TMCBlog.com – Hai sobat brader sista sekalian, pabrikan motor asal Noale, Italia yakni Aprilia, resmi memperkenalkan Superbike terbarunya untuk model year 2018 yang kalau saya simak update yang diberikan kepada superbike yang diberi nama RSV4 RF LE terbaru ini merupakan usaha untuk sambut peraturan baru di kejuaraan World SBK musim depan. Terinspirasi dan juga sekaligus hasil riset dan pengembangan dari kegiatan balap Aprilia yang diturunkan dari motor balap Aprilia ke motor produksi massal dengan penjualan terbatas ini. Apa itu?

World SBK akan kena pembaharuan dalam hal regulasi teknis yang untuk saat ini cukup aneh terdengar, yaitu motor kelas WSBK diperbolehkan menggunakan winglets atau atau aero fairing atau aero devices selama bentuk, ukuran beserta penempatannya sama persis dengan produk massal yang dijual pabrikan kepada khalayak umum. Kalau dilihat untuk saat ini kan gak ada yah motor Superbike 1.000 cc yang pakai winglet dalam kondisi standar pabrik. Dengan Aprilia meluncurkan RSV4 RF LE maka jelaslah sudah bahwa kedepannya [mungkin] akan ada banyak motor superbike massal atau setidaknya sebanyak 500 unit di dunia yang pakai winglets.

Pihak Aprilia menjelaskan bahwa motor ini memang benar-benar turunan dari Aprilia balap dengan spesifikasi yang disesuaikan untuk motor jalan raya. Dengan tenaga sekitar 200 Hp, Aprilia memberikan perangkat aerodinamika untuk meningkatkan performanya di lintasan. LE yang merupakan kependekan dari Limited Edition, karena motor ini hanya dijual sebanyak 125 unit untuk pasar Amerika Utara.

Selain itu, untuk urusan desain dan posisi penempatannya merupakan hasil dari riset dan pengalaman Aprilia RS-GP di MotoGP. Jadi bisa dibilang Aprilia RSV4 RF LE ini penggabungan teknologi dari kegiatan motorsport Aprilia di kejuaraan World SBK dan juga MotoGP yah. Apakah selain Aprilia akan ada aero fairing Hammerhead dari Ducati untuk Panigale V4 mereka? Atau mungkin Yamaha memberikan fairing bersayap kepada YZF R1M untuk model 2019 nanti? Eh iya, jangan-jangan Honda masih menunggu waktu yang tepat untuk meluncurkan Superbike terbarunya dengan fairing bersayap. We will see bro.

Sementara itu monggo disimak foto-foto yang Saya ambil dari web A&R ketika Aprilia RSV4 RF LE diperlihatkan kepada publik Amerika saat gelaran GP Austin pekan lalu. Salam

Nugi TMCBlog

 

37 COMMENTS

  1. Kalo diliat lurus dari depan/belakang,rasanya keluar fairing banget ya komponen aeronya?btw itu paten ya ngga bisa bongkar pasang?

    Guest
  2. Menurut saya inilah motor paling hebat yg mampu dan kapabel sekali menggeser dominasi keperkasaan motor jepang. Either visual appearance or mechine performance.

    Guest
  3. Dicermati dimensi winglet yg mungil seperti itu, apa mampu memberi hasil donforz yg siknificant ya? Mengingat the machine gaharness sangatlah powerfull

    Guest
  4. jujur aja mending di copot aero fairing nya itu tuh,,
    alias winglet,, bikin jelek motor aja..
    kalo sya punya duit lebih terus mo beli ni motor,,
    winglet sama ga winglet,, mending pilih yg ga winglet,,

    Guest
  5. salah info tuh bro…
    spek mesin RF LE sama plek aja dgn RF. mana mungkin aprilia bikin RSV4 jalanan dgn mesin turunan motogp 250 hp hahahahh.
    yg pake mesin motogp itu RSV4 RFW GP, spek track use only, produksi sngt terbatas (setara RC213V RS)

    Guest
  6. Seandainya fairing full contek RS-GP paling enggak versi 2015 pasti bakalan jadi motor paling cantik dan seksi. Rangkanya bikin gak nahan

    Guest
  7. Motor sport full fairing ya kayak gini, tulang otot keluar semua. Bukan full bungkus sarung plastik saingan sama metik πŸ˜€

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here