TMCBlog.com – Assalamualaikum Sobat sekalian, Rabu 15 Agustus 2018 PT. Gas Triumph Indonesia secara resmi menjual Triumph Tiger 800 XCX di dealer mereka yang berlokasi di daerah Kemang Jakarta Selatan. Motor ini sebetulnya sudah cukup lama dijual namun baru dibawa masuk ke Indonesia bulan Agustus 2018 ini. Motor dengan genre Adventure-touring (ADV Bike) ini dirancang secara baik untuk bisa menembus lintasan off road sekaligus nyaman diajak perjalanan jauh menikmati setiap kilometernya. Tiger 800 XCX generasi terbaru ini sudah kena sentuhan revisi pengembangan sebanyak 200 points dibanding generasi sebelumnya demi penyempurnaan produk. Manteb nih…

Triumph Tiger sendiri merupakan salah satu varian dari Triumph yang laris manis dan legendaris. Untuk Tiger XC sendiri memang orientasinya lebih kepada cross country dengan ability off road yang lebih baik dan juga hadir dengan beberapa tipe, Tiger 800 XC yang paling standar lalu Tiger 800 XCX yang baru dijual resmi oleh PT. GASTriumph Motorcycle Indonesia dan tipe tertinggi yakni Tiger 800 XCA. Mesinnya menggunakan basis yang sama yakni 3 silinder kapasitas sekitar 800 cc, hanya saja tiap varian berbeda pada detil, fitur termasuk aksesoris.

Latar belakang dipasarkannya Triumph Tiger 800 XCX di Indonesia dijelaskan oleh bapak HarinTriadji; “Pasar adventure di Indonesia semakin tumbuh mulaindari mesin yang kubikasinya kecil hingga moge, karena itu hari ini kami memperkenalkan secara resmi New Tiger 800 XCX dengan berbagai ubahan baik secara performa mesin maupun kelengkapan fitur-fitur barunya. Kami ingin bermain di segmen adventure, karena motor ini mempunyai kemampuan lebih baik dari konstruksi sasis hingga mesinnya sebagai teman berpetualang di segala medan.”

Tiger 800 XCX ini dijual seharga Rp. 475.000.000 kondisi Off The Road Jakarta. Cukup wow nih, tapi bersaing banget dengan BMW GS850 dan juga Honda CRF1000L yang ketiganya sama sama dijual resmi oleh APM di Indonesia. Sudah bisa dipesan karena ready stock di dealer Triumph Jakarta sekitar 20 unit terbagi dalam 4 varian warna, putih, biru, hijau dan hitam matte. Meskipun bukan tulang punggung utama penjualan di Indonesia, PT. GAS Triumph mematok penjualan sekitar 40 unit per bulannya untuk segmen adventure ADV ini yang sedang menjamur di Indonesia dan dunia.

Soal mesin Tiger memiliki bekal dapur pacu 3 silinder sejajar 800 cc DOHC 12 Valves, dilengkapi 5 Riding Mode dengan mode terbaru yaitu off road Pro. Mesinnya memiliki tenaga sebesar 94 Bhp pada 9.500 Rpm sedangkan output Torsi sebesar 79 Nm pada 8.500 Rpm. Revisi pada generasi terbaru ini adalah pada gearbox-nya yang lebih pendek (shorter) sehingga memudahkan rider ketika melalui medan jalanan off road.

Panelmeter sudah LED full digital TFT (Tint Film Transistor) agar rider lebih nyaman dalam melihat informasi pada dashboard. Dan juga bisa diatur posisi panel meter dashboard-nya sesuai pandangan mata rider yang berbeda-beda tiap orang dari sisi tinggi badannya, juga secara otomatis Brightness pada layar TFT nya bisa meredup dan menjadi lebih terangbsesuai kondisi cuaca saat berkendara, termasuk ketika masuk dan keluar dari terowongan. Ini merupakan penyempurnaan yang tidak ada pada generasi sebelumnya.

Suspensi menggunakan merk WP Suspension dengan suspensi depan upside down berdiameter 43 mm dan belakang monoshock dengan merk yang sama. Sudah dibekali ABS dengan double cakram berdiameter 305 mm di depan serta kalipernya Brembo punya. Belakangnya cakram single 255 mm yang dikawal oleh merk Nissin.

PT. GAS Triumph Indonesia telah mempunyai beberapa cabang untuk jaringan penjualan dan pemeliharaan selain Jakarta seperti Bali, lalu kota Bandung yang sedang berjalan dan Surabaya kini sedang dalam tahap disiapkan unit dealernya untuk melayani after sales dari produk Triumph. Banyak banget yang diubah dari New Tiger 800 XCX generasi terbaru ini yang memang sebuah penyempurnaan dari model terdahulu. Makin tangguh jek..!!

Tinggal nyiapin duit, niat, tekad dan mental bisa nih bawa Triumph Tiger 800 XCX keliling pulau Jawa, atau mau langsung keliling Indonesia? Boleh sob, kita nikmati kekayaan dan keindahan alam negeri kita tercinta. Dari dealer Triumph Motorcycle Indonesia di Kemang Jakarta, TMCBlog melaporkan. Wassalamu’alaikum…

Nugi TMCBlog

Galeri Foto

28 COMMENTS

  1. tiger2000 aj gk ksampaian beli sampe udah d suntik mokat tu tiger sama pabrik ny gk ksampean jga…. skrg mlah nongol yg tiger800 mdh2n yg ini bs kbeli…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.