TMCBLOG.com – Bro sekalian, seperti kita ketahui bersama mulai sesi FP1 kemarin baik Marc Marquez maupun Dani pedrosa sudah mulai menggunakan Jenis fairing baru. kalau Boleh dibilang Aero Fairing yang dipakai keduanya ini sama persis seperti jenis Aero Fairing yang dipakai saat test jerez dan Mugello. Secara detail memang akan secara instant mengingatkan kita pada aero-fairing dari Yamaha M1 dan Suzuki GSX-RR yang memiliki sepasang bilah ’rounded Inner Winglet’ di bagian side Fairing.

Seperti Juga tujuan utama dari winglet, yakni menghasilkan downforce yang mengarah ke Bawah, marc Marquez mengakui bahwa memang Aero-fairing baru ini cukup bisa mengurangi gejala wheelie yang selama ini hadir menajdi Momok bagi Honda RC213V terutama jika bertemu sirkuit dengan karakter slow Corner seperti Le mans.

Dani Pedrosa memberikan Statement yang boleh dibilang cukup sejalan dengan opini Marc terhadap The Joker ( Nama dari Fairing ini ) . . . Menurut Dani Pedrosa, fairing baru seperti yang ia pakai kemarin sepertinya memang lebih pas dan matching dipakai di Sirkuit sirkuit seperti le mans. Dengan lebih mendetail, Dani menjelaskan bahwa dengan menggunakan Aero-Fairing ini, Ia Bisa lebih relax di straight dengan tambahan anti wheelie part ini dan juga tidak terlalu struggle dengan wheelie yang hadir saat tangan kanan betot gas di Corner Exit . . .

Marc Marquez menambahkan bahwa dengan tambahan Fairiang baru ini keduanya merasa sudah siap dengan dua jenis Fairing yang akan bisa sesuai dengan semua jenis sirkuit di sisa seri MotoGP 2018.

Seperti kitaketahui Saat di seri pertama MotoGP Qatar 2018 setiap Rider berhak menghomologasikan 2 Fairing dimana satu Fairing lama ( umumnya yang tanpa winglet ) dan satu lagi fairing dengan Inner winglet. Diluar 2 Fairing ini, masing masing pembalap memiliki satu lagi kesempatan update Fairing sepanjang Musim berjalan .

Marquez dan pedrosa dalam hal ini telah menghomologasikan 2 fairing di awal musim satu Fairing standar tanpa aero-part dan satu lagi dengan dengan aero-part/ winglet minimalis  . . . dan Lalu di Seri Le-mans ini Masing masing pebalap repsol Honda ini telah memakai di sesi Latihan FP1 jenis fairing baru lagi yang mengartikan bahwa sudah habis jatah keduanya untuk menambah Jenis fairing baru lagi sepanjang Musim kedepan  . . .

Taufik of BuitenZorg

35 COMMENTS

  1. Mungkin karena mirip senyum Marquez yg kayak Joker,Ranka aja kalo gambar dia senyumnya serem 😂😂😂

    Guest
  2. Kalo Imu nya udah bukan inhouse,apa nggak makin ngangkat ngangkat tuh motor entar,apalagi ducacrit bs makin lebar tuh sayap kalo nggak segera di larang

    Guest
    • Betul bos. Bahkan ada ponpes yg abis isya santri langsung tidur. Lanjut tarawih jam 12 malam sampe sahur

      Guest
  3. Kadang saya berpikir,apa fungsi winglet tidak bisa di ganti dengan bentuk WIND SHIELD? Bukankah wind shield itu justru jauh lebih lebar dibandingkan winglet?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.