TMCBLOG.com – Bro sekalian Hari ini di daerah selatan jakarta PT SIS mengundang Awak media dan Blogger dalam sebuah sesi khusus pembahasan teknis Suzuki GSX150 Bandit. Di Sesi ini lah di beberkan segala hal yang perlu diketahui mengenai Motor Sport nakedBike harian 150 cc yang punya Karakter lebih general ketimbang Suzuki GSX-S150 . . Cekidot deh . .

Di awal penjelasannya SIS mengungkapkan apa sebenarnya Filosofi penggunaan nama Bandit. Dijelaskan Bahwa awalnya memang suzuki Bandit itu dibuat sebagai Racer Replika namun dalam bentuk Motor streetbike sehingga konsepnya dan Bahkan mesinnya sendiri biasannya diturunkan dari Motor motor Balap . . So karena itu pula GSX-150 Bandit memiliki mesin yang disamakan dengan GSX-R150 Full Fairing

Banyak Yang over-ekspektasi dan berharap GSX150 bandit yang hadir menggunakan Headlamp Bulat, Pak banggas pardede dari SIS menjelaskan Hal itu Lumrah karena memang Bandit yang sempat masuk Indonesia waktu itu berlampu bulat sehingga mindset itu terbawa sampai sekarang. Padahal ( beliau Melanjutkan ) dalam evolusinya, sampai saat ini Suzuki bandit telah beralih rupa konsep Headlamp menjadi headlamp StreetFighter

Menurut Suzuki, tercatat ada 5 karakter yang harus hadir dalam sebuah Motor Suzuki yang dinamakan Bandit . . Kelimanya adalah Desain yang canggih, Performa Yang superior, Berteknologi Modern, Ringan dan Posisi berkendara yang nyaman.

Beberapa spefikasi yang membedakan GSX150 bandit dengan GSX-S150 adalah Desain tempat duduk yang menyatu sehingga nyaman Untuk berboncengan. Pak Harsono dari technical SIS menjelaskan memang GSX150 Bandit lebih diarahkan ke segi fungsional riding dengan jarak yang lebih jauh ketimbang GSX-R dan S series plus nyaman buat berboncengan.

Sebagai Motor ” All around ” atau Motor Palu gada, Motor ini harus lincah . . Oleh karena itu GSX150 bandit didesain memiliki sudut kemudi yang lebih lebar ( 40 deg )  ketimbang GSX-R150 ( 35 deg )

Nah ini yang menarik, Jika di GSX-S150 Tinggi titik duduk dengan pijakan Kaki pembonceng sekitar 425 mm ( 42,5 cm ) maka di Suzuki GSX150 bandit tingginya telah direduksi menjadi hanya 395 mm ( 39,5 cm ). Sasis Utama dari GSX150 bandit dan GSX-S150 adalah sama , namun Subframe keduanya berbeda dimana subframe GSX150 Bandit lebih rendah.

Selain itu untuk menunjang kenyamanan riding jauh Jok depan pun dibuat lebih lebar ( luas 57.200 mm persegi ) ketimbang luasan Jok depan GSX-R dan S150 ( 54.000 mm persegi ). begitu Pula Luas Jok belakang GSX150 Bandit ( 41.000 mm persegi ) lebih luas dari pada Luas Jok belakang GSX-R dan S150 ( 32.300 mm persegi )

Untuk ban, GSX150 Bandit menggunakan ukuran Ban yang sama dengan GSX-R dan S150 namun dengan pola kembangan dan Pabrikan yang berbeda. Menurut pengalaman ban IRC yang dipakai di GSX-R dan S150 terutama Ban depan saat dipakai di kecepatan rendah terasa banget liukan alur gripnya sehingga membuat handling seperti bergoyang goyang. Di GSX150 bandit belum ketahuan secara belum di test

Secara umum Frame utama yang betugas sebagai tempat Mounting mesin, membentuk hubungan koneksi dengan kemudi dan swing arm sama banget dengan GSX-R dan S150  . . yang berbeda hanya berada di Subframe. Perubahan subframe ini juga yang secara signifikan membuat GSX150 bandit lebih BERAT beberapa kg ketimbang GSX-S150.

Mengenai sistem Elektronik Suzuki GSX150 bandit boleh dibilang sama persis dengan GSX-R dan S150 . . terdiri dari ECM yang sama, Injector 10 lubang dan 6 sensor yang lengkap termasuk Air Intake pressure Sensor yang membuat GSX150 bandit bisa melakukan Self adjustement sistem injeksi saat motor ini dibawa berpindah ketinggian. Mengenai Setingan ECU yang berbeda dengan GSX-R dan S150 hanya terjadi pada setingan Keyless pada jenis GSX-R dan S150 yang ber-keyles . . selebihnya 100% sama

Seperti sobat ketahui hampir semua motor 150 cc suzuki saat ini sudah mengadopsi sistem starter mudah, hanya sentuh tombol starter dikit langsung nyala. SIS mengklaim Suzuki Easy Start system ini diturunkan dari Seri seri Bigbike Suzuki.

