TMCBLOG.com – Bro sekalian, Persiapan matang Team Suzuki Ecstar MotoGP dalam menghadapi seri ke-8 MotoGP yang diadakan di TT Assen Circuit, Belanda (1 Juli 2018) membuahkan hasil yang sangat positif dan menggembirakan. Di tengah persaingan ketat yang terjadi sejak awal hingga akhir balapan, Alex Rins mampu memberikan penampilan terbaik dalam menunjukan kualitas performa Suzuki GSX-RR sekaligus menunjukan tajinya di jajaran Top MotoGP Riders, hingga sukses merebut podium kemenangan di posisi ke-2 pada ketika bendera finish dikibarkan . . . Nahhh banyak pertanyaan masuk ke tmcblog mengenai update status konsesi penuh ( full concession ) dari Suzuki . . berikut ini adalah jawabannya sob  . .

Seperti kita ketahui Sampai Gelaran MotoGP Assen 2018, MotoGP telah sukses menghelat sebanyak 8 seri semenjak Seri Qatar. Pencapaian terbaik Team Suzuki Ecstar MotoGP di TT Assen Circuit tahun ini menunjukan peningkatan progress yang sangat positif dibandingkan musim balap 2017, dimana pada saat itu Team Suzuki Ecstar MotoGP belum pernah merasakan panggung podium sama sekali. Dan puasa podium pada 2017 lah Yang menjadi Background tahun 2018 ini suzuki mendapatkan status Konsesi penuh

Namun Di 2018 ini Untuk Pembalap Suzuki Ecstar, Bukan Hanya Rins di Assen yang sempat mencicipi Podium . . Saat gelaran berlangsung Di Sirkuit Termas Derio Hondo, Alex Rins pun sempat mencicipi Podium 3 dan tercatat Juga Andrea Iannone dua kali mencicipi Podium 3 baik di CoTA maupun Jerez . ..  So secara umum sampai 8 Seri ini Suzuki telah mencicipi 4 kali Podium . .

Dengan status Bahwa di 2018 ini Suzuki termasuk dalam kategori team/ manufaktur dengan konsesi penuh maka di Musim 2018 ini Suzuki ecstar punya banyak keuntungan seperti:

  1. Jumlah mesin yang lebih banyak ( 9 mesin ),
  2. mesin yang bisa diupdate karena tidak ada pembekuan development selama musim berlangsung,
  3. Juga jumlah hari pengetesan yang lebih luas ( unimited days ) dengan pembatasan Jumlah ban
  4. dan jumlah wildcard yang banyak ( 6 kali ).

Nah dengan catatan 3 kali podium ketiga dan sekali podium kedua , artinya sampai gelaran MotoGP Assen 2018 Suzuki telah mengumpulkan point konsesi sebanyak 5 Point Konsesi karena setiap podium 3 akan memperoleh 1 point konsesi dan setiap podium 2 akan memperoleh 2 point konsesi.  . . Jika 2018 ini Suzuki bisa mengumpulkan total 6 point konsesi maka status Konsesi penuhnya akan dicabut di tahun mendatang ( 2019 )

Regulasinya Regulasinya Jika satu team team/ Manufaktur dengan konsesi penuh Yang telah mencapai point konsesi akumulatif sebesar 6 point konsesi maka tercatat hanya satu Keuntungan Yang akan dicabut saat itu ( saat musim berjalan ) juga yakni Keuntungan Jumlah hari pengetesan yang lebih luas dan banyak. So Jika tercapai 6 point suzuki hanya punya jatah 5 hari Pengetesan, sama seperti team team tanpa konsesi contohnya Honda dan Yamaha.

