TMCBLOG.com – Bro sekalian, melihat tayangan ulang FP1 dan FP2 membuat tmcblog tersenyum sendiri Khususnya melihat tindak tanduk marc Marquez di Track Sachsenring yang dipenuhi 10 tikungan kiri dan 3 tikungan kanan . . Bukan apa apa ini bocah disinyalir kembali melakukan apa yang ia telah lakukan di Fp1 dan Fp2 Assen Persis dua pekan sebelumnya . . . Jika sobat sekalian lihat  di FP2 kembali Marc Marquez hanya melakukan strategy latihan dengan tiga Kali Run dimana Setiap Runnya hanya melakukan sekitar 9 lap saja  . .

Di FP2 Jorge Lorenzo menjadi yang tercepat dikuti Danilo Petrucci dan Andrea iannone . . Namun jika sobat sekalian catat secara mendetail ketiga pembalap ini mempersiapkan secara Khusus Motornya untuk melakukan Time Attack di 5 menit terakhir . .

Jorge Lorenzo Mengubah Kombinasi Medium -soft menjadi soft soft, lalu Petrucci mengganti ban medium – medium menjadi medium -soft dan Andrea Iannone mengganti kombinasi ban dari Ban lama Medium soft menajdi ban BARU medium Soft . ..

Namun tidak buat Marc Marquez . . . Marc Marquez terlihat tidak mempersiapkan secara khusus 5 menit terakhir FP2 Khusus untuk time attack . . . ini strategy yang persis sama seperti yang ia lakukan di Assen 2 pekan sebelumnya . .

Untuk Sobat ketahui Forecast Race weekend ( jumat- sabtu-ahad) di Sachsenring diperkirakan akan cerah  . . . ini artinya pembalap Punya beberapa sesi yang memiliki karakter track dalam hal ini temperatur udara, temperatur Track yang sama dengan saat waktu race ( Jam 14 waktu Sachsenring) yakni di sesi FP2 ( mulai 14:05) , dan FP4 ( mulai jam 13;30 )  . . . Nahhh mulai tahu kan kira kira apa yang akan tmcblog maksud ? Lanjuuut

Jika sobat bisa lihat data di atas akan sobat lihat bahwa Marc Marquez sibuk melakukan semacam riset untuk mencari tahu seberapa Banyak limit yang bisa diberikan kepada ban Michelin di Kondisi Track yang diperkirakan Juga sama dengan Saat race nanti ketimbang melakukan time attack

Marc Marquez ngibrit di awal FP3 torehkan langsung 1:21,439 dan sepanjang yang tmcblog catat laptime ini bertahan sampai 5 menit terakhir sesi FP3 . . Ibarat kata, Marc Bikin Flying Lap setelah itu  ia lebih ‘ nyantai’ dan lebih memfokuskan pikiran dan semuanya ke Riset mengenai ban dan setingan yang dibutuhkan untuk Race nanti . . . Mudah mudahan tmcblog salah mengenai hal ini ..  soale kalo benar, strategy repsol Honda begitu mudah terbaca . . .

Namun begitu, jika memang mudah terbaca oleh lawan, Strategy ini tidak mudah direplikasi oleh lawan kalo menurut tmcblog, karena memang butuh Kondisi Pembalap dan motor yang sudah mapan dan sudah tidak lagi dirundung masalah mengenai hal hal teknis seperti Grip ban , under steer Oversteer dan lain lain . .

Balik lagi ke Marc Marquez . .. sobat bisa lihat yang dilakukan Marc Marquez di akhir sesi malah sesuatu yang bikin bingung ..  ia pindahin ban ke spek hard which is bertolak belakang dengan tujuan utama Time Attack . ..  ini seperti malah memperkuat opini dan sinyalemen bahwa saat Run ke 3 pun menurut tmcblog Marc memang tidak berusaha untuk Time Attack, ia mau mengetest Ban Hard dan mencari limitnya . .  Cuma itu, Marc Marquez  sekali lagi tidak mengincar time attack . . .

