Xabre ….

    Stoplamp Mirip Z1

    Headlamp tonggos Badot Karnaval Piciex

    motor Gado Gado nih maah. ..gak tertarik blasss

    Guest
  7. sepertinya panel speedo ada penunjuk konaumsi bbm ya?
    kok ada km/L di panelnya, dan kemungkinan bar yg bawah itu indikator konsumsi bbm nya

    Guest
    • Hazard diciptakan untuk signal sign keadaan darurat.

      motor CC cilik Hazard gunanya apa ?.? darurat lagi kehabisan bensin..oke atau dorong motor ban bocor.. ..

      motor moge Hazard jelas berguna, saat darurat..motor yg besar jelas merepotkan saat trouble space.

      banyak pemotor salah mengartikan Hazard.

      semoga bermanfaat.

      Guest
    • ekekekek

      buat apa helm in
      kalo ada karung goni

      ngahh … ngahh….

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  8. lampu sein blkg misah ?? buat memudahkan ekspor… ..di Malaysia kan dah standar aturan gitu… jadi produksi gak usah repot imho.

    kenapa produk Yamaha (aerox 125, X-Ride,Aerox155, MX-king) sein pisah ?? karena dsini basis produksi global Yamaha.. jadi biar selaras dengan aturan beberapa negara dibuat 1 tipe ..biar gak repot produksi.. (Malaysia juga Yamaha no 1, jadi wajar produk Yamaha ngikutin aturan Malaysia/sein pisah ranjang).

    semoga bermanfaat.

    Guest
  9. cuma mau komentar, AHM zaman now, .. punya periodik perubahan & update walau motor tersebut dalam masa keemasan penjualan nasional.

    Jelas Kunsumen diuntungkan mendapatkan produk yg monoton tanpa update.

    Guest
  10. Bisa2 menyabet the best 150 medium scutic nh variyem,,,full smart classified design,,by honest

    Guest
  11. Sayangnya tidak ada warna biru, hijau, pink, .. jelas semakin kaya warna, semakin luas customer memilih sesuai selera.

    bukan rahasia umum, terkadang warna favorit tertentu menjadi incaran customer, hingga rela inden berbulan/berminggu-minggu.

    Guest
    • flashback era BeAT gen 1, .. AHM cerdas menghadirkan berbagai pilihan warna untuk menjaring Kunsumen.

      Orange, biru tua,biru muda,pink,putih,merah, hitam,hijau, kuning, .. .. hingga BeAt berhasil menguasai tahta metik kecil tanah air.

      Guest
    • Perasaan dari dulu gitu terus bro
      Vario dihajar xeon = GAGAL
      Vario dihajar xeon RC = GAGAL
      Vario dihajar xeon GT = GAGAL
      Vario dihajar Aerok 125 = GAGAL
      Vario dihajar Aerox 155 = GAGAL

      Berbagai motor dibuat Yamaha buat mengkudeta Vario tapi selalu GAGAL

      Guest
  12. Lampu sein belakang pro kontra sih, kalo saya kontra πŸ˜‚
    DRLnya coba kayak CBR250RR jadi satu sama sein depan, tapi dibikin running dari bawah ke atas, hhmm yummy

    Guest
  13. Wak, klo yg versi stang telanjang kria2 kapan ya?
    apa akan persis macam beat Street atau sperti Lexi yg ala maxi scoot dengan visor depan gitu yah..?

