TMCBLOG.com – bro Sekalian, sebenarnya tmcblog maunya di sesi pertama adalah sesi perkenalan Motor Baru tmcblog yakni Si Mola Honda Vario 150 MY2018 berwarna abu abu sebagai pengganti Honda Vario 125 eSP MY2012 yang sudah dijual ke Saudara dekat. Namun kadung terpakai, langsung saja tmcblog kepo sama konsumsi bahan bakarnya  . . . dan kebetulan ada kesempatan di Juni yang lalu untuk mengetest sembari melakukan perjalanan Komuter dari Bogor ke depok Untuk mengganti Ban depan dan belakang Si Mola ini dari Ban bawaan IRC menggunakan Pirelli Angel Scooter . . nahh

Jadi Motor ini adalah Motor pribadi yang merupakan unit konsumen. Masih dalam tahap Inreyen karena odometernya pun masih di bawah 500 km. TMCBLOG menggunakan bahan bakar Pertamax, metodanya top Up, rider Taufik – tmcblog bb 57 kg tinggi 160 cm, riding style berkendara harian, Jalur Yang digunakan , Pergi : start isi bensin dari SPBU di karadenan lalu menuju depok melalui Cibinong, Kampung sawah, Pondok Rajeg, tembus Grand Depok City, Jl Tole iskandar, sampai ke Warung ban. Pulang : Warung Ban, Jalan sotole iskandar, Jalan Raya Bogor, Jalan soleh iskandar dan berakhir di SPBU 34.161161 di jalan soleh iskandar Bogor . .

Saat pertama kali isi bensin di Jalan karadenan, semua di dokumentasikan mulai dari hasil Reset Meteran konsumsi bbm rata rata, Odometer, trip meter A yang di reset, dan trip meter B. Namun memang yang jadi patokan adalah trip meter A dan pengukur konsumsi bbm . .

Juga tidak lupa level bensin saat pengisian awal . . skip skip skip setelah riding pulang Via Jalan raya bogor, dan setelah fuel tank kembali di top up dengan bensin jenis yang sama ( pertamax ) maka diperolehkan dkumentasi akhir pengukuran berikut ini  . .

level dari BBM saat akhir pengukuran

Trip A menunjukan angka 46,2 km artinya tmcblg telah mengarungi 46,2 km dari saat pertama kali isi bbm sampai isi bbm lagi . . .

Sementara top up sendiri membutuhkan 0,71 liter bensin Pertamax untuk bisa mencapai level bahan bakar seperti saat awal pengukuran . . . dan dengan angka ini artinya konsumsi bbm rerata adalah 46,2 km untuk 0,71 liter  atau tepatnya 65,07 km/liter . . sedangkan MID nya sendiri  . .

Nah, pembacaan MID tidak se heboh hasil perhitungan metoda full to full nya sob  . . yakni hanya 58 km/liter . . . yap lebih rendah 7 km/liter hehehe . . namun begitu, utnuk kelas 150 cc, angka 58 km/liter masih tetap irit . . next kapan-kapan tmcblog kepo ingin coba ukur Konsumsi bbm Vario 150 ini pakai metoda Khas tmcblog how far can you go with 1 L of Petrol  . . semoga berguna

taufik of BuitenZorg

38 COMMENTS

    • Saya berboncengan dari kendal.menuju banyumanik naik aerok 155 dapat 42,6km liter. Yang tau arah banyu manik dari rs kariadi pasti tau jalanya nanjak terus. Bb saya 60kg istri saya 55kg.

  1. Kembali ke diri sendiri,,mau irit pakai motor cc kecil dan gaya berkendara yg kalem.klo mau kenceng beli yg 250cc tapi jgn minta irit lagi. beda kelas beda konsumen juga. Mau lebih irit,jangan dipakai hahaha

  2. Bobot biker 57kg dgn kondisi jalan dominan rata dan 150cc,,termasuk irit jarak tempuh segitu…tp kalo bobot biker 120kg,,jalanan penuh tanjakkan ekstrim bisa sampai 40km/liter ngga wak???
    Bukan tester nex ll lho…???

