TMCBlog.com – Assalamu’alaikum para sobat pembaca yang budiman dan budiwati.. Ngomongin hobby memang gak ada habisnya yah bro, makin modern manusia makin luas hobby yang digeluti. Nah salah satu kesenangan alias hobi saya yang lain selain motoran adalah merakit scale hobby/model kit. Sebenernya sih gak hobi hobi banget, cuma memang ngikutin perkembangan industri ini sejak kuliah [kurang lebih 12 tahun lalu], itu pun gak jelas bro.. Scale model motor punya, kendaraan militer ada, sampai Gundam juga punya. Mas Taufik kan punya satu kategori blog yakni “Pojok Diecast” yang kali ini saya coba isi dengan berita terbaru yang datang dari produsen Tamiya. Di tahun ini mereka akan meluncurkan replika Yamaha YZF-R1 M lansiran terbaru dengan skala 1/12 setelah sebelumnya Tamiya sukses menjual berbagai scale model motor MotoGP lalu yang terakhir ada Ducati Panigale 1299R dengan skala 1/12 juga.

Berawal dari ajang Trading and Exhibition mainan hobby terbesar di Asia yaitu Shizuoka Hobby Show 2018 yang berlangsung selama 4 hari tanggal 10-13 Mei 2018 bertempat di Twin Messe kota Shizuoka yang menjadi salah satu kota industri pembuatan mainan di negara Jepang. Selain Tamiya, hadir juga produsen lain yang sudah terkenal seperti Aoshima, Hasegawa, Bandai, Kotobukiya, Tokyo Marui dan lain lain lain….

Setelah 2 hari lebih ngubek-ngubek internet, alhamdulillah akhirnya ketemu juga artikel yang bahas Tamiya YZF-R1M ini di Young Machine. Kok saya jadi kayak sehati gini yah sama Ichi san. Saya sebagai salah satu bikers berdarah biru [warna khas Yamaha] demen banget sama R1M sejak pertama kali diluncurkan. Hanya saja karena harga yang mahal dan pajak yang tinggi yang menghalangi saya meminang R1M. Hikksss.. Eh kok ya ndilalah ada scale model nya nih, siapa tau bisa jadi obat alternatif karena gak bisa punya Yamaha R1M skala 1:1 .

Cukup curhatnya, kita kepoin Tamiya nya.. Sudah barang tentu kalau Scale model atau model kit dibuat dari bahan plastik sepenuhnya [atau sebagian dengan upgrade part dari logam] dan juga untuk menjadi bentuk satu motor utuh kalian memerlukan skill untuk merakitnya. Mulai dari memotong bagian per bagian, cara menempelkan lem/cement dampai teknik pengecatan sehingga tampilan akhir menyerupai motor aslinya.

Tamiya sudah tidak diragukan lagi tingkat presisi sambungan antar parts dan juga masalah detailing-nya. Asli juara banget sob,, silahkan sampeyan pelototin foto di artikel ini deh.

Maksud dari presisi disini adalah, ketika kita menempelkan bagian satu dengan bagian lain itu benar-benar ngeplak tanpa ada jeda rongga ataupun kelebihan/kekurangan bidang. Temen-temen biasanya bilang perfect fit. Ditambah lagi dengan material plastik yang tebal, beda banget kualitasnya dengan merk lain yang made in China/Korea.

Designer Tamiya membuat Yamaha R1M ini bisa dipajang dalam keadaan body terbongkar, sehingga bagian sasis dan air filter box bisa terekspos dengan baik. Mirip banget sama aslinya.

Detil pada panelmeter R1m ini dibuat dari stiker dengan jenis water decal tuh bro. Handgrip-nya keliatan realistik banget, seperti motor beneran.

Untuk yang penasaran dengan dimensi replika berskala 1:12 tersebut, panjangnya sekitar 17 cm dan bagian mesin dan body yang super realistic. Ini waktu merakitnya butuh ketelatenan dan kesabaran yang lumayan nih sob, cocok juga untuk melatih sensor motorik kalian. Hahaha…

Informasi yang saya terima, untuk peluncuran produk ini masih menunggu pengumuman resmi dari pihak Tamiya, namun sudah ada ancer-ancer release date nya di sekitar bulan Juli tahun ini.

Itu waktu untuk dijual di negara Jepang loh ya, resminya masuk Indonesia biasanya akan telat sampai 3 bulan. Beda halnya kalau kalian yang minat banget, bisa cari pehobi yang sering sudah open PO dari jauh-jauh hari. Atau mau hand carry sekalian jalan-jalan ke Jepun?

Mengenai harga. Masih belum diumumkan juga bro, cuma kalau saya boleh prediksi harganya akan ada diantara 500-700 ribu rupiah nih, diukur dari skala yang sama untuk motor MotoGP dari Tamiya yang sudah lama beredar di Indonesia. Oh iya, harga tersebut hanya model kit saja, tanpa lem/cement tanpa cat dan lain-lain.

Tamiya melansir Yamaha YZF-R1M 2018 tersebut untuk merayakan 20 tahun keluarga Yamaha R1 dijual di seluruh dunia, biasanya Tamiya kalau buat replika suatu produk sering telat sekitar 1-4 tahun setelah. Selain itu alasan pertama tadi, Tamiya membuat replika Yamaha R1 karena belakangan ini varian tersebut mendominasi kejuaraan Superbike Jepang dan juga penghormatan sebagai motor juara Suzuka 8 hours 3 kali beruntun. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sobat sekalian. Wassalam…

Nugi TMCBlog

72 COMMENTS

    • Koleksi miniatur motor kan juga termasuk hobby otomotif,apa yg salah?
      Ane beritahu,yg nggak mutu itu berita2 trib*n di opmin,kebanyakan klick bait

      Guest
    • Buat biker bneran sih ini berita bermutu dan membantu bgt termasuk saya secara ini blog otomotif, beda lagi klo situ bencong yg mainannya lipstik dan bedak, emang gk guna nih artikel
      Eni kuesien?

