TMCBlog.com – Assalamu’alaikum sobat sekalian, masih berbicara tentang New Honda Vario MY 2018 yang PT. AHM Luncurkan Senin 16 April kemarin. Seperti yang sudah sudah ketika AHM menelurkan Vario dengan menyediakan dua kapasitas mesin yang berbeda sekaligus, yakni 125 cc dan 150 cc. Nah sudah barang pasti terdapat perbedaan perbedaan diantara kedua varian New Vario tersebut, namun jika hanya dipandang sekilas memang secara fisik baik Vario 125 maupun Vario 150 terbaru ini memiliki tingkat kemiripan yang tinggi. Meski begitu namanya anak kembar pasti punya perbedaannya kan bro, nah mari kita simak sedikit ulasan mengenai detil bagian yang menjadi pembeda antara dua Vario MY 2018 ini.

Mesin

Dari hal kapasitas atau kubikasi mesin sudah pasti berbeda. Lebih dalam lagi ukuran diameter bore x stroke dari Vario 125 adalah 52,4 mm x 57,9 mm (124,8 cc) yang menghasilkan rasio kompresi 11 : 1 , sedangkan milik Vario 150 ada di angka 57,3 mm x 57,9 mm (149,3 cc) dengan rasio kompresi sebesar 10,6 : 1 .. Perbedaan kapasitas tentu nya akan menghasilkan besaran output tenaga dan torsi yang berbeda pula, mesin 125 cc Vario punya tenaga [klaim dari pihak pabrikan] 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm dan besar torsi 10,8 N.m / 5.000 rpm. Vario 150 punya output mesin ynag sedikit lebih besar di angka 9,7 KW (13,1 PS) / 8500 rpm dan torsi 13,4 N.m / 5000 rpm.

New Vario 125
New Vario 150

Satu lagi yang berbeda adalah pada bagian air box filter atau box saringan udara throttle body kedua Vario yang secara kasat mata terlihat mirip namun sesungguhnya berbeda. Milik Vario 150 punya ukuran dimensi yang lebih besar, maksud dan tujuannya adalah supaya volume udara yang bisa ditampung di dalamnya lebih banyak guna memenuhi kebutuhan asupan udara segar ke mesin bakar.

Selain itu bisa jadi perbedaan ada pada berat roller dan bagian CVT yang lain, namun karena pihak pabrikan tidak membeberkan secara detil maka tidak bisa saya tulis di artikel ini. Yang jelas, seperti yang sudah TMCBlog sebutkan di artikel mengenai Vario MY 2018 sebelumnya bahwa mesin Vario terbaru ini memang ikutan diperbaharui dan tidak sama dengan PCX 150.

Sektor Body

Ngomongin mesin sudah, sekarang beralih ke sektor body Vario yang identik. New Vario 125 masih dibekali stiker body yang minimalis dengan tetap mengusung tema yang sporty, tarikan garis tegas dan senada body memang menguatkan unsur sposrty pada varian baru dari Honda ini.

Pada New Honda Vario 150 2018 tampil lebih eksklusif dengan dihadirkan emblem 3D berlabur chrome bertuliskan ‘HONDA’ pada bagian samping cowl depan dan emblem ‘VARIO 150’ di body belakang dekat dengan behel.

Lalu perbedaan selanjutnya ada pada bagian footgpeg boncenger. New Vario 125 masih pakai footpeg besi berbalut karet, seperti model terdahulu.

New Vario 125 2018
New Vario 125 2018

Berbeda dengan New Vario 150 yang sudah berganti model dan bahan footpeg dengan aluminium babet, dengan desain yang baru malah terlihat lebih bagus dan simpel.

New Vario 150 2018
New Vario 150 2018

Apa lagi yang berbeda? Sudah pasti tersedianya warna pada Vario 125 dan Vario 150 yang dibedakan oleh AHM, meskipun sama sama tersedia dalam 4 pilihan warna. New Vario 125 2018 punya pilihan warna; Advance Red, Advance White Red, Advance Black dan Advance White Blue. New Vario 150 2018 warnanya; Exclusive Matte Silver, Exclusive Matte Red, Exclusive Matte Black dan Exclusive White.

Kaki-Kaki

Pertama dan sudah pasti langsung kelihatan bedanya ya di model palang velg. Vario 125 2018 masih pakai model velg lama dengan palang 5 bercabang membentuk seperti huruf Y menjadi 10 cabang. Vario 150 2018 sudah mengadopsi model baru, lebih mewah dan terlihat fresh gitu yah, palang 5 yang juga di pisah kembali menjadi palang 10 dan ada satu sisi yang melengkung [kira kira seperti itu lah ya, hehehe] membentuk seperti kipas meskipun masih ada kemiripan bentuk dengan PCX CBU lawas.

