TMCBlog.com – Assalamu’alaikum bro-bro sekalian. Di artikel ringan kali ini, TMCBlog ingin sedikit berbagi pengalaman dengan kawan-kawan semua ketika mencuci motor NMax saya. Terus terang saya orangnya cukup bersihan tapi lebih sering mengabaikan kegiatan cuci motor akibat kurangnya waktu luang, soalnya udah keburu capek sama kerjaan sob. Nah karena kemarin libur nasional May Day, Alhamdulillah ada waktu buat nyuci, gak tanggung-tanggung sampe ke kolong kolongnya saya belain nyuci karena udah penuh kerak lumpur.

Buat sobat yang paham daerah Kalimalang pasti ngerti bagaimana kondisinya saat ini, proyek pembangunan Tol Becakayu (Bekasi Cawang Kampung Melayu) yang urung rampung selalu meninggalkan tanah merah di sepanjang jalan yang kurang mulus. Ditambah dengan kondisi cuaca yang sering panas tapi hujan juga masih hadir di penghujjng bulan April lalu. Makin parah karena ownernya NMax ini [Saya] males/susah bebersih motor tiap hari, ya udah terima aja kondisi motor yang berkerak kotoran lumpur deh. Hehe..

Nah beberapa minggu yang lalu, Saya diberikan satu solusi untuk membersihkan kendaraan. Yaitu degreaser dengan merk Rexco berkode 70 atau lebih familiar Rexco 70. Degreaser sendiri merupakan zat cairan yang digunakan untuk melunturkan atau juga menghilangkan zat minyak yang menempel pada logam. Biasanya cairan degreaser untuk bidang otomotif dipakai untuk membersihkan engine bay atau daerah ruang mesin mobil, namun apa salahnya saya coba untuk membersihkan NMax yang banyak lumpur di kolongnya. Ide spontan aja gituh, siapa tau berhasil ya kan.

Sedikit informasi soal Rexco, yaitu brand yang lumayan baru di bidang lubricant, diperkenalkan di Indonesia pertama kali oleh PT. Altama Surya Arsa (ASA) pada tahun 2014 lalu, tepatnya di bulan Oktober. Pabrikan spesialis pelumasan ini selain untuk perawatan kendaraan bermotor, juga digunakan untuk perawatan mesin-mesin industri atau pabrik, perangkat elektronik dan bahan-bahan yang terbuat dari logam lainnya guna melindungi dari karat.

Cara pemakaiannya sih gampang banget sob. Pertama-tama motor disiram air bersih untuk membasahi bidang yang akan dibersihkan [1], lalu kocok Rexco 70 sebelum disemprotkan ke bagian mesin [2], kalian bisa menggunakan pipa sedotannya untuk menjangkau bagian yang sempit. Nah nanti akan keluar banyak foam, lalu diamkan dulu sekitar 5 menit sebelum digosok dengan sikat [3].

Setelah 5 menit bisa langsung digosok pakai sikat. Saya sedikit kebablasan nih pas nyuci, malah lebih dari 10 menit ninggalin proses ini. Tapi gak apa-apa, setelah digosok masih ada busa beperti sabun.

Jadi perlu digosok juga ya bro pakai sikat, tidak hanya ditinggalkan lalu kotoran dan minyak luntur sendiri, gak begitu kerjanya. Dan beneran nih kotoran mudah rontok, plus bagian throttle body NMax yang ada kumpulan kotoran semacam rembesan bensin yang tertutup debu langsung hilang.

Setelah disikat bisa langsung disiram dengan air bersih [4] untuk menghilangkan sisa-sisa Rexco 70 degreaser dan kotoran yang ikut terangkat oleh cairan Rexco tersebut.

Bagian kolong pun jadi cukup bersih setelah diberi degreaser Rexco 70. Wajar ketika kotoran kerak yang terlalu menempel tidak ikut terangkat, karena memang fungsi degreaser adalah mengangkat oli yang menempel di material logam. Pakai Rexco 70 degreaser ini tidak perlu khawatir menyemprot di bagian plastik karena material dasar dari cairan Rexco 70 sendiri adalah water base alias berbahan dasar air. Jadi masih tetap aman untuk parts berbahan plastik, tapi tetap hati-hati jangan sampai menembus bagian kabel elektronik di motor atau mobil.

Nah untuk harga sendiri Rexco 70 size 500ml yang saya pakai ini adalah sekitar 40 ribu rupiah HET. Kalian bisa mendapatkannya di toko-toko atau di web E-commerce langgananmu, sudah banyak yang jual. Degreaser ini bisa digunakan untuk membersihkan bagian yang berminyak pada mobil motor dan juga perkakas rumah tangga seperti kompor yang kecipratan minyak sewaktu goreng ikan. Loohh…

Selanjutnya Jupiter Z saya nih yang bakalan kena semprot Rexco 70, soalnya terakhir dipakai latihan di Sentul Karting oli mesin berceceran keluar sampai meluber ke sasis karena sedang riset pasang oil cooler buat balap. Hehehehe… Sisanya masih banyak, kalau feeling saya sih masih bisa dipakai 5-6 kali cuci kolong NMax lagi nih.

