TMCBLOG.com – Bro sekalian, Seperti Kita ketahui bersama Jonas Folger musim 2018 ini digantikan Oleh hafizh Syahrin di Yamaha Tech3 karean alasan kesehatan di awal Musim. Namun di pertengahan Musim Ia kembali ke Track dalam kapasitasnya sebagai test rider Untuk Persiapan Motor triumph 3 silinder yang akan jadi Mesin resmi gelaran Moto2 Mulai Musim 2019 menggantikan Honda 4 silinder . .. nah dalam suatu interview dengan motogp.com Jonass Folger berpendapat bahwa Untuk Step Up dari Moto2 ke MotoGP Triumph 3 silinder 765 cc lebih baik dari Honda 4 silinder 600 cc . . . hmm menarik nih, kenapa begitu ya ?

Jonas Folger menjelaskan sedikit lebih mendetail mengenai hasil pengetesannya dengan Moto3 Triumph-Kalex bahwasanya ketika melakukan Pengetesan Di Brno ia sempat berada satu Track berbarengan dengan Alex Marquez. Sama sama menggunakan Motor Moto2 bersasis kalex, Alex Marquez menggunakan Moto2 bermesin Honda dan Jonas menggunakan Moto2 bermesin Triumph. Jonas Bilang Racing Line keduanya berbeda terutama saat ditikungan.

Lebih detail Jonas menjelaskan dengan triumph Pembalap harus menikung seperti MotoGP, lebih dalam dan memiliki Corner speed yang sedikit. Hal ini menurut Folger dikarenakan triumph memiliki torsi yang lebih baik dan bisa sedikit dimainkan dengan elektronik. Menurut Jonas hal ini akan membuat Gap Antara Moto2 dan MotoGP jadi kecil. Jonas menambahkan bahwa karena lebih dekat ke MotoGP maka Triumph akan membuat persiapan pembalap yang akan masuk ke MotoGP lebih baik . .

taufik of BuitenZorg

42 COMMENTS

    • Nah…..sepemikiran kita, bro. Apa mungkin kedepannya Dorna berencana menaikkan kapasitas mesin dan jumlah silinder Moto3? 400 CC, 2 silinder mungkin? Gimana, Wak haji? Ada kisi-kisi berita tentang Moto3 atau isu-isu terbaru tentang Moto3?

      Guest
    • Wah kalo kayak gitu mungkin bakal banyak yang tim yang masuk berpartisipasi di Moto3. Secara kalo basicnya 2 silinder hampir semua pabrikan di kelas 250-400 punya semua ๐Ÿ˜

      Guest
  1. kenapa Jonas ga dipekerjakan jadi test rider tetap M1 aja sih kayak Pirro dan Bradl?
    apa karna isu finansial lagi?atau Folger nya yg ga mau?atau teknisi nya ga mau di tangani orang asing selain Nippon?

    Guest
    • Folger attitude buruk (kata Herve Poncharal). Setelah umumin diri pensiun, dia susah di hubungi bahkan waktu Milwaukee mau kontak dia buat gantiin Laverty di WSBK yang cidera mereka kesulitan. Bukan attitude dalam hal manner sih, tapi attitude dalam profesionalisme. Karena kebanyakan pembalap itu mudah dikontak, Folger justru menutup diri. Mungkin frustrasi sama kondisi fisik dan berusaha melupakan passion dia, kita gak pernah tahu apa yang terjadi secara personal

      Guest
    • iya folger sulit dikontak sejak sakit. itu kata herve sendiri. tapi menurutku mungkin bukan krn itu, mungkin emang dia yg gak minat jd tes rider

      Guest
    • oalah gitu toh sifat folger


      @dodit ekekekek,padahal surat keterangan tidak mampu gampang banget dapetnya buat yg anaknya mau masuk sekolah negeri favorit ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Guest
  2. Yang jelas type Triumph 3 cyl lebih mendekati mesin MotoGP Honda dan Ducati …… Apakah bagian strategi buat matiin mesin ini line????

    Guest
  3. Ya bener sih kalo emang torsi Triumph lebih baik, secara kapasitas mesin dikisaran yang sama tapi jumlah silinder lebih sedikit. CBR 4 silinder, Triumph 3 silinder, otomatis stroke lebih panjang Triumph dan secara teori sih torsi Triumph bakalan lebih baik.
    FYI,
    stroke cbr600 42,5mm
    stroke triumph 675 49,6mm

    Guest
    • jika benar, spek Triumph 675 yang turun di moto2 stroke 49.6mm, maka:
      CBR 600 bore/stroke= 67mm/42.5mm=1,576
      Triumph 675 bore/stroke=76mm/49,6mm=1,532
      maka potensi performanya hampir sama (11-12) baik power maupun torsinya

      Guest
    • @zzz,ane kan bilang dikisaran yg sama,maksudnya 600an cc. Cbr memang 600cc tp 4 silinder,sedangkan triumph 675 tp 3 silinder,sampai disini paham?