Lalu bagian cakram depan, Vario 150 2018 modelnya sudah Wave atau bergelombang pada piringan cakram nya. Tapi yang sangat disayangkan tidak ada perubahan dimensi/ukuran dari diamter piringannya, masih imut imut. Kalau dikasih ukuran seperti motor bebek yang berkisar di 240 mm bakalan lebih keren, terlihat padat berisi di bagian depan. IMHO.

Ukuran ban juga dibedakan bro, Vario 125 masih belum move on dengan ukuran karet ban 80/90-14 di roda depan dan 90/90-14 di roda belakang bermerk Federal.

Sedangkan di Vario 150 2018 ada peningkatan ukuran ban, dengan memakai merk IRC, kini roda depan Vario 150 sudah pakai size 90/80-14 dan 100/80-14 di roda belakang.

Fitur

Soal fitur yang ada pada keduannya pasti beda, harganya kan cukup jauh tuh. Vario 150 2018 sudah keyless atau Honda menyebutnya sebagai Smart Key System, tidak halnya dengan Vario 125 2018 yang masih menggunakan cara kerja kunci mekanis biasa.

Pada New Vario 150 2018 tersebut Smart Key System berfungsi seperti halnya kunci mekanis pada Vario 125 2015 seperti untuk menyalakan kontak, membuka jok, mengunci setang, hanya saja yang satu masih menganut sistem kerja mekanis sedang lainnya kombinasi.

Sama sama tidak dibekali fitur ABS atau Anti-lock Brake System karena dirasa dengan Combi Brake System sudah cukup untuk  Vario 150 dan Vario 125 MY 2018 ini. Menurut pengakuan pak Thomas Wijaya selaku Marketing Director PT Astra Honda Motor, alasannya karena melihat dari sisi segmen motor ini kan lebih untuk pemakaian sehari-hari, jadi fitur Combi Brake sudah sangat tepat.

Oh iya, New Vario 150 sudah ada Answer Back System guna memudahkan sang pemilik mencari motornya ketika di parkiran. Dan juga kini dilengkapi fitur Anti Theft System untuk memberikan rasa aman yang lebih kepada pemilik dari usaha pencurian. Namun keduanya sudah sama sama disematkan Idling Stop System sebagai ciri khas motor motor keluaran Honda.

Harga sudah tahu kan sob? Tapi gak ada salahnya disebut ulang deh ya. New Honda Vario 125 2018 dijual untuk yang versi CBS seharga Rp. 19.100.000 , versi CBS ISS OTRnya Rp 19.900.000. New Vario 150 2018 dijual dengan fitur lengkap di harga Rp. 22.500.000 on the road Jakarta. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Wassalam…

Nugi TMCBlog

43 COMMENTS

  1. Bedanya dialis kayaknya.gak tahu mesin,shock,dll. sama gak ad kick starter..klo soak,ganti aki langsung.

    Guest
  2. Di enggak enggak juga ni motor cakepp banget… Bagusan yg tidak banyak grafisnya gini menurut saya. Apalagi yang silver, duuh…menggoda iman, tapi tak ada dana lebih 😍

    Guest
  3. Menurut saya vario 125 dan 150 keduanya sama mahal tapi lemot..
    By owner vario cw 108cc upgrade ban 140/70-14, harga 2nd 5jutaan saja…

    Guest
  4. Baut cakram v150 ada 5, ga bisa diganti punya Honda Blade yg lebarnya 220mm tapi punya 4 lubang.
    Klo yg 125 bisa pake cakram Blade, tinggal ganti adaptor kaliper. Kasihan klo masih pake yg 19mm, kekecilan

    Guest
  5. kok cuma bahas ukuran piringan rem cakram sama bentuknya aja, padahal jelas-jelas merek kaliper jadi “Tokico” padahal sebelumnya nissin.

    Apakah kick starter lama bisa dipasang ke vario 125 baru?

    Padahal itu fungsi yg SANGAT PENTING dalam keadaan darurat jika starter tangan gak bisa nyalain mesin.

    Guest
  6. Orang kaya beneran gak perlu nunjukin bahwa dia kaya, tapi kalo OKB itu belagunya minta ampun, koar koar disana disini
    Punya ini onoh kucrut. . .

    Guest
  7. apalah arti banyak sensor2 tapi tidak pakai abs, dan petingginya malah bilang combi brake sudah cukup. sangat disayangkan, padahal kita tidak tahu kapan situasi genting terjadi dan nyawa adalah taruhannya. sayang sekali.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.