    Guest
    • ekekekkek

      selama tangki masih di vantat
      jangan sekali kali ngaku laki2 sejati

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  14. simplenya gini,

    konsumen liat aerox 155 mogelook bagus.

    tapi blm tentu beli, karena liat bodynya kegedean misal.

    nah vario coba mengakomodir konsumen tsb dgn new vario,

    walu minus 2 shock dan ban blm gede,

    tapi bisa saja ke depan pada saat waktunya, katakanlah awal thn depamn, ahm buat kusus lawan aerox dgn vario pake double shock dan ban gede plus cakram belakang.

    karena thn ini jelas ahm lagi persiapan buat maksi 250 cc

    Guest
  15. Sepertinya “alis” akan menjadi bahasa design motor-motor kedepan seperti roda 4 nya yang punya bahasa design “solid wing face” nya

    Guest
  16. vario ini bukan lawan lexy lah,

    lexy akan lawan saudanya sendiri juga dulu.

    kan lexy dek lebih lega, jadi ngak ada lawan.

    tapi mio s aja yg digadang beat killer aja layu sebelum berkembang.

    padahal beat jok nya pake papan selancar

    ngak tau lexy yach,

    kalu patokannya dek lega, mestinya beat juga kalah sama mio,

    mio deknya dari lahir lebih lega

    dari sisi harga, mio z juga lebih murah dan cc lebih gede,

    eh koit juga lawan beat,

    lahir mio s, sama aja, keok mio s

    jadi patokan dek sempit dan jok papan bukan salah satu parameter utama.

    jadi dari kedua parameter tadi, mio z dan mio s mestinya menang.

    tapi nyatanya KO

    nah kita liat lexy, oke harga beda 200 rb an lebih murah sama vario 125,
    dek lebih lega, vitur lebih komplit, mesin new.

    nah dari kasus mio z dan s,

    jgn yakin 90% lexy bakal ko vario dulu, liat sejarah dulu.

    Guest
    • ekekekeek

      komen dikit saja lah
      yamaha paling laris ya Nmax
      honda paling laris ya mbitt

      selera dan dompet emang
      gak bohong

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • Kayaknya design yg diterima pasar yg bakalan laris dan sebagian besar motor honda memilikinya..opini pribadiπŸ˜‰

      Guest
    • kalo ngomongin patokan beli motor, konsumen indonesia umumnya punya 2 patokan

      -jaringan 3s
      -nilai jual kembali

      nah siapapun kompetitornya, kalo bisa ngalahin AHM di sektor ini..

      lagu sayap-sayap patah akan bersenandung di negeri ini ..

      Guest
  17. pasang sendiri byk dijual di toko online
    vario 2006 ane malah udh ane jejalin jam voltmeter kalender maupun suhu di speedometer

    ga naksir sm skali

    Guest
  18. Lampu Alis sudah menjadi ciri khas motor honda. Karena itu di motor yamaha gak ada yg pake alis, supaya gak dibilang mengekor pada kompetitor nya. Seperti pada motor aerox 155 yg shape lampu depan nya mirip vario, tp tanpa alis.

    Guest
  19. bagus bagus,lebih bagus dari versi sblmnya..ttp sporty tp elegan..jd senada sama aerox.lamp blkng aja agak gmna gitu.

    Guest
  20. wak nambahin ini kayanya lampunya ambil cbr600 2016 plek dah. sampe sungut2nya segala mirip banget… cuman nambahin drl saja biar modern looknya dapet

    yah gw setuju masalah desain itu selera, kalo yang vario techno 110, vario 2016 led.gw bilang sih best desain gw sampe liatin terus ini ahm bener2 good job bngt…palagi kalo dikasih ban aerox…body kecil ban besar…kelly jenner banget dah.

    kalo yang sekarang yah so so lah..agak boring jga, sedikit cari aman yah desainnya..tapi pasti laris maniiiiisssss, vario gtu looh

    Guest
  21. Menurut saya ini desain keren, masih tetap mempertahankan ciri khas honda.

    Kalau menjiplat aerox buat apa ada merk honda. Persaingan harusnya begini, mempertahankan ciri khas masing-masing merek. Tidak saling menjiplak.

    Guest
  22. Harusnya pake design honda grazia yg dlu heboh dikira next vario… designnya ckuplah buat yg 125.. kenapa ga pake design grazia ya??

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here