TMCBLOG.com – Bro sekalian, lumayan panjang penggunaan harian Suzuki NEX II Oleh TMCBLOG dan boleh dibilang tmcblog sudah lumayan kenyang menggunakan Motor ini untuk berbagai kegiatan harian, Mulai ibadah, kepasar, antar jemput anak ke sekolah, Feeder ke stasiun sampai semi Touring . . dan mengakhiri Review harian ini, berikut adalah beberapa Point yang tmcblog bisa peroleh dan reportasekan kepada sobat sekalian mengenai Suzuki NEX II ini  ..

Mengenai tampang dan tongkrongan, Suzuki Nex II terutama yang pilihan warna Elegan Monotone dengan finishing doff atau Matte sperti yang sudah tmcblog infokan sebelumnya lumayan banyak menipu beberapa orang yang melihat motor ini pertama kali, Nggak di pasar, di masjid, di Parkiran TPS saat pilkada serentak kemarin ..  Pokoknya tempat Motor ini diparkir, banyak orang yang mengira ini motor segmen menengah ke atas ..  dan mayoritas nggak sangka Dengan NEX II saat tmcblog sebut harganya bahkan di bawah rata rata Motor Skutik entry level ( Beat dan Mio )

Ergonomi motor ini boleh dibilang User Friendly, Lincah, Ringan dan Mudah digunakan . . Paling tidak ini yang dikatakan Mrs TMCBLOG saat menggunakannya . . dan bahkan NEX II sempat dipakai buat belanja Logistik Posyandu, memang sih bagasi underseatnya minimalis, namun Daerah deknya lumayan lega kata Beliau.

Namun ergonomi Skutik seperti ini  ..  seperti juga ergonomi skutik pada umumnya akan membuat punggung agak pegel jika sobat pakai nonstop di atas 40 km . . serasa bonyok gitu punggungnya hehhe ..  terakhir tmcblog coba ketika test konsumsi bahan bakar 1 liter bensin sampai mogok . . Kapoookkk  . . tobaaat sambel deh . . asli pegelnya masih terasa 😀

Point penting untuk pengguna wanita adalah Seat height . . Motor ini seperti Juga beat dan Mio mudah untuk diduduki dan tidak terlalu intimidatif ketinggian joknya . . Joknya sendiri menurut tmcblog cukup empuk . . , beberapa Perempuan Yang sempat mencoba Motor ini seperti MRS TMCBLOG dan adik perempuan tmcblog merasa Love at the first feel sama Nex II terutama dengan keempukanjok ditambah keringanan, kelincahan dan ergonominya.

Suspensi . . . Depan belakang menurut tmcblog EMPUK . . . Yap Depan – belakang bukan hanya salah satunya . ..  dan menurut tmcblog suspensi depan – belakang dari Suzuki NEX II ini merupakan suspensi ter-empuk dibandingkan beat dan Mio series . . tmcblog sendiri kepo, pengen coba tuker ini suspensi ke Motor lain hehehe . . Sobat bisa lihat di VLOG bagaimana video ke empukan baik suspensi depan dan belakangnya.  . . Namun  . . .

Yap ada namunnya . . empuk atau keras dari sebuah suspensi bergantung salah satu pada variable konstanta pegas dari suspensi yang dipakai, dan menurut tmcblog redaman ( damping ) dari suspensi belakang NEX II ini boleh dibilang besar, memang sih belum tmcblog ukur angka redamannya, namun secara feel terasa banget . . jadi efeknya lendutan dari suspensi berlangsung lama. Sobat bisa cobain sendiri terlebih lagi saat berboncengan dimana ayunan dari suspensi belakang itu lama steadynya setelah terkena handycap jalan semisal polisi tidur ..  silahkan buktikan tulisan tmcblog ini.

Redaman suspensi belakang dari Suzuki NEX II ini ada yang suka namun ada juga yang nggak suka ..  namun menurut tmcblog hal ini lebih kepada fungsional . . kalo yang demen kebut kebutan apalagi cornering, kayaknya nggak bakalan suka sama suspensi berkarakter damping lama seperti ini . . saat nikung rebah ban akan terasa mental mentul.

Soal lampu depan Yang menggunakan Mika dan reflektor untuk Bulb namun Bohlamnya diganti model LED . . tmcblog tentu juga sudah coba dipakai malam . . dan keterangannya masih relatif . . . maksudnya gini menurut tmcblog Untuk sobat yang keperluannya PaKai NEX II ini untuk Jalan semi turing dan kondisi jalannya gelap, Bisa jadi Nyala pendaran Lampu LED nya Khusus lampu dekat kurang terang dan kurang fokus bila dibandingkan dengan Motor ber lampu led dan reflektornya didesain memang khusus buat LED . . namun Kalau cuma Buat Komuter di jalan Perkotaan, menurut tmcblog sih cukup . .

