TMCBLOG.com – Bro sekalian, Jika di artikel sekuel pertama Data AISI lengkap 2009-2018 kita telah membahas secara Umum bagimana dan dimana posisi sepeda motor jenis sport bila dibandingkan dan dipetakan bersama varian varian moped dan Scooter untuk 2009-2018, maka melanjutkan artikel dinamika segmen motor jenis Sport di 5 bulan pertama 2018 di artikel ini tmcblog nggak akan setengah setengah menghadirkan data  . . tmcblog akan bawa sobat semua untuk melihat lebih detail, fokus dan mendalam mengenai seperti apa Dinamika varian sepeda motor Sport di Pasar Domestik Indonesia pada kurun waktu 2009 sampai 2018  . . Cekidot deh  . .

Dari Grafik di atas dapatlah sobat sekalian lihat perkembangan share Market Di varian Motor Sport semenjak Desember 2009 sampai Mei 2018 . . .Grafiknya mengingatkan kita pada sebaran statistik kurva gunung standar deviasi dimana selama kurun waktu Hampir 10 tahun semenjak 2009, peak tertinggi distribusi Sepeda Motor tipe Sport terjadi di sekitar Maret-Juni 2014.

Sobat bisa lihat dari Grafik di atas warna Biru yang merupakan bagian dari angka distribusi varian sport Yamaha mulai dari Desember 2009 sampai sekitar pertengahan 2016 menguasai dalam artian menjadi Brand yang mendistribusikan Motor jenis sport terbanyak dibandingkan Brand Lain . . . .

Terlihat Pula bahwa ada grafik kuning ( Suzuki ) hanya berada di awal dan akhir, saat peak distribusi Sport melonjak di Maret-Juni 2014 . . . area luasan kuning ( suzuki ) malah sangat minim . ..  sobat bisa lihat juga ada kebangkitan kembali diri Suzuki di akhir akhir Kurva

nahhh dari Grafik di atas dapatlah dilihat bahwa di Desember 2009, Jumah sport Yamaha yang terdistribusi tetap paling banyak namun jumlahnya hampir dikejar oleh Sport Honda . . .Namun setelah desember 2009 sampai april 2015 ( lama Juga Yah 5,5 tahun-an ) Yamaha terus meroket angka distribusi Varian sportnya . ..  Honda Juga naik, Namun belum bisa menggoyang yamaha . ..  Mulai antara september 2014 Jumlah Varian sport Yamaha dan Kawasaki yang didistribusikan terus merosot sampai saat ini  . ..  Sedangkan  Honda Mulai Agustus 2015 Mulai Naik selama setahun walau setelah itu kembali turun lagi . .

Dari Grafik share market di atas Juni 2016 adalah momentum dimana share Market sprt Honda dan Yamaha beririsan dan setelah itu Hodna jadi Pemimpin share Market Sport diikuti Yamaha, Kawasaki dan Suzuki . .. Menarik melihat bahwa Grafik Honda dan Yamaha seperti Cermin . ..  ketika satu naik, yang satu turun dan sebaliknya  . . . Yap Honda Dan Yamaha sedang dalam fase berkebalikan saat ini sob . . sedangkan kawasaki cenderung stagnan ..  sementara itu sobat bisa lihat efek hembusan produk GSX-series cukup sigifikan mengatrol share Market Sport suzuki dari awal sangat terpuruk sampai berhasil memperoleh diantara 5-10% . . Silahkan share opinimu sob, Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

23 COMMENTS

  1. Bukan bearti Yamaha gak head to head (seperti yg diplintir Fansbhoike) sebelah justru
    Yamaha berkelas risi ngekorr dijiplak Honda melulu…

    Guest
    • Iya risih sampe desain kang SPBU diturunin…😆😆

      Eh bukannya laku malah nyungsep..wkwkwkwkwk😆😆

      Guest
  2. Bebek? Dari dulu Honda,
    Matic? Yamaha yg diambil alih honda.
    Sport? Dulu banget (jaman GL – Tiger) Honda, direbut Yamaha (Vixion), Balik Honda lagi.
    Semua dihonda?
    Why?
    Kesalahan utama YAMAHA (fb) itu ngatain Honda motor bapak bapak.
    Jadilah bapak bapak beli honda, punya istri dibelikan honda, punya anak minta dibelikannya yamaha, ehhh sekarang model honda asik asik. Jadilah minta honda gantinya. Bapak suka anak suka lah jadinya. Punya cucu tertanamlah brand honda.

    Guest
    • Coba disini siapa yg bapaknya pake honda tapi sendirinya (pernah) bersikeras pake yamaha?

      dulu :
      Bapak Supra
      Saya Vega New (alasan lebih cepat 110 vs 100cc)
      Mio Sporty (lebih murah 12jtn vs Vario 15jtn belum ada beat. + Lebih mudah dioprek)
      Sekarang pake Honda.

      Guest
    • ExPatriot Vario gen 1 saat belum ada beat masih 13 jutaan gan saat vario techno rilis baru nyentuh harga 15 jutaan

      Guest
  3. Satu momentum yg ga trlupkn.
    Yamaha motor apa adanya.
    Di banderol selangit.
    Yaa.. ga kebeli sama Fby miskin

    Guest
  4. Mindset orang awan

    Honda. : motor irit
    Yamaha : motor kencang
    Suzuki. : motor kuat
    Kawasaki: motor gede

    Guest
  5. Yamaha gak bisa jaga momentum. . . selalu always gak pernah never kuat head to head. . . Facelift makin buruk, bukan makin bagus.., ,

    Honda beda, bisa jaga momentum, saat jadi pemuncak, Era Tiger jadi pembelajaran penting, .. .

    Guest
  6. sepertinya efek juara motogp nya dari motor apa, 2013 Honda mulai menjuarai Motogp (grafik Honda naik),sampai 2015 diselingi JL juara di Yamaha, setelah itu 2016 Honda menguasai motogp…

    Guest
  7. Kemampuan beli motor masyarakat bisa jadi tolak ukur kemampuan finansial.

    Entah apa yg dilakukan pemerintah di pertengahan 2014, sampe bikin daya beli masyarakat turun gini. Padahal secara model dan varian motor semakin oke.

    #2019GantiKalender

    Guest
    • Banyak gan, salah satunya daerah ane tinggal, sejak 2012 harga karet anjlok drastis. Masuk 2014 itu udah rendah banget, bisa 2000-3000 perkilo di pengepul. Dan itu anjloknya lama sampai bertahun tahun. Mulai 2017 mulai naik lagi sampe 12000an perkilo dengan sistem tender, tapi perlahan turun sampai 6000an sekarang. Apalagi harga rupiah yg makin anjlok, harga 6000 kayak gak berasa. Asli kerasa banget bedanya.

      Ini daerahku, mana daerahmu?

      Guest
  8. Motor YMH itu sebetul nya sgt enak dan nyaman dan stabil dikendarai. Cuma partnya cepat minta diganti dan kalo udah pernah jatuh langsung gak enak blas.

    Guest
  9. Ayolah Honda kejar kualitas produknya, bikin diferensiasi yg baik.. jangan kbanyakan pake Common Parts, banyak yg kecewa!!
    Level harga bedakan kualitas, jangan sampai kasus penyakit tensioner klotok berjamaah di mesin k56 series (Sonic, GTR, CB, CBR) banyak raport merah di ahass..
    Tolong atensinya,
    Thanks

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.