TMCBLOG.com – Bro sekalian, saat ini di kancah balapan motor produksi massal kita ketahui di kelas Intermediate, World Supersport ( WSS ) hanya ada dua contoh disparitas dalam hal kubikasi yakni 600 cc 4 silinder yang biasanya dipakai oleh brand Jepang seperti Yamaha, Kawasaki, Honda dan Suzuki, plus satu lagi mesin 675 cc tiga silinder yang digunakan oleh MV Agusta . . . Nah kedepan kelas World Supersport 600 ini sedang diwacanakan akan dikembangkan lagi soal regulasi kubikasi mesin . .

Bukan apa apa , kenyataannya di Market, preferensi konsumen terhadap kubikasi mesin di kelas ini sudah lumayan berbeda  ..  Kawasaki sendiri misalnya, sosok yang lebih laku saat ini adalah New ZX636 dibanding ZX600 . . . sekali lagi idenya adalah untuk lebih dapat lagi menghadirkan motor yang dipakai di jalan untuk bisa berlaga di kejuaraan ini  ..  Race today, sale tomorrow . .

Saat ditanya oleh Speedweek, Gregorio Lavilla, sports director of SBK promoter Dorna mengatakan bahwa memang regulasi di kelas ini direncanankan akan lebih fleksibel lagi …  Bisa jadi akan se-fleksibel kelas WSSP300 dimana saat ini bahkan diantara peserta race kubikasi mesinnya jelas banget berbeda-beda, Yamaha dengan 320 cc twin, Kawasaki dengan 400 cc twin, KTM dengan 373 cc single, dan Honda dengan 471 cc Twin . . Namun ke-4 nya bisa berada dalam satu track dengan semacam Balance Rule yang mengkombinasi limiter RPM mesin dan bobot minimal yang berbeda.

So kedepan mungkin bukan hanya mesin 4 silinder dan 3 silinder saja yang masuk ke kelas WSS600 . . Mungkin saja bisa hadir mesin super twin? Seperti mesin MT07 CP2 nya Yamaha ? Atau mesin KTM 790 ? Karena tujuan jangka panjangnya kedepan adalah agar lebih bisa menggaet pabrikan pabrikan lain seperti misalnya KTM atau Ducati agar mau masuk ke kategori balap intermediate Varian Motor sport produksi massal ini . . Semoga berguna.

Taufik of BuitenZorg

29 COMMENTS

  1. WSS600 adalah ajang yg tepat buat galang, apalagi tahun depan usia sudah 20th, apalagi yamaha kuat d kelas ini

    Guest
    • hmmm, emangnya MT 07 sudah menggunakan variable cam timing? baru tau gw, tapi iya juga sih, di cam exhaust seperti menggunakan sprocket variable.

      Guest
  2. Balance rules bullshit,wss300 aja masih tambal sulam terus gitu kok, harusnya ya tetep yg 4sil ga boleh lebih dr 600,yg 3sil harus pas 675,yg 2sil harus pas 775/790,kalo lebih dr itu ga boleh ikut
    Biar lebih head to head dan produsen ga terlalu bikin CC seenak jidat

    Guest
    • emang pabrikan bikin motor tujuan utamanya ikut wss bro? pabrikan bikin motor tertentu (termasuk kubikasinya) ya biar dibeli konsumen lah, kalau konsumen lebih prefer kawasaki 636 daripada kawasaki 600 trus anda mah suruh kawasaki stop produksi yg 636? ini balap produksi masal bro, regulasi yg menyesuaikan

      Guest
    • @visitor
      mestinya bisa kayak di WSBK, ducati 1299 panigale R produk masalnya,, yg ikut kejuaran dibikin tetep 1199cc 2 silinder sesuai regulasi, tahun depan ducati panigale V4 yg 1103cc juga turun kubikasinya jadi 1000cc sesuai regulasi untuk 4 silinder

      Guest
  3. Akibat Yamaha terlalu mendominasi nih R6. . . .butuh lawan tangguh dan bervariasi merk-nya..

    Karena terlalu dominasi jelek buat entertainment ..

    Guest
  4. Bukannya dari dulu 2 silinder memang boleh ikut dengan kapasitas maksimal 750cc? Cuma sayangnya gak ada produsen yag bikin supersport 2 silinder 750cc, dulu Ducati malah bikin 848 (850cc) jadi gak bisa masuk WSS walaupun di AMA Superbike (MotoAmerica) sama IRS 10 tahun lalu boleh ikut.

    Guest
  5. Rasah balapan wae nak beda beda cc dan konfigurasi silinder, mending fansboy aja suruh balapan BC….WKWKWKWK

    Guest
  6. Intinya cuma buat media promosi , makanya agak aneh kek wss300 antar pabrikan agak jomplang meski udh diubah rulesnya dgn balance, jd gk usah bilang balap dagelan lg !!!

    Guest
    • mesin sama persis dengan yang versi 2007, cuma perbaikan di sisi electronic dan aerodinamika, tapi bisa meningkat drastis gitu ya? jaman sekarang ternyata mesin bukan segalanya 😀

      Guest
  7. lah kalo yamaha dengan cp2nya ngikut mau pakai motor apa gak mungkin mt-7 kan?
    tapi iya juga ya ssetau saya gak ada motorsport full fairing yamaha yg berbasiskan cp2 dan cp3 engine kayak mt7 dan mt9

    Guest
  8. sy udh baca nih kmrn2 di speedweek. intinya smoga saja batal tidak jadi. nanti rumit balancing rulesnya misal klo KTM bikin supersport 790cc twin.
    lebih bagus tetap seperti rules skrg (600/4 – 675/3 – 750/2). klo ZX636 mau dihomologasi ya mesti nambah barbel bbrp kilo biar imbang

    Guest
  9. Wih sip nih.

    Sekalian buka kelas non-fairing buat hiburan.

    Dari pada Super stock mending jadi World Super Street. 😀

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.