Soal panel dashboard juga 100% sama lengkapnya dengan Suzuki GSX-R dan S150

Terlihat memang headlamp dan Stoplamp dari GSX150Bandit mirip sama Yang dipakai Satria F150. Perbedaannya hanya penempatan cluster lampu sen saja Di mana pada GSX150 bandit lampu sen tidak diletakkan di dalam Batok headlamp dan stoplamp.

nah diatas adalah spesifikasi lengkap dari Suzuki GSX150 bandit . . secara power dan torsi sama persis dengan GSX-R dan S150

Soal Segitiga Ergonomi, Suzuki GSX150 Bandit termasuk yang paling tegak dibandingkan dengan Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150. Sobat bisa lihat di diagram segitiga Ergonomi diatas bahwa Posisi duduk dari GSX150Bandit sedikit lebih tinggi 0,5 cm ketimbang GSX-S150 karena joknya dibuat lebih tebal untuk fungsionalitas riding jauh . .

Jadi seperti itu sob, aspek aspek tenis dari Suzuki GSX150 Bandit Yang tmcblog terima . . Soal harga Jual belum di Infokan, namun santer rumor GSX150 Bandit akan di posisikan di bawah GSX-S150. Proses Produksi sudah dimulai dan Grand launching diharapkan bisa dilakukan di Akhir Bulan September 2018 ini  . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

46 COMMENTS

    • . . Padahal ( beliau Melanjutkan ) dalam evolusinya, sampai saat ini Suzuki bandit telah beralih rupa konsep..

      Konsep monyong beralih indihe..
      *dagelan ngak kelar kelar*

      Guest
    • Desaine Asyyuuu tenan rek. Paling laku motor secondnya aja, buat diambil mesin n sedikit rangka. Tepok jidat

      Guest
    • Secara umum Frame utama yang betugas sebagai tempat Mounting mesin, membentuk hubungan koneksi dengan kemudi dan swing arm sama banget dengan GSX-R dan S150
      yang berbeda hanya berada di Subframe

      BILANG aja RECYCLE dagangan ngak LAKU

      Guest
    • Berharap mengulangi kesuksesan Ertiga lama, ambil direktur dari Suzuki Mobil. Nyatanya Nol Besar. Bentar lagi susuki gulung tikar kalo begini

      Guest
  1. hiks,tinggal SV650 doang yg masih pake lampu bulat ala bandit

    oot,haji Yudis katanya bakal ikut seri stk1000 WSBK 2 seri ya September ini

    Guest
    • headlamp comot fufi, stoplamp full comot fufi jok sama2 tandem dan mesin beda tipis
      fix fufi pake shock panjang ini mah

      Guest
  2. . . Padahal ( beliau Melanjutkan ) dalam evolusinya, sampai saat ini Suzuki bandit telah beralih rupa konsep..

    Konsep monyong beralih indihe..
    *dagelan ngak kelar kelar*

    Guest
  3. Dengan banyaknya – hampir semua – part yang ada di Bandit 150 ini berasal dari “kanibal” GSX dan Satria … wajar banget kalau harganya juga paling murrahh dari GSX series lainnya.

    Dan mungkin bisa laris jika pasang harganya tipis-tipis di atas Satria FUFI … anggap aja beli Satria dgn ban gambot … mungkin lho yak

    Guest
  4. kemarin bilangnya GSX-S150 pakai headlamp Fufi biar lebih keren, udah diturutin malah ngebully. maunya apa sih nyetizen?

    Guest
  5. montor indihe.
    seharusnya d jual di indihe jgan di jual di indonesia nnti cuma jdi penungggu gudang gak balik modal

    Guest
    • namanya juga bandit boss
      motor tukang begal, maling, jambret dll ya wajar dong. kan yang penting mesin powerful dan harga murah. hehehehehe

      Guest
  6. knapa pabrikan nggak jeli liat potensi motor klasik.. malah bikin model gak jelas gini.. hadeeh.. orang lagi demen yg vintage2.. bosen liat model ky gini..

    Guest
  7. Imho ya wak,,
    Saya buka mau menjelek-jelekkan produk suzuki. Kalau menurut saya, bagian shoround sama undercowl perlu direvisi sedikit biar desin nyaterlihat mengalir dari depan kebelakang. Desain shoround yg ada skrg saya rasa terlalu memcembung, jadi rada aneh ngelihatnya. Coba kalau dibikit model rata dengan double layer gitu mungkil bakal cakep.

    Salam dari pengguna gsxs150

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.