      @pengamat,memang secara potensi hampir sama tp ane fokus di kata2 folger yg bilang bahwa torsi triumph lbh baik. Stroke lbh pjng, torsi besar didapat pada putaran mesin yg lbh rendah

      Guest
    • @Tolet tebelum
      wah ente lom baca berita ya? yang dipake moto2 itu 765 cc, bukan 675..
      basicnya street triple 765rs (motor tahun 2017), bukan 675 (motor tahun <2016)..
      sampai dsini paham?

      Guest
  4. Kalau dari moto3?
    250cc langsung dikali 3x lipat.
    1silinder langsung dikali 3x lipat.
    Sebenarnya waktu jaman mesin cbr jg masih jomplang.
    Apakah tidak lebih baik kalau moto3 500cc 2silinder, moto2 750cc 3silinder baru motoGP 1000cc 4silinder.

    Guest
    • Dorna berusaha dekatin Moto2 ke MotoGP ketimbang ke Moto3. Karena takut talent Moto2 gak punya tempat di MotoGP karena adaptasi dari Moto2 ke MotoGP susah dan bisa2 diambil lulusan WSBK, makanya mereka mati-matian bikin Moto2 makin deket ke MotoGP salah satunya ide 3 silinder dam awalnya mereka minta ke supplier engine kapasitasnya 750cc, yang bikin MV Agusta batal karena mereka cuma punya 675cc dan gak punya dana buat bikin mesin sesuai kemauan Dorna. Akhirnya kesempatan disikat Triumph deh karena mereka punya basis mesinnya.

      Guest
  5. Mesin Triumph buat Moto2 ini ibarat mesin MotoGP yang cuma dikurangin 1 silinder. Jelas lebih kompak motornya, disisi lain kapasitas mendekati MotoGP dan torsi badak karena stroke mirip MotoGP. Kayaknya Dorna harus naikin Moto3 jadi 2 silinder 500cc atau malah bikin kelas baru buat jembatan Moto3 ke Moto2. Kasihan pembalap Moto3 biasa handle motor yang cuma 2 kali lipat tenaganya dari motor underbone 150cc begitu naik kelas disuruh naik motor yang bobotnya 2 kali lipat dari Moto3 dan tenaga 3 kali lipat.

    Harusnya MotoGP dibikin 4 kelas sekalian
    MotoGP 1000cc 4 silinder
    Moto2 750cc (765cc) 3 silinder
    Moto3 500cc 2 silinder
    Moto4 250cc 1 silinder

    Biar lengkap sekalian penjenjangannya dan dari kelas capung masih ada waktu dan tempat buat siap2 ke Moto2. Sekarang Dorna kayaknya sentimen banget ke WSBK selain ada aturan tak tertulis dilarang ambil pembalap dari WSBK ke tim satelit MotoGP dan harus ambil dari Moto2, mereka juga mati-matian dekatin Moto2 ke MotoGP biar pembalap Moto2 yang lebih layak ke MotoGP ketimbang dari WSBK, tapi mereka lupa kelas capung.

    Guest
    • durasinya ditv jadi makin panjang,emang mau Honda dan ktm riset 250 1silinder mahal2 tapi ga ditayanging di tv?

      Guest
    • yang gak nayangin kan cuma tv nasional sini, kalau tv lain ditayangin, bahkan redbull rookie/atc ditayangin

      wong touring r15 aja ditayangin (pas ARRC x ASBK di aussie kemarin) ekekekekekekekekekekekeke

      Guest
  6. Nah…..sepemikiran kita, bro. Apa mungkin kedepannya Dorna berencana menaikkan kapasitas mesin dan jumlah silinder Moto3? 400 CC, 2 silinder mungkin? Gimana, Wak haji? Ada kisi-kisi berita tentang Moto3 atau isu-isu terbaru tentang Moto3?

    Guest
  7. ini masih versi test, kopling aja masih sering slip waktu mau start. coba nti mesin triumph & ECU magnetti udah versi final wahh makin mantap dahh ๐Ÿ˜

    Guest
  8. Wajar sih, sasis custom sehingga menikung bs seperti MotoGP. Btw, adakah yg tetap pakai rangka bawaan Triump utk 2019?

    Guest
    • kan udah pada menampakkan diri supplier sasisnya, dan gak ada triumph
      secara bisnis juga gak bagus buat triumph
      Ya kayak moto2 yg sekarang ini berjalan lah, kan gak ada yg pakai rangka cbr

      Guest
  9. Triumph 3 silinder 765 cc lebih baik dari Honda 4 silinder 600 cc?…

    tergantung spek mesin triumph yg diturunkan di moto2, apakah stroke 49.6mm atau stroke 52.3mm? coz saya belum nemu secara official spek triumph 675 yang digunakan moto2 ini.

    jika CBR600 bore/stroke= 67mm/42.5mm=1,576 sedangkan,
    Triumph 675 stroke 49.6mm= 76mm/49.6mm=1,532, maka secara spek potensi performanya hampir sama (11-12).

    jika Triumph mengunakan stroke 52.3mm, maka: 74mm/52.3mm=1,415 maka potensi performanya /power dan torsinya bisa lebih besar lagi.

    Guest
    • ya jelas aja ente belum nemu spek official triumph 675 untuk moto2, wong pake motor 765cc.. basicnya street triple 765, skitar 78×53.4mm (soalnya dia pakai ukuran inch).. banyakin baca gih

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.