TMCBLOG.com – Bro sekalian, Secara umum dengan kondisi Track Sirkuit Bugati Le Mans yang telah diupdate MotoGP Le Mans 2018 lebih cepat dibandingkan dengan gelaran setahun yang lalu MotoGP Le Mans 2017 . . . salah satu Bukti otentik yang tak terbantahkan adalah beberapa Kali Laptime Record 2016 Jorge Lorenzo dikoyak koyak pada race weekend Le Mans 2018 bahkan sebelum Sesi Kualifikasi 2 . . Nah Yang ajdi pertanyaan, bagaimana sih sebenarnya Progress kenaikan performa masing masing team ( pabrikan ) Di Le Mans 2018 ini . ..  Dengan Memasukan Manual sebanyak 330 data Laptime, tmcblog coba buatkan 15 Grafik yang mudah mudahan dapat memberikan gambaran menyeluruh dari masing Masing pabrikan. Untuk data di bawah tmcblog ambil data Laptime Pembalap tercepat pada race tahun masing masing untuk setiap pabrikan ya, Jadi misalnya 2017 Honda Yang tercepat Dani Pedrosa, Race 2018 Yang tercepat marc Marquez dan seterusnya . . Cekidot deh sob

Di atas adalah Rata rata Laptime Masing masing pembalap dari pabrikan yang tercepat pada race MotoGP lemans 2017 dimana saat itu Maverick Vinales menjadi Juaranya . . terlihat Data Laptime rata rata yamaha adalah yang paling kecil which is artinya paling cepat di antara yang lain disusul Honda, Ducati, Suzuki, KTM dan Aprilia.

Di atas adalah Rata rata Laptime Masing masing pembalap dari pabrikan yang tercepat pada race MotoGP lemans 2018 dimana saat itu Marc Marquez menjadi Juaranya . . terlihat Data Laptime, rata rata Honda adalah yang paling cepat di antara yang lain disusul Ducati, Yamaha, Aprilia, Suzuki, dan KTM.

Nah seperti apa sih progress detail peningkatan Laptime masing masing pembalap pabrikan Tercepat ? . . silahkan simak Grafik grafik di bawah ini sob . .

Honda

Terlihat memang Honda RC213V 2018 yang dipegang Marc Marquez lumayan lebih cepat hampir di setiap lapnya sob dibandingkan saat 2017 ketika itu dani pedrosa yang tampil sebagai tercepat . . Progress paling menarik adalah Marc Marquez berhasil mempertahankan performa sampai di akhir race . . Mungkin karena strategi brilian pemilihan ban hard Ya ?

Jika dihitung rerata laptimenya, Race Le Mans 2018 Honda terlihat Naik ( lebih cepat ) sekitar 0,528 detik per lap dibandingkan Tahun 2017 yang lalu . .

Ducati

Terlihat Ducati GP18 yang digeber Petrucci di 2018 hampir sepanjang Race bisa membubuhkan Laptime lebih cepat dibandingkan race 2017 yang saat itu GP17 dipegang oleh Andrea Dovizioso. Namun terlihat di 4 Lap terakhir Laptime Petrucci merosot dan ini berbeda dengan kejadian tahun lalu dimana Laptime Dovi malah bisa membaik di akhir Race.

Secara umum Laptime Ducati GP17 di race yang sama tahun 2018 berhasil menorehkan rerata Laptime 0,568 detik per lap lebih cepat dibandingkan tahun 2017 . . lebihpositif  progressnya dari Honda sebenarnya nih

Yamaha

Mayoritas Laptime Rossi di atas Yamaha M1 tahun ini memang bisa sedikit lebih cepat dari Laptime Maverick Vinales di atas M1 Taun 2017 pada sirkuit yang sama Le Mans . . .Namun seperti juga Grafik Petrucci, di akhir akhir Lap, Laptime Rossi merosot dan ini berbeda dengan trend grafik laptime Maverick di race 2017.

Jika data data di atas dihitung secara rata rata, race Yang dilakukan Oleh Rossi di tahun 2018 ini menghasilkan rata Rata Laptime Yang lebih cepat sebesar 0,054 detik per-lap Lebih cepat dibandingkan Tahun 2017 . ..  Nggak terlalu besar memang, lumayan inline dengan keluhan keluhan yang diutarakan Baik Rossi dan Vinales pasca race kemarin.

APRILIA

Di atas adalah Perbandingan Progress laptime Aprilia tahun 2018 dan 2017 . . terlihat besar ya Gapnya? . . Yap ada peningkatan sangat signifikan dalam hal Laptime buat aprilia .. berapa besarnya ?

