TMCBLOG.com – Bro Sekalian, Mungkin dalam waktu dekat ini di gelaran race weekend MotoGP Assen 2018 detail dari project Yamaha – Petronas akan secara resmi hadir. Sampai saatnya nanti negosiasi antara keduanya jelas terus berlangsung secara intensif. Kontak Malaysia Dato Razlan Razali, Direktur SIC the Sepang International Circuit dan Petronas sebagai Sponsor Utama, Dorna sebagai Almamater, Yamaha sebagai penyuplai Teknis Motor dan Team Angel Nieto sebagai team workshop yang akan punya tanggung jawab teknis memanagenya nanti.

Petronas yang merupakan partisipan aktif dan bukan lagi tergolong baru terutama di kelas Moto3 dan Moto2 akhirnnya memutuskan untuk ‘ naik kelas’ memasuki dunia MotoGP dengan proyek ambisius yang tentunya ditopang oleh ekonomi yang kuat. Sepanjang yang bisa saya infokan, fase pertama dari project Petronas yamaha ini akan berlangsung TIGA TAHUN dengan ketentuan bila hasilnya bagus project ini akan diteruskan ..  sampai kapan? Belum ada ketegasan, namun pembicaraan jangka Panjang yang bisa terdengar sampai saat ini adalah project 8 tahun secara total . ..  wihhh 2019 – 2026 nih sob

Kepala project ini adalah Ahmad Razlan Ahmad Razali yang selain merupakan petinggi SIC, Juga merupakan Manager dari beberapa Pembalap termasuk Hafizh Syahrin dimana Untuk Hafiz sendiri secara ironis bahkan tidak masuk dalam project ini. Kenapa bisa begitu, Padahal logikannya secara umum Hafizh bisa ikut serta diboyong ke Project Yamaha Petronas ini? Kemungkinan jawabannya adalah karena deal dengan KTM terjadi sebelum wacana Project Petronas Yamaha hadir secara kuat

DORNA , di tangan CEO nya Mr Carmelo Ezpeleta punya kunci penting pula dalam project ini dan dalam beberapa kejadian yang terjadi sebulan belakangan dalam konstelasi #SillySeason pembalap MotoGP. Ezpeleta-lah yang menjadi Key Person dibalik negosiasi yang membuka peluang Jorge Lorenzo merapat ke Honda ketika kondisinya berada di ujung tanduk ( sebelum GP Le-Mans ) karena Ducati secara manufaktur mulai menghadirkan kesan mau menyingkirkannya. Ezpeleta juga yang ‘berdiskusi ‘ dengan Pedrosa tentang persiapan team barunya nanti. Dan Ezpeleta jugalah yang menghubungi Yamaha untuk meyakinkan agar bisa menyuplai motor untuk Team Project baru ini  . .

Yamaha, Pabrikan Jepang ini sudah siap sejak awal untuk ikut serta dalam project ini. Awalnya mereka berharap pada kehadiran Jorge Lorenzo, dan sekarang mereka menambahkan list dengan nama nama pembalap bertalenta Lain seperti Dani Pedrosa dan Franco Morbidelli.

Pedrosa dipilih karena panjangnya pengalaman di kelas MotoGP yang hanya bisa di kalahkan oleh Valentino Rossi. Dan juga karena 13 tahun ia berada di naungan HRC sehingga ia akan bisa hadir dengan informasi yang akan sangat berguna bagi team pabrikan dari Iwata ini. Bukan artinya Pedrosa tahu rahasia industri Honda, namun jelas Pedrosa dapat secara komparatif membandingkan antara RC213V dan Yamaha YZR-M1 khususnya mengenai elektronik yang saat ini merupakan kunci kekompetitifan di MotoGP

Kehadiran Franco Morbidelli juga cukup menarik karena posisinya sebagai pembalap muda yang akan bisa disiapkan menjadi bintang dimasa yang akan datang. Dan jangan Lupa soal Rossi, Morbidelli merupakan pembalap pertama hadir di MotoGP dari project pribadi Valentino Rossi bertajuk VR46 Rider Academy. Mendapatkan Rossi berada di sampingnya dan menggunakan motor yang sama tentu akan menjadi Boost khusus buat Morbidelli kedepan . .

Untuk Yamaha, pertanyaan pentingnya adalah, akan seperti apa material yang akan mereka supply ke team satelit baru ini. Opsi A adalah Kebijakan yang sama dengan apa yang pernah dan saat ini diperoleh oleh Tech3 dimana di awal musim team memperoleh replika dari versi terakhir Yamaha M1 tahun sebelumnya. Dari sana, akses untuk memperoleh pengembangan motor selanjutnya dapat terjadi salah satunya dengan membayar setiap akses pengembangan. Ini lah yang dilakukan oleh Yamaha sampai saat in. Dan melihat kebijakan pengetatan ikat pinggang yang mereka lakukan, Hanya alasan alasan ektrim-lah yang bisa mengubah strategi ini.

