TMCBlog.com – Pada hari kedua Grand Battle Suryanation Motorland di Surabaya hari Minggu 30 September 2018, dilakukan prosesi unveiling Inspirational Bike yang dibuat bersama oleh para artworker Suryanation Motorland 2018. Motor yang digunakan sebagai basis Inspirational Bike tersebut adalah Kawasaki W175 dan pertama kali mulai dikerjakan bersama pada seri pertama Suryanation Motorland Battle di kota Palembang.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelum-sebelumnya, Inspirational bike tersebut dikerjakan oleh 3 artworker atau seniman dunia custom yakni; Atenk dari Katros Garage, Danny dari Hacka Pinstriping dan Cetul dari Cetul Leatherart.

Beberapa part motor ini dibuat melalui keahlian masing-masing artworker tersebut, urusan sasis dikerjalkan oleh Atenk dengan keahliannya di bidang metal working dengan masih mempertahankan sasis bawaan dari motor ini sementara urusan dan cat dan pinstripe digarap oleh Danny. Sementara Cetul menambahkan sentuhan akhir dengan membuat jok dan juga beberapa aksesoris yang melekat pada motor dengan media kulit yang diukir.

Mengenai nama motor tersebut, Saraswati, ketiganya mengambil nama tersebut dengan filosofi bahwa dewi Saraswati adalah dewi yang lekat dengan seni. Jadi, dengan memakai nama tersebut seperti sudah mewakili bahwa motor ini merupakan representasi dari karya seni dari ketiga artworker yang berkolaborasi itu.

Danny Hacka Pinstriping – Atenk Katros Garage – Cetul Cetul Leatherart

Sedangkan untuk spesifikasi motornya sendiri secara dimensi dan kondisi kaki-kaki dan sasis masih dibiarkan standar. Hanya ada penyesuaian di bagian ujung sasis belakang yang ditekuk oleh Atenk dari Katros Garage selaku artworker yang mengurusi bagian metal/logam. “Gue di motor ini bagiannya adalah Metal Working. Ya yang gue urus adalah soal desain dan pengerjaan plat plat besi buat tangki, spatbor depan belakang dan tempat aki replacement. Lainnya memang cuma ganti dan pasang parts aftermarket buat penyesuaian tema motor yang Scrambler. Termasuk knalpotnya.” Ungkap Atenk saat di venue acara.

Lalu untuk bagian pengecatan/painting benar-benar dilakukan oleh Danny dari Hacka Pinstripping dengan dua artworker lainnya tidak ikut campur tangan dalam desain dan pemilihan warna. Mengambil tema budaya Indonesia dan warna khas dari Suryanation juga sedikit mengedepankan unsur seni yang dituangkan di sebuah sepeda motor sebagai media nya.

Pada bagian jok, Cetul dari Cetul Leatherart yang ambil bagian lewat kepiawaiannya mengolah bahan kulit. Maka lahirnya jok unik dari bahan kulit sapi asli dengan ukiran seorang wanita yang merepresentasikan dewi Saraswati yang menjadi tema dan nama motor W175 ini. Tak ketinggalan filler cap bahan bakar juga menjadi buah karya mas Cethul yang mengukir hingga menjadi cantik dan tidak biasa seperti itu.

Jangan ditanya motor ini habis berapa ya sob, kabarnya sih untuk custom motor ini bisa menyentuh angka 30 juta diluar harga motornya. Buat yang mau tau hasil karya ketiga artworker yang bikin Kawasaki W175 Saraswati ini bisa cek langsung di instagram mereka; @katros_garage @hacka_pinstriping @cetulleatherart . Semoga bisa menginspirasi kalian semuanya dalam berkarya.

Nugi TMCBlog

12 COMMENTS

  1. kalo menurut saya sih detailnya udah oke tapi kalo untuk gaya modifnya masih kurang ngena, lebih cakep w17 ijo yg dibikin chooper sama katros.

    Guest
    • pria punya selera dan ini sprt kembali ke tahun 70-80an bung…
      atau jgn2 ente msh jd uyuh

      semoga paham

      Guest
    • scramblernya kurang dapet broo fby yang suka mengagungkan produk kawasaki akhir akhir ini. kalo dibanding w175 yang dibuat katros buat pameran kawasaki lebih mantep itu walaupun detailnya gak sebagus ini tapi roh choppernya dapet, kalo ini berasa ada yang kurang dari scramblernya.

      Guest
  2. modifnya bagus uda ada konsep.
    bukan cuma asal tempel karena “klasik”

    tapi itu sok depan vs ban proporsinya jelek banget. sok depan kecil begitu ban gede banget

    Guest
  3. itu knalpot safety gak ya ?
    ngeri ngeri sedap juga kalo kena kaki ..

    apa kalau lomba modif, safety gak diutamakan jg wak ?

    pokoke modif semampusnya wae ?

    Guest
  4. Maaf tapi sebelumnya tidak elok menggambar dewi saraswati di bagian jok yg akan diduduki, tp mungkin ini tidak akan heboh karena simbol agama hindu yg dijadikan bahan ide karena kami umat hindu tidak punya kekuatan untuk memprotes hal tersebut… kalau yg lain mungkin ini akan jadi demo berjilid2…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.