TMCBLOG.com – bro sekalian, di gelaran Honda dream Cup Medan kemarin tmcblog cukup beruntung bisa berkenalan kembali lebih dekat dengan suspensi yang mambawa gerry salim Juara Asia AP250 di tahun 2017 dengan CBR250RR yakni Showa BFRC ( Balance Free Rear Cushion )

Sebuah Shock Breaker Buatan Showa yang dipergunakan untuk kompetisi dan masih diproduksi secara sentralistik di Pabrik suspensi Showa di jepang . .

Secara bentuk, memang Showa BFRC ini mirip dengan suspensi belakang merek ternama yang punya warna khas Kuning Yakni Ohlins . . . variabel Variabel yang di seting pun beragam mulai dari pre-load yang setingannya lebih ke teknis, sampai setingan compression dan tension yang bersifat mekanis – hidrolis . . . Compression mengatur seperti apa redaman dari suspensi saat menerima beban ( saat tertekan ) dan tesnsion mengatur seperti apa response dari suspensi saat tekanan hilang dan bergerak kearah kondisi normal dari suspensi ( saat lepas dari tekanan ) . .

Dan Jika sobat lihat di gambar atas, Showa BFRC menggunakan dua tabung sedangkan Suspensi biasa hanya menggunakan 1 tabung hidrolis . . di Showa BFRC Tabung kedua letaknya berada di dalam tabung utama . . so seperti ada tabung di dalam tabung

nah dengan kehadiran Dua Tabung ini plus variabel besar kecinya valve akan menghasilkan response perubahan Compression Yang lebih kontinu dan ‘ nyambung ‘ alias linier dengan perubahan suspensi saat tension . .  dan jika setingan ini bisa diperoleh, muaranya akan membuat traksi ban belakang akan lebih sempurna kontaknya dalam menjejak asphal . . .

taufik of BuitenZorg

17 COMMENTS

    • mongtornya mungkin yang memang kompetitip. soalnya d motoGP, moto2 dan moto3 malah gk ada yang make. yang ada malah öhlins dan WP

      Guest
    • wsbk balap motor .bukan balap suspensi.. yg menentukan bukan cuma suspensi.tpi kombinasi dr banyak hal

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.