Sedangkan, Jika Suzuki di 2018 ini telah mencapai 6 poin konsesi, maka Mengenai Regulasi jumlah mesin yang berkurang jadi hanya 7 mesin, pembekuan development mesin, dan jumlah wild card yang lebih sedikit ( jadi hanya 3 wild card ) baru  akan dikenakan di Musim 2019 yang akan datang . . . nahhh jadi begitu sob ..  Semoga berguna

Taufik of BUitenZorg

47 COMMENTS

    • request tentang konsesi …terjawab sudah!!! berarti soal mesin…msh bs leluasa…. ga disegel!!!
      kedepan berarti… bisa podium 1 neh….. !!

      tengkyu wak haji……😁😁😁😁!!!

      Guest
    • request lagi… wak haji….. soal produk baru dr yamaha buat lawan vario 125… penasaran neh!!!
      biasanya bocoran dari wak haji tepat….. sekalian sama kode2 produknya!!!

      om komeng mindgenesis dah bocorin.. kali ini pengen denger bocoran dari wak haji…. dah lm wak haji ga bocorin produk2 baru…!!!

      Guest
    • harus itu gan wkwkwk
      kedua pembalapnya juga harusnya jangan podium lagi,, semoga untuk musim ini gak ada podium lagi wkwkwk

      Guest
  1. Pastinya suzuki maunya segera meramu mesin kompetitif yang mampu bersaing dalam kejuaraan grand prix dengan pabrikan top macam honda yamaha ducati dan tanpa konsesi tahun depan.

    Guest
  2. Mengingat msh tersisa 11 race,,mengejar 1 konsensi masa iya ngga bisa,,apalagi mesin baru yg digunakan rins sangat merepotkan barisan depan…

    Guest
    • 1 poin konsesi…kalo suzuki kompetitif kyk race kmrn,,seru nontonnya…😄😄😄

      Guest
    • 1 poin konsesi sangat mungkin,,,,seru lihat pertarungan Honda+Yamaha+Ducati+Suzuki…
      Race selanjutnya kyk gitu,,bisa habis karpet kuremas…😄😄😄

      Guest
  3. https: //www.gridoto.com/read/01256198/kenapa-marc-marquez-balas-dendam-kepada-alex-rins-di-motogp-belanda?page=all

    skilas crita insiden markues – rins..

    Guest
  4. Karena baru setengah musim, kemungkinan besar Suzuki mencapai 6 poin konsesi.
    Taun depan bakal dicabut… Dan itu gak masalah, Brivio pernah ngomong kalo suzuki sudah mempersiapkan diri untuk tanpa konsensi..
    Kesalahaan tahun 2017 adalah salah pilih mesin…

    Guest
  5. Suzuki di lawan….!
    Liat gelegat Suzuki di berbagai aspek yang mulai bangkit, sepertinya Suzuki sudah menyiapkan segala sesuatunya menuju era persaingan totalitas.
    Di motogp Suzuki sudah menujukkan siap Fight dengan siapapun, di ajang balap lainnya jg sama, bahkan di section lain Suzuki mobil sudah mulai mengeluarkan produk2 mantap, WagonR, Ertiga, Ignis, Hatback Baleno, dll, Motor Suzuki juga sudah mulai produk bener2 baru, GSX-R series, Address, Satria Fufi, Nex II lalu caming soon : GSX-Bandit, Burgman 180, DR150, GSX-R250 dll.
    Geliat Suzuki bangkit sepertinya bukan omong kosong,
    Sepertinya Slogan Suzuki Bangkit itu memang masuk di jajaran SMC Japan dan juga Suzuki diseluruh dunia.
    Sepertinya

    Guest
    • Sayang swift turbo ga masuk di mari. Karena fokus di baleno hatcback kah?.
      Saya cuma komen krna ga mampu beli

      Guest
  6. Suzuki di lawan….!
    Liat gelegat Suzuki di berbagai aspek yang mulai bangkit, sepertinya Suzuki sudah menyiapkan segala sesuatunya menuju era persaingan totalitas.
    Di motogp Suzuki sudah menujukkan siap Fight dengan siapapun, di ajang balap lainnya jg sama, bahkan di section lain Suzuki mobil sudah mulai mengeluarkan produk2 mantap, WagonR, Ertiga, Ignis, Hatback Baleno, dll, Motor Suzuki juga sudah mulai produk bener2 baru, GSX-R series, Address, Satria Fufi, Nex II lalu caming soon : GSX-Bandit, Burgman 180, DR150, GSX-R250 dll.
    Geliat Suzuki bangkit sepertinya bukan omong kosong,
    Sepertinya Slogan Suzuki Bangkit itu memang masuk di jajaran SMC Japan dan juga Suzuki diseluruh dunia.
    Sepertinya..