Dan salah satu alasan ekstrim ini lah yang bisa digunakan untuk team Petronas Yamaha ( khususnya Dani Pedrosa ) nanti dimana Dani akan menjadi semacam Pembalap Developer persis seperti yang saat ini dijalani oleh Cal Crutchlow dan Danilo Petrucci. Pedrosa awalnya menolak pendekatan YZR M1 satelit, namun kita akan melihat seperti apa tarik ulur negosiasi ini akan berakhir. Dan Dutch GP akan menjadi tempat diskusi hal ini.

Assen sendiri Juga akan menjadi tempat dimana Petronas akan menjelaskan bagaimana mereka akan masuk ke dunia MotoGP.

  1. Apakah mereka akan masuk sebagai Sponsor Utama dari team yang sudah ada ?
  2. Ataukah mereka akan menyewa satu seat di team seperti yang dilakukan Aprilia dengan team Gresini?
  3. Apakah mereka akan melagkah lebih jauh dan membeli seat MotoGP?

Kita bisa mengabaikan pilihan pertama yang pada dasarnya mirip seperti bagaimana raksasa tembakau Phillip Moris berada di dalam team Ducati atau Repsol di Honda. Opsi kedua dan ketiga sepertinya lebih masuk akal.

Melihat grid MotoGP saat ini, ada 3 team yang bisa dimasuki oleh Petronas Yamaha: Team Avintia, Marc VDS dan Team Angel Nieto. Avintia sepertinya sangat kecil kemungkinan secara mereka terkait dengan Ducati dan tidak pernah sedikitpun direlasikan dengan Petronas akhir-akhir ini. Petronas membeli seat MotoGP dari team Marc VDS adalah alternatif bagus, dan untuk DORNA ini akan positif dalam sudut pandang pemecahan masalah ( finansial ). Dan akhirnya team Angel Nieto sepertinya akan menjadi alternatif paling memungkinkan saat ini.

Jadi begitulah, Project Yamaha Petronas berada dalam Fase Konstruksi. Fase yang diyakini harusnya akan segera berakhir dalam hitungan beberapa hari kedepan dalam upaya mendefinisikan Pembalap, struktur team dan tipe support motor apa yang akan disuplay oleh Yamaha . .

Manuel pecino

48 COMMENTS

  1. Dorna itu udah kaya sutradara yak..dimana saat marquez tiada lawan, dorna mengatur bagaimana lorenzo bisa dijadikan kawan skaligus rival berat untuk marquez,skaligus penyelamat karir pedrosa yg mulai menurun akibat bayang2 dr seorang marquez..Tentunya akan sangat berdampak positif untuk tontonan motogp yg skarang trasa seperti tahun 2014 disaat marquez trlalu mendominasi..

    Guest
    • betul sekali, walaupun terkadang kurang bagus juga untuk keadilan di balapan, contohnya Marquez di Argentina GP, bisa disimpulkan sendiri. yah semua hal ada positif dan negatifnya lah, itulah hidup.

      Guest
  2. Pertamina sepertinya bisa, ga usah ke moto gp dulu, ikut aja di moto3 atau moto2, secara ada beberapa rider Indonesia yang siap masuk ke situ

    Guest
  3. Ribet bener ngurus satu tim satelit sampe rsmeee bnerr di IG ,well krn “yamaha” ,manfaatin bener buat bikin rame motogp, “yamaha n honda” bener2 objek motogp bg dorna ya 😋😂

    Guest
    • hahahaha dia lagi males muncul bro. soalnya kalo dia komen selalu dijaring komennya, padahal komennya berisikan info yg bisa buat saling sharing.

      Guest
    • ngapain saya jaring2 komen keren kayak dia, ada juga saya lebih suka jaring komen orang2 yang negatif thinking kali . . weee 😛

      Administrator
    • Bro kucing dikarungin sama management ahrt/ahm kali. Kalo wak haji kayanya ga mungkin ngarungin

      Guest
  4. memang dorna itu menjadi sutradaranya. berhasil menyelamatkan karir lorenzo yg katanya karirnya hampir terancam. sebenernya bukan hanya lorenzo doank yg diselamatkan karena ada campur tangan dorna.
    yupp 2013 ada juga nasibnya kaya lorenzo, cuma sayangnya berita ini cenderung ditutupin dorna dan tidak digoreng beritanya. dia adalah rossi, ketika dia memutuskan keluar dari ducati. itu ada campur tangan dari dorna biar rossi ke yamaha, karena sempet ada penolakan dari yamaha loh. bahkan dorna sempet negosiasi sama honda tentang rossi ini.

