TMCBlog.com – Jakarta, 26 Agustus 2018 menjadi salah satu hari yang bisa dikatakan bersejarah dalam dunia roda dunia tanah air, dimana bikers Indonesia lagi-lagi mengarungi ribuan kilometer jarak lintas negara membawa nama Indonesia. Perjalanan bro Gunadi secara resmi dilepas oleh Viar Motor Indonesia dan beberapa pejabat Republik Indonesia untuk menapaki pegunungan Himalaya bersama motor buatan Indonesia.

Yess, seenggaknya ada 15.000 KM yang harus di tempuh oleh bro Gunadi dari Jakarta hingga ke India tepatnya di daerah pegunungan Himalaya yang masuk di wilayah negara India. Gunadi yang merupakan ketua dari komunitas Freerider Indonesia ini akan berkendara sendirian di atas Viar Vortex 250 buatan dalam negeri selama 70 jari perjalanan, sejak 26 Agustus sampai tanggal 28 Oktober 2018.

Prosesi pelepasan keberangkatan Solo Touring bro Gunadi kemsrin bertempat di kantor Kementrian Perhubungan RI di Jakarta Pusat dengan dihadiri oleh pejabat Kementrian Perhubungan Darat, Kakorlantas Polri, perwakilan Kementrian Luar Negeri, BMKG, IMI dan dari kedutaan negara-negara yang dilewati ketika perjalanan touring ini. Banyaknya pejabat yang hadir memang tak lepas dari misi yang dibawa oleh Gunadi dalam perjalanan ini sob.

Solo Touring kali ini memiliki misi dalam hal keselamatan di jalan, pelestarian lingkungan hidup dan juga persahabatan antar bangsa dan juga untuk memperkenalkan keberagaman adat dan budaya Indonesia. Sedikit bercerita tentang persiapan yang dilakukan, Gunadi menjelaskan bahwa hal hal yang perlu diperhatikan ketika perjalanan lintas negara adalah mengenai dokumen diri dan kendaraan.

Lalu fisik sangat perlu disiapkan juga karena ketika riding jauh, sudah pasti akan menguras fisik. “Semua dokumen sudah beres sejak beberapa bulan lalu, menyiapkan kekuatan fisik, kesiapan motor juga diperhatikan.” ujar Gunadi saat memberi kata sambutan.

Mengenai motornya, Viar Vortex yang digunakan adalah motor yang minim modifikasi. Praktis hanya menambahkan box alias side cases dan top cases dari Givi selaku salah satu sponsor resmi agenda solo touring Jakarta – Himalaya ini, lalu pada kaki-kaki juga sudah diganti velgnya memakai jari-jadi dan alumium rims beserta karet bannya sisanya full standar pabrik karena ini untuk membuktikan kekuatan Viar Vortex 250 kepada masyarakat Indonesia dan juga warga dunia kalau pabrikan nasional kita bisa membuat motor tangguh.

Untuk box dan perangkat penyimpanan lain memakai produk dari GIVI yang membekali Gunadi dengan box atas E43NTL-ADV berkapasitas 43 liter dan samping TREKKER 33 kapasitas 33 liter pada tiap sisinya, total 109 liter untuk box atas dan sampingnya saja. Lalu ditambah dengan Dry Bag EA1115KG dengan kapasitas 40 liter dan Tanklock ST602 dengan kapasitas 4 liter, tas selempang yang dapat dengan mudah dipasang maupun dilepaskan pada dudukannya di tangki bensin.

Tidak lupa juga GIVI memberikan helm bertipe Voyager X.16, jas hujan PRS01 sebagai “Prime Suit” di kategori jas hujan GIVI. VEST02 reflective vest serta shoe cover SC02 menjadi pelengkap berkendara Gunadi. Mantap…

Perihal rute yang dipilih adalah berangkat dari Jakarta menuju pelabuhan Tanjung Balai Asahan di Sumatera untuk seterusnya menyebrang ke pelabuhan Klang di Malaysia sebelum melanjutkan perjalana riding melewati Kuala Lumpur. Dari Malaysia sudah pasti tembus ke Thailand, lalu Myanmar, Nepal dan India. Setelah tiba di India rute menuju Himalaya adalah dari Candigarh, Srinagar, Leh, Khardungla Pass, Pangong Lake, Manali,  Dangerous Road dan akan kembali ke New Delhi. Tujuannya adalah mengibarkan semangat Sunpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2018di negara tujuan.

Selamat berkendara bro Gunadi!!

Nugi TMCBlog

22 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.