TMCBLOG.com – Bro sekalian, di VLOG dan artikel kali ini tmcblog mau share lagi salah satu penghuni Garasi tmcblog.com yakni satu unit Yamaha SIGMA 2002 . . Motor bebek dua tak ini tmcblog beli dari Dealer Asia Motor di Solo beberapa bulan yang lalu Via Sobat Bro Ikhsan Lie dan lansung di urus pembuatan BPKB dan STNKnya  . .

Di artikel yang lalu pula sobat sudah melihat bahwa Yamaha Sigma ini sudah mengalami service PDI di Mekar Motor Bogor dan saat ini dalam kondisi Aktif dan bisa dijalankan . .. Nah, beberapa waktu lalu ada kesempatan tmcblog untuk memanaskan Satu satunya Motor dua tak di garasi ini  . . Oleh karena itu sekalian juga ambil beberapa footage video dan Foto untuk bisa dibagikan ke sobat sekalian Via Artikel dan Vlog . .

Jika soba perhatikan Kondisi Yamaha Sigma NOS ini nggak jauh berbeda dengan saat motor ini masih nangkring di Asia Motor . .  beberapa cat cat sudah dimakan usia seperti agak ‘ bangun’ dan beberapa sisi sudah mulai muncul Karat . . Namun secara umum kinerja Motor ini masih sangat sangat lumayan karena memang bisa disejajarkan dengan Motor baru . . tarikan awalnya pun masih terasa sangat ‘ngejambak’ Khas banget motor duatak, walaupun sejatinya Sigma Bukan Motor bebek sport, lebih ke motor bebek harian dan ‘ motor bebek keluarga ‘

Flashback dikit Jika dilihat dari Bodynya , banyak yang berpendapat bahwa Yamaha Sigma ini sudah seperti layaknya Yamaha Alfa IIR ganti bodi. walau dengan beberapa diferensiasi bentuk seperti lampu belakang dan speedometer  Garis desain Yamaha sigma ini mengikuti corporate design motor bebek Yamaha lainnya saat itu seperti Vega dan Force 1.

Mesin Yamaha sigma adalah mesin 2 tak 1 silinder dengan kubikasi 102,1cc. mesin ini menghasilakn Power maksimum seebsar 7,8Hp @ 7000Rpm dan torsi Maksimum 8,8Nm @ 6000Rpm. Dengan transmisi semi otomatis 4 percepatan seperti umumnya motor bebek, Top speed yang bisa dicapai Yamaha sigma yang memiliki berat 97Kg ini diklaim bisa tembus sampai sekitar 90km/jam dalam keadaan sehat dan standar seperti milik tmcblog.

Karena masih sangat baru beberapa Hal hal menarik dari desain Motor jadul pun amsih bisa dilihat dari Yamaha sigma NOS ber rem double tromol Milik tmcblog ini seperti hadirnya Buzzer yang menyala Nit nit nit saat lampu sen diaktifkan . ..  benar benar berkarakter . . Next kita bahas penghuni garasi lainnya yaaa . . . Semoga berguna sob

Taufik of BuitenZorg

45 COMMENTS

  1. Assalamualaikum.. Mas taufik apa setelah pembelian yamaha alfa ini tidak ada kendala seperti sil bocor atau getas.? Secara walau motor gress namun berumur.

    Guest
    • Area dalam tangki BBM biasa nya berkarat,,,,

      Ane 2 tahun kemaren ambil new thunder low km 2 rb-an buat koleksi,,,,,eh tangki nya berkarat efek gak pernah di isi penuh tangki nya, mungkin stok lama dongkrok di dealer

      Guest
    • Pengalaman pernah beli motor NoS (CS1 2012), yg rawan bocor motor NoS biasanya shockbreaker depan belakang karena as nya pasti berkarat & sealnya sudah gak lentur lagi. Lalu seal perseneling & kick starter. Klo 4 tak yg pakai radiator lebih banyak lagi kayak mechanical seal radiatornya.

      Guest
  2. Wak haji tolong donk analisanya bocoran yamaha 2019/2020 di blog madev ad selentingan info bnyak bener produk yamaha yg akan keluar trmasuk ALL ALL NEW R25 nya,klo bener yg spyshoot skrg apa cm ganti baju aj y wak?nuhun wak haji

    Guest
  3. Duluu banget jaman Alfa sama Astrea Prima..punya salah satu dari dua motor itu..sudah dipastikan bisa ngeboncengin cewek cakep waktu kuliah..wkwk maklum yg comment ini angkatan tua..

    Guest
  4. Tolong perlakukan motor ini selayaknya motor baru wak; test konsumsi bbm, aksel 0-60, performa dll,, hahaha

    Btw rem hardisk itu kaya mana wak? Berapa TB? 😂

    Guest
  5. Tolong perlakukan motor ini selayaknya motor baru wak; test konsumsi bbm, aksel 0-60, performa dll,, hahaha

    Btw rem hardisk itu kaya mana wak? Berapa TB? 😂

    Guest
    • Nunggu harganya pada naik dulu baru dilepasin, sementara kumpulin dulu. Kalau harga malah jatuh ya terima nasib jadi koleksi beneran dan investasi jangka panjangnya gagal😅

      Guest
  6. motor NOS mending jangan dibuat tes macem2 seperti topspeed dll, cukup dipanasi diluar sebentar, terus biar awet aki dicharge tiap minggu cukup 30 menit, menggunakan charger kecil sudah cukup. atau jika tidak juga tidak masalah (harga aki kan masih terjangkau, dan termasuk fast moving part).

    motor dipanasi sebentar agar oli melumasi seluruh bagian yang lama tidak kena oli. pada motor lama nganggur, biasanya liner silinder timbul noda (padahal semacam karat dalam pori2) itu akan membuat silinder aus, tahu2 ngebul (kalau 4 tak). kalau 2 tak ya sama saja, cuma karena ngebul jadi tidak terdeteksi, paling kalau parah tenaganya ngempos.
    kalau mau simpan dalam keadaan mati, tiap minggu perlu diengkol, kemudian bagian dalam silinder sebulan sekali semprot sedikit pakai chainlube/anti karat mencegah karat pas posisi tmb, lalu diengkol. memang akan bikin silinder/piston kena anti karat, tapi buat motor mati gk pengaruh, daripada karatan dan mesti oversize ketika suatu saat bertahun2 kemudian mau dihidupkan.
    tangki bensin, karena 2 tak, pakai bensin campur (perbandingan sedikit saja) yang penuh, setiap dipanasi terlebih dulu diaduk, mencegah oli menggumpal. setelan oli samping dibuat hemat karena sudah pakai bensin campur. kalau mau tangki kosong, dikeringkan, semprot anti karat pasang silica gel, tapi mending dipenuhi bensin, biar selang2 tidak keras/getas. oli samping pakai yang bagus, biar tidak menggumpal. kalau pakai mineral, biasanya oli jadi kental, semacam slug. toh butuhnya gk banyak, satu liter setahun gk habis.

    Guest
  7. dulu pernah pake…
    motornya enak .. tapi ada kelemahan

    1. baut blok mesin seher suka naik sendiri, kurang kuat
    2. cdi bermasalah, padahal sudah ganti baru
    3. di pake jalan jauh pernah macet sehernya .. pelumasan oli samping kurang, diem sebentar jalan lagi… (solusinya campur oli di tangki atau besarin aliran oli dari setelah standar)

    selebihnya enak neh motor

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.