TMCBLOG.com – Bro sekalian, musim 2018 ini Dorna tidak merilis penggunaan detail mesin dari tiap tiap rider pada setiap sesi race weekend . . namun sebagai gantinya Mereka merilis rekap kesimpulan pemakaian Mesin sampai beberapa seri . . seperti salah satunya saat Seri ke 7 Di Circuit De barcelona – Catalunya ini  . .

Untuk team team factory minimal di Seri ke 7 ini mereka suah memakai 3 mesin. HRC Repsol Honda dan Suzuki ECstar untuk pasangan Pembalapnya masing masing telah menggunakan 3 mesin secara bergantian sampai di Catalunya ini . . . Perkiraan tmcblog Ducati pun sebenarnya punya strategy rolling penggunaan Mesin yang sama dengan repsol Honda dan Suzuki Ecstar  . Namun kejadian Masalah mesin GP18 Dovi diMugello yang lalu.

Jika sobat sekalian mengikuti artikel tematis ini ditahun tahun yang lalu, sobat pasti ngeh bahwa yamaha Movistar memang punya strategy yang berbeda dibandingkan team Pabrikan lain . . . terlihat sepertinya mereka lebih sering me-rolling mesin mesin dalam waktu yang ebrdekatan . . karena mesin sering di rolli, kesannnya seperti Baik Rossi maupun Vinales banyak banget menggunakan mesin . . sampai jelang Catalunya saja keduanya sudah memakai 4 mesin . . bandingkan dengan team factory Lain yang umumnya baru menggunakan 3 mesin . .  namun Ya itu semua sudah ada ukuran dan sudah ada jadwal pakainya tentu . .

Untuk team independent/ Team satelit pun sebenarnya ..  penjatahan mesin tetap sama dengan team factory . . bergantung apakah mereka termasuk pabrikan Konsesi atau tanpa Konsesi . . menarik melihat Tom Luth baru menggunakan 2 mesin RC213V sampai jelang barcelona nih . . sementara itu Yamaha Tech3 melakukan strategy rolling yang berbeda dengan team factory mereka Yamaha Movistar . . baik Zarco Maupun Hafizh Syahrin baru menggunakan 3 mesin yamaha m1 . . ya beda management beda juga tentu strategynya . .

taufik of BuitenZorg

12 COMMENTS

  1. Jadi kurang mendetail,ga kayak tahun kemarin yg masih dalam bentuk tabel

    Cal masih jadi developer rider, H yg lain masih pake 3 dia udah pake 4

    • Mungkin ada request dr pabrikan jangan dijabarkan per seri..kesannya kan ada yg buruk dalam manajemen mesin(IMHO)…

  2. Pabrikan yang memakai mesin dengan jumlah paling sedikit kelihatan sekali kalo memaksimalkan batas kekuatan mesin per unitnya.

    Tapi pabrikan yang cenderung memakai banyak mesin seakan2 meminta banyak bantuan kepada mesin2 baru ketimbang memanfaatkan batas kekuatan mesin dengan jumlah paling minimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here