TMCBLOG.com – Bro sekalian, Galang Hendra Pratama siap kembali bertarung dalam seri lanjutan balap WorldSSP300 di Sirkuit Brno, Ceko, akhir pekan ini (8-10 Juni). Terlepas dari kenyataan belum pernah berkompetisi di lintasan Brno namun motivasi kuat untuk meningkatkan prestasi menjadi pijakan pembalap binaan Yamaha Indonesia tersebut.

Tahun pertama berkompetisi full-series di berbagai trek di Eropa adalah langkah pembelajaran bagi Galang Hendra untuk mengenal dan memahami lintasan. Alhasil, akan menjadi modal bagi Galang Hendra untuk bersaing di musim selanjutnya. Termasuk proses komunikasi yang terjalin dengan kru atau manajemen tim.

Galang Hendra yang membela tim Yamaha Biblion MotoX Racing akan bertarung seoptimal mungkin untuk berprestasi lebih baik dari sebelumnya. Konsisten mewujudkan semangat Merah Putih Semakin Di Depan. Problem adaptasi sirkuit tidak menjadi masalah serius. Sudah sering terbukti nyata, Galang Hendra dapat berprestasi pada trek yang baru dikenalnya. Bahkan pernah meraih podium juara saat final WorldSSP300 di Jerez, Spanyol (2017).

Sehubungan trek Brno Ceko sendiri memiliki panjang 5,403 km dengan menu 14 tikungan. Masing 8 tikungan ke kanan dan 6 ke kiri. Trek lurus utamanya sepanjang 636 meter dan arah lintasan searah jarum jam (clockwise).

“Seperti biasa saya sudah pelajari sirkuit ini mulai dari Play Stasion dan di YouTube. Practice nanti saya harus cepat untuk beradapatasi dengan sirkuit dan set-up motor. Saya berusaha untuk bisa fight di rombongan depan dan berusaha memperbaiki klasemen poin,” ucap Galang Hendra.

Saat ini Galang Hendra menjadi yang terbaik diantara semua pembalap Yamaha yang menggunakan YZF-R3 berdasarkan hasil putaran WorldSSP300 di Donington Park, Inggris, beberapa waktu lalu (27 Mei). Galang Hendra yang start dari grid ke-11 sukses finish ke-9. Menembus dominasi Ninja 400 dan RC390 yang notabene memiliki kapasitas silinder yang jauh lebih besar.

Racer usia 19 tahun asal Yogyakarta ini terbaik diantara semua pengendara R3 dalam konteks klasemen sementara WorldSSP300. Saat ini Galang Hendra ada di posisi ke-12. Diatasnya ialah 7 petarung Ninja 400 dan 4 lagi mengaplikasi RC390.

Menurut Yamaha, Pihak penyelenggara (Dorna) memang belum menemukan formulasi yang tepat agar pertarungan menjadi lebih kompetitif sehubungan pembatasan RPM mesin dan bobot maksimal. Sebagai gambaran saat WorldSSP300 Donington Park, Inggris, top speed atau kecepatan puncak Ninja 400 dan RC390R berkisar pada 196 km/jam, sedangkan Galang Hendra menorehkan 191,7 km/jam. Perbedaan yang signifikan, Itu belum termasuk keunggulan dalam akselerasi.

Catatan penting saat WorldSSP300 Donington Park, Inggris, Galang Hendra yang berasal dari Yogyakarta dapat mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 43,863 detik. Lebih baik 0,6 detik dibanding sesi kualifikasi yang menorehkan waktu 1 menit 44,460 detik.

Galang Hendra juga menjadi yang terbaik diantara para rider yang tergabung dalam program bLU cRU Challenge 2018 dalam konteks klasemen sementara WorldSSP300. Mulai Luca Bernardi di deretan ke-19, Dennis Koopman di peringkat 23. Sedangkan Hugo De Cancelis dan Jeep Overbeeke belum juga memperoleh poin.

Adapun latihan bebas (Free Practice) WSSP300 Brno, Ceko akan dimulai pada hari Jumat (8 Juni). Untuk jalannya race WorldSSP300 akan berlangsung pada pukul 14.20 waktu Brno, Ceko atau jam 19.20 WIB, Minggu (10 Juni).

Based on YRI info

10 COMMENTS

  1. Harus belajar sama lorenzo ini,
    Biarpun top speed gak sekenceng yang lain tapi laptimenya lebih kecil dan konsisten

    Guest
  2. sayang niih bocah, pliss Yamaha bikin tim di moto2, kan mesin bukan Honda lagi.
    Yamaha terkenal pembuat chasis terbaik dan paling mudah diajak belok, bahkan katanya pakai Chasis Yamaha bisa masih bisa belok saat belok saking gampangnya diajak manuver.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.