TMCBLOG.com – Bro sekalian, seperti yang sobat sekalian bisa lihat di Grafik atas, Distribusi Sepeda motor secara wholesale dari Pabrik ke diler pada Bulan Mei 2018 Yang sebesar 589.304 unit Sepeda motor  merupakan angka terbesar sepanjang 5 Bulan pertama 2018 . . Kayaknya menjelang Lebaran Banyak Konsumen memutuskan untuk memesan Motor baru nih  . . bahkan angka ini lebih besar dari angka distribusi April 2018 yang sebesar 580.921

Dengan Jumlah Distribusi sepeda motor Multi varian sebanyak 436.727 Honda AHM menguasai 74,11% pangsa pasar sepeda motor mei 2018 . . . angka ini turun bila dibandingkan Bulan sebelumnya sob dimana AHM berhasil distrbusikan 458.499 Multi varian

PabrikanJanuari 2018Februari 2018Maret 2018April 2018Mei 2018
1. Honda345.957339.152384.187458.499436.727
2. Yamaha122.98985.429133.126113.182140.068
3. Kawasaki7.50910.45613.9692.2824.828
4. Suzuki6.0514.5004.0766.9547.663
5. TVS314912418
TOTAL482.537439.586535.370580.921589.304

 

Angka ini diikuti oleh yamaha sebanyak 140.006 Unit atau menguasai sekitar 23,77 Market share Mai 2018 .. Suzuki tetap di posisi ke tiga setelah mengovertake Kawasaki bulan lalu. Di Bulan Mei 2018 angka distribusi 7.663 Unit sepeda motor Suzuki atau menguasai 1,3 % pangsa pasar. Kawasaki di Bulan mei 2018 menguasai 0,82% pangsa pasar dengan angka distribusi 4.828 unit. Sementara TVS hanya mendistribusikan 18 Unit Motor di Bulan Mei 2018 sob

Dengan angka tersebut, Jika diakumulasi januari – Mei 2018 telah terdistribusi total 2.627.718 unit sepeda motor lintas brand dan lintas Varian. Honda menguasai 74,76% pangsa pasar dengan angka 1.964.522 unit terdistribusi selama 5 bulan ini. Diikuti Yamaha yang meraih 22,64% pangsa pasar dengan total distribusi 5 bulan pertama 2018 sebanyak 594.794 Unit.

Akumulasi januari – Mei 2018, Walaupun drop lumayan di April dan Mei, Kawasaki masih menempati posisi ke tiga dalam angka distribusi 5 bulan pertama 2018 dengan angka 39.0044 Unit atau menguasai 1,49% pangsa pasar. Suzuki masih di Posisi 4 dengan penguasai 1,11% pangsa pasar dengan 29.224 Unit. TVS mendistribusikan ke pasar domestik sebanyak 114 unit motor di 5 bulan pertama 2018 ini sob . .

Dari Grafik di atas terlihat, walau menghegemoni Pasar Domesitik sepeda motor Honda agak turun di Mei 2018 dibanding bulan sebelumnya sementara itu Yamaha dan Suzuki menorehkan angka tertinggi di  Bulan Mei 2018 . . silahkan dikunyah kunyah sob

Taufik of BuitenZorg

23 COMMENTS

  1. Wak haji ..
    Tolong warna grafiknya ( yang vertikal) ditukar wak…
    Bikin bingung…
    Kirain yg biru yamaha…eh ternyata ngondyah…

    Guest
    • Mereka main ekspor bro, gak mungkin lah jualan lokal cuma 100an bisa nutup biaya operasi

      Guest
  2. Sepertinya distribusi Lexi, aerox dan nmax digenjot menjelang libur lebaran. Sedangkan Honda mengerem distribusi, mungkin stock Vario masih sisa di dealer

    Guest
  3. Dengan lahirnya nex2,suzuki kedepan diperkirakan trennya akan positif.apalagi klo bs secepatnya mngeluarkan produk2 bru yg sesuai selera pasar di indonesia.bkn tdk mngkin era kejayaan shogun akan terulang kmbali..

    Guest
  4. Wak, boleh minta penjelasan?
    Mengapa TVS masih bisa bertahan dengan angka penjualan (/distribusi) yang sekecil itu?
    Apakah benar yang seperti dikatakan rekan2 diatas, “tertolong penjualan ekspor”?

    Terimakasih..

    Guest
  5. TVS masih jualan krn ekport bagus juga meski klh am yamaha. apalagi 310 nya ntar bakal laris kyknya. btw aisi kan pengiriman motor ke dealer ya.nah yg dealernya berkali lipat pasti pengirimannya berkali lipat kan. ya wajar seh…toh ms ducati am harley kecil namun mreka kokoh. Bikers santai sajalah hehehe

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.