TMCBLOG.com – Pembalap yang crash tentunya kita akan tetap prihatin, terutama Jorge Lorenzo yang belum dua pekan usia Cideranya hadir malah jatuh lagi ..  namun begitu buat yang kepo sama masalah masalaah teknis dari Motor Prototipe yang hadir di MotoGP tentu menarik melihat melihat serpihan serpihan Foto yang hadir pasca Crash, karena akan ada beberapa yang mengundang perhatian . . dan berikut adalah foto foto yang bisa tmcblog kumpulkan dari beberapa sumber seperti Motorsport dan Crash.net. .

Jadi Bukan Motornya terbelah dua ( sasis nya ) ternyata yang lebih tepat adalah bagian Body Yang berupa Cover Fuel tank, Jok dan Bagian Buritan termasuk SaladBox lepas dari Sasis Utama dan Subframe Ducati desmosedici . . sobat bisa lihat bahwa fuel tanknya masih terbawa nempel di bawah seat/ Jok . . menarik melihat Part yang nangkring di Jok, apaan tuh ya ?

Dari Foto Ducati Desmosedici Lagi ‘nyender’ di bahu eh di Pingir Track ini terlihat bahwa yang ngewer ngewer warna silver itu sepertinya adalah semacsm Alumunium Foil yang bertugas mencegah Panas dari Muffler mempengaruhi bahan bakar yang tangkinya ditempatkan persis di atasnya. Terlihat pula Roda belakang Velgnya sampai Penyok sob

Dari foto ini terlihat jelas setelah Tutup Box filter udara terbuka, bagaimana Organisasi dalam Box Filter dimana ada 4 Lubang Intake besar yang menyuplai udara ke masing masing dari 4 silinder . . terus ada seperti Injector di atasnya  . ..  Bisa sobat lihat Juga bentuk dari hardware unified ECU yang semenjak 2013 dipakai di MotoGP buatan Magneti marelli

Lorenzo’s crashed Ducati, Thailand MotoGP 2018

Dari foto di atas terlihat bahwa hempasan Motor ke asphal yang terlihat Jumpalitan di Video menyebabkan T atas yang sebenarnya sudah diberi tambahan penguatan ( strengthen ) dari Carbon bisa Patah tepatnya di tempat yang memegang Sok sebelah kiri

Dari foto di atas terlihat jelas bahwa tabung Sok Breaker Carbon yang berada diantara T atas dan T Bawah sampai patah sob. Di detail foto ini juga bisa sobat lihat mekanisme Hidrolik dari master Thumb Brake untuk membantu Lorenzo melakukan pengereman belakang saat miring ke kiri.

Dari foto ini terlihat jelas bahwa jalur RAM AIR dari Ducati yang berasal dari Moncong depan masuk ke filter melalui celah di antara T atas dan T bawah  diapit oleh kedua bagian Fork Depan.

Tanpa Mau menjelaskan lebih detail, Lorenzo sendiri menjelaskan bahwa kejadian Crash dirinya di FP2 #ThaiGP merupakan kesalahan Teknis dari Motor.  Jorge Mengatakan Bukan karena kesalahannya melakukan pengereman dan menikung berlebihan. Jorge merasa santai Karena ia tidak melakukan kesahalan apa apa dan tahu itu sangat teknis. Jorge pun merasa Bahwa kesalahan teknis seperti yang terjadi itu tidak akan terulang lagi khususnya saat merubah sesuatu di Motor  . ..  Di video terdengar suara mesin yang mengarah ke lama lama meredup setelah Lorenzo melakukan downshift memasuki T3 . . Hmmm melihat komentar jorge lorenzo, sepertinya penyebab crash tidak akan jadi konsumsi publik sob … semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

43 COMMENTS

  1. sampe ancur banget, bagaimana kondisi JL apakah masih bisa ikut balap..?
    kalau memang dari masalah teknis kira2 apa yah sehingga sampai hight side
    apakah engine failure..?

    Guest
  2. sudah dua kali hohe mengalami hal ini :
    1. waktu masih di yamahaa 2013 crash di assen dan cedera patah tulang selangka di race berikutnya crash lagi dan harus naik meja operasi lagi.
    2. tahun ini di ducatii crash di aragon cedera kaki dan di race berikutnya crash lagi dan sepertinya akan absen untuk penyembuhan soalnya pas jatuh tadi kaki kanan yang cedera terpelanting ke tanah beberapa kali.

    Guest
    • 2012 pas last race divalencia lorenzo juga pernah high side bro yang pas mau overlap pembalap CRT yang paling belakang eh racing linenya malah ditutup, alhasil lorenzo melakukan kesalahan dan highside.

      Guest
    • dual injektor, yg di atas buat rpm rendah sedangkan yang untuk rpm tinggi ada di dekat intake manifold. superbike 1000 cc rata2 pake itu. satu lagi yang menarik, ternyata motogp juga pakai variable intake funnel lenght, kalau di yamaha namanya ycc-i.

      Guest
    • yamaha r6 pun sudah menggunakannya om, namanya variable intake funnel lenght, kalau di yamaha namanya ycc-i (yamaha chip controlled intake)

      Guest
  3. Di video nya seperti ban belakang meluncur ke samping terlalu cepat gitu ya? Makanya jatuh nya motor guling2 gitu. Ngeri

    Guest
  4. Dugaan sementara , ducati sengaja melakukan hal itu agar lorenzo tidak kompetitif bahkan tidak bisa balapan ..dikarenakan makin berakhirnya musim, makin keluar semangat kebangsaan. Tujuannya agar kekuatan spanyol berkurang, dan pasukan itali leluasa saling bantu 😂

    Guest
  5. yg patut jadi sorotan itu setelah crash dahsyatnya hohe marshalnya ga langsung ngibarin bendera merah padahal dari crash sedahsyat itu biasanya ada ceceran oli yg ditimbulkannya sehingga ada pembalap yg melintasi tikungan yg sama juga ikut jatuh karena melindas ceceran oli tsb.

    Guest
  6. sori oot
    denger2 ada rumor, Lorenzo memilih absen di race kali ini untuk alasan recovery.
    bener gak Wak Haji mengenai rumor tersebut ?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.