Marc Marquez boleh dibilang nakal  .. .  ia curi start riset duluan untuk pelilihan ban yang akan ia pakai saat race nanti . . . Nakal namun punya tujuan yang jelas, metodik, butuh support data yang kuat, team yang solid, dan pem balap yang berani ambil limit  . . . itulah yang sedikit bisa tmcblog lihat dan share mengenaiMotoGp Sachsenring 2018 Hari pertama kemarin . . Namun bukan berarti apa yang dilakukan ducati di Sesi FP3 tidak amazing . . yap ini adalah tarck yang biasannya masuk list merah dalam kalender Ducati . . namun Via Lorenzo dan petrucci mereka bisa hadirkan sesuatu yang maksimal . . . jelas Ini mengartikan bahwa ducati pun sudah bisa lebih ramah terhadap banyak Tarck

sekarang kita lihat FP3  . . . Insya Allah Nanti malam TMCBLOG akan kembali mengisi kesempatan mengemukakan yang tmcblog tahu mengenai sesi Kualifikasi MotoGP sachsenring 2018 di Trans7 Mulai Jam 23 . . . stay tuned ya sob . . .

Taufik of BuitenZorg

44 COMMENTS

  1. KEMBALI KE PERNYATAAN INI: “Namun begitu, jika memang mudah terbaca oleh lawan, Strategy ini tidak mudah direplikasi oleh lawan kalo menurut tmcblog, karena memang butuh Kondisi Pembalap dan motor yang sudah mapan dan sudah tidak lagi durundung masalah mengenai hal hal teknis seperti Grip ban , under steer Oversteer dan lain lain”
    DENGAN KATA LAIN MOTOR MM93 SUDAH BERES. BEDA DENGAN MOTOR TIM2 LAIN. APAKAH DENGAN BEGINI SESUAI DENGAN KELAKAR DOVI BAHWA MM93 GAK TAU APA2 DENGAN MESIN KARENA TINGGAL GAS HASIL DIUNTUNGKAN DENGAN MOTOR DAN TEKNISI YG MUMPUNI???

    GIMANA WAK?

  2. Dulu suka bikin panas rider lain dengan time atack…disaat yg lain enjoy dengan time atack marc ganti kebiasaan…wkwkwk

  3. Sachsenring bagi Marquez itu ibarat Phillip Island-nya Stoner

    Saya berharap taun ini Marquez ngalah lah di sachsenring.. Cukup podium 2, jadi sutradara balapan kayak Assen kemaren

    Niscaya sponsor/pengelola sachsenring masih mau mendanai lagi motogp sachsenring taun depan

    • sy juga bingung, Namun kalo pake samsung browser bisa bro, gak perlu refresh berulang2
      kayaknya samsung browser ini nggak terlalu paka chace ya
      FYI, samsung browser bisa di instal di hp Brand lain

    • saya pakai O M
      kadang lemot. kadang mak bludut. kalau ada masalah update biasanya tak ganti ” penghemat data nya. dimatikan.

    • justru sekarang kalo pake opmin pake setingan data tinggi n mati malah kadang artikel terbaru ga muncul atau laman komen ga keluar yg terupdate,harus ganti ke settingan otomatis/ekstrim

    • Namanya practice, ya latihan cari strategi buat balap hari minggup
      Kalo cuma flying lap-hotlap mah ngetrack aja sendirian pake sirkuit sewaan

  4. ati” wak jangan sampai salah fokus sama presenter wanitanya. kalo wak haji yg ngisi kayak ada motivasi lebih nonton kualifikasi, biasanya cukup lewat artikel doang

  5. Namanya juga free practice. Ya buat practice. Nyari settingan buat race.
    Kalo buat time attack ya bsk sabtu waktu kualifikasi.

    Sebaiknya sih semua pembalap begini. Supaya tdk membohongi diri.

  6. Kebayang klo wak haji jd komentator race motogp di trans7. Nonton sambil curat-coret, dan analisanya pasti mantap…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here