TMCBLOG.com – Bro sekalian, bicara soal motor skutik entry level Honda . . Ada dua nama yang melekat yakni Honda Beat dan Honda Spacy . . Keduanya saat ini memiliki nasib yang agak berbeda sedikit dimana Honda Beat masih menjadi rajanya motor Skutik di mana hampir setiap bulan motor ini bisa terdistribusi secara wholesales menyentuh angka 100 ribuan unit. Sedangkan Honda Spacy memiliki nasib ironis sampai sampai harus dihentikan Produksinya Oleh AHM Mulai April 2018 yang lalu . . Namun tahukah sobat semua sejarah penamaan Beat dan Spacy itu ternyata sudah lama dilakukan oleh Honda secara global? . .

Yap itu benar dan salah satu jejaknya bisa kita lihat di Honda Collection hall yang boleh dibilang cukup bisa bicara banyak soal sejarah motor motor yang diproduksi oleh Honda secara global. Dan salah dua yang hadir di sana adalah Honda Beat FC50 dan Honda Spacy 50 . . .Β  Dan TMCBlog beberapa tahun yang lalu pernah mendokumentasikan videonya secara langsung untuk keduanya . . .

Sosok motor yang ada di Honda Collection Hall adalah Honda Beat dan Honda Spacy yang sama sama mengunakan mesin 50 cc dua tak . . Namun yang membedakan adalah Honda Beat hadir dengan mesin 50 cc dua tak berpendingin cairan ( Liquid Cooled ) sedangkan Honda Spacy menghadirkan mesin 50 cc dua tak berpendingin udara . ..Β  Karena kehadiran pendingin cairan ini membuat kompresi bisa lebih tinggi dan muaranya power maksimum dari Honda beat FC50 pun bisa lebih tinggi ( 7,2 PS ) dari Honda Spacy 50 ( 5 PS ). . .

Oh Ya, mesin Honda Beat FC50 diklaim merupakan mesin berpendingin cairan pertama di dunia lho sob . . . Semoga berguna.

Taufik of BuitenZorg

31 COMMENTS

  1. ini ada yang punya nih orang indonesia, waktu itu pas acara tumplek blek pernah dipajang bareng motor motor mini honda. ada 2 motor ini, ada monkey kumamon ada nsr50 ada honda chaly. nama yang punya lupa saya dan koleksinya memang ngeri ngeri tuh orang πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
    • Dan satu kirik πŸ‘†πŸ‘†menggonggongin di artikel punya kambing..bhahahaha…kirik kirik..bhahaha

      Guest
  2. Terimakasih informasinya Wak.. ..baru tahu ternyata Nama Honda beat & spacy adalah nama global sejak Zaman dahulu kala.. .. ..

    Guest
  3. fyi nenek moyang efbeye adalah :

    1.) Segala mahluk hidup, astral, nyata, yang punya satu kesamaan “benci AHM dengan berlatar belakang apapun” tapi bisa cinta Honda Thailand, Vietnam, Malaysia, India, Jepang,dll.. pokoknya buka Astra Honda motor.. ..

    sekian

    Guest
    • Heran sama kualitasnya aj x bro, rata” casing. Kmaren s picex led ane d tabrak dr blakang mpe jatuh tp msh aman cm baret lecet ga ad gjala oblak, ga tau klo yg picex lokal. Materialnya terlalu rapuh klo sy blg pnya ahm.

      Guest
  4. Walah unik nih klo dipake sliweran d jalan. Dijamin jd pusat perhatian,,,, tp rasanya klo saya bawa pengen saya bawa main d sungai trus tinggalin dah hhahaha… No offense
    Asli bentuknya lucu aneh gmn gtu πŸ˜‚

    Guest
    • ya benar, dan sepertinya Motor Honda pun ada yang ditaroh di Museum yamaha di Iwata, saya pernah lihat

      Administrator
    • ohh gitu .. semakin menjelaskan mereka bersahabat dalam kompetisi merebut Kunsumen, ..dan lucu nya yang sebagai Kunsumen tok ..fans saling bermasam jika beda merk

      Guest
  5. Heran sama kualitasnya aj x bro, rata” casing. Kmaren s picex led ane d tabrak dr blakang mpe jatuh tp msh aman cm baret lecet ga ad gjala oblak, ga tau klo yg picex lokal. Materialnya terlalu rapuh klo sy blg pnya ahm.

    Guest
  6. Yang tepat mungkin scooter matic berpendingin cairan pertama di dunia. Honda memang pioner aplikasi teknologi pada produknya, tapi bukan berarti yg lain cuma ngekor, banyak juga teknologi yg ditemukan oleh pabrikan lain, cuma memang porsi honda lebih banyak,

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.