TMCBLOG.com – Bro sekalian, Suzuki ternyata juga sempat menghadirkan Gambar patent yang menurut tmcblog sudah masuk ke dalam tahap super duper detail dan tidak biasa biasannya pabrikan mengahdirkan Informasi segini detail dalam sebuah gambar patent . ..  dan Kali ini kita akan membahas Detail mengenai Desain Box Filter Udara ( Air Box Filter ) dari Calon Motor Sport Full Fairing Twin 250 cc dari suzuki yakni Suzuki GSX-R250 . . Cekidot deh

Yap Sketsa di atas adalah sketsa full body Dari calon Produk yang kemungkinan dinamakan SUzuki GSX-R250 atau mungkin GSX-R300 dibelahan negara lainnya . . mengenai hal ini jelas kita sudah banyak membahas di artikel artikel sebelumnya yaaa . .  so skip

Nah Sketsa terupdate yang tmcblog peroleh seperti gambar di atas, asli detail banget sob . . memperlihatkan Bahwa fuel tanknya akan seperti mirip ‘kura kura ‘yang ada bagian cekungannya di tengah, Plus No 65 menunjukan sketsa bentuk dari fuel Pumpnya . . . lalu kita juga bisa melihat dengan jelas seperti apa bentuk Box Filter udaranya ( 55 ) . . Intake air (53 ), Throttle Body ( 44 ) . . sampai bentuk Moncong ‘ram air ‘ ( 52 )

Nah di foto atas kita bisa melihat juga sketsa bakalan seperti apa bentuk Fuel tanknya yang seperti tmcblog bilang kayak kura kura dimana dibagian tengahnya ada cekungan tempat Box Filter udara . . . asli detail banget bagaimana suzuki men-sketsa sepasang Intake  ( 53 ) bahkan sampai tempat  posisi dari Unit Control ( 48 )

Yap gambar di atas adalah bentuk sketsa Fisik dari Box Filter udaranya sob . . secara penempatan sama seperti Honda CBR250RR dan Ninja 250 di bawah Fuel tank, namun  tidak ada lobang dikiri dan di kanan untuk masukan ( tunnel ) udara  . . Yap Karena Posisi tunnel tersebut berada di depan Box Filter udara ( dan mengarah kedepan )

Gambar di atas adalah Penampang Box Filter udara dari calon GSX-R250 dilihat dari atas . . Note sobat bisa melihat detailnya hadirnya no 48 yang tak lain adalah posisi ECU ( kontrol elektronik ) dari Motor ini

Kembali lagi sketsa sangat mendetail . . . jadi Lubang ‘Inlet pipe’ ( No 52 ) tempat masuknya udara ke Box Flter udara itu posisinya persis di tengah depan dengan bentuk yang bisa sobat lihat di Sketsa atas . . . tunggu, detailnya sketsa yang diumbar nggak berhenti sampai disini sob ..  Cekidot deh . .

Jadi Udara masuk Via Lubang Ram Air No 52, masuk ke ruang R1 dimana bentuknya agak miring di bawah. R1 ini dinamakan ‘ dirty side ‘ atau sisi kotor dari Filter udara  ..  karena Udara dari Luar akan bertemu dengan Filter udara ( R1 ) dan menyisakan kotorannya di R1. Udara yang bersih dilanjutkan ke R2 dimana R2 ini akan terpecah menjadi dua berkat adanya ‘tiang silinder ‘ No 58 lalu kanan dan kiri masing jalur udara akan masuk ke Corong downdraft Intake yang akan menyalurkan Udara ke Throttle Body  . ..  wihhh asli amazing melihat Sketsa patent segini informatif dan detailnya . . .

http://tmcblog.com/2018/05/15/fokus-ke-air-box-paten-suzuki-gsx-r250-gsx-r300-down-draft-dengan-intake-ram-air-mirip-nsf250r/

By the way . . sobat pasti sudah melihat seperti apa diferensiasi dari Box Filter udara yang dibuat Suzuki ini . ..  paling kentara beda adalah bentuk Intake Ram Airnya yang ebrada di depan tengah . . berbeda dengan Ninja 250 dan CBR250RR yang ebrada di samping box filter udara . . . Melihat detail ini, Menurut tmcblog Sepertinya suzuki ingin bentuk Front end yang slim dan langsing . . .