Setelah tmcblog coba tanya tanya, hal ini sepertinya dikarenakan desain dari Reflektor NEXII untuk lampu Dekat yang kurang fokus  . ..  karena misalnya jika itu bohlam dipindah ke Suzuki Address misalnya, Nyalanya terang sob untuk lampu dekatnya . . . Namun Untuk Lampu Jauhnya walaupun di NEX II asli terang banget

Bagaimana performanya ..  tmcblog tidak mengetest Top Speed dari Motor ini, tmcblog cuma cobain akselerasi dan kalo soal akselerasi, tmcblog pakai alat race Logi V-BoX hasilnya adalah sebagai berikut

Yap 0 0 60 km/jam ditempuh dalam 6,79 detik  . .  data di atas kan data pengukuran, namun jika tmcblog rasakan pakai feel, tarikan awal Dari Suzuki NEX II ini di awal agak agak lambat, Khas banget motor motor skutik suzuki sebelumnya seperti Hayate, Skywave dan lain lain . . Jadi memang agak kurang ngejambak . . ini sempat tmcblog bandingkan ketika pengambilan Video, dimana Kamera action cam berada di depan dan dilekatkan pada Yamaha XRide 115  . .

ketika X-Ride yang dikemudiakan adik tmcblog berakselerasi, ini NEX II sedikit terasa ngeden/ ketahan di RPM awal dan agak kepontal pontal juga ngejar X-Ride 115 . . . namun ini jelas pilihan, Buat ibu ibu atau mbak mbak yang senengnya selow, Mungkin ini malah yang dicari karena akselerasi NEX II menurut tmcblog tidak terlalu intimidatif juga . . so bergantung sudut pandang dan kegunaan juga sih

Pegereman dari Motor ini Boleh dibilang cukup ok baik depan dan belakang . . beberapa kali kejadian tidak sengaja melakukan panic Braking saat penggunaan berkomuter dan motor berhasil dihentikan tanpa drama apapun . . namun itu dia karena motornya lumayan ringan jadi ya agak agak Terasa seperti melayang akan sobat rasakan jika memang biasa mengguankan motor yang berat ..  Namun hal ini bukan di NEX II saja tmcblog rasakan, umum dirasakan di skutik entry level  . .

So jadi segitu aja beberaapa Point hasil pengetesan Suzuki NEX II oleh tmcblog saat dipakai harian dalam kota ..  Next Kita akan hadirkan hasil pengetesan Konsumsi Bahan bakar Suzuki NEX II dipakai solo dengan metoda How Far Can You Go with 1 L of petrol dan Juga pengetesan Luar kota . . . Stay tuned sob . .. Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

40 COMMENTS

  1. Mayoritas skutik untuk pasar eropa juga gitu, ngeden dibawah, ada yg bilang buat keamanan. Bermanfaat ketika gas dipuntir oleh anak atau oleh orang yang tidak mengerti bagaimana kerja skuter matik. Namun pasar Indonesia seneng yang spontan karena identik dengan ngebut agar mudah nyalip (salah satu variabel utama pilih motor).

    Kymco juga sama karakternya.

    Jadi inget kasus anak puntir gas skutik dipombensin, karena motor tarikan spontan ya ngeloyor bikin celaka…

    Guest
  2. Alhamdulillah Gan… baru ambil motor ini.. persis sm yg di review biru matte doff….

    Kueren gila… matic kecil gini ada yg catnya biru doff sm model beda sm yg lain…

    ane pake boncengan pp rumah kampus… jalanan ada yg tanjakan panjang.. datar.. lobang lobang.. poldur… lengkap pokoknya… bobot ane krglbh 65 boncengan 57 an kg… tekanan ban depan 39 an.. belakang 38-37…

    gila… uempuk bgt… beberapa lobang, geronjalan… poldur.. ngga kerasa dihajar sambil jalan 20-40 kmh…

    tarikan awal.. ngga segalak mio gt, ato beat emg… tp kl sdh jalan 40-60-70 kmh… ualus bener suara mesin sm cvtnya…

    jadi tambah jatuh hati ane sm matic encil ini… enteng bgt bawanya.. buat salipsalip.. emg harus ancang-ancang biar dapet rpm.. tp… so far… ngga masalah lah… yg pntg suara mesin sm cvt ngga se intimidatif beat…

    ngga salah pilih… ane ambil nex 2.. drmh pernah juga pake mio karbu, mio gt, dikampus beat temen, … paling demen sama motor ya ini…

