TMCBlog.com – Halo bro sekalian, menyambut MotoGP seri empat di sirkuit Jerez de la Frontera akhir pekan ini, supplier tunggal ban kategori MotoGP, Michelin menghadirkan kompon khusus sebagai persiapan menghadapi lintasan Jerez yang baru di aspal ulang Mei tahun lalu. Kalau begini, setidaknya sudah tiga kali Michelin menyiapkan kompon khusus akibat usaha untuk adaptasi dengan kondisi permukaan lintasan setelah sebelumnya menyiapkan kompon spesial untuk Termas dan Austin.

Ban yang akan disediakan oleh pabrikan asal Prancis tersebut untuk Jerez masih sama untuk pilihannya yaitu soft, medium dan hard. Itu untuk ban slick yah dan bagian depannya akan simetris antara sisi kanan dan kiri. Berbeda sedikit untuk alokasi ban belakang yang akan dibuat lebih keras pada sisi sebelah kanan.

Maklum sob, sirkuit Jerez tikungan ke kanannya cukup banyak dan tipikal fast corner, akan menggerus ban sisi kanan lebih cepat ketimbang sisi kiri. Menurut Michelin, untuk GP Jerez ini mereka dapat bantuan informasi yang cukup dari beberapa team MotoGP yang melakukan private test di sana tahun ini. Jadi mereka lebih siap dan lebih baik dalam hal penyediaan kompon guna menghindari komplain dari para rider ketika race day.

“Setelah melewati 3 balapan yang sangat menantang bagi Kami, dan juga 3 sesi test pre season, akhirnya kami kembali ke daratan Eropa, namun tugas Kami kedepannya juga tidak kurang menantang.” Buka Pireo Taramasso Michelin Motorsport Manager khusus roda dua.

“Kami akan datang ke satu lagi trek yang sudah di aspal ulang permukaan lintasannya, jadi kami tidak memiliki data real tentang bagaimana kondisi sebenarnya selama race weekend, tetapi Kami telah mampu mengumpulkan informasi dari beberapa tes yang telah dilakukan team MotoGP di sana, jadi kami dapat membawa berbagai tipe kompon ban yang kami percaya akan cocok untuk permukaan aspal baru dan memberikan semua rider kesempatan terbaik untuk membuat pilihan optimal sesuai dengan gaya balap dan karakter motor mereka.” Lanjut Piero menambahkan.

Melihat sejarah ke belakang, Michelin di akhir pekan ini akan menyambut 400 kali kemenangan di kelas premier, sudah pasti Michelin akan menyambut kemenangannya di Jerez nanti kan mereka supplier ban satu-satunya sejak 2016 yah. Hehehe… Namun sebelumnya mereka juga sering menang kok ketika MotoGP masih menerapkan open tyre terhitung dari kemenangan Michelin tahun 1973.

Nugi TMCBlog

31 COMMENTS

  1. kemenangan ke 400, lhaa itu bisa diitung kompetisi( nyari siapa pemenangnya) sementara kompetitornya ga ada?

    Guest
    • Ya kemenangan yg di hitung walau one tyre rules, tahun ini 19 seri ya 19 kemenangan….hehehe lucu juga sih

      Guest
  2. akhirnya gonta ganti compon ban juga, tp mungkin klo sirkuitmya g diaspal ulang g bakal ganti compon

    Guest
  3. “beberapa” yang udah private test di mari siapa ya? saya taunya kok cuman honda yg kemaren test disini

    Guest
  4. Untunglah,jadi jimoo ada alasan buat jaga2 kalo M1 melempem lagi,si ngechelin bs jd kambing hitamnya (lagi),karna mutlak M1 ga bs disalahkan pasti ada faktor lain penyebabnya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Guest
  5. hektor garzo yg merupkan rider reguler cev moto2 2017-2018 akan race di moto2 wc menggantikan remy garner di moto2 seri jerez akhir pekan ini, kpan ya dimas ekky dapat kesempatan lgi untuk race di moto2 wc?? apa harus nunggu rider federal oil gresini moto2 atau rider idemitsu honda team asia moto2 cedera baru dimas dapt ksemptan main di moto2 wc??

    Guest
  6. wak masalah ban ini apkah dikelas moto3 dan moto2 pihak pabrikan ban juga menyediakan pilihan ban berbeda dari seri yg satu ke seri lainnya kyak di klas motogp ini?

    Guest
  7. itu buat posis 1-3 setiap abis race, kok ban langsung ditutupin ya pake tyre warmer ya? ……padahal kan udah selesai balap yak..apa bagian strategi manajemen ban juga?

    Guest
    • Biar ga dideteksi tim lawan ,dr degradasi ban juga bisa dianalisis lo kelebihan dan kekurangan tunggangan lawan

      Guest
  8. Menurut Michelin, untuk GP Jerez ini mereka dapat bantuan informasi yang cukup dari beberapa team MotoGP yang melakukan private test disana tahun ini.
    ##########
    catat nih kata”, jadi kalo nanti pas race yamaha kena masalah ban jgn komplain ke michelin. siapa suruh punya masalah di jerez tp gak mengadakan test privat di jerez.

    Guest
  9. Nah yamaha ga ikutan tes, ini michelin dpt update dr pabrikan yg test private. Pasti ngikutin karakter motor pabrikan yg test private, ducati ma honda. Yamaha melempem lg. Hadeh.. uda kaga hire mekanik buat ecu. Kaga ikutan test private jerez. Gmn mo menang?

    Guest
  10. Kompon baru gitu kah maksudnya? Krn aspal baru? Ato sekedar asimetris?

    Klo ga salah di akhir musim lalu blng mulai 2018 sdh stop suplai kompon baru supaya tdk menimbulkan R&D lg bagi tim peserta, hanya ttp ada edisi khusus simetris & asimetris tergantung race dimana.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here