    Guest
    • Betul sekali brow,,untuk roda empat sudah tdk diragukan lagi,,tp untuk roda dua ada type disenangi biker tanah air,,ada jg yg mlempem,,semoga suzuki dan merk2 lain bisa membaca selera pasar roda dua tanah air,,supaya biker punya banyak pilihan dan harga bersaing…

      Guest
    • Baleno biasa aja tuh,fiturnya banyak yg masih kalah ama hatchback sekelas nya
      mobil suzuki yg paling melegenda di balap itu cuma Escudo Pikes peak, walaupun mukanya buruk rupa kayak Shrek

      Guest
    • @saitbaitsait

      Ckckck ngawur ente tongg, baleno kompetitornya siapa ??? Yaris jg bukan ,perodua myvi or sirion pun blm ,penjualan baleno ngalahin yaris klo ente tau, ubek2 lg deh drpd ngawur hehehe :p

      Guest
  7. 2019 cabut konsesi lah biar fight makin menarik temukan settingan mesin yg benar2 pas minimal bisa unggul dr yamaha, oprak oprek mesin coba ini itu riset sana sini bisa pusiang saldo brivio

    Guest
    • Wkwk

      Nguimpi cung, palingan balik ke habitat terus alasan lagi salah pilih mesin la itulah

      Habitatpabrikan gurem

      Wkwkwk

      Guest
    • Akang : Belajarlah banyak membaca supaya pinter… BC gak mutu percuma kalo otak kosong… 😁😁😁

      Guest
  8. mantap wak, sangat informatif, makasih. saya awalnya berfikir harus ada yang juara dulu baru bisa lepas konsesi seperti MV pada tahun 2016 di sirkuit silverstone. ternyata berlaku poin kumulatif.

    Guest
  9. Semoga suzuki slalu komprtitif sprti race kmren.. Br x ini lht rins sgt agresif mngkn krn sgt percya diri dgn GSX RR… Hanya kalah top speed dr ducati..

    Guest
    • cuma yg aq lihat akselerasi GSX-RR masih kurang…terlihat pas keluar tikungan lum bisa ngacir kaya RCV n DESMO…

      Guest
  10. Wak apa bener tim SIC yamaha petronas dengan pemalap pedrosa dan morbideli sudah resmi dan tinggal menunggu waktu pengumuman? #baca di blognya dnhan

    Guest
  11. jadi intinya tahun ini sampai akhir musim masih bebas ngutak ngatik engine wak ?
    dan berlaku penuh keuntungan konsensinya ?

    mantep juga ya, matengin performa prepare for next year dengan maximum development dan test apapun di musim ini..

    Guest
  12. 2016, pencapaian suzuki bagus, lalu 2017 dibekukan, berantakanlah hasilnya, sangat disayangkan, ianonne masuk saat itu. Maka terlihat buruk lah penampilannya. Ini mungkin akibat tahun-tahun sebelumnya dia senang ngajak jatuh rider lain, termasuk dovi, teammatenya kala itu

    2018, segel dibuka, suzuki bagus lagi, nanti 2019 disegel lagi. Akan kah nasib ianonne diwariskan pada joan mir?

    Guest
  13. mesin baru sepertinya lebih powerfull. tapi musti diingat jg scr langsung suzi dapat keuntungan dari buruknya performa salah satu pabrikan besar dari mulai seri awal

    Guest
  14. Cerdasnya sih jangan masuk podium lagi… posisi 4 aja :v itung-itunh cari racikan yang pas. 2020 udah siap tempur…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.