    pertama mau ambil mio s.. tp di kota ane masih 17 juta lebih.. mau ambil beat.. suara cvt juga kaya gitu.. jok juga gitu.. skok jg gitu.. eh ternyata jalan jalan ke mall ketemu Mbak Mbak sales Nex2 ada juga unit pamernya.. janjian… bayar.. brg kirim rmh,.,

    eh iya… kalo tarikan awal dari 0 kmh emg ga segalak beat ato mio,,, tp kebayar sm halus suara mesin cvt sm minim vibarsinya…

    oh iya Gan… lampu deket buat dalam kota.. kampung redup cahaya.. lampu nex ane Alhamdulillah terang sm sebaran cahayanya agak luas…

    Guest
    • Alhamdulillah , ane jg baru ambil nex ll elegan premium matte doff , asli nyesel , nyesel banget , asli nyeseel , pokoknya nyesel , awas brosis nyeseeel , nyesel dah pokoknya nyeseell
      kalo NGGAK ambil skutik taste premium elegan ini
      #aslikerencarabaru

      Guest
  3. Seliter sampai pegel, jadi berapa konsumsi BBM nya wak ?
    Kalo beat dari pengalaman, 80 km membutuhkan pertamax Rp. 12rb dengan harga pertamax Rp. 8900/L

    Guest
  4. agreed ..smooth di tarikan awal memang berpengaruh utk safety gk langsung nonjok ketika di gas sedikit, takutnya tangan blm megang sempurna malah kepontal, pernah pake beat mungkin krn kaget badan kehentak kebelakang kaya mau jengkang klo tangan lepas dr grip bahaya juga, jd itu pilihan aja sih konsumen mah tinggal pilih mau karakter yg bijimana 😂

    Guest
    • Mau joyride jarak dekat ane pake nex ll elegan premium matte blue , mau kentjang dan agak jauh jaraknye ane pake aerox R , dua²nya motor paling membahagiakan imho

      Guest
  5. yg warna blue matte ni emang bikin sesuatu. speknya juga sesuai lah untuk pengguna wanita. tarikan smooth, tinggi jok friendly, dek lega. berkaca di nex1 sepertinya akan sama atau bahkan lebih irit. tinggal konsumsi bensin brp. btw bahan joknya licin gak? sy suka bahan jok di aerox yg bertekstur. bokong terasa ngegrip hehehe

    Guest
  6. Lg mw ambil skutik harian bikin ngiler jg nih. Kl emang bantingan empuk patut dilist, beat ajrut2an, mio kaku.Cuma kayaknya ada pe er parking brakelock & sss. Artikel berfaedah.

    Guest
  7. Memang nex feelnya agak lemot dibanding merk sebelah, tp topspeed lebih ok. Bbm normal masih kalah tp cuma dikit (suzuki blm keluarkan data ece r 40, mgkn krn belum unggul dsini), klo buat adu irit, entahlah.
    Ngoroknya ternyata masih ada,
    Tambahan, shock empuk/tidak tergantung posisi juga. Dari dulu suzuki terkenal empuk dengan travel panjang, lebih nyaman buat jalan keriting.
    Klo posisi shock tegak, lebih terasa keras dibandingkan miring pada titik tumpu lengan ayun yang sama. Jd belum tentu disini empuk, pasang sana juga empuk, perlu melihat torsi dan bebannya.

    Guest
  8. Setuju banget wak.. beli motor bukan spesifikasi atau apa lah yang jadi pertimbangan utama, tapi berdasarkan kebutuhan.. khususnya kalo lagi bandingin motor yg sama kelasnya..

    Guest
  9. Coba Wak, grafik speednya dikomparasi sm kompetitornya biar kelihatan smoothnya tu seberapa.

    Soalnya pasti beda antara tarikan dari diam dgn tarikan pas rooling speed.

    Guest
  10. untuk harian apalagi untuk kaum hawa akselerasi smooth memang diperlukan. agar nyaman dan aman gak buat kaget.

    tapi selera orang indonesia suka yg nyundul2.
    contohnya aja mobil zaman now gasnya colek sedikit tenaga mobil melompat.
    gas kelewat enteng malah bikin kurang nyaman karna kaki gas bisa nyender ke pedal gas, sehingga tumit naha terus.

    Guest
  11. soal lampu LED, bisa jadi titik filament / dioda lampu LEDnya tidak sama tinggi dengan lampu bohlam biasa, jadi reflektor tidak bisa memantulkan cahaya maksimal, mungkin diakali dengan cari bohlam LED yang dioda LEDnya tingginya sama dengan filamen bohlam lampu biasa…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.