Yes logikanya, Jalur pipa Ram air kanan dan kiri akan membuat Motor terlihat ‘cabi’ dan gemuk . .  .. .  walau perkiraan tmcblog sepertinya inlet Ram air akan berhenti di sana dan tidak akan masuk sampai ke Moncong fairing depan, Namun Imajinasi liar jelas boleh boleh saja . .. tmcblog cuma membayangkan kalau itu Ram air dipanjangin dan diteruskan kearah front Fairing masuk Via celah antara dua fork depan . . wahhhhh GSX-R1000 Banget jadinya yaaa  . . . Kita lihat saja nanti hasil finalnya seperti apa sob . . Silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

taufik of BuitenZorg

39 COMMENTS

    • saya belum bisa ngomong, bentuk final belum ada
      namun terlihat beebrapa diferensiasi, apakah diferensiasi ini akan mengahasilkan kelebihan, kita juga belum tahu
      saya hanya sebatas menginfokan difereniasi saja, selebihnya bisa sobat sekalian yang memperkirakan dan berimajinasi

      Administrator
    • pernah eksperimen. corong udara menuju filter ditambah kipas cpu komputer. hasilnya udara bertekanan tersedia dan rasanya lebih ngacir. negatifnya lebih butuh pasokan bahan bakar buat ngimbangin campuran udaranya

      Guest
  1. masih menunggu kehadiran gsx-r250 dan R25. kepo dengan teknologi, model dan figur powernya, kayanya bakalan sengit antara mereka berdua.

    Guest
  2. kalau ini brojol apakah Suzuki bakal ikut ARRC juga wak???
    makin rame kan kalau ada 4 Merk balapan,
    tambah lagi R25 udah mau update

    Guest
  3. kaliper rem depan apakah akan benar benar type radial wa ?, kalo ya berarti ada kemajuan nih.. masa kalah sama ktm yg 200 aja udah radial

    Guest
  4. wah Suzuki…spesialis motor ngebut…. karena motornya ngebut modelnya ga bagus-bagus amat, toh ngebut ini sapa yg mo liat….wkwkwkwkw

    Guest
  5. Suzuki
    Hehehe…. secara desain mesin dan performa di atas kertas selalu bagus. Kondisi standar pabrik juga lumayan bagus dan bersaing di kelasnya. Baik mesin maupun cat, dsb.
    Tapi entah mengapa ketika di ajang balap gak bisa berbicara banyak dibanding rivalnya yang bahkan punya power lebih inferior.
    Jadi, kesimpulannya, kalo buat standaran, bagus suzuki. Sayang desain body nya yang kurang diterima rakyat. Tapi kebalikannya, kalo dibuat balapan oprek mesin, paling melempem prestasinya. walau body/desainnya dah pas banget kyk motor balap (contoh kelas 150cc).

    Guest
    • gk semuanya, suzuki katanya paling bagus, tapi silahkan coba liat suzuki smash, disiapkan sebagai tulang punggung tapi kualitasnya jauh dibawah shogun 110. ketika direvisi new smash, orang sudah terlanjur kena image buruk smash. thunder 125 juga banyak trouble dan getaran tinggi untuk motor yang cuma 125 cc.seandainya thunder sejak awal diberi balancer dan menggunakan karburator non vakum, setidaknya orang tidak ragu beli karena lebih minim trouble dan getaran.

      Guest
  6. Tolong suzuki kalau nnt memproduksinya di indonesia harganya bisa 50an juta jgn sampe 60 jutaan. Biar harganya masuk akal di kategori 250cc. Ane yakin kalau desain kayak di paten dengan harga khas suzuki pasti bakal banyak yg lirik nih motor. Kalau power mah gk muluk2 bisa 39 ps aja sebenarnya sudah cukup asal mesinnya reliable.

    Guest
  7. Corong ram air nya langsung dari depan, sistemnya mirip gsx r1000r, di samping headlampnya ada DRL, bawahnya DRL ada akses masuk udara.. Headlampnya hampir mirip gsxr1000r cuma ukurannya menyesuaikan.. Ukuran body motornya keliatan lebih ramping daripada cbr250rr.. Untuk stoplamp masih konsep , belum tentu pas produksi massal bentuknya seperti itu..

    Guest
  8. knpa ya klo qt perhatikan,suzuki slalu terkesan lamban dlm mngeluarkn produk.intinya slalu sj ketinggalan dgn pabrikan yg lain.dan pling terakhir mngeluarkn produk serupa dibanding kmpetitor. knp suzuki tidak mnjadi vionir ktka mngeluarkn produk? dan terkesan slalu ikut2an trs.. seharusnya yg pling akhir hrs bsa mnyempurnakan yg sudah ada,baik dari segi desain dan juga mesin.. dan jk dgn jjur,suzuki hrs bkerja keras mmprbaiki desain utk sgla produk mtornya.. semoga wak haji bs jd jmbtan utk segala kritik dan saran utk mereka…

    Guest
  9. Kawasaki dan Honda head lamp dual keen..pakai dua inlet air ram..
    Suzuki head lamp single keen ..pakai 1 inlet air ram…
    Ha..ha..ngepas ngepas no.

    Guest
  10. berarti gsx-r ini nanti nggak punya air RAM kayak cbr250rr ya wak? Karena ujung lubang box filternya hanya mengarah kedepan tapi nggak diterusin sampai kedepan, gitu??

    Guest
  11. suzuki napa y g buat Bandit 400 utk pasar indo,bkl laris tuh…mlh ikutan pabrikan besar dgn 2 silinder ya disamplok lah sma ninja am R25 baru.

    Guest
  12. Joknya terlalu nungging. Gak nyaman buat pembonceng.

    Nasibnya bakalan kayak GSX-S150

    #2019GantiJokLandai

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.