Setelah dihitung rerata Laptimenya, pada race MotoGP Le Mans 2018 Aprilia mengalami peningkatan sebanyak 1,261 detik per lap lebih cepat dibandingkan mereka tahun 2017 yang lalu . . widih tembus lewat dari 1 detik bro . .

SUZUKI

Bagaimana suzuki? Yap GSX-RR tahun 2018 juga mengikuti Trend umumnya MotoGP 2018 yakni lebih cepat dari 2017 . . secara trend grafik, fluktuasi naik turun laptime di 2018 keika digeber Alex Rins nggak jauh beda dengan 2017 ketika dipakai Andrea Iannone . . berapa besar Progressnya ?

yap rerata Laptime Suzuki GSX-RR 2018 lebih cepat sekitar 0,994 detik per lap lebih cepat dari Tahun 2017 . . wihhh ini juga hampir mendekati 1 detik lebih cepat . .

KTM

Menarik melihat Data KTM RC16 nih sob, karena baik yang tercepat race 2018 dan 2017 orangnya sama Yakni Pol espargaro . . jika dilihat sekilas dari Grafik, pasti semua sobat setuju bahwa di Le mans Pol espargaro lebih cepat dibandingkan tahun 2017 yang lalu ditempat yang sama  . . dan melihat gapnya yang ‘menganga’ tentu kita kepo seberapa cepat Pol espargaro tahun 2018 ini di le mans ?

yap dari Grafik data di atas diketahui Rerata Lap time Pol espargaro di Lemans 2018 lebih cepat sekitar 0,937 detik bila dibandingkan Tahun 2017 . ..  nahhh sepertinya perubahan firing Order Screamer ke BIg Bang dari RC16 plus ditambah kemungkinan perubahan putaran Crankshaft telah memberikan progress yang lumayan positif bagi KTM . . . Lalu Gimana Recapnya ? Cek grafik berikut deh  . .

yap Grafik di atas adalah Grafik recap seberapa cepat Pabrikan MotoGP di Le Mans 2018 dibandingkan dengan race Le Mans 2017 . . telihat Aprilia yang punya Grafik paling tinggi menjulang merupakan pabrikan paling memiliki Progress positif di lemans 2018 dibandingkan Le Mans 2017. Progress Paling kecil ada di Yamaha, namun dengan progress yang kecil ini masih tetap membawa Podium bagi yamaha Via valentino Rossi . . . Honda sendiri walaupun memenangkan race di Di Le Mans Via Marc Marquez, peningkatan performanya hanya menempati Nomor 5 sob setelah Aprilia, Suzuki, KTM , dan Ducati . . Silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

41 COMMENTS

  1. hasil test barcelona gimana mas bro..? Ada rekap lengkapnya?
    Tadi buka ig circuit catalunya andrea fastest dengan waktu 1:40.422 waktu unofficial sih, tapi ngeri banget padahal bestlap catalunya baru 1:43.589 atas nama MM..
    Ini beneran apa saya ngehalu ya ga saur??
    3 detik dipangkas, diaspal ulang kah?

    Guest
    • Bener bro tapi sepenglihatan saya yang ikut cuma Factory dengan konsesi. Kalau masalah ngeri-ngerian lebih ngeri laptime nya Lewis Hamilton Merc-AMG F1 belum lama ini. Cuma 1:16:xxx gilak semenit 16 detik gimana rasanya.

      Guest
    • @uyeah: kenapa lebih cepet waktunya ? itu karena layout sirkuit catalunya dirubah lagi tahun ini dan tidak semua pembalap yang ikut test, hanya beberapa pembalap saja yang dipilih dorna untuk menjajal layout terbaru dari sirkuit catalunya.

      Guest
    • @arko
      agak kurang pas bro kalo perbandingannya F1, F1 bannya ada 4, kecepatan mobil F1 di tikungan jauh di atas motogp. tapi akselerasi motor motogp masih lebih ngeri dari F1, plus top speed motogp masih lebih tinggi dari F1 di sirkuit yg sama

      Guest
  2. Kalo liat statistik,brrti jelas bukan yamahanya yg bermasalah,tapi hondanya yg berkembang lebih pesat

    Guest
    • Justru terbalik. Liat semua pabrikan progresnya cukup signifikan lebih cepat, kenapa cuma yamaha yang bisa di bilang ga ada perubahan dari tahun lalu.

      Guest
  3. Sudah keliatan khan tim pabrikan mana yg gak ada pengembangan secara teknis!