Kesimpulannya, jangan malas malas bersihkan motormu ya sob. Sayang kan sudah beli mahal apalagi nabungnya lumayan lama, kalau nantinya parts jadi rusak akibat kerak kotoran yang membandel. Lalu degeraser Rexco 70 memang sangat bisa diandalkan nih buat yang hobby perawatan body motor sampai ke tahap detailing mungkin?? IMHO. Akhir kata, semoga informasi di artikel ini bisa bermanfaat buat sobat sekalian. Wassalamu’alaikum..

Nugi TMCBlog

52 COMMENTS

  1. biasanya saya pakai crc qc-82 degreaser untuk bersihin rantai..
    cara pakai sama (tapi tidak disiram air awalnya).. hasilny lebih mantap, tapi barangnya 80k /500mL

    Guest
    • kalo gak salah emang ini Nmax Wak haji.. .. .. pernah baca artikel yg dulu,lalu ke mbro Nugie βœŒπŸ˜ƒ

      Guest
    • Wak Taufik ga punya Y. Betul itu om nugie.
      Bahkan om nugie berani singgung alus knalpot pcx lokal modif pas grand lontjing

      Guest
    • Love yamaha.

      Yamaha bagus.

      Semua produknya istimewa.
      Jupiter z kokok belok (burung hantu)
      Vega r komeng
      Mio gen 1-2
      Vixion gen 1-4
      Soul gt gen 1

      This bike so,
      Quick, agiel, superpb, savage..!!

      Meanwhile, honda…
      (Suara jeremy clarkson)

      Namun Semua berubah ketika yamaha new jupiter z dan vega zr menyerang.

      #RipYAMAHA

      Guest
  2. Pake kit black magic aja. Gampang. Mesin Mobil juga saya pake itu. Tinggal semprot, bilas, beres.

    Guest
  3. kalo ane biasa pake : cuka berapa tetes, sunlight/Mama lemon, air .. .. sikat gigi… lumayan juga hasilnya kalo buat kotoran di engine ..βœŒπŸ˜ƒ

    Guest
    • Kalau aspal nempel, biasanya bisa pakai cairan penetrant.
      Kalau semen saya kurang paham bro.

      Temen-temen yang lain mungkin ada yang tau?

      Editor
    • njiiirrr…itu motor mau di jadiin “Candi” Emang nye mbro…??
      … hehe
      πŸ˜‚βœŒ

      Guest
    • pake porstex aja om, ilang tuh semen, lantai kena semen aje kinclong lg, tp ga tau dah kl kena bahan besi/babet yah, kayanya sih aman tuh, heheee

      Guest
  4. Kalo saya biasa pake pembersih WC yang diencerin dikit sama air. Caranya ya sama, siram air, gosok pake pembersih, diemin, gosok lagi, siram. Kinclong lagi deh

    Ni cara ketemu gara” orang bengkel ngasih oli ke rante sampe nyiprat ke velk & netes pas distandar samping

    Guest
    • buatan oranglah, masak perbuatan miwon apa jimmo ya! xabre kalo di pasang sticker sayap kepak di tangki bbm pasti jadi penguasa sport naked 150. Ngah ngah

      Guest
    • semua produk pasti ada cacatnya, namanya juga bikinan orang, tinggak aptm mau gak bertanggung jawab. Itu aja, cuma kalo disini recal tuh seolah olah haram hukumnya. padahal kepedulian pabrik atas produknya yang kurang bener ya wajib di recal. di luar sana mah recal di sambut, lha di sini di sambit iya. Oh iya ada satu jurus jitu buat ningkatin ms yamaha dengan cepat dan mudah, setiap produk yamaha wajib pake striping gambar sayap kepak. Niscaya ms 19% jadi 91% . Ngah ngah ngah

      Guest
  5. yuk dibeli nmaxnya, gak pakai mleyot, kalo ada rembesanbensin tinggal bersiin pakai obat diatas.

    yuk dibeli nmaxnya

    yuk dibeli nmaxnya

    Guest
  6. Klo mau kinclong lg..di polesin blau(bubuk biru buat rendem baju)
    Caranya cukup mudah wak..
    Blau bubuk di jadiin pasta dulu terus di lumurin k kolong pake sikat or kuas.diemin 2 hari.
    InsyaAllah begitu di bilas sambil di usap pelan bakal cling kek Motor baru

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here