    Guest
    • vario : hahahaha bukan bro.

      kuhcing : hahaha ini berita ditutupin sama dorna buat menjaga kredibilitas rossi, makanya ini berita gak digoreng sama media. Jurnalis Italia Maurizio Bruscolini, pernah bercerita kepada Tuttomotoriweb bahwa rossi tidak kuat bertahan diducati kalo performanya begitu begitu terus istilah kata frustasi. 2013 pas banget 1 kursi repsol honda kosong sepeninggalan stoner pensiun, nah Carmelo Ezpelata mencoba menawarkan rossi ke honda namun ditolak mentah” sama honda karena konflik 2003. sempet ditawarin ke lcr jg tp waktu itu lcr yg mengkontrak langsung pembalap gak sanggup bayar nilai kontrak rossi. sampe akhirnya Carmelo Ezpelata berbicara kepada yamaha untuk menempatkan rossi kembali ke kursi pabrikan yamaha, yamaha sempet ragu karena mengira rossi sudah habis bersama ducati tp di yakinkan sama Carmelo Ezpelata bahwa rossi masih layak dan mampu untuk balapan.
      kalo masih penasaran dan ingin baca berita lengkapnya monggo cari di arsip berita Tuttomotoriweb. dulu berita ini sempet ketutup beberapa tahun dan lebih digoreng berita marquez lompat langsung ke pabrikan, sampe akhirnya ada yang membocorkan berita ini yaitu jurnalis italia bernama Maurizio Bruscolini

      Guest
    • Motogp bkn hnya sekedar balap motor prototipe. Ini smua soal bisnis. Klo rossi dr dulu dah pensiun, scara otomatis jumlah penonton bakal berkurang. Penonton yg beli tiket langsung buat nonton di sirkuit loh. Bkn komentator yg cm bnyk omong tp cm nonton gratisan via t7 ato tv kabel..

      Guest
    • Ini mah lebih cerdas dari si Kucing. Emang bener Dorna bener-bener nutupi apapun berita buruk tentang Rossi, takut mencoreng reputasi MotoGP. Masa living legend-nya begitu, makanya Rossi sebisa mungkin dibuat terlihat baik. Termasuk tendangan macan 2015, sampai-sampai HRC yang udah berang dan mau buka data telemetri motor Marquez buat buktiin dia jatuh karena setang kanan ditendang pun berhasil dicegah Dorna. Tapi gak cuma Rossi, Pedrosa pun pernah bahkan dibuatin kelas khusus biar Pedrosa bisa juara dunia (era 800cc), tapi yang menang justru Stoner, Lorenzo dan Rossi. Walhasil karena 800cc jadi kelas mahal dinaikin lagi jadi 1000cc biar banyak privateer ikut pakai mesin superbike, berhasil naikin jumlah peserta tapi kualitas balapan justru turun. Dihapuslah CRT.

      Guest
    • wkwkwk emang sebenernya ini berita panas kalo sampe bocor banget ke media mah, seorang living legend sampe harus mencari tim dengan bantuan dorna. sayangnya ini berita ditutupin dan berhasil dibocorkan sama jurnalis italia. kalo gak ditutupin bisa jadi kaya kasus lorenzo yg beritanya selalu digoreng ke suzuki lah, ke satelit yamaha, lorenzo pensiun lah sampe akhirnya doi mantapkan diri ke repsol honda.

      wkwkwk nickname kucing lagi istirahat dulu dipertapaan 😹😹😹😹😹

      Guest
    • tapi mohon maaf sebelomnya kalo ada fumi yg kepanasan sama berita ini, karena idola mereka itu maha sempurna tapi yang namanya fakta yah rada menyakitkan.
      tapi apalah saya kalo kata si sule cuma penonton melalui tv gratisan/tv kabel tp banyak komentar. padahal yang bocorin berita ini jurnalis italia yang biasa liput langsung ke sirkuit motogp wkwkwk 😹😹😹😹😹

      Guest
  5. Langsung menggaet dua ex pembalap honda
    1. Dani sudah sangat berpengalaman
    2. Franco mantan jurdun moto2 dan calon rookie of the year

    Guest
    • gpp dari pada ngegoreng berita pembalap yang berantem, mending yang beginian kalo menurut saya 😀

      Administrator
  6. Tidak suka livery_nya..not a winning colours…
    Mungkin dibuat seperti warnya F1_nya Lewis Hamilton…keren

    Guest
    • Petronas dr dulu ya gitu bro..mulai dari Cubprix sampe kelas2 diatasnya..sudah melegenda warna tsb..sejak jaman FAARC jaman Kuan meng Heng atau Yuzi

      Guest
  7. Malaysia punya calon team motogp, bibit pembalap pun merata di MOTO3,MOTO2,MOTOGP, padahal di balap kapcay regional macam ARRC mereka imbang dengan pembalap kita, tapi menginjak level lebih atas, mereka sudah jauh di atas pembalap top kita

    Guest
  8. Kalo tim ini jadi. Bagus memang seperti kata tulisan wak haji bahwa pedrosa bisa menjadi developer rider dan pake part part baru juga. Jangan kaya kemaren kemaren seakan tim pabrikan jadi tukang tes buat zarco hihihi. Sehingga ga fokus. Dan zarco ga terlalu di pusingkan dengan part baru sehingga fokus dengan apa yg ada.

    Guest
  9. Kalo tim ini jadi. Bagus memang seperti kata tulisan wak haji bahwa pedrosa bisa menjadi developer rider dan pake part part baru juga. Jangan kaya kemaren kemaren seakan tim pabrikan jadi tukang tes buat zarco. Sehingga ga fokus. Dan zarco ga terlalu di pusingkan dengan part baru sehingga fokus dengan apa yg ada.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.