TMCBLOG.com – Bro sekalian, tidak ada satupun produk KTM sebelumnya yang dijual di market motor yang punya kedekatan paling maksimal dengan versi balapnya selain KTM 450 Rally Replica. Yap sebuah replika dari motor yang menjuarai ajang Rally Dakar dimana tahun ini (musim 2018) ditunggangi oleh Matthias Walkner ini akhirnnya diproduksi massal dan dijual oleh KTM secara terbatas hanya 75 unit dan semuanya sudah ludes di Pre-Order oleh konsumen.

Secara umum KTM 450 Rally Replica MY2019 sudah menggunakan sasis baru yang didesain ulang. Walaupun sekilas tampak tetap tinggi, namun KTM mengklaim ada upaya untuk meningkatkan sentralisasis bobot dengan memindahkan pusat massa lebih ke tengah dan lebih ke bawah sehingga membuat KTM 450 Rally Replica MY2019 lebih lincah dan lebih stabil dibandingkan model sebelumnya.

Selain itu di KTM 450 Rally Replica MY2019 hadir pula beberapa part baru lain seperti swing arm, suspensi belakang dengan link, box filter udara, tangki bbm, muffler Akrapovic yang  kini lebih pendek dan lebih rendah untuk mengejar fokus sentralisasi bobot.

Untuk urusan handling, KTM telah menyematkan suspensi depan baru yakni suspensi canggih dan berkelas WP XACT PRO 48 mm dengan Closed Cartridge Cone Valve Suspension, yang dibantu dengan sistem pengereman dari Brembo.

Sedangkan dari segi fungsional sebuah motor rally, KTM juga telah mendesain tower navigasi yang tempatnya tinggi dan sesuai dengan posisi navigation tower yang benar benar dipakai oleh Matthias Walkner di ajang Rally Dakar.

Mengenai mesin sendiri, KTM menyematkan mesin baru berkubikasi 450 cc FI (Fuel Injection) dengan perubahan pada head silinder. Lalu dibantu dengan sistem transmisi baru yang didesain untuk bisa lebih tangguh menghajar segala rintangan Rally Dakar . . Hmmmm spek-nya bengis, apakah dari 75 Unit edisi terbatas yang dijual seharga $30.500 USD ini ada nggak yang mampir ke Indonesia ?

Taufik of BuitenZorg

15 COMMENTS

  1. sudah 3 artikel gak da nih pertanyaan aq yg jwb. adakah doch tanpa per klep, yg mna cara kerjanya menggabungkan antara doch desmodromic dan unicam dimana dual chamshaft pada doch memiliki 3 tonjolan. pada chamsaft hisap tonjolan 1 dan 3 terhubung langsung ke klep berfungsi menyrunkan klep. sedangkan tonjolan 2 berada di tengah brhubung ke klep buang melalui arm seperti unicam tapi fungsinya untuk mengangkat atau menutup klep buang seperti desmodromic. begitupun sebaliknya pada chamsaft buang. adakah sistem klep motor yang seperti ini yang aq rasa lebih baik dari doch maupun desmodomic doch tanpa per klep buka tutp klep melalui chamsaft

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.