    • ddy#
      Yg saya tanyakan untuk vario 150 broo..
      Tester Nex ll cuma guyon,,waktu bahasan warung ini tentang test bbm untuk nex ll,,yg ditest oleh tester bobot 120kg…sama test boncengan gue..hahaha..

    • Masa’ sich broo….saya pernah test punya teman,,bobot saya 65kg tinggi 170cm test dijalanan yg dominan datar kok cuma ada di kisaran 40-42km/liter..pertamax
      Kalo 60km/liter R15 saya kalah jauh dong,,saya nunggang harian R15 rata2 35km/liter pertamax..
      Kalo vario blm nyoba,,jd ngga berani komen

    • Kalo saya ngga percaya kalo blm membuktikan sendiri…hehehe..
      Saya pake R15 v.2 beli bln april 2014,,kan saya bilang harian…jelas bnyk stop n go nya (haiyah kyk gp aja),,ada poldur rem,,ada kucing nyebrang rem,,ada orang nyebrang rem,,dll..kalo jalanan sepi gas poll malah bisa 40km/liter

    • Setau saya hasil test pihak yamaha sendiri,,vixion r ada di kisaran 48km/liter…vixion old di kisaran 38km/liter,,tp tentu konsumsi bbm berbeda2 tergantung kondisi jalan dan cara membetot gas…yg saya sebutkan di atas pengalaman saya sendiri,,,bukan katanya2…hehehe..

    • R15 V 2.0 35km/l? Hhmm
      Saya NVL 2014 juga, RON 92 pula dari awal beli sampe sekarang, ganti oli 4k-5k sekali, Saya 90kg nih sama tinggi 180cm, cara nyetirnya kondisional, lewat pantura dan stop n go Surabaya, masih dapat antara 44-48km/l kok, keknya gak beres tuh motornya, cek lagi

    • Akbar#
      Saya blm nyoba jarak jauh,,pemakaian harian saya yaitu sktr 35km jadi pp 70km..melewati pasar dan pusat pertokoan serta 13 lamer,,jd pp 2pasar dua pusat pertokoan serta 26 lamer…track panjang sktr 2km cuma ada 2tempat,,selebihnya stop n go…teman2 tg ngajak saya jd penasehat komunitas jg rata2 sama bbmnya,,
      Pdhal saya udh pake oli yamaha supersport..

    • Bimo, beda metode nya boss,,,,koplok ente, sales honhon emang cethek otaknye

      Nex 2 pake metode ‘how far with 1 litre of petrol’

      Vario 150 pake metode ‘full to full’

  3. Baru2 emang pengen irit.. lama2 ga kuat iman pengen overtake yg didepan melulu.
    Gagal dah irit2an.
    Btw rem nya ky ga ada perubahan dr yg lama.

  4. Metode nya kurang akurat sebab pakai odometer di motor. Akurasi speedometer motor Honda biasanya lebih besar 8-9 % dibanding GPS.

    • Napa gak lu tes sendiri aja… Terus lu tulis di blog…
      Hampir semua metode pengetesan wak haji gak pake gps…
      Ngapain… Orang odometer paling penyimpangannya dikit doang

  5. Jujur aja kmarin nyusul Beat Street dgn spido digital aq toleh di mid Beat street 81 km/h sedangkan sy pakai Xride posisi nyusul speed 78km/.
    Which is speedo sebelah dpt disimpulkan bahwa keliatan nya dapet nempuh perjalanan jauh banget dgn bbm sedikit padahal penyimpanan nya lumayan gede.
    Kl kasus vario ini trip Mter 58 realitas nya paling 42-43 an km

  6. gan, di vario 150 MY2018 ane bisa sampe 37,7km/liter. kok boros banget ya? btw ane make pertalite. diisi full tanggal 12 sep, trus sekarang tanggal 22 udah tinggal 2 bar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here