      Guest
    • Komenmu yg gak mutu tong. Kembalilah ke portal berita hoax daripada ngerusuh disini. Heran saya mas nugi uda capek2 bikin artikel eh ada aja orang kek gini.

      Btw kalo produk tamiya saya masih mainan mini 4wd saja masbro. Tp setelah liat yg ini saya agak tertarik. Drpd gunpla tingkat kesulitannya lebih sulit yg mana ya masbro dibanding diecast ini?

      Guest
  1. itu swingarm nya juga plastik ya?colorignya juga harus jago tuh kalo kesalahan dikit pas pewarnaan dan pas motong part,udah selesai
    atau dibikin damaged kayak abis crash sekalian,kayak Gundam Gundam custom

    Guest
  2. Keren bgt tp ah harganya buat kaum2 turah duit, tp emng sih klo produk2 tamiya n bandai harganya lumayan. Itu rantainya bisa gerak g ?

    Guest
  3. andai ada scale 1:1 nya paling nggak rodanya bisa gelinding juga,kan bisa dipajang di ruang tamu,solusi kalo beli Mogenya nggak kesampaian,apalagi yg limited kayak NR/RVF750
    tapi harganya bisa 20/30 JT an kali ya,ekekekek

    Guest
  4. Selain motor Aku juga punya hobby ngerakit diecast tamiya mas, tapi lebih seneng ke yang buat balapnya

    Guest
  5. harga R1M disini yang skala 1:1 nya sekitar 700Juta, artinya setara dengan 1000 unit yang model 1:12 sekitaran 700Ribu

    Guest
  6. wah temennya Jaret ma Emon nih.
    kalo ane mah cuma bisa ngoleksi “waifu” aja.
    atau malah ke mecha tapi mechanya “waifu”….wkwkwk

    Guest
    • Akakak,pembaca ghostis comic
      Untung nggak sangkut pautin si sultan bisa bisa ada berita “karna membawa bawa nama Sultan seorang komentator TMC blog ditemukan mengambang di sungai”

      Guest
    • Alhamdulillah waifu ane sopan2 cuz kalo ngga, bisa2 ortu ngga merestui hubungan kita. Waifu terbaru ane baru balik dari Jepang akhir tahun nanti, doa’in ya bro, do’i ngga ditahan ma becuk,aamiin.

      Guest
    • Kalo warna knalpot , mesin, body tergantung yg ngecat bro, itu kalo beli belum ada warnanya, cuman dapet decal aja misal merk parts nya

      Guest
    • Masalah utamanya…..mampu ngerakit dan painting dengan kualitas perfect grade ga…beli sih ga mahal , developnya yg tak ternilai

      Guest
  7. Mokit subaru legacy di rumah aja ga jadi”, ini udah d tambah racun mokit motor idola ama om nugie 😂

    Guest
  8. pengalaman gw.. ngerakit mokit bike gini.. paling cepet 1 bulan kalo dikerjain di sela waktu luang..

    dan yg paling anoyying, pas ngerakit bagian engine, ada part yg selip/jatuh..
    buseett nyari nya bisa sambil emosi wkwkwk

    Guest
  9. di rumah koleksi diecast ebbro Mazda 787B sama hotwheels Lamborghini, buat motor lagi nyari diecast CBR1000RR 2012 atau ga NSR500 jamannya Doohan

    Guest
  10. Dari dulu demen banget soal ngerakit rakit, bahkan dulu mainan yang udah jadi dibongkar lagi de bisa ngerakit lagi hahahah…
    Kalo ini yang dirakit ampe ratusan ribu bakal pikir ulang buat dibongkar lagi
    Wkwwkkw

    Guest
  11. Salut lahhh sama orang Nippon. Cerdas dan kreatif. Imajinasi yg mumpuni. Sejak dulu sudah hebat. Sejarah telah membuktikan.

    Guest
  12. Saya dulu bikin robot gundam. Rangka dari aluminium foil bekas obat. Body dari bungkus rokok, kotak susu ultra atau kardus laen. Suka yg dari bekas gelas pepsicola. Warna asli kemasan tetep dipakai. Karena niatnya minimalis. Ada yg bentuk mirip t-rex. Anak kecil sodara n tetangga suka banget. Sampe saya kewalahan bikinnya. Mau bikin dari kaleng minuman soda tapi kesulitan motongnya.

    Guest
  13. saya cukup gundam saja, cukup, cukup, cukup . . .

    R1M adalah satu2nya motor yamaha yg pernah jadi wallpaper komputer saya (yang sejatinya FBH)

    Guest
  14. Tamiya itu jempolan untuk tingkat presisi. Dan release lumayan lama karena tingkat presisi butuh ketelitian. Dan tamiya membuatnya bukan cuma diperkecil tapi proporsional antar part juga diutamakan. Proses memperkecilnya juga bukan ukuran 1:1 diperkecil seluruhnya, tapi per part.

    Makanya lama bgt buat release, dan sialnya model macem begini bakal cepet out of stock.

    Hobby begini bagus nih buat ngisi waktu pas ngabuburit, ngelatih kesabaran dan ketelitian juga. Untuk awal2 disarankan beli dari merk Academy. Meski gak perfect fit tapi lumayan lah buat latihan.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.