    Kenceng dimulut dimukut media doanx sichh

    NATO

    Guest
    • Yamaha lbh cepat sbtulny tp Honda jauh lbh nylonong… Naik signifikan 0.5 dtik dr th kmarin 😁

      Guest
  4. Honda ke 4 dalam hal gap peningkatan karena tahun2 sebelumnya emang dah kompetitif.
    Selisih nya kecil aja.
    Beda lah dari sebelah 😃😃

    Guest
  5. ini analisa yang ga ad di blog lain sepertinya, mantap wak haji jadi punya parameter sendiri nih, yang menarik memang melihat pabrikan aprilia, ktm dan suzuki seberapa besar peningkatannya

    Guest
    • Itulah kenapa tmc saya bookmark paling atas.. paling beda😁 dapet ilmunya dapet infonya

      Guest
  6. Hasil aprilia ga bisa jadi acuan tercepat sebenernya karena performa sam lowes yang kurang greget selama 2017.. kalo aleix espargaro ga crash di lemans tahun lalu pasti aleix tercepat lemans2017 diatas aprilia.. dan perbandingan taun ini dan taun kemaren atas nama aleix ane rasa ga besar.. mungkin setara ktm/suzuki lah sekitar 0.9 detikan

    Guest
  7. Wak bikin analisa konsumsi bbm moto3-motogp dong kalau ada datanya? Penasaran aja kalau dipakin santai hehhee

    Guest
    • wah konsumsi bbm
      ntar kalo boleh saya pinjem motornya siapa githu, mungkin nakarin isi satu liter bensin dibawa muter2 . . penasaran mogoknya berapa km hehehe

      Administrator
  8. KTM belom pake backward rotating ya?apa emang buat hadiah spesial Zarco tahun depan jadi belom dipake full tahun ini😂

    Guest
    • Zarco nongol, RC dirombak ulang sebagian wkwk, rugi lah mw develop motor taun ini, melihat rider2nya empot2an n mager2an

      Guest
  9. aleix memang pembalap pengembang yang baik dan tidak neko neko. sayangnya justru pembalap macem ini malah dibuang sama suzuki dan tahun pertama ditinggal aleix langsung jeblok kedua pembalapnya salah pilih mesin. hahaha

    Guest
  10. hmm.. ternyata yg selama ini buat yamaha kelihatan merosot karena team lain yang perkembangannya sangat signifikan.

    Guest
  11. Udah berkali2 Marc dan Tim sangat tepat dalam strategi ban, kalau sekali dua kali mah boleh kita menyebut beruntung, nah kalau udah berkali2 itu namanya MASTERCLASS!!!

    Guest
  12. Tahun depan yamaha akan bawa balik lorenzo diteam satelit bersama morbidelli. Akan dikontrak pabrikan tapi ditaruh di satelit. biar pengembangan motor kuat kyk ducati dgn petruci dan honda dgn crutlow Wow akan lebih seru neh,,Marquez vs dovi vs petruci vs rossi vs lorenzo vs vinales. Bisa jadi ya…blm fix 100%. tapi.Untuk wsbk bakal lebih seru tahun dpn. tahun ini gak ad gaungnya ya.,mgkn krn g ad siaran langsung.

    Guest
    • Yap Ke rossi bisa
      apakah ke Lorenzo juga akan bisa ?
      secara ‘aset’ keduanya agak sedikit berbeda

      Administrator
  13. padahal m1 2018 pengembangannya hasil masukan dari kakek legend. malah lebih stuck prestasinya di banding awal musim lalu. kemudian dicarikan kambing hitam bernama ECU. uda ngeles hampir 1 dasawarsa zonk kok masih percaya gitu aja omongan kakek legend.. andai pengembangan motor m1 tetap dari input vina bisa jadi tahun ini lebih moncer neng vina. sayang keegoisan kakek legend merusak segalanya..

    Guest
  14. M1 sudah ada peninggkatan dari tahun lalu 2017 (padahal juara via neng vina)
    tapi mengapa tahun ini kalah saing, sepertinya masalahnya ada di pembalapnya mungkin.

    Guest
  15. Ada kemajuan dari Tim KTM, Aprilia dan Suzuki mengikuti Honda dan Ducati. Cuma Yamaha yg masih belum terlalu besar perubahan kemajuannya malah bisa di bilang mentok jln ditempat. Mungkin Yamaha bingung arah tujuan pengembangannya!!! Mau ikut gaya rosi atw vinales!!! Tp blm ada yg cocok dgn mesin yamaha. Entahlaahhh.. Moga aja Semua tim makin kompetitif biar tambah rameeee….

    Guest
  16. wak, penasaran analisa gaya pembalap (cara ngerem, ngambil line, alus – kasar, dll).
    bisa ga ya dibikin? luar biasa lagi kalo ada grafik/gambarnya. 😀

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.